10 Bandara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luasnya 5/5 (1)

0
85

Nongki.net – Bagi Anda yang hobi traveling, tentu sudah tidak asing lagi untuk menggunakan alat transportasi udara yaitu pesawat terbang. Untuk menggunakan alat transportasi ini tentu Anda harus pergi ke bandara sebagai tempat pesawat terbang melakukan lepas landas dan mendaat maupun melakukan transit. Di dunia ini telah banyak sekali bandar udara yang tersebar di segala penjuru. Dari seluruh bandara tersebut beberapa di antaranya memiliki luas yang begitu besar.

Semakin berkembangnya zaman, saat ini bandara bukan hanya dipergunakan sebagai tempat lepas landas dan mendarat pesawat saja, tetapi juga didukung dengan banyak fasilitas lain. Maklum saja, karena bandara diibaratkan sebagai pintu gerbang sebuah negara atau kota. Sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk membuat bandara dengan fasilitas yang baik dan tentu saja luasan wilayah yang besar.

Semakin banyak orang mengunjungi suatu daerah maka akan ada peningkatan permintaan hotel, hiburan, ritel yang berdampak langsung pada ekonomi daerah tersebut. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Timur Tengah terutama negara Arab Saudi. Maka bersiap-siaplah Anda untuk melihat bandara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Bandara Internasional King Fahd di Arab Saudi ini diklaim sebagai bandara terbesar di planet ini dengan luas 78.000 hektar.

Penasaran dengan peringkat 10 besar bandara terluas di dunia? Berikut Nongki.net rangkum berdasarkan pemeringkat bandara

10. Bandara Internasional Beijing Capital – China (23.3 km²)

Bandara Internasional Beijing Capital – China, Nongki.net
Bandara Internasional Beijing Capital – China, Nongki.net

Dibuka pada 2 Maret 1958, awalnya bandara Beijing ini dibangun dengan hanya satu bangunan terminal kecil. Namun sekarang Bandara Internasional Beijing Central ini berubah menjadi bandara terbesar ke-10 di dunia.

Terminal kedua dibangun dengan luas lantai 3.620.000 kaki persegi dan selesai pada tahun 1999. Kemudian Terminal 1 direnovasi dan dibuka kembali pada tahun 2004.

Dan pada tahun 2007, gedung terminal penumpang bandara terbesar di dunia dibuka, Terminal 3, yang memiliki luas lantai sebesar 10.610.000 kaki persegi. Namun, gelar tersebut diteruskan ke Bandara Internasional Dubai ketika mereka membangun Terminal 3 pada tahun 2008 yang memiliki luas lantai 18.440.000 kaki persegi. Pembangunan Terminal 3 Bandara Internasional Ibukota Beijing tepat pada waktunya untuk tahun 2008 Olimpiade Musim Panas karena banyak maskapai terbang ke kota.

Baca Juga:  5 Tips Sebelum Liburan Ke Mancanegara Pertama Kali

9. Bandara Internasional Cairo – Mesir (25.5 km²)

Bandara Internasional Cairo – Mesir, Nongki.net
Bandara Internasional Cairo – Mesir, Nongki.net

Bandara Internasional Kairo adalah bandara tersibuk di Mesir. Itu terletak di Heliopolis dan memiliki luas lantai sekitar 37 kilometer persegi. Pada tahun 1963, bandara ini menggantikan bandara lama yang terletak di area yang sama yang bertujuan untuk memiliki kapasitas 5 juta penumpang setiap tahun dengan hanya satu terminal. Selama tahun 1980-an, terminal kedua dibangun untuk melayani 3,5 juta penumpang tambahan per tahun. Dan pada tahun 2004, mereka mulai membangun terminal terbesar mereka, Terminal 3, dan dibuka untuk operasi komersial pada tahun 2009. Ini lebih besar dari gabungan dua terminal lainnya dan dapat menampung sekitar 11 juta penumpang setiap tahun.


8. Bandara Chicago O’ Hare – USA (26.1 km²)

Bandara Chicago O’ Hare – USA, Nongki.net
Bandara Chicago O’ Hare – USA, Nongki.net

Bandara O’Hare atau hanya dikenal sebagai Bandara Chicago terletak di Chicago, Illinois. Bandara ini memiliki total delapan landasan pacu dan mencakup sekitar 7.627 hektar. Ini juga merupakan bandara tersibuk keenam di dunia dengan jumlah penumpang. Diberi nama setelah Edward O’Hare, untuk menghormatinya menjadi ace pertama Angkatan Laut AS dan penerima Medal of Honor dalam Perang Dunia II. Bandara Chicago O ‘Hare terpilih sebagai “Bandara Terbaik di Amerika Utara” selama tahun 1998 hingga 2003 oleh pembaca Majalah Pelancong Bisnis Edisi A.S dan oleh Majalah Pelancong Global pada tahun 2004 hingga 2007.


7. Bandara Internasional Suvarnabhumi – Thailand (29.8 km²)

Bandara Internasional Suvarnabhumi – Thailand, Nongki.net
Bandara Internasional Suvarnabhumi – Thailand, Nongki.net

Biasa dikenal sebagai Bandara Internasional Bangkok, Bandara Suvarnabhumi adalah bandara terbesar ke 7 di dunia. Nama Suvarnabhumi berarti “Tanah Emas” dalam bahasa Sansekerta. Selama pembangunan bandara, ada banyak penundaan karena ketidakstabilan politik dan ekonomi. Meskipun demikian, bandara ini secara resmi dibuka untuk semua penerbangan domestik dan internasional pada 26 September 2006. Bandara Suvarnabhumi menawarkan desain yang unik, dan dikatakan sebagai salah satu tempat paling “Instagrammed” di dunia. Ada sekitar 53 juta penumpang yang tiba di bandara setiap tahun, dan ini merupakan bandara tersibuk ke-20 di dunia. Selain itu, ia juga memiliki salah satu menara kontrol tertinggi di dunia.


6. Bandara Adolfo Suárez Madrid–Barajas – Spanyol (30.5 km²)

Bandara Adolfo Suárez Madrid–Barajas – Spanyol, Nongki.net
Bandara Adolfo Suárez Madrid–Barajas – Spanyol, Nongki.net

Dibangun pada tahun 1927, Bandara Adolfo Suárez Madrid – Barajas adalah yang pertama dari jenisnya di Spanyol. Kemudian memiliki terminal kecil yang hanya dapat menampung 30.000 penumpang per tahun. Tetapi dengan ekspansi dan renovasi yang konstan, bandara ini sekarang telah menjadi bandara ke-6 terbesar di dunia. Bahkan, Terminal 4 adalah terminal bandara terbesar di dunia berdasarkan ukuran dengan luas jika 760.000 m². Nama bandara ini awalnya hanya Madrid-Bandara Barajas, tetapi diubah pada tahun 2014 untuk menghormati almarhum Perdana Menteri Spanyol Adolfo Suárez. Orang-orang di balik ini berusaha untuk mengenali upaya Perdana Menteri Spanyol pertama untuk memulihkan demokrasi negara. Bandara ini dapat menampung lebih dari 53 juta penumpang dalam satu tahun terakhir.

Baca Juga:  12 Tips Liburan Seru Saat Puasa Ramadan

5. Bandara Paris Charles de Gaulle – Perancis (32 km²)

Bandara Paris Charles de Gaulle – Perancis, Nongki.net
Bandara Paris Charles de Gaulle – Perancis, Nongki.net

Bandara Paris Charles de Gaulle dinamai sesuai nama Presiden Prancis dari tahun 1959 hingga 1969. Bandara ini adalah bandara internasional terbesar di Prancis dan terbesar kedua di Eropa. Dengan ukurannya yang besar, pesawat ini mampu menangani lebih dari 69 juta penumpang pada tahun 2017 dan 475.654 pergerakan pesawat. Ini menjadikannya bandara tersibuk kesepuluh di dunia dan tersibuk kedua di Eropa dalam hal jumlah penumpang. Bandara Charles de Gaulle berfungsi sebagai hub utama untuk Air France dan maskapai besar Eropa lainnya. Awalnya, Terminal 2 dibangun khusus untuk penumpang Air France, tetapi kemudian dibuka untuk menampung maskapai lain.


4. Bandara Internasional Shanghai Pudong – China (33.5km²)

Bandara Internasional Shanghai Pudong – China, Nongki.net
Bandara Internasional Shanghai Pudong – China, Nongki.net

Bandara internasional Shanghai Pudong adalah pusat penerbangan utama Cina, dan merupakan salah satu dari dua bandara internasional Shanghai. Bandara ini awalnya hanya memiliki dua bangunan terminal, tetapi Anda perlu naik shuttle bus atau melewati jalan raya khusus untuk mencapai ujung lainnya. Terminal 3 telah selesai pada tahun 2015, dan dibangun untuk meningkatkan kapasitas penumpang mereka dari 60 juta menjadi 80 juta. Bandara Internasional Pudong Shanghai adalah bandara tersibuk ketiga di dunia terkait lalu lintas kargo dengan lebih dari 3 juta metrik ton ditangani pada 2016. Bandara ini adalah bandara tersibuk kesembilan di dunia dan bandara tersibuk kedua di Cina, setelah Bandara Internasional Ibukota Beijing.


3. Bandara Internasional Dallas/Fort Worth – USA (78 km²)

Bandara Internasional Dallas/Fort Worth – USA, Nongki.net
Bandara Internasional Dallas/Fort Worth – USA, Nongki.net

Dengan ukuran yang lebih besar dari pulau Manhattan, Bandara Internasional Dallas/Fort Worth adalah bandara terbesar ketiga di dunia berdasarkan luas permukaan dan merupakan bandara internasional terbesar kedua di Amerika Serikat setelah Bandara Denver.

Sedangkan berdasarkan lalu lintas penerbangan, bandara ini menempati posisi keempat di dunia. Saat ini, bandara Dallas/Fort Worth memiliki lima terminal yang dapat menampung 165 gerbang pesawat.
Karena memiliki cakupan wilayah yang luas, bandara ini bahkan memiliki kode pos sendiri yang menunjukan kota layanan pos di Amerika Serikat. Selain itu bandara ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan polisi, perlindungan kebakaran dan layanan medis darurat mandiri.
Baca Juga:  6 Proyek Bandara Baru di Penjuru Indonesia

2. Bandara Internasional Denver – USA (137.26 km²)

Bandara Internasional Denver – USA, Nongki.net
Bandara Internasional Denver – USA, Nongki.net

Bandara Internasional Denver adalah bandara terbesar kedua di dunia dan merupakan terbesar di negara Amerika Serikat. Bandara ini memiliki luas hampir dua kali lipat dari Bandara Internasional Fort Worth di Dallas Amerika Serikat.

Berdasarkan lalu lintas penerbangan, bandara ini menduduki peringkat ke 20 sebagai bandara tersibuk di dunia. Bandara ini melayani lebih dari 61 juta penumpang pada tahun 2017. Pada tahun 2018, bandara ini dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia versi Skytrax.

Untuk mendukung lingkungan, bandara ini dilengkapi oleh panel surya untuk memenuhi tenaga listrik operasional. Selain itu di fasilitasi juga dengan akses Wi-Fi gratis dengan kecepatan hingga 61,74 Mbp


1. Bandara Internasional King Fahd – Saudi Arabia (780 km²)

Bandara Internasional King Fahd – Saudi Arabia, Nongki.net
Bandara Internasional King Fahd – Saudi Arabia, Nongki.net

Dengan luas wilayah mencapai 780 kilometer persegi, Bandara Internasional King Fahd diklaim sebagai bandara terbesar di dunia. Bandara ini terletak di Kota Dammam yang merupakan ibu kota provinsi Timur Arab Saudi. Bahkan ukuran bandara yang beroperasi sejak 28 November 1999 ini lebih besar dari pada salah satu negara di Timur Tengah yaitu Bahrain.

Nama Fahd sendiri diambil dari nama salah satu raja arab yang berkuasa dari tahun 1982 hingga 2005 yaitu King Fahd bin Abdulaziz Al Saud. Bandara terbesar ini dilengkapi dengan bangunan enam lantai yang di fasilitasi terminal khusus dengan dekorasi mewah yang diperuntukan bagi keluarga kerajaan, pegawai pemerintahan, dan tamu resmi.

Meskipun menyandang peringkat sebagai bandara terbesar di dunia, namun lalu lintas penerbangan di bandara ini terbilang kecil. Yaitu hanya melayani kurang lebih 9 juta penumpang setiap tahunnya.

Sumber: The World’s 10 Largest Airports By Surface Area

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here