Nongki.net – Bojonegoro adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora di Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal karena dialiri langsung oleh sungai Bengawan Solo yang dijadikan sebagai batas alam dengan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Bojonegoro juga memiliki kekayaan yang cukup melimpah yaitu dengan adanya Blok Cepu yang diyakini sebagai salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia. Dari segi pariwisata, meski hanya bagian kecil dari Provinsi Jawa Timur, namun Bojonegoro memiliki sejumlah tempat wisata yang bisa membuat Anda terkesan. Bojonegoro menawarkan banyak sekali pilihan tempat wisata mualai dari wisata alam hingga wisata budaya yang kaya dengan berbagai keunikan.

Rekomendasi Tempat Wisata Saat Pergi ke Bojonegoro

Bojonegoro merupakan kabupaten yang cukup strategis apabila dilihat dari wilayah geografinya. Kabupaten ini adalah wilayah perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Dalam segi akses, Bojonegoro juga dilintasi oleh jalur kereta api dengan rute Jakarta, Semarang, hingga Surabaya. Sehingga tidak mengherankan jika Bojonegoro dapat Anda jadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang patut dipertimbangkan untuk Anda kunjungi. Jika Anda sedang berada dalam perjalanan menuju Surabaya maka tidak ada salahnya untuk singgah dan melihat beberapa tempat wisata unik yang ditawarkan oleh kabupaten Bojonegoro. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Bojonegoro. Tempat wisata apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Waduk Pacal
  • Kayangan Api
  • Air Terjun Krondonan
  • Wisata Wana Tirta Dander
  • Museum Rajekwesi
  • Klenteng Hok Swie Bio
  • Agrowisata Kebun Belimbing
  • Air Terjun Kedungmaor
  • Masjid Al Birru Pertiwi
  • Negeri Atas Angin
Baca Juga:  Liburan ke Aceh? Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata Ini

1. Waduk Pacal

Waduk Pacal merupakan salah satu peninggalan Belanda di Bojonegoro. Waduk ini dibangun pada tahun 1924 dan mulai diresmikan tahun 1933.

Lokasi waduk ini berada di pinggir jalan yang menghubungkan Kabupaten Bojonegoro dan Nganjuk, sekitar 35 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Bojonegoro.

Dalam perjalanan menuju waduk, Anda akan melewati jalanan yang dipenuhi oleh hutan jati.

Jika Anda hobi memancing, maka Waduk Pacal akan jadi tempat yang sangat pas untuk Anda kunjungi

2. Kayangan Api

Kayangan Api merupakan salah satu obyek wisata di Bojonegoro yang paling populer. Sumber api yang tidak pernah padam ini berlokasi di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

Kayangan Api ini juga merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara. Masyarakat setempat meyakini, bahwa tempat ini dahulunya adalah tempat membuat pusaka oleh seorang pandai besi berasal dari Kerajaan Majapahit bernama Mbah Kriyo Kusumo atau Mpu Supa juga biasa disebut Mbah Pandhe.

3. Air Terjun Krondonan

Air Terjun Krondonan berlokasi di Desa Krondonan Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Air terjun ini juga biasa disebut warga sekitar dengan Air Terjun kedung gupit.
Saat perjalanan menuju ke lokasi air terjun, Anda akan melewati hutan jati di kanan kiri jalan setapak.

Meski perjalanannya sedikit menguras tenaga, namun rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas dengan suguhan keindahan alam yang masih alami dengan suara gemericik air di bebatuan sungai.

4. Wisata Wana Tirta Dander

Tempat ini merupakan sebuah tempat liburan utama yang dimiliki oleh daerah Bojonegoro sehingga banyak sekali keluarga yang datang untuk berlibur di taman wisata ini.

Hal ini juga disebabkan wisata Wana Tirta ini memiliki wahana yang lengkap dari kolam renang hingga lapangan golf.

5. Museum Rajekwesi

Museum Rajekwesi merupakan museum yang digunakan untuk menyimpan sejumlah fosil purba. Beberapa fosil yang terdapat di musim ini adalah fosil kepala gajah yang memeilki lebar sepanjang 25 meter.

Museum ini pada awalnya merupakan kantor biasa yang berguna untuk menampung hasil temuan warga berupa benda benda bersejarah.

Namun seiring berjalannya waktu, bangunan ini kemudian difungsikan sebagai sebuah museum yang hingga sekarang disebut dengan Museum Rajekwesi.

Baca Juga:  10 Pesona Tempat Wisata Kota Kretek Kudus

6. Klenteng Hok Swie Bio

Salah satu lokasi wisata yang ada di Bojonegoro adalah klenteng Hok Swie Bio. Klenteng ini merupakan salah satu tempat untuk berziarah yang sangat terkenal di Bojonegoro. Klenteng ini memiliki ornamen penting berwarna merah termasuk pada kepala naganya. Klenteng ini juga dihiasi dengan bebatuan indah yang dibuat di sepanjang dinging yang menggambarkan bentuk kepala naga.

7. Agrowisata Kebun Belimbing

Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro merupakan wisata perkebunan yang berada di Desa Ngeringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Buah belimbing di kebun ini berukuran besar sehingga menjadi salah satu produk unggulan dan sekaligus ikon Kabupaten Bojonegoro.

Di Agrowisata Kebun Belimbing ini pengunjung dibolehkan memetik buah belimbing dan memakannya secara cuma-cuma alias gratis. Varietas buah belimbing yang dikembangkan adalah belimbing madu.

8. Air Terjun Kedungmaor

Air Terjun Kedungmaor merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro. Lokasi air terjun ini berada di kawasan hutan RPH (Resort Pemangkuaan Hutan) Tretes, Bojonegoro.

Anda bisa mencapai lokasi Air terjun ini sekitar satu jam setengah dengan jarak 40 kilometer dari Kota Bojonegoro ke arah selatan Arah Nganjuk.

9. Masjid Al Birru Pertiwi

Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro merupakan sebuah Masjid berkubah emas yang berlokasi di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Masjid Al Birru Pertiwi ini dibangun oleh keluarga besar Santosa dan terletak di pingir jalan raya Bojonegoro—Nganjuk tepatnya 13 kilometer selatan Kota Bojonegoro.

10. Negeri Atas Angin

Selain mempunyai panorama alam yang indah, objek wisata negeri atas angin juga menyimpan cerita atau legenda rakyat yang menarik.

Alkisah, dijaman kerajaan dulu kala, ada sebuah peperangan antara Kerajaan Pajang dengan Mataram.

Gara-gara peperangan itu, membuat R. Sudjono Puro, R. Atas Aji dan Dewi Sukarsih yang merupakan bangsawan Mataram itu, melarikan diri dan bersembunyi wilayah Negeri Atas Angin itu.

Di sini terdapat sebuah bukit yang dinamai bukit cinta. Bukit ini akan sangat cocok bagi Anda yang hobby ber-selfie ria.

Baca Juga:  10 Ragam Wisata Paling Populer di Kota Tegal

Please rate this