Nongki.net – Gua atau Goa adalah sebuah lubang alami yang berada dipermukaan bumi dan mamiliki luas serta kedalaman yang berbeda-beda. Bahkan menurut beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa syarat sebuah lubang dikatakan sebagai Gua adalah harus cukup dalam sehingga terdapat bagian yang tidak terkena sinar matahari. Alam seakan tidak pernah kehabisan akal untuk membuat kita terpesona dengan kemegahan dan keajaiban yang tidak terhitung jumlahnya. Dan Gua adalah salah satu ciptaan Tuhan yang paling menakjubkan. Seperti yang akan Nongki.net jelaskan pada artikel ini, tentang 10 Gua terpopuler di dunia yang harus Anda jelajahi.

Misteri tersembunyi, petualangan, gelap, lembab, serta rahasia alam terbaik yang tersimpan mungkin akan muncul di benak Anda saat mendengar kata Gua. Ketika Anda memasuki salah satu Gua paling terpopuler di dunia, Anda pasti akan terpesona oleh formasi geologi yang spektakuler, stalaktit stalakmit, danau, hingga pemandangan menakjubkan lainnya yang menanti Anda dari dalam.

10 Gua Terkenal dan Terpopuler di Dunia

Nongki.net telah merangkum daftar 10 Gua paling terkenal dan terpopuler di dunia yang terbentuk sangat indah dan alami. Sehingga hanya dengan melihatnya saja akan membuat Anda terpesona dan tertantang untuk menjelajahinya lebih dalam. Gua apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  7 Wisata Perpustakaan Unik Di Dunia Bagi Si Kutu Buku

1. Mammoth Cave National Park, Kentucky Amerika Serikat

Mammoth Cave National Park, Kentucky Amerika Serikat
Mammoth Cave National Park, Kentucky Amerika Serikat – ©traveltriangle.com

Gua paling terkenal dan terpopuler yang pertama adalah Gua Mammoth. Gua yang merupakan taman nasional ini merupakan gua yang memiliki sistem lorong terpanjang di dunia. Terdapat banyak bagian yang menarik serta lorong-lorong bawah tanah di dalamnya. Anda dapat menjelajahi gua ini menggunakan jasa beberapa tur berpemandu diantaranya yaitu Froen Niagara, Grand Avenue, Mammoth Passage, dan Fat Man’s Misery.

Terdapat juga jasa pemandu wisata yang disediakan oleh Domes & Dripstones yang memungkinkan untuk mengajak Anda berwisata sejarah sekaligus menyusiri beberapa sudut dan formasi Gua Mammoth. Di antara gua-gua yang paling terkenal di Amerika Serikat, Gua Mammoth adalah gua yang paling indah untuk dijelajahi.

Biaya tur: Tur Mammoth Passage mulai dari $7 per orang

2. Blue Grotto, Italia

Gue terpopuler di dunia Blue Grotto, Italia
Gue terpopuler di dunia Blue Grotto, Italia – ©traveltriangle.com

Warna biru cemerlang yang belum pernah Anda lihat akan menanti di dalam Gua Blue Grotto. Gua yang terletak di pulau Capri ini merupakan salah satu gua terpopuler yang indah di Italia Selatan. Di bagian dalam gue, terdapat 2 lubang yang akan memberikan efek magis dari pancaran sinar matahari yang masuk menerangi birunya air laut yang jernih. Untuk menelusuri gua ini, Anda harus memasukinya menggunakan perahu dayung kecil.

Anda dapat mengunjungi gua ini sejak pagi hari, namun untuk menghindari antrian yang panjang maka siang hari antara pukul 12.00 – 14.00 dianggap sebagai waktu terbaik untuk menjelajadi gua. Tiket dapat dibeli di dermaga terdekat dan pastikan untuk memberikan sedikit uang tip pada petugas perahu agar Anda mendapatkan waktu ekstra di dalam Blue Grotto yang indah. Selain itu Anda juga dapat berendam sambil menikmati pemandangan yang luar biasa.

Biaya tur: 14 Euro per orang

3. Fingal’s Cave, Skotlandia

Fingal's Cave, Skotlandia
Fingal’s Cave, Skotlandia – ©traveltriangle.com

Gua terpopuler di dunia selanjutnya adalah Gua Fingal. Keajaiban alam yang menakjubkan ini terletak di Pulau Staffa yang tidak berpenghuni di lepas pantai Skotlandia. Gua ini juga termasuk salah satu gua paling terkenal di dunia. Yang membuat gua ini terkenal adalah kolom basal heksagonalnya yang menakjubkan yang berasal dari gunung berapi. Bentuk, ukuran serta struktur atapnya yang melengkung sangat mirip seperti katedral yang terbentuk secara alami.

Untuk menjelajahi gua ini, Anda perlu memanjat beberapa jalan yang cukup curam. Namun selama perjalanan memanjat, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang memesona dari pulau ini.

4. Carlsbad Caverns National Park, Amerika Serikat

Carlsbad Caverns National Park, Amerika Serikat
Carlsbad Caverns National Park, Amerika Serikat – ©traveltriangle.com

Carlsbad Caverns merupakan rumah bagi sekitar 100 gua. Taman nasional ini menghadirkan pengalaman yang luar biasa dan tidak terlupakan bagi siapa pun yang datang berkunjung. Di dalamnya terdapat formasi lubang-lubang alam yang rumit dan membingungkan.

Terdapat beberapa jalur penjelajahan yang dapat Anda lewati yaitu Big Room Trail yang memiliki pemandangan luar biasa atau Entrance Trail yang memiliki jalur sedikit curam. Selain itu, Entrance Trail juga memiliki formasi batuan seperti The Devil’s Spring dan Iceberg Rock. Salah satu gua lain yang bisa dijelajahi adalah Gua Lechuguilla yang terkenal dengan formasi geologinya yang unik. Gua ini juga masih termasuk dalam Taman Nasional Carlsbad.

Biaya tur: $12 per orang. Terdapat tambahan biaya jika bersama pemandu tur

5. Waitomo Glowworm Cave, New Zealand

Gua terpopuler di dunia Waitomo Glowworm Cave, New Zealand
Gua terpopuler di dunia Waitomo Glowworm Cave, New Zealand – ©traveltriangle.com

Salah satu Goa yang sangat terkenal dan terpopuler di dunia adalah Waitomo. Gua ini menawarkan pemandangan seperti langit malam yang berbintang. Penuh dengan kilauan cahaya ketika Anda mulai memasuki ke dalam gua yang gelap. Kilauan cahaya yang berada di dinding serta langit-langit gua berasal dari sejenis cacing yang bercahaya atau dinamakan Glowworm. Selain itu, untuk menuju gua kapur ini Anda akan menikmati perjalanan menggunakan perahu dari sungai bawah tanah yang mengalir melalui gua ini.

Biaya tur: AUD 5 per orang

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Memesona di Negara Belgia

6. Skocjan Caves, Slovenia

Skocjan Caves, Slovenia
Skocjan Caves, Slovenia – ©traveltriangle.com

Keindahan alam yang menakjubkan dari gua Skocjan ini akan membuat Anda ingin mengabadikan setiap momen di gua untuk selamanya. Gua yang terletak di jantung Karst Slovenia ini memiliki formasi stalaktit dan stalakmit yang memesona. Tidak mengherankan jika UNESCO telah menetapkan gua ini sebagai situs warisan alam dunia.

Tur berpemandu yang telah terorganisir dengan baik akan membawa Anda melewati beberapa formasi gua yang memiliki sungai dan air terjun ini. Menjelajahi gua Skocjan benar-benar menjadi pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup Anda. Anda dapat mencoba kereta gantung setelah menjelajahi gua atau melewati jalur berjalan kaki untuk pulang.

Biaya tur: 24 Euro per orang ketika musim liburan (April – Oktober)

7. Reed Flute Cave, China

Reed Flute Cave, China
Reed Flute Cave, China – ©traveltriangle.com

Terletak dekat dengan pusat kota Guilin, China, tempat wisata terpopuler ini adalah salah satu gua yang cukup terkenal di dunia. Formasi batu kapur serta lorong-lorong yang rumit ditambah dengan stalaktit dan stalakmit yang berwarna-warni oleh pencahayaan matahari. Selain itu, pemerintah China juga sangat memperhatikan dan merawat keasrian gua, sehingga Anda akan merasa nyaman ketika sedang menjelajahi ke dalam gua.

Reed Flute Cave juga dikenal sebagai Istana Seni Alami yang dibeberapa dinding gue terdapat pahatan prasasti dari abad ke 8 sebelum masehi. Salah satu ruangan gua juga disebut sebagai Istana Kristal Raja Naga yang diklaim dapat menampung 1000 orang sekaligus.

Biaya tur: 120 Yuan per orang

8. Cave of the Crystals, Meksiko

Cave of the Crystals, Meksiko
Cave of the Crystals, Meksiko – ©traveltriangle.com

Disebut juga sebagai Gua Kristal Raksasa, gua yang terletak di Negara Meksiko ini terkenal di dunia karena memiliki formasi kristal selenite yang sangat besar. Namun, untuk mengunjungi gua ini Anda wajib dipandu oleh pemandu profesional karena untuk menuju kristal selenite bukanlah perjalanan yang mudah. Selain itu, dibutuhkan juga perlengkapan khusus agar keamanan selama di dalam gua dapat terjamin. Karena suhu di dalam gua yang sangat tidak biasa. Gua ini merupakan salah satu gua yang menyimpan beberapa jenis kristal terbesar di dunia.

9. Eisriesenwelt Cave, Austria

Eisriesenwelt Cave, Austria
Eisriesenwelt Cave, Austria – ©traveltriangle.com

Terletak kurang lebih 40 kilometer dari Salzburg, gua ini merupakan salah satu yang terpopuler di dunia. Gua ini mampu menarik sekitar 2 juta pengunjung setiap tahunnya. Eisriesenwelt menjadi sangat spesial jika dibandingkan dengan gua lainnya karena merupakan gua es terbesar di dunia.

Ketika Anda pergi ke Austria terutama ke kota Salzburg maka Anda tidak boleh melewatkan wisata gua Eisriesenwelt. Gua ini menawarkan pemandangan batu dan es alami yang sangat unik yang terbentuk oleh aliran sungai Salzach. Terdapat 2 alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menuju gua ini yaitu berjalan kaki atau menggunakan kereta kabel. Pastikan untuk memakan pakaian hangat sebelum pergi ke gua ini karena suhu di dalamnya yang cukup dingin.

Biaya tur: 24 Euro per orang sudah termasuk kereta kabel

10. Hang Son Doong Cave, Vietnam

Gua terpopuler di dunia Hang Son Doong Cave, Vietnam
Gua terpopuler di dunia Hang Son Doong Cave, Vietnam – ©traveltriangle.com

Gua alam terpopuler di dunia yang terakhir adalah Hang Son Doong Cave di Vietnam. Gua spektakuler ini masuk ke dalam jajaran gua paling terkenal di dunia karena merupakan nomor 1 dari 10 gua terluas di dunia. Memiliki 2 lubang yang menjadi jendela ketika siang hari akan menciptakan suasana dunia yang berbeda.

Gua terluas ini bahkan memiliki hutan tersendiri di dalamnya. Diisi oleh pepohonan rimbun dan tinggi serta formasi stalakmit yang lebih tinggi dari gua lainnya. Beberapa speleothem juga dapat Anda temukan di gua ajaib ini. Koleksi lainnya di gua ini adalah spesies flora dan fauna yang tidak biasa, fosil yang diduga berusia 300 juta tahun lalu, serta mutiara gua raksasa. Anda wajib mengunjungi gua ini untuk merasakan pengalaman dan pemandangan yang sangat luar biasa.

Biaya tur: 60.000 VND per orang

Baca Juga:  Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini