Nongki.net – Dubai adalah salah satu dari 7 emirat dan merupakan kota terpadat di Negara Uni Emirat Arab (UEA). Meskipun pondasi ekonomi Dubai pada zaman dahulu disokong oleh pendapatan minyak dan gas, namun pada masa sekarang ini minyak dan gas hanya menyumbang 2% dari total pendapatan negara. Pasokan minyak dan gas Negara Uni Emirat Arab telah berkurang drastis dan diperkirakan habis pada 20 tahun mendatang. Saat ini, ekonomi Dubai telah ditopang dari segi real estate dan kontruksi, perdagangan, tempat wisata dan pelabuhan. Sehingga diperkirakan ekonomi Dubai masih akan terus berkembang dan bertahan lama. Dibalik kemajuan dan kemegahan ekonominya, Dubai ternyata masih menyimpan beberapa spot wisata gratis yang bisa Anda nikmati ketika berlibur ke Uni Emirat Arab.

Pada artikel kali ini, Nongki.net telah merangkum 10 tempat wisata gratis yang wajib Anda kunjungi ketika liburan ke Dubai. Daftar wisata gratis ini semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin berlibur ke negara makmur ini namun dengan budget yang terbatas dan tidak menguras kantong. Lantas apa saja daftar tempat wisatanya? Yuk kita simak artikel berikut ini!

Baca Juga:  Wisata Turki, Perpaduan Antara Benua Asia dan Eropa

1. Dubai’s Culture and Heritage

Menjelajahi pengalaman budaya serta warisan Dubai di Al Shindagha adalah salah satu tempat wisata gratis yang bisa Anda nikmati ketika liburan ke negara minyak ini.

Di tempat ini, Anda dapat menemukan koleksi tembikar, hasil tenun, serta beberapa kerajinan tradisional lainnya khas Dubai. Selain itu, Anda juga dapat belajar mengenai budidaya mutiara yang merupakan hasil turun-temurun warisan sejak zaman dahulu. Al Shindagha adalah salah satu tempat wisata gratis dan terbaik di Dubai.

Lokasi: Area Al Shindagha, dekat muara Sungai Dubai

Jam Operasional: Setiap hari Sabtu – Kamis pukul 08.30 – 22.00 dan Jumat mulai pukul 15.30 – 22.00

2. Camel Museum

Tempat wisata gratis di Dubai selanjutnya adalah Camel Museum atau Museum Unta. Museum ini juga terletak di area Al Shindagha. Museum ini dibangun atas dasar dedikasi sejarah penggunaan unta dalam kehidupan orang-orang Arab. Seperti olahraga balap unta, anatomi unta, serta manfaat unta bagi keseharian orang Arab sejak zaman dahulu.

Selain itu, museum ini juga dilengkapi dengan ruang auditorium dengan multimedia yang canggih sebagai tempat untuk presentasi dan pemutaran film dokumentasi.

Lokasi: Al Shindagha Heritage Village

Jam Operasional: Setiap hari Minggu hingga Kamis mulai pukul 08.00 – 14.00

3. Free Yoga Class

Sesi yoga oleh FOY merupakan kegiatan yang cukup populer baik dikalangan lokal maupun para wisatawan. Wajar saja karena kelas yoga ini diadakan secara gratis tanpa perlu membayar uang sepeserpun. Selain kelas yoga gratis ini sebenarnya masih banyak kegiatan olahraga murah yang dapat Anda lakukan di Dubai terutama bagi para pecinta kebugaran.

Tetapi di antara semua kegiatan yang tersedia, kelas yoga oleh Friends of Yoga atau FOY ini adalah yang paling terbaik. Tersebar di 5 lokasi yang berbeda di seluruh Dubai, Anda dapat menjaga kebugaran tubuh melalui kelas 1 jam. Rutinitas ini dapat Anda lakukan selama melakukan liburan di negara maju ini.

Lokasi: Sungai Deira, Sungai BurDubai, Taman Zabeel, Taman JLT, dan Internet City

Jam Operasional: Setiap hari pukul 05.30 – 06.30 dan 18.30 – 19.30

4. Free Movie Under The Stars

Menonton film gratis di bawah langit malam di Pyramids Rooftop Gardens merupakan tempat wisata wajib yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke negara yang terkenal dengan gedung Burj Khalifa ini. Kegiatan nonton gratis dengan suasana malam yang memesona ini dapat Anda rasakan pada setiap malam minggu.

Film yang ditayangkan pun cukup beragam. Dan yang menjadikannya sebagai kegiatan populer adalah karena gratis bagi setiap pengunjung yang datang ke sini.

Lokasi: Pyramids Rooftop Complex di area kompleks Wafi

Jam Operasional: Setiap hari Minggu pukul 20.30 hingga selesai

5. Dubai Aquarium

Terdapat banyak spot gratis untuk menikmati pemandangan aquarium di Kota Dubai secara gratis. Mengapa harus menghabiskan 70 dirham untuk masuk ke dalam akuarium jika Anda bisa menikmatinya secara gratis di luar pintu masuk Mall of Dubai.

Dubai Mall ini memiliki salah satu sisi yang menampilkan sebagian dinding kaca pemandangan akuarium yang diklaim sebagai akuarium terbesar di dunia. Dinding akuarium inilah merupakan salah satu tempat wisata gratis yang dapat Anda nikmati selama liburan di Dubai.

Lokasi: Area luar Dubai Aquarium di Dubai Mall

Jam Operasional: Buka setiap saat

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Wisata Ke India

6. The Dubai Fountains Display

Pemandangan indah dari tampilan air mancur yang menari-nari adalah salah satu tempat wisata gratis yang bisa Anda rasakan di Dubai.

Tempat ini adalah tempat yang cukup populer untuk menomton atraksi air mancur yang berada di halaman Dubai Mall. Air mancur akan bergerak meliuk selaras dengan musik yang diputar.

Lokasi: Halaman Dubai Mall

Jam Operasional: Atraksi air mancur akan berlangsung selama 3 – 4 menit setiap 30 menit sekali

7. The Jumeirah Beach

Pantai Jumeirah adalah salah satu tempat wisata gratis terbaik untuk dikunjungi selama di Dubai. Tempat ini merupakan daftar objek wisata gratis yang cukup terbaru di Dubai. Di tempat ini, Anda dapat menikmati fasilitas jogging tract, shower, area bermain anak, serta area piknik yang teduh.

Jalur pantai ini memiliki panjang sekitar 14 kilometer, membentang dari Dubai Marine Beach Resort hingga Burj Al Arab Hotel.

Lokasi: Area Dubai Marine Beach Resort

Jam Operasional: Buka setiap saat

8. Pasar Emas dan Rempah-Rempah

Melihat suasana dan keseharian warga lokal dengan mengunjungi pasar adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Dubai. Pasar Deira adalah salah satu tempat paling populer untuk berkeliaran melihat barang-barang berkilau seperti emas dan rempah-rempah segala jenis.

Selain itu, Anda juga dapat membeli kemenyan beraroma eksotis serta syal pashmina. Namun tentu saja, Anda harus mengeluarkan uang jika Anda membeli barang-barang tersebut. Tetapi itu tidak berarti jika Anda hanya sekedar berjalan-jalan untuk menikmati suasana pasar tradisional.

Lokasi: Sisi utara Sungai Deira dekat Stasiun Metro Ras 1

Jam Operasional: Buka setiap saat

9. Melihat Deretan Mobil Mewah

Bagi Anda yang baru pertama kali pergi ke Dubai, mungkin akan dibuat takjub dengan mobil sport mewah yang berlalu-lalang di jalanan. Berkat kemakmuran ekonomi Negara Uni Emirat Arab, mobil sport mewah bagaikan sebuah barang umum yang dimiliki oleh banyak orang.

Jika Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk mengunjungi museum mobil, maka Anda dapat berkunjung ke tempat wisata gratis Dubai berikutnya. Yaitu The Walk di Jumeirah Beach Residence. Tempat ini akan dipadati oleh deretan mobil sport mewah yang terparkir. Kawasan restoran tepi pantai ini memang spot terbaik untuk mengagumi mobil sport mewah beraneka warna secara gratis.

Lokasi: Sepanjang The Walk di Jumeirah Beach Residence

Jam Operasional: Setiap malam hari terutama pada Hari Sabtu atau Malam minggu

10. Pertandingan Gulat Pehlwani

Menonton pertandingan gulat Pehlwani adalah salah satu hal yang cukup menyenangkan untuk dilakukan di negara arab ini secara gratis. Gulat Pehlwani adalah seni gulat lokal yang akan dilakukan oleh warga asli Dubai. Pertandingan gulat ini dapat Anda saksikan setiap hari Jumat.

Ratusan buruh asal India, Pakistan, serta Bangladesh dipastikan akan berkumpul untuk menyaksikan para lelaki pemberani bergulat demi meraih kemenangan.

Lokasi: Deira (berada di belakang pasar ikan)

Jam Operasional: Setiap malam hari Jumat pukul 17.00

Baca Juga:  11 Pesona Tempat Wisata Dubai UAE

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini