Nongki.net – Mengunjungi Sydney Opera House dan Harbour Bridge saat berlibur ke Australia memang wajib dilakukan. Namun sebenarnya tempat wisata di Australia tidak hanya itu saja. Australia menyimpan banyak sekali tempat wisata yang berbeda dan anti mainstream yang harus Anda coba. Australia adalah negara yang sangat tidak terduga, wisatawan akan menemukan segalanya di sini. Mulai dari hewan berbahaya, taman nasional dengan pemandangan menakjubkan, hingga arsitekturnya yang memesona.

Table of Contents

10 Daftar Tempat Wisata Anti Mainstream Australia Yang Wajib Anda Coba

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas mengenai 10 tempat wisata anti mainstream yang wajib Anda coba di Australia. Tanah dengan beragam lanskap dan vegetasi ini adalah tempat yang sempurna untuk berlibur. Rencanakan liburan Anda minimal sekali dalam seumur hidup untuk pergi ke Australia. Tempat wisata anti mainstream apa saja? Berikut adalah daftar selengkapnya!

  • Yarra Valley
  • Snowy Mountains
  • Sky Diving in Melbourne
  • Bondi Beach
  • Daintree National Park
  • Broome & Kimberley Region
  • The Rocks
  • Gantheaume Point
  • Malcolm Douglas Wilderness Wildlife Park
  • Barossa Valley, Adelaide
Baca Juga:  10 Wisata Pantai Eksotis Dekat Manila Filipina

1. Yarra Valley Melbourne

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Picture This Ballooning (@ptballooning) on

Melbourne adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia yang dapat dilalui oleh balon udara. Terletak di wilayah Yarra Valley, Anda dapat menikmati pemandangan kota Melbourne dari atas melalui balon udara. Di atas Balon Udara, Anda akan diajak melewati salah satu daerah perkebunan anggur palik spektakuler di Victoria. Pemandangan lanskap dan kebun anggur dari atas balon udara akan membuat Anda berdecak kagum karena keindahannya. Petualangan ini akan menempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Hal Yang Harus Dilakukan: Melihat suasana matahari terbit yang menakjubkan saat terbang melintasi Yarra Valley dan kebun anggur di atas balon udara selama 60 menit.

2. Snowy Mountains

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ben Cavet (@bencavet) on

Taman bermain olahraga salju terbaik di Australia adalah Snowy Mountains. Pegunungan yang dikenal karena hutan alpinenya yang lebat, Anda akan menemukan Gunung Kosciuszko. Kosciuszko Mountain ini merupakan salah satu puncak tertinggi dan terdapat satu-satunya danau glasial di benua Australia. Terdapat banyak sekali jenis kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat bersalju ini. Snowy Mountains memang tempat wisata anti mainstream di Australia yang penuh dengan petualangan.

Hal Yang Harus Dilakukan: Belajar bermain ski, seluncur salju, tabung salju, dan bersepatu salju. Menaiki lereng setelah gelap untuk mendapatkan beberapa pemandangan yang spektakuler dan menakjubkan. Dari lereng, naiki kursi gantung untuk pengalaman terbaik melihat pemandangan yang indah. Jelajahi juga kota dan gua-gua kuno Yarrangobilly. Menikmati anggur lokal yang lezat, schnapps, bir, dan hidangan khas yang nikmat.

3. Sky Diving in Melbourne

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Maple Lin. (@mapletalk) on

Jika Anda sedang berlibur ke wilayah Melbourne, Anda pasti akan menjumpai banyak sekali sekolah sky diving di sini. Sky diving adalah kegiatan olah raga ekstrim yang membutuhkan nyali serta keberanian yang kuat. Terjun bebas dari atas pesawat menggunakan parasut akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan selama seumur hidup Anda. Saat melakukan sky diving, pemandangan indah yang menakjubkan akan tampak luar biasa tepat di bawah Anda. Melakukan sky diving benar-benar akan menjadi kegiatan yang anti mainstream saat berlibur ke Australia.

Hal Yang Harus Dilakukan: Melakukan sky diving di atas Yarra Valley atau di wilayah The Great Ocean Road. Saat melakukan sky diving, pastikan Anda untuk selalu mengikuti panduan agar selalu aman hingga berpijak kembali di atas tanah.

Harga Tiket Wisata: Kurang lebih 385 AUD per orang untuk melakukan sky diving.

4. Bondi Beach

 

View this post on Instagram

 

A post shared by オーストラリア政府観光局 (@australia.jp) on

Jika Pantai Bondi harus dijelaskan dalam kalimat pendek maka frasa yang tepat untuk tempat wisata ini adalah surga yang ada di bumi. Bondi Beach akan dipenuhi oleh pasir putih, ombak besar yang bergelombang, dan pada musim tertentu pantai ini akan dipenuhi oleh lautan manusia. Bondi Beach adalah salah satu pantai paling terkenal di dunia. Pantai Bondi juga merupakan rumah bagi salah satu klub penyelaman tertua di dunia.

Bondi Beach akan menjadi tempat favorit bagi warga lokal maupun wisatawan untuk berkumpul merayakan hari Natal dan tahun baru. Pantai ini juga dipenuhi dengan restoran, kafe, dan mini market. Rasakan pengalaman hidup seperti warga lokal dengan mengunjungi pantai ini saat berlibur ke Australia. Bagi Anda yang berniat untuk berenang diharapkan untuk selalu berhati-hati karena ombaknya yang berarus kencang.

Hal Yang Harus Dilakukan: Berjalan-jalan di sepanjang Bronte Coastal Walk dengan mengikuti garis pantai berpasir sepanjang 6 kilometer. Selama perjalanan Anda akan menemukan tebing batu berpasir tipis. Kunjungi juga wisata kolam laut, pasar hari Minggu, dan taman skate.

5. Daintree National Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by FEDERICA | 📸📽 (@a.wild.mind) on

Tempat wisata anti mainstream lainnya di Australia adalah Daintree National Park. Taman nasional ini adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO karena hutan hujan tropisnya yang menyimpan ekosistem paling prasejarah di dunia. Terletak di Far North Queensland, area taman nasional ini dimiliki oleh suku lokal yang terkenal yaitu Aborigin Kuku Yalanji Timur (The Eastern Kuku Yalanji Aboriginal). Tempat wisata ini memiliki peran yang cukup penting bagi kegiatan spiritual besar mereka.

Daintree National Park memiliki 2 bagian utama yaitu Mossman Gorge dan Wilayah Tanjung. Mossmam Gorge terkenal karena aliran airnya yang begitu jernih melewati sela-sela batuan granit. Sedangkan Wilayah Tanjung meliputi hutan hujan dengan pantai indah berpasir putih dengan terumbu karang yang subur.

Daintree National Park merupakan salah satu tempat dengan ekosistem terkaya di seluruh planet ini. Terdapat lebih dari 18.000 spesies tanaman dan hewan termasuk buaya, kanguru pohon Bennett, kasuari, dan kupu-kupu Ulysses biru raksasa. Jangan lewatkan untuk pergi ke tempat wisata anti mainstrem ini saat Anda pergi ke Australia.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Berhantu Singapura Yang Menyeramkan

6. Broome & Kimberley Region

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Le Vent à la Française (@leventalafrancaise) on

Pernah disebut sebagai ibu kota Mutiara di dunia, Broom adalah sebuah wilayah yang terletak di Australia Barat. Tempat wisata anti mainstream merupakan wilayah yang berkembang pesat dan menyediakan pintu gerbang menuju tempat menakjubkan lainnya yaitu Kimberley. Daya tarik utama di wiayah ini adalah Cable Beach yang penuh dengan pasir putih berkilau tak berujung. Air laut kristal berwarna biru kehijauan menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai terbaik yang dapat menciptakan ilusi optik cahaya bulan di malam hari.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wilayah ini adalah antara bulan Maret hingga Oktober karena terdapat fenomena khusus yang disebut Staircase to the Moon. Jadi jangan lewatkan tempat wisata terbaik satu ini saat Anda pergi berlibur ke Australia.

Hal Yang Harus Dilakukan: Naik unta di sore hari sembari menikmati suasana matahari terbenam. Mengunjungi Taman Buaya Broome, Museum Sejarah Broome, Air Terjun Horisontal, Jalan Sungai Gibb, Tanjung Leveque, Purnululu, Air Terjun Mitchell, dan Taman Nasional.

7. The Rocks Australia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by My Blueberry Jeans (@myblueberryjeans) on

Terletak di wilayah yang menjorok ke Sydney Harbor, The Rocks adalah daerah bersejarah yang terkenal dan pernah menjadi rumah bagi penduduk Aborigin Gadigal. Selain itu, tempat wisata ini juga merupakan situs pertama di Australia yang diperuntukan bagi pemukiman Eropa. The Rocks sendiri diambil dari pantai yang berbatu terjal yang terletak di sisi barat Sydney Cove.

Saat Anda pergi ke tempat ini, Anda akan menemukan banyak sekali situs-situs bersejarah yang terletak hingga ke jalan-jalan sempit. Selain melihat situs bersejarah, Anda juga dapat berjalan-jalan ke berbagai kafe, toko souvenir, restoran, dan galeri seni kontemporer.

Hal Yang Harus Dilakukan: Mengunjungi perumahan tertua yang masih ada di Sydney yang dibangun pada tahun 1816 bernama Cadman’s Cottage. Mengunjungi Rocks Discovery Museum, ikut tur berpemandu yang memungkinkan Anda untuk melihat warisan asli dan juga mengajak Anda melakukan wisata hantu di malam hari.

8. Gantheaume Point

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Seafolly Australia (@seafollyaustralia) on

Tempat wisata anti mainstream berikutnya adalah Gantheaume Point. Tempat ini merupakan perpaduan yang unik antara tebing-tebing berwarna merah dengan air laut berwarna biru yang kontras. Tempat ini memang sangat diburu oleh beberapa fotografer profesional.

Gantheaume Point berlokasi di sebelah selatan Cable Beach dan berjarak sekitar 6 kilometer dari kota terdekat. Selain itu, tempat ini juga menjadi rumah bagi jejak kaki dinosaurus di zaman prasejarah. Dilengkapi juga dengan mercusuar yang menjulang tinggi menghadap ke Samudra Hindia. Gantheaume Point adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama di Australia.

Hal Yang Harus Dilakukan: Mencari jejak kaki dinosaurus ketika air surut. Mengunjungi wisata Anastasia’s Pool, melihat mercusuar dan memancing.

9. Malcom Douglas Wilderness Wildlife Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by STEPH HARRIS 💕 (@stephaniieharris) on

Malcolm Douglas Wilderness Wildlife Park adalah sebuah tempat wisata yang memungkinkan Anda untuk berpelukan dengan bayi buaya. Melihat hewan kasuari yang sangat langka dan menyaksikan hewan khas Australia kanguru secara langsung. Di tempat wisata ini juga memungkinkan Anda untuk melihat berbagai hewan lainnya yang hidup di habitat aslinya. Dibutuhkan sekitar 15 menit perjalanan singkat dari wilayah Broome & Kimberley Region.

Bagi Anda yang gemar dengan binatang, maka Malcolm Douglas Wilderness Wildlife Park ini adalah tempat yang sempurna untuk Anda. Anda dapat melihat dingo, walabi, kadal, ular, dan masih banyak lagi yang juga mendiami taman ini bersama dengan seluruh jajaran makhluk berbulu lucu yang mencakup kookaburras hingga kakatua.

Hal Yang Harus Dilakukan: Memberi makan buaya pada jam 3 sore, jadi pastikan Anda menginap setidaknya satu malam di sini. Melakukan perjalanan singkat di 12 Mile Bird Park yang memiliki koleksi lebih dari 80 spesies burung asli dan eksotis.

10. Barossa Valley, Adelaide

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @joyskiiiie on

Bagi Anda para menikmat wine dan kebun anggur maka Anda harus mengunjungi Barossa Valley di Adelaide. Tempat wisata ini dipadati dengan beberapa pabrik anggur terbaik di Australia. Para wisatawan biasanya melakukan tur anggur untuk berkeliling kebun anggur dan tentu saja mencicipi beberapa wine terbaik.

Barossa Valley pertama kali ditempati oleh orang Inggris pada awal abad ke-19 dan saat ini memiliki kurang lebih sekitar 150 pabrik wine. Tempat wisata anti mainstream ini adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Australia.

Hal Yang Harus Dilakukan: Mengikuti tur anggur dan wisata ke kawasan pedesaan. Menaiki balon udara di atas lembah dan mencicipi daging serta roti asap di beberapa restoran terbaik.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Mainstream di Negara Australia

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini