10 Hal Tentang Wisata Lombok Yang Harus Anda Ketahui 5/5 (1)

0
246
10 Hal Tentang Wisata Lombok Yang Harus Anda Ketahui - ©thetravelmagazine.net

Nongki.net – Pulau Lombok adalah salah satu bintang yang sedang naik daun dalam dunia pariwisata Indonesia. Popularitasnya dari tahun ke tahun semakin meningkat di mata wisatawan. Meskipun begitu, wisata Lombok masih belum sepopuler tetangganya yaitu Pulau Bali. Lombok memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada pengunjung. Bahkan dalam beberapa hal wisata Lombok adalah tujuan liburan yang lebih baik dari pada Bali.

Lalu lintas yang lebih lengang serta pantai yang lebih indah adalah beberapa contoh yang tepat jika membandingkan antara Bali dan Lombok. Bahkan penduduk setempat sering mengatakan bahwa Anda dapat menemukan Bali di Lombok, tetapi Anda tidak akan menemukan Lombok di Bali. Mendengar kalimat tersebut tentu saja akan membuat kita semakin penasaran tentang seberapa istimewanya Lombok dibandingkan Bali.

Nah, jika Anda memiliki rencana pergi berlibur ke Lombok dalam waktu dekat, berikut Nongki.net telah merangkum 10 hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang wisata Lombok. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  5 Pulau Favorit di Wisata Taman Nasional Komodo

1. Memiliki Pantai Yang Lebih Indah Dari Bali

Banyak yang mengatakan bahwa Lombok memiliki pantai yang lebih indah dari pada Bali. Kalimat tersebut bukan berarti Bali tidak layak sebagai tujuan liburan. Namun apabila Anda berpikir untuk menemukan pantai berpasir putih yang sepi pengunjung, berarti bukan Bali yang Anda tuju. Pantai di Lombok memiliki pantai berpasir putih dengan air biru kehijauan sebening kristal. Dan yang terpenting adalah beberapa pantai di Lombok pada waktu-waktu tertentu akan sepi pengunjung.

Berbeda dengan pantai-pantai di Bali yang akan ramai oleh wisatawan sepanjang tahun. Namun sayangnya pariwisata pantai di pulau Lombok tidak sepenuhnya didukung oleh sarana yang memadai. Beberapa pantai mengharuskan para traveler untuk menempuh medan yang sedikit sulit. Terutama pantai-pantai yang berada di sepanjang selatan pulau Lombok.

2. Wisata Pendakian Gunung Rinjani

Selain pantainya yang menakjubkan, Lombok juga menjadi tujuan yang sempurna bagi para pecinta alam dan pendaki gunung. Lombok memiliki Gunung Rinjani yang menjulang setinggi 3.726 mdpl. Selain itu, wilayah Lombok Utara dan Tengah juga dihiasi dengan areal persawahan yang luas, hutan tropis serta lembah-lembah yang subur.

Desa Senaru dan Sembalun yang berlokasi di sepanjang kaki Gunung RInjani juga memiliki pemandangan yang memesona. Kedua desa tersebut digunakan sebagai gerbang pendakian menuju puncak Rinjani. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online untuk izin melakukan pendakian. Namun jika Anda tidak menyukai kegiatan trekking, maka Anda juga dapat menikmati keindahan yang ditawarkan beberapa wilayah di Lombok Utara.

3. Melakukan Penyebrangan dari Bali

Jika Anda bingung memilih antara Bali dan Lombok, mengapa Anda tidak pergi kedua-duanya? Bali dan Lombok adalah pulau kecil yang saling berdekatan. Kedua pulau tersebut hanya dipisahkan oleh selat Lombok. Jika Anda berencana pergi ke dua tempat tersebut maka Anda bisa melakukan penyebrangan dari Bali menuju Lombok yang memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam menggunakan kapal feri.

Anda dapat menyebrang melalui pelabuhan Padang Bai di Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Namun jika perjalanan tersebut dirasa cukup lama, Anda juga dapat memilih alat trasnportasi lainnya yaitu pesawat. Penerbangan dari bandara Bali menuju Lombok hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja. Jadi tidak terlalu sulit jika Anda ingin berlibur ke dua tempat sekaligus yaitu Bali dan Lombok.

4. Mudah Diakses Berkat Adanya Bandara Internasional Lombok

Lombok kini semakin mudah diakses sebagai salah satu tujuan tempat wisata favorit berkat adanya bandara baru. Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid atau yang lebih dikenal dengan Bandara Internasional Lombok (LOP) adalah bandara yang sudah diresmikan sejak 20 Oktober 2011.

Bandara ini sudah dapat menampung sekitar 2,4 juta penumpang setiap tahunnya. Dan hingga tahun 2028 nanti, bandara Lombok masih terus dilakukan pembangunan hingga ditargetkan dapat menampung 3,25 juta penumpang per tahun. Bandara ini cukup besar dan memfasilitasi bukan hanya penerbangan lokal dari Jakarta, Makassar dan Surabaya. Tetapi juga terdapat penerbangan dari luar negeri seperti Singapura dan Kuala Lumpur.

