Nongki.net – Liburan sendiri? Meskipun terdengar menakutkan, namun beberapa orang yang pernah melakukannya berpendapat bahwa terkadang teman perjalanan yang paling baik adalah diri sendiri. Meskipun begitu tidak sedikit pula orang yang masih merasa takut ketika mendengar kata solo traveling atau liburan sendirian. Hanya mendengar namanya saja akan muncul beberapa hal menakutkan dalam benak mereka seperti tersesat, kecopetan, bahkan yang paling ekstrim adalah penculikan. Terlepas dari banyaknya kejadian buruk yang menimpa wisatawan saat liburan, namun liburan sendirian dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin mencoba sensasi baru dalam berlibur. Dan faktanya ternyata terdapat beberapa hal yang mengharuskan Anda untuk mencoba melakukan solo traveling. Bahkan bagi beberapa orang yang pernah melakukannya, mereka seperti tertantang untuk melakukannya lagi dan lagi.

10 Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan Ketika Melakukan Solo Traveling

Sebenarnya banyak hal yang bisa Anda temukan dan lakukan kalau traveling seorang diri. Setidaknya lakukan ini minimal satu kali dalam hidup Anda. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 manfaat yang bisa Anda rasakan ketika melakukan perjalanan sendirian. Apa saja? Ini dia 10 alasannya.

  • Perencanaan liburan Anda jadi lebih mudah
  • Lebih menikmati “Me Time”
  • Jadi raja dalam perjalanan Anda sendiri
  • Menemukan banyak teman baru
  • Bakal jadi pengalaman berkesan
  • Bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda
  • Akan membuat Anda menjadi traveler yang lebih baik
  • Anggaran liburan bisa Anda atur sendiri
  • Merasa lebih puas di akhir perjalanan
  • Sebagai pembuktian diri bahwa Anda mampu
Baca Juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bojonegoro

1. Perencanaan liburan Anda jadi lebih mudah

Saat merencanakan liburan, tak jarang kita sering menahan diri untuk pergi ke tempat-tempat yang kita inginkan. Alasannya bisa jadi karena menunggu teman-teman yang juga ingin pergi ke tempat yang sama.

Hal tersebut tentu memerlukan waktu, mengingat kita harus menyamakan jadwal, budget, hingga pertimbangan lainnya.

Nah, kalau solo traveling Anda bisa dengan mudah mengatur rencana liburan Anda sendiri, sehingga bisa lebih cepat terealisasikan.

2. Lebih menikmati “Me Time”

Hidup dalam dunia yang semakin modern ini, membuat kita selalu terhubung dengan banyak hal yang sangat menyita waktu. Salah satu keuntungan jika Anda melakukan solo traveling  adalah “me time”.

Dengan solo traveling, Anda memiliki banyak waktu berharga untuk melakukan apapun yang ingin Anda lakukan. Jauh dari rutinitas sehari-hari.

3. Jadi raja dalam perjalanan Anda sendiri

Anda bagaikan raja dalam perjalanan yang Anda rancang sendiri. Anda bebas menentukan hotel tempat Anda menginap, makanan yang ingin dicicipi, bahkan tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

4. Menemukan banyak teman baru

Meskipun bepergian sendirian, bukan berarti Anda benar-benar sendiri saat solo traveling. Anda justru punya kesempatan untuk berkenalan dengan warga sekitar. Bahkan tak jarang Anda bisa bertemu dan berteman dengan wisatawan di destinasi tempat Anda berlibur.

Solo traveling justru membuatmu bisa punya banyak teman. Siapa tahu kan Anda bisa mengajak teman baru Anda seru-seruan bareng?

5. Bakal jadi pengalaman berkesan

Menaklukan rasa takut dalam perjalanan Anda bakal jadi pengalaman berkesan yang tak terlupakan.

Setiap tantangan yang berhasil Anda lewati bisa jadi cerita seru yang Anda tulis dan bagikan usai liburan nanti.

Baca Juga:  Liburan ke 10 Tempat Wisata di Kota Pecel, Madiun

6. Bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda

Banyaknya tantangan yang Anda hadapi saat solo traveling justru bisa membuat rasa percaya diri Anda naik.

Saat solo traveling, tidak ada yang dapat Anda andalkan selain diri sendiri.

Kadang memang sangat menyenangkan jika memiliki seseorang yang dapat diandalkan, namun saat Anda bisa menaklukan semuanya sendiri rasa percaya diri Anda bisa bertambah.

7. Akan membuat Anda menjadi traveler yang lebih baik

Solo traveling membuat Anda menjadi pengamat yang lebih baik.

Solo traveling juga dapat memberikan Anda waktu untuk lebih berintrospeksi pada diri sendiri dan merefleksi perjalanan hidup Anda selama ini. Tentunya hal tersebut dapat membuat perubahan positif setelah pulang dari liburan.

8. Anggaran liburan bisa Anda atur sendiri

Terkadang teman perjalanan adalah salah satu godaan untuk berhemat saat liburan. Melihat orang lain berbelanja juga bisa meningkatkan keinginan Anda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Saat Anda solo traveling, maka Anda bisa lebih mudah mengatur pengeluaran saat liburan dengan mempertimbangkan perlu atau tidaknya untuk dibeli, bukan karena terpengaruh melihat orang lain.

9. Merasa lebih puas di akhir perjalanan

Ada rasa lega dan puas yang timbul di akhir perjalanan solo Anda nanti. Destinasi yang Anda inginkan sudah Anda kunjungi. Anda bisa menemukan teman-teman, dan pengalaman baru.

Sekembalinya Anda dari liburan, dijamin wawasan dan pengetahuan Anda bisa bertambah luas.

10. Sebagai pembuktian diri bahwa Anda mampu

Sebagai traveler sejati, setidaknya Anda perlu melakukan solo traveling minimal sekali dalam hidup Anda.

Solo traveling akan menempa Anda untuk survive dalam keadaan apapun. Nah, jika ternyata solo traveling membuat Anda ketagihan, Anda pasti tergiur untuk melakukannya lagi.

Tertarik mencoba?

Baca Juga:  Ingin Mencoba Solo Traveler? Kenapa Tidak!

Please rate this