Nongki.net – Belanda adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Barat dan berbatasan langsung dengan Belgia serta Jerman. Negara yang terkenal dengan kincir angin ini memiliki banyak sekali saluran air berupa kanal-kanal serta monumen dengan arsitektur indah. Selain itu, negara ini juga memiliki latar belakang sejarah dan budaya yang cukup panjang. Terlihat dari banyaknya jumlah masjid yang tersebar di seluruh negeri dengan mayoritas penganut Katolik Roma ini. Bahkan beberapa masjid diantaranya memiliki desain yang megah dan mengagumkan.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 masjid berdesain megah yang berada di negara kincir angin Belanda. Perlu Anda ketahui pula, bahwa negara yang 20% wilayahnya berada di bawah permukaan laut ini menampung lebih dari 400 masjid yang tersebar di banyak kota. Beberapa masjid yang paling populer diantaranya terletak di kota Amsterdam, Rotterdam dan Harlem. Masjid apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  10 Atraksi Menarik Ketika Liburan Ke Shanghai China

1. Masjid Mevlana

Masjid Mevlana yang megah di Belanda
Masjid Mevlana yang megah di Belanda – ©traveltriangle.com

Masjid Mevlana atau Mevlana Mosque ini adalah sebuah masjid yang terletak di sepanjang jalur yang luas di kota Rotterdam. Masjid yang didirikan pada tahun 2001 ini sebagian besar melayani umat muslim keturunan Turki-Belanda atau yang dinamakan Rumi. Masjid ini memiliki desain menara dan kubah yang sangat indah serta megah. Bahkan pada tahun 2006, Masjid Mevlana mendapatkan gelar sebagai masjid paling indah di kota Rotterdam.

Lokasi: Mevlana Square 1 Rotterdam 3022 EP South Holland Netherlands 010-4764107

2. Masjid Ulu

Masjid Ulu di negara Kincir Angin
Masjid Ulu di negara Kincir Angin – ©traveltriangle.com

Masjid Ulu atau Ulu Mosque adalah sebuah masjid yang terletak di kota Utrecht. Utrecht merupakan kota terpadat keempat di Belanda. Masjid yang dibuka pada bulan Oktober 2015 ini memiliki 2 lantai bangunan. Ruangan utama untuk shalat berada di lantai 2, sekaligus dilengkapi dengan 2 balkon utama bagi wanita. Sedangkan di lantai dasar, Anda dapat menemukan beberapa toko-toko yang menjual berbagai aksesoris serta barang-barang keagamaan. Setiap harinya, masjid ini bisa dikunjungi oleh ratusan umat muslim untuk beribadah dan berdoa.

Lokasi: Moskeeplein 89, 3531 BX Utrecht, Netherlands

3. Essalam Mosque

Essalam Mosque, salah satu masjid terbesar di Belanda
Essalam Mosque, salah satu masjid terbesar di Belanda – ©traveltriangle.com

Masjid Essalam merupakan salah satu masjid terbesar di Belanda. Masjid ini didekorasi dengan 2 menara serta bermahkotakan kubah yang megah. Ruang solat utama di masjid Essalam dapat menampung hingga 1500 jamaah setiap harinya. Selain ruang solat, masjid ini juga dilengkapi dengan beberapa ruangan yang berfungsi sebagai ruang administrasi, ruang pendidikan, ruang budaya, serta untuk kegiatan sosial. Sebelah sisi barat masjid ini memiliki pintu masuk yang mengarah ke area ruangan tengah dan mihrab yang berbentuk setengah lingkaran.

Lokasi: Polderlaan 84-86, Rotterdam, 3074 MH, Netherlands

4. Selimiye Mosque

Selimiye Mosque, masjid yang cukup modern di negara kincir angin
Selimiye Mosque, masjid yang cukup modern di negara kincir angin – ©traveltriangle.com

Masjid Selimiye merupakan salah satu masjid paling modern di Belanda. Masjid ini dilengkapi dengan kubah yang didesain menggunakan kaca yang mewah. Meskipun memiliki arsitektur modern, namun apabila dibandingkan dengan desain masjid lainnya di Belanda, masjid ini masih memiliki prinsip dan referensi yang sama dengan masjid lainnya. Baik dari segi simbolisme serta geometrinya, masjid Selimiye tetaplah masjid tradisional bersejarah di Belanda. Kubah masjid Selimiye didesain sedemikian rupa sehingga masjid ini memuat 40 panel kaca segitiga.

Lokasi: Selimiye Masjid Koningstein (straat) 2 Haarlem 2011 VB North Holland Netherlands

5. El Tawheed Mosque

El Tahweed Mosque dapat menampung 500 jemaah sekaligus
El Tahweed Mosque dapat menampung 500 jemaah sekaligus – ©traveltriangle.com

Masjid El Tawheed adalah salah satu masjid terkenal di ibukota Belanda, Amsterdam. Masjid yang didirikan pada tahun 1986 ini terletak di sebuah wilayah di Amsterdam dimana kerumunan muslim terkonsentrasi di kota ini. Masjid El Tawheed memiliki ruang shalat utama yang dapat menampung sekitar 500 jamaah sekaligus dalam satu waktu. Setiap harinya, masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh umat muslim untuk beribadah dan berdoa khususnya hari Jumat. Selain itu, Anda juga dapat melihat koleksi buku, DVD dan video keagamaan di dalam kompleks masjid El Tawheed.

Lokasi: Jan Hanzenstraat 114, 1053 SV Amsterdam

Baca Juga:  Sejarah Gereja Pink Ho Chi Minh Vietnam Yang Memesona

6. Masjid Al Karam

Masjid Al Karam memiliki lingkungan yang bersih dan terawat
Masjid Al Karam memiliki lingkungan yang bersih dan terawat – ©traveltriangle.com

Bangunan Masjid Al KAram diibaratkan sebagai pancaran sejati dari budaya islam. Terlihat dari tujuan utama dari pembangunan masjid ini yaitu membuat orang-orang sadar akan pesan-pesan Al-Quran. Setiap hari para jamaah akan melantunkan ayat-ayat suci serta beberapa doa islami di masjid ini. Bahkan masjid ini pun memiliki agenda khusus berupa majelis untuk menyampaikan ajaran islam yang rutin diadakan secara teratur yang disampaikan dalam bahasa Belanda. Lingkungan Masjid Al Karam sangat bersih dan terawat sehingga memberikan kesan positif sebagai tempat yang tenang dan damai. Masjid ini juga mengakomodasi ruangan terpisah bagi para jamaah perempuan.

Lokasi: Al Karam Masjid Sint Willibrordusstraat 5 De Pijp Amsterdam 1074 North Holland Netherlands

7. Masjid Westermoskee

Westermoskee Mosque di negara kincir angin Belanda
Westermoskee Mosque di negara kincir angin Belanda – ©traveltriangle.com

Masjid Westermoskee adalah masjid yang cukup populer di kalangan populasi muslim di Amsterdam. Terletak di dekat sungai Schinkel yang merupakan sungai dengan kanal yang terkenal di wilayah Chassebuurt. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2015 ini terinspirasi oleh arsitektur bangunan tinggi Perancis oleh arsitek terkenal Nada Breitman dan Marc. Meskipun telah selesai dibangun, masjid ini baru dibuka dan digunakan sebagai tempat ibadah setahun kemudian yaitu pada 2016.

Lokasi: Piri Reisplein 101, 1057 KH Amsterdam, Netherlands

8. Fatih Mosque

Fatih Mosque, masjid megah di wilayah Rozengracht
Fatih Mosque, masjid megah di wilayah Rozengracht – traveltriangle.com

Masjid Fatih adalah sebuah masjid yang terletak di Amsterdam Tengah yaitu wilayah Rozengracht. Dulunya, bangunan ini merupakan sebuah gereja Katolik Roma yang kemudian diubah menjadi masjid dengan struktural yang indah. Masjid ini hanya mengalami sedikit modifikasi selama konversi dari gereja menjadi masjid. Sehingga hampir sebagian besar bangunan masih tetap utuh dan asli arsitektur gereja.

Lokasi: Rozengracht 150, 1016 NJ Amsterdam, Netherlands

9. Blue Mosque

Blue Mosque bercat biru di beberapa sisi bangunan
Blue Mosque bercat biru di beberapa sisi bangunan – ©traveltriangle.com

Blue Mosque atau Masjid Biru adalah sebuah masjid yang terletak di wilayah Nieuw West, kota Amsterdam. Dinamakan masjid biru karena eksterior warna bangunan memiliki cat berwarna biru. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga merupakan pusat kebudayaan. Dari seluruh masjid yang ada di Belanda, masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan berbeda karena tidak memiliki menara seperti pada umumnya masjid-masjid yang lain.

Lokasi: Henri Dunantstraat 14, 1066 AX Amsterdam, Netherlands

10. Masjid Mobarak

Masjid Mobarak, masjid pertama di Den Haag Belanda
Masjid Mobarak, masjid pertama di Den Haag Belanda – ©traveltriangle.com

Masjid Mobarak merupakan masjid pertama yang dibangun di kota Den Haag, Belanda. Masjid ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat ibadah dan bersilaturahmi bagi masyarakat muslim. Dibangun oleh seoarang misionaris muslim pertama yang datang ke Belanda pada tahun 1947 yang bernama Qudrat-Ullah Hafiz. Arsitektur bangunan masjid megah ini dirancang oleh Frits Beck dan pembangunannya selesai pada tahun 1955.

Lokasi: Oostduinlaan 79, 2596 JJ Den Haag, Netherlands

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Romantis Untuk Honeymoon di Singapura

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini