Nongki.net – Australia adalah sebuah negara yang patut untuk dijadikan sebagai destinasi wisata karena memiliki berbagai pantai, hutan, bentang alam, perkotaan, hingga arsitektur bangunannya yang memesona. Terlepas dari itu semua, Australia juga menjadi rumah bagi beberapa hewan unik dan endemik yang hanya bisa Anda temukan di sini. Tempat wisata mainstream tersebut memang harus Anda kunjungi minimal sekali ketika berlibur ke Australia. Namun tahukah Anda? Bahwa Australia juga memiliki beberapa tempat wisata anti mainstream yang terkenal aneh dan paling misterius yang patut Anda jelajahi.

10 Rekomendasi Tempat Wisata Anti Mainstream dan Misterius di Australia

Pada artikel kali ini, Nongki.net telah menemukan dan akan membahas 10 rekomendasi tempat wisata anti mainstream dan paling misterius di Australia. Bersiaplah untuk menjelajahi tempat-tempat berikut karena akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda. Setelah ini, kami yakin Anda dapat mengatakan bahwa Australia memiliki segalanya dengan keragaman aneka wisata di setiap aspek. Beberapa tempat wisata berikut memiliki teka-teki misterius yang belum terpecahkan yang akan membuat Anda mungkin bertanya-tanya. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • The Pinnacles
  • The Min Min Lights
  • Redbank Range Railway
  • The Manly Quarantine Station
  • The Devil’s Pool
  • Coober Pedy
  • HM Pentridge
  • Wolfe Creek Crater
  • Port Arthur
  • The Umpherston Sinkhole
Baca Juga:  8 Gereja Singapura Dengan Arsitektur Yang Memesona

1. The Pinnacles

The Pinnacles tempat wisata aneh dan misterius di Australia
The Pinnacles tempat wisata aneh dan misterius di Australia

Dalam daftar perjalanan tempat wisata anti mainstream dan paling misterius di Australia, The Pinnacles selalu menjadi tempat utama. Sebagian besar wisatawan yang mengujungi tempat ini memang akan mengagumi keindahan pemandangan alamnya. Namun bagi beberapa orang mungkin akan menemukan sesuatu yang aneh dan paling misterius di The Pinnacles. Terletak di taman nasional gurun Nambung wilayah Australia Barat, The Pinnacles memiliki suatu tempat yang cukup unik. Ketika Anda menyusuri jalur pasir kuning, Anda akan menemukan koleksi formasi batuan kapur yang aneh dan misterius sepanjang satu kilometer.

Pemandangan bebatuan ini sering dijuluki dengan Kehidupan di Mars (Life on Mars). Pemilik tanah sebelumnya telah mengklaim bahwa formasi batuan tersebut mewakili jumlah orang penduduk setempat yang dimakan hidup-hidup oleh pasir hisap. Batu-batuan tersebut menjadi tanda dan peringatan bagi para wisatawan untuk tidak melewati batas gurun tersebut jika tidak ingin terhisap dan menjadi batu seperti penduduk lokal tersebut. Hmm, apakah Anda percaya?

Lokasi

Pinnacles Dr, Cervantes WA 6511, Australia

Harga Tiket Masuk

Gratis

Kontak

+61 8 9652 7913

2. The Min Min Lights

The Min Min Lights di jalanan Boulia terkenal misterius dan memakan korban
The Min Min Lights di jalanan Boulia terkenal misterius dan memakan korban

The Min Min Lights mungkin akan terdengar seperti tempat wisata yang imut dan menyenangkan. Namun dibalik namanya yang unik, tempat wisata ini menyimpan beberapa aspek yang aneh dan misterius yang menyelimutinya. Terletak di wilayah Queensland, terdapat sebuah bentang jalan yang cukup menyeramkan dan misterius. Tepat sebelum melintasi jalan ini, Anda akan melihat sebuah spanduk yang bertuliskan bahwa saat Anda melintas mungkin akan terdapat cahaya yang menyoroti mobil Anda dalam jarak yang cukup jauh.

Cahaya-cahaya tersebut sangat aneh dan misterius karena tidak diketahui asalnya. Penampakan cahaya ini pertama kali ditemukan adalah pada tahun 1838 dan terus berulang beberapa kali pada tahun-tahun berikutnya hingga sekarang. Fakta yang cukup mengejutkan adalah ketika seseorang mencoba mengikuti cahaya tersebut, maka dia dipastikan tidak akan pernah kembali dan menghilang secara misterius.

Lokasi

Boulia, Queensland, Australia

Harga Tiket Masuk

Gratis

3. Redbank Range Railway

Redbank Range Station terkenal juga dengan The Picton Ghost Tunnel atau terowongan berhantu
Redbank Range Station terkenal juga dengan The Picton Ghost Tunnel atau terowongan berhantu

Redbank Range Railway atau yang dikenal juga sebagai “The Picton Ghost Tunnel” adalah sebuah terowongan kereta api yang aneh dan misterius di Australia. Penduduk setempat mengaku bahwa terowongan kereta tersebut memiliki nuansa gaib yang misterius dan sering terjadi dari waktu ke waktu. Terowongan ini sudah tidak berfungsi dan telah ditutup sejak terakhir kali digunakan pada tahun 1919.

Menurut mitos yang beredar, terowongan tersebut dihuni oleh arwah Emily Bollard. Dikatakan, Emily Bollard tertabrak kereta di terowongan tersebut pada tahun 1916. Bukan hanya itu, yang lebih tragis adalah Emily Bollard terseret hingga ke stasiun berikutnya. Setelah kejadian tersebut terowongan ini menjadi sangat angker dan ditutup. Hingga kini tidak ada yang mengetahui alasan mengapa terowongan tersebut ditutup sejak 3 tahun setelah kejadian tragis tersebut.

Lokasi

Picton, New South Wales, Australia

Harga Tiket Masuk

Gratis

4. The Manly Quarantine Station

The Manly Quarantine Station sebuah tempat karantina yang terkenal angker dan misterius
The Manly Quarantine Station sebuah tempat karantina yang terkenal angker dan misterius

Dibuka pada tahun 1832, The Quarantine Station adalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat karantina bagi orang-orang yang terkena wabah penyakit menular berbahaya. Ketika masih aktif digunakan, tempat wisata aneh dan misterius ini menjadi saksi bagi ribuan orang dengan penyakit seperti kolera, cacar, hingga flu Spanyol yang memakan korban jiwa.

Anehnya, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata berhantu dengan kejadian-kejadian tertentu di luar akal sehat. Penduduk setempat mengklaim bahwa bangunan tersebut kini berhantu terutama pada bagian blok kamar mandi kelas 1. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Lokasi

1 North Head Scenic Drive, Manly, New South Wales 2095, Australia

Harga Tiket Masuk

15 AUD per jam

Kontak

+61 2 9466 1500

5. The Devil’s Pool

The Devil's Pool, tempat wisata aneh dan misterius yang memakan korban 17 nyawa pemuda
The Devil’s Pool, tempat wisata aneh dan misterius yang memakan korban 17 nyawa pemuda

The Devil’s Pool adalah salah satu tempat wisata aneh dan paling misterius di Australia yang berikutnya. Hingga artikel ini diterbitkan setidaknya The Devil’s Pool telah merenggut 17 nyawa pemuda. Tidak ada yang dapat menjelaskan secara pasti alasan dibalik kematian pemuda-pemuda malang tersebut. Kejadian pertama kali bermula pada tahun 1953 dan hingga kini 17 nyawa yang telah hilang tersebut masih dalam keadaan misterius.

Rumor mengatakan bahwa arwah Lovelorn Kuno menghantui tempat ini. Arwah tersebut dipercaya bertanggung jawab karena merayu para pemuda yang tinggal di sekitar perairan untuk terjun dan akhirnya meninggal. Meskipun tempat ini telah dipagar, namun kematian para pemuda tersebut masih misteri hingga sekarang. Terdapat sebuah tulisan berbunyi “Dia Datang untuk Berkunjung dan Tinggal Selamanya” (He came for a visit and stayed forever). Tanda tersebut sebagai peringatan bagi siapa pun agar tidak mendekat area perairan.

Lokasi

Babinda Queensland 4861, Australia

Harga Tiket Masuk

Gratis

Kontak

+61 7 4067 1008

Baca Juga:  Olimpiade Tokyo 2020: Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui

6. Coober Pedy

Coober Pedy sebuah padang pasir yang memiliki kota bawah tanah
Coober Pedy sebuah padang pasir yang memiliki kota bawah tanah

Coober Pedy adalah sebuah gurun pasir merah yang memiliki terowongan pertambangan di bawah tanah. Wilayah ini tercatat memiliki cadangan sekitar 80% Opals di Australia. Didirikan setelah Perang Dunia I, tentara Australia kemudian menggunakannya sebagai markas di industri pertambangan itu. Ketika mereka memasuki terowongan tersebut mereka menyadari bahwa iklim bawah tanah sangat bertolak belakang dengan gurun pasir yang berada di atasnya. Suhu di ruang bawah tanah tersebut cukup sejuk dan dingin sehingga layak untuk dijadikan tempat tinggal dibandingkan dengan gurun pasir yang menyengat di atasnya.

Mengetahui hal tersebut, maka dengan segera muncullah beberapa hostel, gereja, rumah penduduk dan lain-lain dibangun di bawah tanah. Hingga hari ini, Coober Pedy memiliki kota bawah tanah dengan gurun pasir yang terletak tepat di atas kepala mereka.

Lokasi

central South Australia, 590 miles (950 km) northwest of Adelaide, Australia

Harga Tiket Masuk

Gratis

7. HM Pentridge

HM Pentridge sebuah bekas penjara yang sering terlihat hantu dan menjadi tempat wisata aneh serta misterius di Australia
HM Pentridge sebuah bekas penjara yang sering terlihat hantu dan menjadi tempat wisata aneh serta misterius di Australia

HM Pentridge adalah sebuah penjara yang terkenal sebagai sarang bagi para penjahat berbahaya di Australia. Meskipun sekarang telah ditutup dan tidak difungsikan sebagai penjara, tempat ini kini memiliki beberapa bagian yang diubah menjadi sebuah apartemen mewah. Yang aneh dan paling misterius dari tempat ini adalah pengunjung akan mengalami dan menjumpai beberapa hal mistis.

Beberapa pengunjung mengaku pernah mendengar suara teriakan dari sel nomor 16 yang mengatakan “Get Out!“. Kejadian ini bukan hanya sekali terjadi, melainkan berkali-kali sehingga membuat HM Pentridge menjadi salah satu tempat paling berhantu dan misterius di Victoria Australia.

Lokasi

Coburg, Victoria, Australia

Harga Tiket Masuk

25 AUD per orang

8. Wolfe Creek Crater

Wolfe Creek Crater sebuah lubang besar hasil benturan meteorit di Australia
Wolfe Creek Crater sebuah lubang besar hasil benturan meteorit di Australia

Wolfe Creek Crater adalah sebuah lubang misterius yang berlokasi sekitar 145 kilometer dari Halls Creek di Kimberley Region di Western Australia. Lubang yang memiliki lebar diameter sepanjang 875 meter ini terbentuk akibat sebuah meteor yang jatuh ke bumi pada tahun 1940. Yang menjadikan tempat ini unik adalah karena tempat wisata yang sangat misterius dan terletak di tengah-tengah tanah lapang yang luas ditemukan secara tidak sengaja dari pantauan luar angkasa. Saat Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan merasakan perasaan yang sedikit aneh dan seolah-olah bukan berada di bumi.

Lokasi

Wolfe Creek, Australia

Harga Tiket Masuk

Gratis

9. Port Arthur

Port Arthur sebuah bekas penjara yang pernah terjadi pembantaian dan kini menjadi tempat wisata aneh dan misterius di Australia
Port Arthur sebuah bekas penjara yang pernah terjadi pembantaian dan kini menjadi tempat wisata aneh dan misterius di Australia

Port Arthur adalah salah satu lembaga permasyarakatan yang paling terkenal di Australia karena kondisi para narapidananya yang keras di sana. Terlepas dari kehidupan mereka yang menyedihkan, struktur bangunan bersejarah ini juga dikenal karena peristiwa pembantaian pasca kolonial terburuk dalam sejarah Australia. Pada tahun 1996, seorang pria bersenjata telah menembaki pengunjung dan merenggut 35 nyawa.

Dikatakan bahwa para terpidana yang ditempatkan di penjara ini saling melakukan pembunuhan sehingga banyak sekali yang mengalami hukuman mati. Akibatnya, kini Port Arthur dipercaya sebagai tempat paling berhantu dan misterius di Australia.

Lokasi

6973 Arthur Highway Port Arthur, Tasmania 7182 Australia

Harga Tiket Masuk

40 AUD untuk orang dewasa dan 8 AUD untuk anak-anak

Kontak

+61 3 6251 2310 dan 1800 659 101

10. The Umpherston Sinkhole

The Umpherston Sinkhole sebuah lubang bumi yang terbentuk secara alami dan kini menjadi taman hijau
The Umpherston Sinkhole sebuah lubang bumi yang terbentuk secara alami dan kini menjadi taman hijau

The Umpherston Sinkhole adalah salah satu tempat wisata yang cukup aneh dan misterius yang terletak di Gambier Mountain di South Australia. Lubang ini terbentuk secara alami karena peristiwa alam yang terjadi sekitar tahun 1800. Sekarang tempat wisata ini disulap sebagai taman hijau yang secara horizontal tidak sejajar dengan dataran di sekitarnya. Taman yang ditumbuhi oleh berbagai pepohonan ini berada di bawah garis permukaan bumi.

Lokasi

Jubilee Hwy E, Mount Gambier SA 5290, Australia

Harga Tiket Masuk

Gratis

Kontak

+61 8 8724 9750

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Mainstream di Negara Australia

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini