Nongki.net – Bengkulu adalah sebuah provinsi yang terletak di barat daya Pulau Sumatera Indonesia. Bengkulu merupakan wilayah yang memiliki sejarah cukup panjang. Terbukti dari keberadaan British East India Company (EIC) sejak tahun 1685 yang mendirikan pusat perdagangan lada di Bengkulu. Pada waktu itu Bengkulu dinamakan sebagai Cut Land karena berada di wilayah patahan gempa bumi paling aktif di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika daerah ini cukup sering diguncang gempa baik sekala kecil, sedang, hingga besar. Selain itu, Bengkulu juga terkenal karena eksotisme Bunga Bangkai Raksasa atau dengan nama latin Rafflesia arnoldii. Tak berhenti sampai disitu, Bengkulu juga menyimpan banyak sekali destinasi tempat wisata memesona yang berbeda dan patut untuk Anda kunjungi ketika libur panjang.

Bengkulu adalah sebuah tempat yang kaya akan budaya, sejarah, dan alamnya. Provinsi yang memiliki luas sebesar 19.788,70 kilometer persegi ini memiliki beragam tarian tradisional, seni musik, wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata budaya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Bengkulu menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan memesona untuk dijelajahi.

10 Rekomendasi Tempat Wisata Memesona di Bumi Rafflesia Bengkulu Sumatera

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat pergi berlibur ke Bumi Rafflesia di Bengkulu Sumatera. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi karena beberapa tempat wisata yang akan dibahas memang menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang pergi kesana. Penasaran? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Pantai Panjang
  • Rumah Pengasingan Bung Karno
  • Rumah Fatmawati
  • Monumen Thomas Parr
  • Pantai Tapak Paderi
  • Danau Dendam Tak Sudah
  • Benteng Fort Marlborough
  • Kota Curup
  • Bukit Kaba
  • Danau Mas Harun Batari
Baca Juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bojonegoro

1. Pantai Panjang

Tidak seperti pantai pada umumnya, pantai dengan garis pantai mencapai 7 kilometer ini dihiasi oleh vegetasi khas pegunungan, yaitu pohon pinus dan cemara.

Berbagai fasilitas seperti restoran, kafe, pusat belanja, fasilitas olah raga, hingga penginapan pun tersedia demi memanjakan para pengunjungnya.

Di penghujung hari, panorama matahari terbenam yang indah pun akan memanjakan mata Anda.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Berlokasi di dalam kawasan pusat kota, yaitu tepatnya di jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, travelers dapat melihat-lihat benda-benda peninggalan Bung Karno semasa Beliau diasingkan di Bengkulu.

Tidak hanya itu, travelers juga dapat melihat koleksi museum dan perpustakaan di sebuah bangunan yang diberi nama ‘Persada Bung Karno’ yang akan menambah pengetahuan travelers mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

3. Rumah Fatmawati

Sekitar 600 m dari rumah pengasingan Bung Karno, travelers dapat melihat-lihat foto-foto keluarga serta masa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Yang tidak kalah penting, travelers juga dapat melihat mesin jahit kuno berwarna merah yang digunakan oleh ibu Fatmawati untuk menjahit bendera pusaka yang dikibarkan di Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta pada 17 Agustus 1945.

4. Monumen Thomas Parr

Monumen yang juga disebut sebagai Kuburan Bulek ini dibangun pada 1808 oleh Pemerintah Inggris ini didirikan untuk mengenang tewasnya Thomas Parr, seorang residen Inggris yang terkenal kejam, oleh rakyat Bengkulu. Namun jasadnya tidak dikuburkan di monumen tersebut, melainkan di suatu lokasi tertutup di Fort Marlborough, Bengkulu.

5. Pantai Tapak Paderi

Pantai yang merupakan pantai penunjang transportasi laut utama di Bengkulu pada masa kolonialisme Inggris ini memiliki panorama yang indah. Bersantailah di pantai ini sambil menikmati jagung bakar yang lezat buatan warga setempat.

Baca Juga:  Liburan ke 10 Tempat Wisata di Kota Pecel, Madiun

6. Danau Dendam Tak Sudah

Danau yang berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Bengkulu ini menawarkan panorama danau indah yang dikelilingi bukit-bukit dengan hutan yang lebat, serta flora endemiknya yang cantik, yaitu anggrek pensil. Selain itu travelers juga akan menjumpai lutung dan monyet ekor panjang yang bermain-main disekitar danau, seakan menghibur para pengunjung danau.

7. Benteng Fort Marlborough

Fort Marlborough adalah sebuah benteng yang posisinya berada sekitar 30 meter dari bibir pantai, membuat travelers tidak hanya dapat menikmati wisata sejarah dari benteng yang dibangun pada tahun 1713 ini, tetapi juga panorama laut serta sunset yang indah di sore hari. Jika Anda pergi ke Provinsi yang terkenal dengan Bunga Bangkai ini, maka fort Marlborough adalah tempat wisata wajib yang harus dikunjungi.

8. Kota Curup

Selain terkenal dengan hasil ladangnya yang melimpah, Kota Curug juga merupakan kota di mana Bunga Bangkai dikembang biakkan. Disini Anda akan diajak untuk melihat Bunga Bangkai yang jika beruntung, sedang mekar-mekarnya.

9. Bukit Kaba

Bukit Kaba adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Dari Kota Curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 kilometer. Di Bukit Kaba, travelers harus mendaki 307 anak tangga sebelum akhirnya tersaji pemandangan bukit barisan yang begitu memikat. Waktu tempuh dari pos pendakian menuju puncak adalah sekitar 2-3 jam perjalanan.

10. Danau Mas Harun Batari

Danau Mas Harun Batari adalah salah satu tempat wisata favorit dikalangan wisatawan. Danau yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau ini tampak menyejukkan. Selain keindahan danau yang dikelilingi oleh bukit, danau ini juga memiliki keunikan lain yaitu adanya sebuah pulau yang berbentuk seperti huruf C. Dan oleh warga sekitar, pulau tersebut dijadikan lambang Curup sendiri yang berawalan huruf C. Nikmati indahnya panorama danau ini dengan bersantai di tepi danau atau berkeliling danau menggunakan perahu atau sepeda air.

Baca Juga:  10 Alasan Kenapa Anda Harus Mencoba Solo Traveling

Please rate this