Baca Juga:  Deretan 8 Pantai Terbaik di Pulau Dewata Bali

5. Infrastruktur Terus Dikebut di Lombok Selatan

Pemerintah terus melakukan pembangunan di wilayah Lombok Selatan untuk menunjang kegiatan pariwisata. Jalan dan infrastruktur pendukung lainnya masih akan dikebut hingga tahun-tahun yang akan datang. Sehingga diharapkan akan menjadi ikon pariwisata baru di Indonesia selain Bali.

Lombok Selatan juga merupakan rumah dari beberapa pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai Kuta Lombok yang jaraknya dekat dari bandara dan pusat kota. Sehingga jika Anda berencana pergi berlibur ke Lombok sangat disarankan untuk menginap beberapa hari di Lombok Selatan. Karena fasilitasnya yang sudah mendukung.

6. Transportasi Umum yang Masih Terbatas

Beberapa rute bus memang sudah tersedia di Lombok. Namun perjalanan yang ditawarkan masih terbatas pada beberapa kota-kota besar tertentu saja. Harga tiket yang berlaku pun cukup terjangkau, meskipun Anda akan sulit mendapatkan jadwal yang tersedia.

Jika Anda menginginkan kebebasan dan keleluasaan dalam menjelajahi berbagai pantai, cara terbaik adalah dengan menyewa motor atau mobil. Namun yang menjadi catatan adalah perjalanan Anda masih dalam satu wilayah dari tempat penyewaan. Seperti jika Anda menyewa motor di Lombok Selatan, lebih baik Anda menjangkau tempat wisata yang juga ada di wilayah selatan. Kecuali jika Anda secara khusus meminta izin kepada pihak penyewa.

7. Kontur Jalan di Lombok Sedikit Bergelombang

Jika dibandingkan dengan Bali, kontur jalan di pulau Lombok akan sedikit bergelombang. Hal ini disebabkan kondisi geografis dari pulau ini yang memiliki banyak bukit dan lembah. Sehingga jika Anda berencana menyewa kendaraan pribadi, Anda akan disarankan untuk terus berhati-hati ketika berkendara. Mengendarai sepeda motor di pulau Lombok juga menjadi salah satu pilihan yang baik. Karena jalanan di Lombok sudah beraspal halus dan tidak berlubang.

Satu hal yang perlu diingat, jika Anda berencana pergi ke desa Senaru dan Sembalun sebaiknya Anda menyewa pengemudi lokal yang sudah memahami medan jalan. Rute yang akan ditempuh sangat bergelombang dan rumit. Anda dapat mengatur perjalanan menuju desa tersebut dengan menghubungi pihak hotel yang Anda tempati.

8. Terdapat Banyak Gili atau Pulau Kecil

Selain pantainya yang indah di sekitar pulau utama, Lombok juga masih menyimpan pantai lainnya yang terdapat di beberapa gili atau pulau kecil yang berdekatan dengan pulau utama. Sebut saja Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Kedua pulau kecil tersebut dapat diakses menggunakan perahu dari pulau utama hanya dengan 30 hingga 45 menit saja.

Gili Trawangan adalah pulau yang paling terkenal di Lombok. Anda wajib mengunjungi pulau ini jika berlibur ke Lombok. Fasilitas wisata seperti hotel dan pusat hiburan sudah banyak tersedia di gili ini.

9. Waktu Terbaik Mengunjungi Lombok Adalah April Hingga Oktober

Sebelum Anda pergi berlibur ke Lombok, ada baiknya jika Anda mengetahui waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini. Nongki.net menyarankan agar Anda pergi antara bulan April hingga Oktober. Musim hujan biasanya terjadi dari Oktober hingga Maret.

Sehingga untuk menghindari cuaca hujan yang berakibat tidak bisa pergi ke pantai, maka pilih waktu liburan di antara bulan tersebut. Namun high season juga terjadi ketika menjelang natal dan tahun baru. Pulau ini akan banyak dipadati oleh turis lokal dan mancanegara untuk menghabiskan akhir tahun sekaligus merayakan datangnya tahun baru.

Lombok adalah pulau yang mayoritas beragama muslim, tetapi penduduk setempat masih sangat moderat dan toleran. Sehingga pada bulan puasa Ramadhan sebagian besar restoran di ibukota Mataram akan tutup pada siang hari. Tetapi jika Anda tinggal di daerah Kuta, Gili Trawangan atau di sepanjang pantai selatan Lombok, Anda masih bisa menemukan restoran yang buka saat Ramadhan.

10. Anda Dapat Melakukan Solo Traveling di Lombok

Banyak yang berpendapat jika turis di Lombok lebih sedikit dari pada di Bali, sehingga akan tidak nyaman dan sulit untuk berlibur sendirian. Namun pada kenyataannya, Lombok adalah tempat yang sempurna untuk bepergian sendirian tanpa harus memesan agen pariwisata.

Anda dapat mengatur dan merencanakan sendiri perjalanan Anda selama di Lombok sehingga menghemat uang lebih banyak. Anda akan lebih leluasa untuk pergi kemana saja, menikmati pemandangan, serta merefleksikan diri sendiri di Lombok yang masih sepi.

Baca Juga:  Mencicipi Sate Rembiga, Kuliner Khas Lombok Yang Lezat

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini