Nongki.net – Aceh adalah sebuah provinsi yang terletak paling barat dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meskipun sempat dilanda bencana tsunami besar pada tahun 2004, kini Aceh perlahan pulih dan memperbaiki diri dari keterpurukan. Sejak zaman dahulu, Aceh memang terkenal kaya akan wisata alamnya yang memesona. Selain itu kuliner khas Aceh juga sudah lama tersohor di nusantara. Tak heran, karena rempah-rempah khas ditambah akulturasi budaya yang terjadi di Aceh menambah beragamnya kuliner di sana. Jika Anda kebetulan sedang berlibur ke Aceh, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba wisata kuliner khas Aceh yang terkenal sangat lezat.

10 Kuliner Khas Yang Wajib Anda Cicipi Saat Liburan ke Aceh

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 macam wisata kuliner khas Aceh yang wajib Anda cicipi saat berlibur ke sana. Beberapa yang terkenal dan mungkin Anda pernah mencobanya adalah mie Aceh dan nasi goreng Aceh. Bumbu rempahnya yang menyengat adalah ciri khas dari masakan khas Aceh. Sehingga dapat dibayangkan jika Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam sajian kaya rempah saat berlibur ke Aceh. Wisata kuliner apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Mie Aceh
  • Sate Matang Bireuen
  • Kuah Beulangong Aceh Besar
  • Ayam Tangkap Aceh Besar
  • Eungkot Paya
  • Sie Reuboh Aceh Besar
  • Kopi Aceh
  • Kari Kambing
  • Keumamah
  • Mie Jalak Sabang
Baca Juga:  10 Ragam Wisata Bengkulu Yang Memesona

1. Mie Aceh

Mie Aceh salah satu kuliner khas yang memiliki bahan dasar mie disajikan dengan taburan acar bawang, emping, potongan mentimun serta irisan jeruk nipis.

Mie ini terkadang disajikan dengan tambahan udang, cumi, ataupun daging sapi untuk menambah cita rasanya. Yang membedakannya dengan mie daerah lain adalah rasa karinya yang gurih dan lezat serta pedasnya yang khas.

2. Sate Matang Bireuen

Selain terkenal dengan mie, kuliner lainnya yang patut dicoba adalah Sate Matang. Sate yang berasal dari Kota Matangglumpangdua, Kabupaten Bireuen ini harganya terjangkau untuk semua kalangan, yakni Rp.3000 per tusuk.

Kuliner ini disajikan lengkap dengan bumbu kacang yang ditaburi bawang goreng dan daun bawang dengan sepiring nasi putih, kuah soto yang diberi sedikit potongan lemak sapi atau kambing tanpa santan.

3. Kuah Beulangong Aceh Besar

Kuah beulangong sangat identik dengan masakan Aceh Besar, kuliner yang berbahan baku daging kambing atau sapi ini dimasak dengan menggunakan belangan yang ditambahi potongan buah nangka.

Makanan ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan kenduri-kenduri besar di Aceh. Kuah beulangong merupakan tradisi makan besar di Aceh yang masih terjaga hingga saat ini.

4. Ayam Tangkap Aceh Besar

Ayam tangkap, sajian kuliner ayam muda yang digoreng bersama dengan daun pandan, daun kari, serta cabai hijau.

Sebelum digoreng potongan ayam terlebih dahulu dibumbui dengan rempah-rempah sekitar 15 menit untuk menambah cita rasa dan ditambah gorengan daun pandan dan teumurui.

5. Eungkot Paya

Eungkot paya salah satu kuliner warisan Aceh, yang dominan dengan dengan rasa asam dan pedas.

Bahan dasar dari eungkot paya ini, yakni ikan payau yang biasanya dicampur dengan santan, rebung kala, jantung pisang serta aroma ketumbar sangrai.

Baca Juga:  Liburan ke Aceh? Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata Ini

6. Sie Reuboh Aceh Besar

Sie reuboh salah satu sajian khas Aceh Besar yang dibuat dari rebusan daging sapi dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabe merah serta merica.

Dalam proses memasaknya ditambahkan cuka secara bertahap hingga meresap ke dalam daging, penambahan cuka dimaksud untuk membuat daging dapat bertahan lebih lama serta empuk dan lezat.

7. Kopi Aceh

Belum sempurna kalau belum ngopi jika ke Aceh. Di Aceh sendiri terdapat dua jenis kopi yaitu jenis Arabika serta jenis Robusta, masing-masing mempunyai penggermar tersendiri.

Perkebunan kopi mulai dikembangkan di daratan tinggi Gayo sejak tahun 1908 oleh kolonial Belanda. Kopi tumbuh subur di atas ketinggian 1200 mdpl.

8. Kari Kambing

Kari atau kare kambing merupakan variasi lainnya masakan olahan daging kambing yang biasanya diramu dengan kuah santan kombinasi rempah sehingga semakin menggugah selera. Masakan kari kambing menjadi masakan yang sering dibuat ketika bulan puasa ataupun ketika prosesi aqiqah anak.

9. Keumamah

Keumamah atau sering disebut dengan sebutan ikan kayu, yakni kuliner legendaris dari Aceh yang punya nilai historis. Kuliner ini berbahan khusus dari ikan tongkol yang dikeringkan. Bentuknya persis seperti kayu dan keras, sehingga punya istilah ikan kayu.

10. Mie Jalak Sabang

Mie Jalak salah satu makanan khas yang bisa ditemukan di Pulau Weh, Sabang. Pada dasarnya Mie Jalak punya tekstur kenyal berwarna pucat, disajikan dengan kuah kaldu bening yang gurih dan lezat di tambah potongan daging cincang, tauge serta telur bulat rebus.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Kuliner Paling Hits di Surabaya

Please rate this