Nongki.net – Brazil, siapa yang tidak mengenal negara yang satu ini. Negara yang terkenal dengan tari samba ini merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Brazil juga terkenal dengan salah satu negara pencetak pemain sepak bola profesional top dunia, salah satunya adalah Neymar.

Brazil pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2014 yang kemudian disusul sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 2016. Menjadi tempat berlangsungnya 2 event olahraga internasional ini membuat Brazil selalu bersolek agar potensi pariwisatanya menjadi daya tarik bagi wisatawan di seluruh dunia.

Sebagai negara terbesar di wilayah Amerika Selatan, Brazil ternyata menyimpan banyak keindahan wisata seperti suasana kota modern dan kota tua, wisata alam, pantai, hutan, air terjun dan lain sebagainya. Sehingga para wisatawan yang akan berkunjung ke negara ini tidak hanya bisa menikmati pertandingan olahraganya saja, tetapi juga menikmati tempat-tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Baca Juga:  Wisata Turki, Perpaduan Antara Benua Asia dan Eropa

10 Tempat Wisata Brazil Paling Terkenal

Jika Anda berencana untuk berlibur ke negara yang terkenal dengan hutan Amazonnya ini, Anda harus mengetahui setidaknya beberapa tempat wisata Brazil yang terkenal. Berikut Nongki.net rangkum dari beberapa sumber 10 tempat wisata Brazil yang memesona dan akan membuat Anda takjub serta memberikan pengalaman luar biasa yang tidak akan terlupakan.

1. Rio de Janeiro

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Layon Maximiano (@layonmax) on

Tidak ada tempat wisata Brazil yang lebih menarik dari pada Rio de Janeiro. Terletak di bagian tenggara Brazil, Rio de Janeiro adalah kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Amerika Selatan karena memiliki gunung, landmark, pantai dan festival karnaval yang sangat terkenal.

Rio de Janeiro memiliki satu pelabuhan terbesar di dunia dan dikelilingi oleh wisata alam yang meliputi Sugarloaf dan pegunungan Corcovado. Pantai yang paling terkenal di wilayah ini dalah Copacabana dan Ipanema.

Landmark paling ikonik di kota ini adalah Patung Kristus Penebus yang berdiri di atas puncak Gunung Cordova (Taman Nasional Tijuca) dengan ketinggian 710 meter di atas permukaan laut. Sedangkan patungnya sendiri memiliki tinggi sekitar 38 meter. Patung Kristus ini memiliki tangan terbentang yang merupakan simbol kayu salib dan menghadap ke kota. Sehingga para pengunjung akan menikmati pemandangan kota dari lokasi patung ini.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Terbaik di Filipina

2. Iguazu Falls

 

View this post on Instagram

 

A post shared by zabrucewayne (@zabrucewayne) on

Selain memiliki tata letak kota yang menarik, jika Anda berkunjung ke Brazil Anda juga wajib menyaksikan indahnya air terjun Iguazu Falls. Iguazu Falls adalah serangkaian air terjun yang megah terletak di Sungai Iguazu, melewati perbatasan 2 negara yaitu Brazil dan Argentina. Air terjun yang satu ini berasal dari perairan sungai Iguazu yang berada di perbatasan Misiones Argentina dan juga Parana Brazil.

Objek menarik dari tempat ini yaitu air terjun yang terletak di tengah hutan yang memiliki ketinggian sekitar 60 sampai 87 meter dengan lebar yang fantastis hingga mencapai 2,7 kilometer.

Tempat wisata di Brazil ini merupakan salah satu keajaiban alam yang paling menakjubkan di dunia.  Air terjun ini memiliki keindahan tersendiri dan menjadi sebuah tontonan yang memesona. Tetapi yang membuat keindahan Iguazu Falls terasa lebih  lagi adalah karena hutan lebat di sekitarnya yang penuh dengan satwa liar eksotis. Gerbang ke air terjun di sisi Brasil bernama Foz do Iguacu, yang merupakan kota besar dan cukup aman untuk dikunjungi dalam standar Brasil.

3. Sao Paulo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by São Paulo City • Miguel Garcia (@saopaulocity) on

Sao Paulo bukan hanya berpredikat sebagai kota terbesar di Brazil, tetapi juga salah satu yang terbesar di dunia menurut jumlah penduduk. Terletak di sebelah tenggara Brasil, Sao Paulo dikenal dengan kota hutan beton karena memiliki banyak gedung pencakar langit.

Kota ini juga dihuni penduduk dari 100 suku yang berbeda. Meskipun Sao Paulo dikenal dengan hutan beton, tapi tempat wisata di Brazil ini juga merupakan rumah bagi sejumlah besar taman umum dan bahkan beberapa jenis tanamannya berasal dari hutan hujan pasifik.

Sao Paulo memiliki banyaknya koki yang terkenal dengan keahlian masaknya. Selain itu Anda juga akan bisa temukan sebuah perkampungan ala Jepang yang menjual banyak oleh–oleh khas Jepang mulai dari kerajinan khas Jepang, manga sampai dengan atribut pokemon serta masih banyak lainnya.

4. Brasilia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Quero Imagens Drone ⌘ (@queroimagens) on

Terletak di Brasil Highlands, Brasilia merupakan ibu kota negara Brazil yang ditetapkan sejak tahun 1960. Kemudian pada zaman pemerintahan mantan presiden Brasil, Juscelino Kubitschek, beliau memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk membangun dan mengembangkan kota agar tercipta suasana kota yang oleh beberapa kalangan disebut sebagai Utopia. Utopia adalah suatu komunitas atau masyarakat yang kehidupannya sangat didambakan atau nyaris sempurna. Bisa dibilang bahwa kota utopia merupakan kota khayalan atau kota impian.

Infrastruktur modern kota Brasilia ini dirancang sangat terencana sehingga menimbulkan kesan sebagai kota dambaan bagi semua orang. Jika Anda mengunjungi kota ini, Anda akan merasa tidak ingin pulang karena keindahan suasana kota yang ditawarkan.

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Wisata Ke India

5. Fortaleza

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jericoacoara Ceará Brasil (@fortaljeri) on

Tempat wisata Brazil satu ini terkenal karena memiliki beberapa pantai yang sangat indah. Selain itu, Anda juga dapat berbelanja berbagai kebutuhan dan pernak-pernik khas Brazil di beberapa pusat perbelanjaan dan pasar tradisionalnya. Aktivitas kebudayaan di kota ini juga sangat dinamis sehingga menjadikan kota Fortaleza layak menjadi salah satu tempat wisata populer untuk dikunjungi di Brasil.

Fortaleza adalah ibu kota negara bagian Ceará di pantai timur laut negara Brazil. Fortaleza juga merupakan kota kelima terbesar di Brasil.

Jika Anda pergi ke kota ini, maka Anda akan benar-benar diajak untuk menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang halus serta suasana desa-desa nelayan yang indah di wilayah pantai Ceará.

6. Paraty

 

View this post on Instagram

 

A post shared by V I V E A M É R I C A (@vive.america) on

Paraty atau Parati adalah sebuah tempat wisata di Brazil yang terkenal akan hutan hujan tropis, air terjun, lautan berwarnah biru serta pegunungan pesisir.

Kota ini terletak di sepanjang Green Coast di negara bagian Rio de Janeiro, Brazil. Paraty telah lama menjadi salah satu tempat wisata Brazil paling favorit karena daya tarik yang dimilikinya. Saat Anda mengunjungi kota ini, bersiap-siaplah untuk menyaksikan keindahan wisata alam yang dipadu dengan wisata sejarah yang terlihat dari arsitektur bangunan zaman kolonial.

Bangunan bersejarah bekas jajahan Portugis ini dapat Anda lihat di beberapa sudut kota dan masih berdiri tegak hingga saat ini karena dirawat oleh pemerintah kota.

7. Recife

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Carla (@carla_bluc) on

Recife merupakan ibu kota negara bagian Pernambuco dan dinobatkan sebagai kota keempat terbesar di Brazil. Kota ini didirikan sejak tahun 1537. Karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa, membuat kota ini memiliki iklim yang sangat mirip dengan Indonesia. Anda juga akan menjumpai banyak sekali sungai-sungai, jembatan dan pulau kecil. Hal ini lah yang menjadikan Recife dijuluki sebagai The Venice of Brazil.

Recife telah menjadi kota tujuan wisata populer karena pemandangannya. Di beberapa sudut kota, Anda masih akan melihat jejak bersejarah pada masa penjajahan Portugis dari arsitektur bangunan kota tua. Meskipun kota ini terkenal dengan tingkat kejahatannya yang cukup tinggi namun pemandangan pantai di kota ini terbilang sangat cantik.

Baca Juga:  10 Destinasi Wisata New Zealand Yang Menakjubkan

8. Olinda

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Curta Olinda (@curtaolinda) on

Olinda adalah sebuah kota bersejarah di negara bagian Pernambuco dan tercatat sebagai salah satu kota tua yang paling terpelihara di Brazil. Kota ini terletak di pantai timur laut Atlantik.

Olinda menyuguhkan sejumlah tempat wisata utama seperti pusat kota bersejarah, gereja serta pasar dengan sajian kuliner street food khas Brazil.

Jika Anda pergi ke tempat ini pada penghujung bulan Februari, maka Anda akan berkesempatan mengikuti Karnaval Olinda. Karnaval ini dirayakan di jalan-jalan utama dan semua orang akan tumpah ruah memadati setiap sudut jalan. Pada perayaan ini akan ditampilkan beberapa tarian tradisional dan tambahan tarian yang dipengaruhi oleh kebudayaan Afrika. Terdapat juga ratusan grup musik lokal dengan berbagai genre musik yang ikut memeriahkan suasana karnaval.

9. Manaus

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Manaus | Amazonas | Brasil 🐆🏹🌲 (@manauschibata) on

Bagi Anda para penggemar petualangan yang menantang, maka wajib memasukan Kota Manus sebagai tujuan wisata di Brazil. Kota ini akan memberikan Anda pengalaman untuk berpetualang menjelajahi hutan hujan Brazil. Kota yang merupakan ibu kota negara bagian Amazonas ini memang berfungsi sebagai pintu gerbang menuju hutan hujan Amazon.

Kota ini juga terkenal dengan hasil karet karena berdiri beberapa industri pengolahan karet yang telah ada dan berkembang pesat sejak awal abad ke-20.

Selain wisata petualangan hutan, kota yang merupakan daerah metropolitan terbesar di Brazil Utara ini juga menampilkan pemandangan landmark yang indah seperti Opera House Amazonas dan Rio Negro Palace.

10. Salvador

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Maicon Salles (@mmaiconsalles) on

Rekomendasi tempat wisata Brazil yang terakhir adalah Kota Salvador. Kota ini juga memiliki nama lain yaitu Sao Salvador de Bahia de Todos os Santos, yang berarti Santo juru selamat dari teluk semua orang kudus. Salvador merupakan ibu kota negara bagian Bahia, Brazil.

Kota yang berpredikat sebagai kota ketiga terbesar di Brazil ini telah berdiri sejak 1549 sejak jaman penjajahan Portugis, menjadikannya sebagai kota yang kaya akan bangunan-bangunan bersejarah.

Saat mengunjungi kota ini jangan lupa untuk pergi ke museum Pelourinho. Bangunan bersejarah ini menampilkan gaya arsitektur kolonial Portugis dan telah ditetapkan sebagai situs warisan bersejarah UNESCO sejak tahun 1985.

Meskipun memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi, kota Salvador menyuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah. Sehingga Anda sangat disarankan untuk berhati-hati dalam menjaga barang bawaan Anda selama berlibur ke Brazil.

Baca Juga:  13 Tempat Wisata Favorit Di Korea Selatan

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here