Nongki.net – Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil di wilayah Asia Tenggara yang terletak di Pulau Borneo (Kalimantan) bagian utara, melekat dengan Malaysia Timur. Karena letak geografisnya yang saling bersinggungan, membuat negara berbentuk kerajaan ini memiliki kebudayaan yang hampir mirip dengan negara tetangganya yakni Malaysia dan Indonesia.

Negara yang akrab disebut “Brunei” ini terkenal dengan kemakmuran dan kedisiplinan dalam menjalankan syariat Islam, baik dalam bidang kenegaraan maupun bermasyarakat.

Namun meskipun bersyariat Islam, keberagaman dan toleransi agama di negara Brunei ini sangat tinggi, sehingga harmonisasi masyarakatnya dapat dirasakan dengan jelas bahkan oleh wisatawan luar negeri.

Brunei memang terkenal memiliki hasil kekayaan alamnya yang sangat berlimpah, terutama sumber minyak bumi dan gas alam. Selain itu, di negara ini juga terdapat kandungan bahan tambang yang tak kalah melimpah.

Namun selain kekayaan alamnya, negara yang memiliki sistem pemerintahan monarki ini ternyata menyembunyikan banyak tempat wisata menakjubkan yang belum banyak tersentuh secara global dan masih original.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Vietnam Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Brunei Darussalam Yang Wajib Anda Kunjungi

Brunei menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik yang ramai dikunjungi oleh wisatawan internasional terutama bagi wisatawan muslim. Berikut adalah 10 tempat wisata terbaik di negara bersyariat islam, Brunei Darussalam yang Nongki.net rangkum dari beberapa sumber.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien – Brunei

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien merupakan masjid yang terletak di Bandar Sari Begawan, ibu kota Brunei. Masjid ini dianggap sebagai landmark utama negara Brunei.

Masjid yang memiliki arsitektur paling megah di Brunei ini dibangun sekitar tahun 1958. Kubah emas yang terdapat di masjid ini berjumlah 28 buah yang merupakan simbol dari peringatan kelahiran Sultan Omar Ali Saifuddien III.

Pada malam hari, masjid yang memiliki gaya arsitektur islam modern ini akan terlihat sangat indah karena pancaran lampu yang membuatnya semakin bersinar di tengah kegelapan malam.

Masjid yang memiliki kubah emas setinggi 52 meter dan bermenara marmer ini merupakan salah satu tempat wisata utama saat berkunjung ke Brunei.

2. Istana Nurul Iman – Brunei

Istana Nurul Iman adalah tempat kediaman resmi Sultan Brunei. Istana mewah yang terletak di bukit dan tepi Sungai Brunei ini memiliki luas sekitar 200.000 meter persegi.

Istana yang berada di sebelah selatan dari Bandar Seri Begawan dan beberapa mil di luar pusat kota ini, konon disebut sebagi kompleks perumahan yang paling besar di dunia dan dipenuhi dengan kubah emas.

Istana Nurul Iman memiliki arti Istana Cahaya Iman. Setiap tahun pada akhir Idul Fitri (hari libur Muslim yang merayakan akhir bulan Ramadhan), Sultan Brunei akan membuka gerbang Istana Nurul Iman selama tiga hari sebagai bentuk perayaan bersama masyarakat umum.

Sehingga jangan heran jika banyak warga Brunei akan berbondong-bondong untuk datang dan melihat kompleks istana dari dalam.

Istana ini selesai dibangun pada tahun 1984 dengan dipenuhi kubah emas dan atap berkubah yang dirancang dengan pengaruh budaya Islam dan budaya Melayu. Situs resmi: Istana Nurul Iman.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Taiwan Ini Gak Bikin Kantong Bolong

3. Melihat Hewan Endemik Bekantan – Brunei

Bekantan atau monyet berhidung panjang coklat kemerahan adalah hewan khas Brunei yang banyak membuat turis penasaran dan ingin melihat mereka secara langsung. Bekantan adalah spesies endemik dari pulau selatan dan timur Borneo.

Bekantan dapat ditemukan di hutan bakau di Brunei Bay. Untuk menuju tempat wisata yang satu ini, Anda harus melewati hutan bakau melewati sungai untuk melihat hewan spesies endemik satu ini di habitat aslinya.

4. Taman Nasional Ulu Temburong

Ulu Temburong merupakan sebuah taman nasional pertama di Brunei yang dilindungi sejak tahun 1991. Ada banyak petualangan yang dapat Anda lakukan di tempat ini. Salah satu aktivitas yang paling menarik terdapat di Canopy Walkway dimana Anda bisa menyaksikan pesona hutan hijau dari ketinggian lebih dari 60 meter diatas gunung.

Untuk bisa mencapai gunung ini Anda harus gunakan jalan yang dibangun dengan menara baja dan kabel raksasa. Taman nasional ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati wisata alam sambil menghirup udara segar. Situs resmi: Taman Nasional Ulu Temburong.

5. Pusat Penemuan Minyak dan Gas

Pusat Penemuan Minyak dan Gas atau Oil and Gas Discovery Center ini merupakan tempat wisata yang tidak hanya menawarkan hiburan. Tetapi juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi. Di sini, Anda bisa melihat teknik dan ilmu pengetahuan tentang industri perminyakan.

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa minyak dan gas merupakan sumber alam yang berasal dari perut bumi yang menjadi pendukung utama perekonomian Brunei Darussalam.

Dengan adanya tempat ini, setiap pengujung bisa belajar banyak sekali ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk mengolah minyak bumi. Oleh karena itu setiap generasi di Brunei diwarisi ilmu pengolahan hasil perut bumi tersebut.

Pusat Penemuan Minyak dan Gas ini terbuka untuk umum setiap harinya. Situs resmi: Oil and Gas Discovery Center.

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Wisata Ke India

6. Museum Brunei (Muzium Brunei)

Museum Brunei (Muzium Brunei) merupakan salah satu museum termegah yang ada di Brunei Darussalam. Di tempat ini para pengunjung nantinya bisa melihat beraneka ragam benda-benda bersejarah yang dulunya pernah digunakan oleh masyarakat Brunei.

Salah satu barang bersejarah yang bisa ditemui ditempat ini adalah meriam antik dan belati. Ditempat ini juga ditampilkan kebudayaan suku borneo dengan menampilkan artefak dan harta yang pernah digali dari bangkai kapal lepas pantai Brunei.

Museum Brunei ini terletak sangat dekat dengan Museum Teknologi Melayu dan Maritime Museum. Namun sayang, kabarnya museum ini masih ditutup untuk umum karena struktur bangunannya dianggap tidak aman untuk pengunjung dan masih dalam proses perbaikan.

7. Kampong Ayer – Brunei

Temapt wisata Brunei selanjutnya adalah Kampong Ayer atau kampung air bersejarah yang dibangun di atas sungai Brunei. Desa ini merupakan rumah bagi kurang lebih 10% dari keseluruhan penduduk Brunei yang telah dihuni sejak berjuta-juta tahun lalu. Sungai ini bahkan dikenal sebagai Venesia dari Timur karena merupakan desa air terbesar di dunia.

Kampong Anyer juga termasuk ke dalam warisan budaya dan sejarah Brunei. Anda bisa berfoto dengan background water village yang menarik dan unik.

Baca Juga:  Panduan Waktu Terbaik Sebelum Wisata Ke Hongkong

8. Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah – Brunei

Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah ini dibangun dengan tujuan memperingati 25 tahun pemerintahan sultan Bolkiah dan merupakan masjid yang paling besar di Brunei.

Oleh masyarakat setempat masjid ini juga dikenal dengan sebutan masjid Kiarong. Masjid ini memiliki 29 kubah emas. Dengan dua kubah emas berukuran besar dan 27 buah kubah penutup menaranya yang mengelilingi bangunan utama.

Ruang utamanya yang berornamen kaligrafi dan khas Arab ini mampu menampung lebih dari 3.500 jamaah. Terdapat lampu gantung kristal indah yang dilapisi emas, yang berasal dari Austria. Sementara di sisi timurnya juga terdapat ruang ibadah, tapi hanya cukup untuk 1.000 orang. Masjid ini juga terbuka untuk umat non-Muslim setiap hari kecuali hari Kamis.

9. Royal Regalia Museum – Brunei

Royal Regalia Museum adalah tempat yang berisi berbagai koleksi Kesultanan Brunei seperti harta karun, kereta kerajaan dan mahkota. Bangunan ini terletak di pinggiran Jalan Sultan Bandar.

Kebanggaan masyarakat Brunei yang dipamerkan di museum kerajaan ini adalah kereta emas saat penobatan raja Brunei pada tahun 1967. Koleksi lainnya yang menarik adalah gudang senjata yang memiliki banyak peralatan menarik.

Namun sayangnya Anda tidak bisa membawa kamera ke dalam museum ini. Sehingga Anda hanya bisa mengambil gambar dari luar gedung saja atau di area pintu masuk.

10. Empire Hotel & Country Club – Brunei

Tempat yang terakhir yang bisa Anda kunjungi saat ke Brunei adalah Empire Hotel and Country Club. Yaitu sebuah tempat wisata mewah yang menggambarkan kemakmuran negara Brunei.

Hotel ini adalah hotel yang paling terkenal di seluruh Brunei. Kamar-kamar hotel ini dilengkapi dengan standar yang luar biasa, dengan katun Mesir, kain Italia, sutra Thailand dan lemari Inggris yang semuanya diimpor.

Hotel bintang lima seluas 180 hektar ini dapat membuat Anda serasa menikmati kemewahan istana pribadi layaknya para bangsawan di Brunei.

Baca Juga:  Wisata Australia: Sydney Opera House Yang Memesona

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini