Nongki.net – Belanda adalah sebuah negara yang terletak di Barat Laut Eropa yang terkenal dengan ladang tulip, kincir angin, perumahan kanal-kanal, serta rute jalanan sepeda. Negara dengan ibu kota Amsterdam ini memiliki sejarah yang sangat panjang yang terlihat dari beberapa bangunan kuno yang mengagumkan. Dari sekian banyak bangunan sejarah, Anda dapat menemukannya melalui beberapa gereja Katolik dan Kristen Protestan terkemuka yang telah dibangun dibanyak kota di Belanda. Gereja tersebut memiliki arsitektur Eropa Kuno yang khas dan mengagumkan yang bisa Anda jadikan sebagai wisata sejarah dan religi di Belanda.

10 Gereja Paling Menakjubkan dengan Arsitektur Eropa Kuno di Belanda

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 daftar gereja dengan arsitektur Eropa Kuno paling menakjubkan di Belanda. Meskipun telah berusia ratusan tahun, gereja-gereja tersebut masih berfungsi dan terawat hingga kini. Bahkan beberapa diantaranya dikenal sebagai gereja tertua di dunia. Sehingga selain sebagai wisata sejarah, gereja di Belanda juga bisa Anda jadikan sebagai wisata religi khususnya bagi para pelancong yang beragama kristiani. Baca terus untuk melihat ulasan daftar gereja di Belanda selengkapnya!

  • Zuiderkerk
  • Oude Kerk
  • Ons’ Lieve Heer Op Solder
  • St. Laurens Church
  • Nieuwe Kerk
  • English Reformed Church
  • Moses and Aaron Church
  • Church of St. Peter and St. Paul
  • Westerkerk
  • Norwegian Seamen’s Church
Baca Juga:  10 Masjid Megah di Negara Kincir Angin Belanda

1. Zuiderkerk

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JACOB RIGLIN (@jacob) on

Zuiderkerk adalah sebuah gereja Kristen Protestan di Belanda yang dibangun tepat di luar Nieuwmarkt oleh pemerintah kota Amsterdam. Gereja yang dibangun pada tahun 1611 ini memiliki arti sebagai Gereja Selatan. Berbeda dengan gereja-gereja Pentakosta lainnya di Belanda, interior gereja Zuiderkerk ini memiliki ruang yang luas dengan inklusi minimum sehingga memenuhi syarat kehidmatan selama beribadah dari Protestantisme. Gereja dengan arsitektur Eropa Kuno yang indah ini, wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Belanda.

Lokasi:

Zuiderkerkhof 72, 1011 WB Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00

Biaya Tiket Masuk Wisata:

EUR 8,25 per orang

2. Oude Kerk

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Shawn Langness-Varner (@shawnlangness) on

Oude Kerk adalah salah satu gereja Reformasi Belanda dan merupakan yang tertua di negara kincir angin ini. Gereja Oude Kerk ini didirikan oleh uskup Utrecht pada tahun 1306. Pada awal pembangunannya, gereja ini merupakan gereja katolik yang terkenal. Namun ketika terjadi Reformasi di Belanda, umat Protestan mengubahnya menjadi gereja Calvinisme dengan menanggalkan patung Yesus dan segala sesuatu yang menggambarkan Katolik.

Lokasi:

Oudekerksplein 23, 1012 GX Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 18.00

Biaya Tiket Masuk Wisata:

EUR 10,5 per orang

3. Ons’ Lieve Heer Op Solder

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Urban Outfitters Europe (@urbanoutfitterseu) on

Setelah terjadi reformasi di Belanda pada abad ke-17, hampir setiap gereja Katolik diubah menjadi gereja Kristen Protestan. Pada saat itu, semua gereja yang beraliran Katolik sepenuhnya dilarang di Belanda. Hal ini menyebabkan umat Katolik beribadah secara rahasia dan sembunyi-sembunyi. Mereka berinisiatif untuk membangun sebuah gereja Katolik yang dirahasiakan dari seluruh penduduk Amsterdam.

Gereja Ons’ Lieve Heer Op Solder merupakan salah satu gereja Katolik yang didirikan secara tersembunyi di De Wallen. Untungnya selama kurun waktu terjadinya reformasi gereja tersebut berhasil bertahan. Dan setelah abad ke-19 hingga kini, gereja Ons’ Lieve Heer Op Solder diubah menjadi museum dengan arsitektur Eropa Kuno yang indah.

Lokasi:

Oudezijds Voorburgwal 38, 1012 GD Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 18.00

Biaya Tiket Masuk Wisata:

EUR 12 per orang

4. St. Laurens Church

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Guido den Broeder (@guido_den_broeder) on

St. Laurens Church adalah salah satu gereja bersejarah yang terletak di Rotterdam Belanda. Gereja yang memiliki gaya arsitektur Gothic Eropa Kuno ini dibangun pada tahun 1525. Namun pada tahun 1940, Laurenskerk atau St. Laurens Church ini mengalami kerusakan hebat pada sebagian besar struktur bangunan akibat pemboman. Kemudian pada tahun 1950-an hingga 1960-an awal, gereja ini berhasil dibangun kembali dengan memasukan fitur arsitektur tambahan yang luar biasa. Hingga kini, gereja yang telah mengalami renovasi pembangunan tetap mempertahankan namanya yaitu St. Laurens Church.

Lokasi:

Grotekerkplein 27, 3011 GC Rotterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 11.00 pagi hingga 17.00

Biaya Tiket Masuk Wisata:

EUR 1 per orang

5. Nieuwe Kerk

 

View this post on Instagram

 

A post shared by be selective & collective. (@officealouette) on

Nieuwe Kerk adalah salah satu gereja yang cukup terkenal di Belanda. Gereja yang dibangun pada abad ke-15 ini diprakarsai oleh perintah uskup Utrecht. Gereja yang terletak di Dam Square ini memiliki arti sebagai “Gereja Baru”. Sayangnya, pada abad ke-16 gereja pernah mengalami kehancurah akibat bencana kebakaran hebat. Namun berhasil dibangun kembali dan berdiri kokoh hingga saat ini dengan menampilkan gaya arsitektur Southern Gothic Eropa kuno yang memesona.

Lokasi:

De Dam, 1012 NL Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00

Biaya Tiket Masuk Wisata:

EUR 18 per orang

Baca Juga:  Wisata Spanyol: 12 Tempat Terbaik Saat Berlibur di Andalusia

6. English Reformed Church

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BKM (@amicablefogey) on

English Reformed Church adalah sebuah gereja kecil namun anggun yang terletak di kota Amsterdam Belanda. Pada awal pembangunannya gereja ini merupakan gereja Katolik. Namun ketika pemerintah Belanda mengadopsi Calvinisme, gereja ini disita oleh pemerintah dan diubah menjadi gereja Kristen Protestan. Hingga kini English Reformed Churchmasih digunakan sebagai tempat ibadah khususnya umat Protestan di Belanda. Ibadah Hari Minggu masih rutin dilakukan di gereja ini tanpa ada gangguan apapun.

Lokasi:

Begijnhof 48, 1012 WV Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 11.00 pagi hingga 16.00

7. Moses and Aaron Church

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gerda Abou Shanab (@gerdaaboushanab) on

Moses and Aaron Church atau Mozes en Aäronkerk adalah salah satu gereja yang dibangun secara sembunyi-sembunyi di kota Amsterdam Belanda oleh pada umat Katolik. Gereja ini dibangun pada masa ketika pemerintah Belanda melarang semua gereja Katolik berdiri di seluruh Negeri Kincir Angin ini. Setelah beratus tahun kemudian, pada abad ke-19 pemerintah Belanda mencabut larangan tersebut. Dan Moses and Aaron Church kini bisa Anda saksikan berdiri megah dengan gaya arsitektur Eropa Kuno yang memesona.

Lokasi:

Waterlooplein 207, 1011 PG Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00

8. Church of St. Peter and St. Paul

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Солошенко Александра (@sashechka1811) on

Church Of St. Peter and St. Paul adalah sebuah gereja kecil yang berada di wilayah Kota Kalverstraat. Seperti kebanyakan gereja di Belanda pada umumnya, gereja ini awalnya dibangun sebagai gereja Katolik. Namun setelah Calvinisme mendominasi pemerintahan Belanda, Church Of St. Peter and St. Paul kemudian diubah menjadi gereja Kristen Protestan. Hingga kini gereja Church Of St. Peter and St. Paul memiliki arsitektur eksterior dan interior sederhana dan tetap beraliran Protestan.

Lokasi:

Kalverstraat, Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 16.00

9. Westerkerk

 

View this post on Instagram

 

A post shared by I amsterdam (@iamsterdam) on

Westerkerk adalah sebuah gereja Calvinisme yang terletak di Kota Amsterdam. Gereja ini berlokasi di sisi barat lingkar kanal Amsterdam yang terkenal dan dibangun pada abad ke-17. Gereja ini dibangun persis ketika kanal air di sekitar gereja juga mengalami pembangunan. Gereja yang terkenal dengan gaya arsitektur Renaisans ini pada awalnya merupakan gereja Katolik yang kini diubah menjadi Kristen Protestan. Terdapat 15 lonceng besar yang dapat terdengar secara jelas di seluruh wilayah De Jordaan.

Lokasi:

Prinsengracht 279, 1016 GW Amsterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 16.00

Biaya Tiket Masuk Wisata:

EUR 7,5 per orang

10. Norwegian Seamen’s Church

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 𝗠𝗶𝘅𝘂𝘀 𝘀𝘁𝘂𝗱𝗶𝗼 (@mixusstudio) on

Norwegian Seamen’s Church adalah sebuah gereja terpencil yang terletak di wilayah Westzeedijk Rotterdam. Gereja yang memiliki desain arsitektur tidak biasa ini menjadikannya sebagai gereja yang unik. Seluruh bangunan gereja terbuat dari bahan kayu sehingga sangat berbeda dari gereja-gereja lain pada umumnya. Norwegian Seamen’s Church dibangun pada tahun 1914 dan terinspirasi dari gaya Pelaut Norwegia. Sejak tahun 1999, gereja ini telah menjadi aset berharga bagi negara Belanda dan diakui sebagai struktur bangunan kayu terbesar di Rotterdam.

Lokasi:

Westzeedijk 300, 3016 AP Rotterdam, Netherlands

Jam Buka Tempat Wisata:

Buka setiap hari mulai pukul 12.00 pagi hingga 17.00

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Menakjubkan di Sekitar Praha Ceko

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini