Nongki.net – Singapura adalah sebuah negara yang memiliki keragaman budaya, etnis, agama, dan tentu juga kuliner khasnya. Negara pulau yang memiliki luas total 725 kilometer persegi ini terletak di tengah-tengah Indonesia dan Malaysia. Sehingga dalam dalam sejarahnya sangat memainkan peran penting dalam perkembangan kuliner di Negara Singa ini. Ketika Anda berlibur ke Singapura jangan hanya melihat gedung-gedung pencakar langit saja, tetapi juga wajib mencoba beberapa kuliner makanan penutup atau desserts khas yang akan menggoda selera.

10 Kuliner Desserts atau Makanan Penutup Khas Singapura

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas tentang 10 kuliner khas Singapura terutama desserts atau makanan penutup yang wajib Anda coba. Dengan mencoba 10 kuliner khas ini, Anda akan menemukan dan menikmati cita rasa asli dari Negara Singapura. 10 makanan apa saja yang wajib dicicipi? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Pandan Chiffon Cake
  • Durian Pengat
  • Chendol
  • Ice Kachang
  • Cheng Tng
  • Orh Nee
  • Tang Yuan
  • Ice Cream Sandwich
  • Pulut Hitam
  • Soya Beancurd
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Anti Mainstream di Singapura

1. Pandan Chiffon Cake

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eat & Food (@westri) on

Pandan Chiffon Cake atau yang dikenal sebagai Green Cake (Kue Hijau) adalah salah satu makanan penutup yang paling dicintai di Singapura. Konon asal muasal kue ini adalah dari Negara Indonesia dan Malaysia. Warna hijau mencolok yang indah akan membuat siapa saja tertarik secara visual. Pewarna hijau dan aroma pandan yang khas adalah kekuatan utama dari desserts manis ini.

Daun pandan adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam berbagai masakan di negara-negara Asia. Bahan lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah santan yang membuat kue hijau ini menjadi lebih kaya rasa dan lembut. Pandan Chiffon Cake sering disebut juga sebagai Kue Nasional Singapura.

2. Durian Pengat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ade’s Homebake (@adeshomebake) on

Durian Pengat merupakan salah satu makanan penutup yang sangat erat sejarahnya dengan komunitas dan peranakan Melayu. Durian juga adalah buah-buahan yang sangat digemari bukan hanya di Singapura tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara lainnya, terutama Indonesia dan Singapura. Buah beraroma menyengat ini populer dikonsumsi secara langsung ataupun ditambahkan sebagai pelengkap berbagai hidangan.

Durian Pengat adalah desserts yang dibuat dengan memasak akar sebuah tananam serta buah-buahan yang dicampur dengan santan dan gula. Durian Pengat dibuat dengan cara memasak bahan-bahan tersebut hingga memiliki kekentalan tertentu serta halus. Potongan buah durian kemudian ditambahkan di atasnya sebagai penghias dan pelengkap kuliner khas Singapura ini.

3. Chendol Singapura

 

View this post on Instagram

 

A post shared by We eat & stuff (@weeatandstuff) on

Chendol atau Cendol adalah salah satu makanan penutup paling populer di Singapura. Meskipun Negara Indonesia dan Malaysia juga memiliki jenis kuliner satu ini, namun gaya Chendol Singapura memiliki rasa yang berbeda. Bahan utama Chendol Singapura adalah serutan es yang ditambahkan sirup gula kelapa dan santan.

Sebagai pelengkap, Chendol juga akan ditambahkan jelly tepung beras atau jelly pandan yang biasa kita sebut sebagai Dawet. Kacang hijau, buah durian, dan grass jelly juga biasanya dimasukan ke dalam Chendol sebagai tambahan hiasan. Kacang Adzuki Merah yang manis dalam Chendol membuat cita rasa yang berbeda dalam kuliner desserts khas Singapura ini. Jagung muda juga sangat umum ditambahkan dalam Chendol Singapura sebagai pelengkap warna kuning yang indah.

4. Ice Kachang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Magdalene Chow (@modgam) on

Ice Kachang atau Ais Kacang adalah salah satu makanan penutup favorit di Singapura. Kuliner Khas Singapura satu ini dipercaya berasal dari Negara Malaysia. Hidangan manis ini dibuat dengan mengocok serutan es yang telah dicampurkan dengan sirup warna, sirup gula Melaka, dan susu kental manis.

Kuliner Dessert khas Singapura ini biasanya akan dibentuk menumpuk ke atas menyerupai gunung. Selain itu, Ice Kachang juga disajikan dengan menambahkan kacang merah, jagung manis, jelly warna-warni, dan palm seed.

5. Cheng Tng

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Singapore Food Guide (@foodinsing) on

Cheng Tng adalah sebuah kuliner makanan penutup khas Singapura yang memiliki rasa manis. Konon asal muasal dessert ini berasal dari China Klasik sebagai salah satu makanan penutup terbaik untuk cuaca Singapura yang panas. Cheng Tng secara harfiah dapat diartikan sebagai “Sup Bening” yang mengandung bahan-bahan lain seperti biju teratai, kurma, barley, kelengkeng, sagu, dan jamur putih.

Dessert Cheng Tng ini dapat disantap dalam kondisi panas ataupun dingin. Kuliner dessert khas Singapura ini dipercaya memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Sebagai makanan penutup, Cheng Tng biasanya disajikan sebagai pelengkap yang tidak begitu mengenyangkan apabila dibandingkan dengan jenis dessert lainnya di Singapura.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Terbaik Dekat Seoul Korea Selatan

6. Orh Nee

 

View this post on Instagram

 

A post shared by caroline say (@caroline___say) on

Orh Nee adalah salah satu kuliner makanan penutup yang biasa disajikan dalam acara atau pesta pernikahan di Singapura. Orh Nee dalam dialek China bernama Teochew yang memiliki arti sebagai Pasta Yam. Konon asal muasal dessert manis satu ini berasal dari wilayah Chaoshan di China.

Jenis panganan ini mulai diperkenalkan di Singapura oleh Teochews pada abad ke-19. ketika mereka bermigrasi ke daerah Melayu. Makanan penutup ini dibuat dengan cara merendam pasta ubi yang telah ditambahkan sirup gula. Selain itu, pasta ini biasanya dimasak dalam lemak hewani (minyak babi) dan memiliki aroma yang menggiurkan. Bagi Anda yang beragama Islam, Nongki.net sarankan untuk menanyakan kehalalan dari kuliner khas Singapura satu ini.

7. Tang Yuan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Healthy foods made fun 🥰 (@rawnice) on

Tang Yuan adalah salah satu kuliner makanan penutup paling kaya rasa di Singapura. Tang Yuan merupakan bola-bola nasi yang memiliki rasa manis. Konon, hidangan dessert ini berasal dari China yang khusus dikonsumsi selama Festifal Solstice di musim dingin.

Bagi masyarakat China-Singapura, kuliner khas ini lebih dari sekedar makanan tetapi juga memiliki makna budaya yang dikaitkan dengan acara reuni atau kumpul bersama keluarga untuk menciptakan rasa keharmonisan. Selain itu, Tang Yuan juga biasa disebut sebagai Ah Balling. Makanan penutup ini dimasak menggunakan beras fermentasi, kacang, sup jahe, kacang merah, pandan, dan gula batu.

8. Ice Cream Sandwich

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 💥THE BEST OF ICE CREAM💥 (@icecreambae) on

Semua orang pasti menyukai es krim, bukan? Ice Cream Sandwich Singapura adalah salah satu kuliner makanan penutup yang sangat terkenal baik dikalangan penduduk lokal maupun turis mancanegara. Berbeda dengan bentuk es krim pada umumnya, Ice Cream Sandwich ini disajikan dalam sepotong roti yang telah ditambahkan es krim pada bagian tengahnya.

Roti yang digunakan pun bukan sembarang roti, melainkan jenis roti khusus yang dibuat dengan menambahkan rasa daun pandan. Karena semakin populer, rasa roti dan es krim pada Ice Cream Sandwich ini telah berkembang dalam berbagai rasa seperti cokelat, strawberry, peppermint, moka, dan lain sebagainya. Sebagai sentuhan terakhir, Anda dapat menambahkan buah durian, kacang merah, atau jagung manis dalam sajian kuliner khas Singapura ini.

9. Pulut Hitam

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Whipped Cake (@whippedmy) on

Pulut Hitam adalah salah satu kuliner dessert di Singapura yang dipercaya berasal dari Negara Indonesia. Bahan utama dari panganan penutup ini adalah ketan hitam yang telah direbus hingga menjadi kenyal dan lembut. Selain itu, bahan tambahan lainnya adalah daun pandan, santan kelapa, dan gula aren.

Berbeda dari hidangan manis lainnya di Singapura, Pulut Hitam biasanya dimakan sebagai makanan pencuci mulut atau makanan ringan. Meskipun berasal dari Indonesia, namun Pulut Hitam khas Singapura memiliki gaya rasa yang sedikit berbeda. Jika kebetulan sedang berlibur ke Singapura, Nongki.net sarankan untuk mencoba kuliner khas satu ini.

10. Soya Beancurd

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eileen Cedric (@eileencedric) on

Soya Beancurd atau yang biasa disebut juga sebagai Tau Huay dalam bahasa Hokkien. Kuliner makanan penutup yang memiliki rasa manis ini bukanlah Tahu melainkan Puding Kedelai. Soya Beancurd merupakan salah satu hidangan dessert paling terkenal di Singapura. Dibuat dengan memanaskan susu kedelai hingga mendidi yang kemudian memadatkannya. Di Indonesia panganan ini biasa dikenal sebagai Kembang Tahu namun dengan cita rasa Singapura yang berbeda.

Makanan penutup atau desserts ini biasa disajikan dalam kondisi panas maupun dingin. Selain itu, Soya Beancurd biasanya juga ditambahkan sirup gula, kacang merah tapioka, tepung mutiara, teh hijau, dan buah durian. Kuliner khas Singapura ini memiliki aneka rasa dan warna yang sangat unik yang patut Anda coba ketika berlibur ke Singapura.

Baca Juga:  30 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Jepang

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini