Nongki.net – Osaka adalah salah satu kota yang cukup populer di Jepang selain Tokyo dan Kyoto yang dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahunnya. Kota yang memiliki luas sekitar 223 kilometer persegi ini menawarkan banyak sekali atraksi wisata yang bisa Anda nikmati. Mulai dari wisata budaya, kuliner, hiburan hingga sejarah yang ditampilkan melalui museum-museum terbaik yang berada di Kota Osaka, Jepang. Selain itu, aroma dupa di jalanan Osaka juga akan membuat wisatawan menyadari tentang kentalnya tradisi agama di kota yang berpenduduk 19 juta ini.

Jika Anda berencana mengunjungi Osaka dan ingin mencari tahu tentang sejarah Jepang, maka museum adalah tempat terbaik untuk mendapatkan semua hal tersebut. Museum di Osaka adalah tempat menyimpan berbagai bukti otentik dari sejarah, tradisi dan budaya dari Negara Jepang. Bagi Anda para penggemar sejarah, memasukan beberapa wisata museum adalah hal yang wajib dilakukan saat menyusun rencana perjalanan.

Table of Contents

10 Museum Terbaik di Osaka Jepang

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 daftar tempat wisata sejarah museum terbaik yang terdapat di Kota Osaka, Jepang. Bagi Anda para penggemar sejarah dan ilmu pengetahuan, menjelajahi museum di Osaka akan membawa Anda untuk melihat kondisi kota dan negara Jepang pada masa lampau. Berikut adalah 10 daftar museum terbaik di Kota Osaka, Jepang.

  • Osaka National Museum of Art
  • Osaka City Museum of Fine Arts
  • Osaka Museum of History
  • Osaka Museum of Natural History
  • Osaka Mint Museum
  • Osaka Science Museum
  • National Museum of Ethnology
  • Kids Plaza Osaka
  • Fujita Museum
  • Open Air Museum of Old Japanese Farm Houses
Baca Juga:  10 Istana Kekaisaran Tokyo Yang Mengagumkan di Jepang

1. Osaka National Museum of Art

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Uddit Sachdeva (@fd_uddit) on

The National Museum of Art di Osaka adalah sebuah museum seni yang dibuka pada bulan November 2004. Sebelum digunakan sebagai museum, bangunan ini dulunya difungsikan sebagai tempat pameran seni yang memamerkan karya domestik dan internasional. Sekarang, museum seni berlantai tiga ini menyimpan karya-karya populer seperti Picasso, Foujita, Cezanne, dan Ernst.

Selain itu, terdapat juga beberapa koleksi seni pasca perang yang dapat Anda lihat di Osaka National Museum of Art ini. Struktur bangunan museum telah terinspirasi dari perpaduan antara perkembangan seni kontemporer dan tanaman bambu sehingga menghasilkan arsitektur yang unik. Ini adalah salah satu museum terbaik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Osaka Jepang.

Lokasi: 4 Chome-2-55 Nakanoshima, Kita Ward, Osaka, 530-0005, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 10.00 – 17.00

Kontak: +81 6-6447-4680 dan http://www.nmao.go.jp/en/

2. Osaka City Museum of Fine Arts

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vero Garzón (@vero.garzon) on

Terletak di dalam Taman Tennoji, Osaka City Museum of Fine Art adalah sebuah museum yang memiliki koleksi lebih dari 8.000 jenis karya. Berbeda dari museum lainnya, Osaka City Museum of Fine Art memiliki sejarah pembuatan yang tidak konvensional. Karena sebagian besar karya yang disimpan di sini adalah merupakan sumbangan dari beberapa pengusaha dan kolektor.

Anda akan menemukan lukisan dari periode Meiji dan Edo hingga seni patung Buddha Asia. Selain itu, museum ini juga menjadi rumah bagi banyak koleksi yang disumbangkan oleh kuil dan tempat suci di wilayah Kansai. Selain itu, museum ini juga menjadi rumah bagi pameran khusus karya seni dari seluruh dunia.

Lokasi: 1-82 Chausuyamacho, Tennoji Ward, Osaka, 543-0063, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 09.30 – 17.00

Kontak: +81 6-6771-4874

3. Osaka Museum of History

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 琴音 (@kotone.105) on

Osaka Museum of History adalah sebuah museum yang dibangun dari reruntuhan Naniwa Nagara Toyosaki-no-Miya Palace. Museum sejarah yang dibuka pada bulan November 2001 ini akan membawa Anda ke periode Osaka dari zaman kuno hingga hari ini. Museum yang dirancang sedemikian rupa ini memiliki fasilitas multimedia yang menyajikan sejarah Osaka dengan lebih menarik. Terdapat bukti sejarah yang telah berusia 1.350 tahun yang direkonstruksi melalui foto dan model skala sehingga membentuk ukuran sebenarnya.

Lokasi: 4 Chome-1-32 Otemae, Chuo Ward, Osaka, 540-0008, Japan

Jam operasional: Buka mulai pukul 10.00 – 17.00 dan tutup setiap hari Selasa

Kontak: +81 6-6946-5728

4. Osaka Museum of Natural History

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rebekah (@r_adorine) on

Osaka Museum of Natural History adalah sebuah museum yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan mendalam tentang temuan arkeologi di Osaka. Anda dapat mengunjungi museum ini untuk menelusuri revolusi alam. Terdapat kerangka yang direkonstruksi dari hewan purba seperti dinosaurus. Beberapa diorama alam, foto-foto, serta koleksi spesies yang diawetkan juga dapat Anda temukan di museum ini. Selain itu, Anda juga akan dipandu dengan staf profesional yang akan menjelaskan tentang alam baik di dalam museum atau di luar ruangan.

Lokasi: 1-2-3 Nagaikoen, Higashisumiyoshi Ward, Osaka, 546-0034, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 09.30 – 17.00

Kontak: +81 6-6697-6221

5. Osaka Mint Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Teaw (@teaw__weat) on

Osaka Mint Museum adalah sebuah tempat wisata sejarah yang memiliki koleksi tentang pengetahuan pembuatan permen, medali, dan beberapa koleksi baik lokal maupun internasional. Sebelum menjadi museum, bangunan ini dulunya merupakan sebuah pembangkit listrik termal yang dibangun pada tahun 1911 dan kemudian direnovasi menjadi museum pada tahun 1969. Fasad muka bangunan tetap dibiarkan seperti bentuk aslinya sebagai bukti sejarah dari era Meiji.

Pada tahun 2008, museum ini kemudian dilakukan perbaikan besar-besaran agar lebih ramah publik dan lingkungan. Baru pada bulan April 2009, museum ini dibuka kembali untuk melayani pengunjung ditambah dengan fasilitas dan kualitas ruang pameran yang lebih baik.

Lokasi: 1 Chome-1-79 Tenma, Kita Ward, Osaka, 530-0043, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.45

Kontak: +81 6-6351-5361

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Belanja Oleh-oleh di Singapura

6. Osaka Science Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MAFIA Factory (@mafiafactory) on

Terletak di antara Sungai Tosabori dan Sungai Dojima, Osaka Science Museum adalah salah satu museum paling favorit di Kota Osaka, Jepang. Tempat wisata sejarah berlantai 4 ini dilengkapi dengan planetarium yang akan memberikan pengalaman pengetahuan terbaik bagi Anda dan keluarga. Wahana planetarium ini baru ditambahkan pada tahun 2019. Selain itu, terdapat juga ruangan yang menjelaskan tentang energi, listrik, dan alam semesta. Anda akan mendapatkan pengalaman visual berdasarkan fakta dan artefak ilmu pengetahuan lainnya yang sangat luar biasa.

Lokasi: 4 Chome-2-1 Nakanoshima, Kita Ward, Osaka, 530-0005, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.00

Kontak: +81 6-6444-5656

7. National Museum of Ethnology

 

View this post on Instagram

 

A post shared by pnapierw (@pnapierw) on

National Museum of Ethnology adalah salah satu museum penelitian utama dan terbesar di Jepang. Museum yang didirikan pada tahun 1974 ini merupakan museum yang menampilkan koleksi tentang budaya dan alat-alat tradisional sebagai bahan etnografi. Beberapa ruangan akan memamerkan koleksi dari berbagai belahan dunia seperti dari Benua Afrika, Eropa, Oceania, dan Asia. Tempat wisata sejarah ini adalah museum yang sempurna untuk dikunjungi saat berlibur ke Osaka Jepang.

Lokasi: 10-1 Senribanpakukoen, Suita, Osaka 565-8511, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00

Kontak: +81 6-6876-2151

8. Kids Plaza Osaka

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Zulima Tomari Tan (@zuli_meesoto) on

Kids Plaza Osaka adalah temapt wisata sejarah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai level usia. Anda dapat melakukan berbagai jenis kegiatan seperti membuat lokakarya, arigami dan keahlian seni kerajinan tangan lainnya. Salah satu bagian terbaik dari museum berlantai 5 ini adalah The Let’s Try, yaitu sebuah program membuat berita hingga berlajar tentang kelistrikan.

Selain itu, terdapat juga ruang bawah tanah yang dilengkapi dengan beberapa restoran untuk memenuhi asupan gizi seimbang bagi anak-anak. Museum juga sangat rutin menyelenggarakan acara bertema yang dikhususkan untuk anak-anak.

Lokasi: 2 Chome-1-7 Ogimachi, Kita Ward, Osaka, 530-0025, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.00

Kontak: +81 6-6311-6601

9. Fujita Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by かずこ (@matatabi75) on

Fujita Museum adalah salah satu museum dengan koleksi pribadi terbesar di wilayah Kansai. Museum ini menampung hingga lebih dari 5.000 koleksi barang antik dan oriental yang diprakarsai oleh Fujita Denzaburo dan keturunannya. Keluarga ini merupakan seorang pedagang kaya yang hidup di zaman Meiji. Rumah keluarga tersebut kemudian ubah menjadi museum yang dilengkapi dengan ruangan-ruangan pameran.

Museum yang dibuka pada tahun 1954 ini memiliki koleksi mulai dari patung, kaligrafi, lukisan, keramik, emas, artefak arkeologis, dan kain tekstil yang diwarnai dari masa Meiji serta zaman kuno.

Lokasi: 10-32 Amijimacho, Miyakojima Ward, Osaka, 534-0026, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 16.30

Kontak: +81 6-6351-0582

10. Open Air Museum of Old Japanese Farm Houses

 

View this post on Instagram

 

A post shared by cocky (@cocky1958) on

Open Air Museum of Old Japanese Farm House merupakan museum pertama rumah-rumah tradisional yang terbuat secara sederhana di Jepang. Tempat wisata sejarah ini memiliki rumah-rumah tradisional Jepang yang digunakan pada zaman dahulu. Museum yang terletak di salah satu sudut Taman Hattori Ryokuchi ini adalah salah satu museum paling populer di Kota Osaka.

Anda akan melihat 11 rumah tradisional khas Jepang yang ditampilkan secara terbuka. Pengunjung juga dapat memasuki rumah Amami-Takakura dari wilayah Kagoshima Prefecture serta rumah Nambu-Magariya dari wilayah Iwate Prefecture. Rumah-rumah tradisional tersebut dibangun pada abad ke-17 dan 19 dan masih digunakan secara aktif hingga tahun 1960-an. Kini rumah-rumah tersebut dilestarikan dengan cara diubah menjadi museum. Anda harus memeriksa jadwal kunjungan sebelum pergi ke museum ini, karena terdapat beberapa sesi menarik yang rutin diselenggarakan di sini.

Lokasi: 1-2 Hattoriryokuchi, Toyonaka, Osaka 561-0873, Japan

Jam operasional: Buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.30 – 17.00

Kontak: +81 6-6862-3137

Baca Juga:  Mengapa Hujan Memiliki Aroma Yang Nikmat?

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini