10 Tempat Wisata Kuliner Paling Nikmat di Malang 5/5 (1)

0
33
10 Tempat Wisata Kuliner Paling Nikmat di Malang
10 Tempat Wisata Kuliner Paling Nikmat di Malang - ©unileverfoodsolutions.co.id

Nongki.net – Malang adalah sebuah kota yang terletak di dataran tinggi dan termasuk ke dalam Provinsi Jawa Timur. Kota yang memiliki luas sebesar 145.28 kilometer persegi ini merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Selain dipenuhi dengan tempat wisata yang menarik, Malang juga memiliki berbagai kuliner yang terkenal nikmat.

Kuliner-kuliner ini bisa Anda jumpai di seantero Malang. Beberapa kuliner khas yang bisa Anda cicipi diantaranya adalah tahu lontong, rawon, mie Malang, hingga kue putu. Jika Anda kebetulan sedang singgah di Malang, maka jangan hanya pergi ke objek wisatanya saja, tetapi juga mampir ke beberapa tempat kuliner. Dijamin liburan Anda akan menjadi lebih berkesan karena hati senang, perut pun kenyang.

10 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Kota Malang Jawa Timur

Ketika mendengar kata Kota Malang, mungkin yang akan langsung terlintas dibenak Anda adalah wisata Batu Night Spectacular, Alun-alun Malang, Jatim Park, dan Museum Angkut. Namun siapa yang mengira, dibalik banyak objek wisata ternyata Malang juga menyimpan beberapa wisata kuliner yang nikmat.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 rekomendasi tempat wisata kuliner paling nikmat di Kota Malang Jawa Timur. Penasaran? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Toko Oen
  • Warung Ronde Titoni
  • Putu Lanang Celaket
  • Warung Tahu Lontong Lonceng
  • Pondok Desa Kampung Telaga
  • Depot Rawon Nguling
  • Cwie Mie Malang
  • Bakso Bakar Trowulan
  • Pos Ketan Legenda 1967
  • Depot Pecel Kawi 
Baca Juga:  10 Kuliner Khas Aceh Yang Lezat Mantap

1. Toko Oen

Belum ke Malang namanya jika belum pernah mencicipi es Krim Toko Oen. Toko ini sudah ada sejak 1930.

Dengan aneka cita rasa es krim, Toko Oen juga menyediakan aneka makanan lain seperti nasi goreng, aneka steak juga kue-kue.

Makanan yang perlu dicoba di sini adalah Bistik Gelatine dan Bistik Lidah. Daya tarik dari tempat kuliner bersejarah ini adalah bangunan restoran yang dipertahankan sebagai bangunan arsitektur kolonial yang dilestarikan.

Dimana tampak luarnya masih sama dan beberapa unsur bangunan yang termakan waktu diganti dengan mempertahankan bentuk aslinya. Pengalaman gastronominya didapat dari napak tilas kuliner tempo dulu.

Alamat Toko Oen: Jalan Basuki Rahmat No 5,  No. telp 0341-364052. Buka setiap pukul 08.00 – 21.00

2. Warung Ronde Titoni

Jenis minuman dengan jahe yang menghangatkan tenggorokan ini juga salah satu favourit di warung ini. Menu yang disajikan antara lain roti goreng, kacang kuah, angsle yaitu makanan seperti ronde tetapi dengan kuah santan dengan isian kacang hijau rebus, roti tawar,  petulo atau selendang mayang, dan kacang tanah sangrai.

Kuah nya beraroma harum karena tambahan vanilli dan daun pandan. Warung ini juga sudah menjadi legenda karena sudah ada sejak 1948.

Alamat Warung Ronde Titoni: Jalan Zaenal Arifin – Malang Raya

3. Putu Lanang Celaket

Penganan berbahan dasar tepung beras dengan parutan kelapa diisi dengan gula merah, rasanya benar-benar menggoda selera kita.

Teknik memasak tradisional menggunakan batang bambu sebagai cetakan untuk kemudian di kukus, membuat  kue putu ini memiliki aroma khusus saat dikeluarkan dari cetakan bambunya.

Putu Lanang Celaket ini sudah ada sejak 1935. Cukup menjadi legenda kan?

Alamat Putu Lanang Cerlaket: Jalan Jaksa Agung Suprapto.

4. Warung Tahu Lontong Lonceng

Depot makan ini sudah ada sejak tahun 1935, dimana udaha ini diteruskan secara turun temurun dan selalu ramai dikunjungi pelanggannya.

Menu yang disajikan adalah  tahu telor biasa, sampai tahu telor lontong, dan tahu telor nasi yang semuanya disiram dengan bumbu kacang bercampur petis.

Alamat Warung Tahu Lontong Lonceng: Jalan Laksamana Martadinata No. 66, Pasar Lama Malang.

5. Pondok Desa Kampung Telaga

Mencari tempat yang enak untuk bersantai, suasana yang berbeda sentuhan desa di sini tempatnya. Menu yang didominasi ikan dengan bumbu dan cara memasak tradisional siap memanjakan lidah kita terutama disaat lapar.

Sengaja tempat ini dipilihkan untuk wisatawan kota malang ingin makan sambil menikmati tempatnya di Daerah Ngijo, Kecamatan Karangploso.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Kuliner Paling Hits di Surabaya

6. Depot Rawon Nguling

Sajian rawon dengkul dan rawon biasa adalah menu yang ditawarkan di sini. Kuahnya yang berwarna hitam namun tidak kental dan tidak berlemak dengan daging yang sangat empuk membuat kita kangen dan ingin kembali lagi.

Lebih enak lagi jika disantap dengan pilihan gorengan pendamping dan sambal cobek dengan tempe. Selain Rawon kita juga bisa memilih menu nasi pecel lodeh.

Alamat Depot Rawon Nguling: Jalan Jend. Arifin 62, Klojen

7. Cwie Mie Malang

Tidak lengkap rasanya jika tidak makan Cwie Mie Malang di kota aslinya. Mie rebus yang ditaburi daging ayam halus menjadi khas Cwie Mie Malang ini, bisa ditambahkan bakso ataupun pangsit.

Tanpa sambel Mie ini rasanya luar biasa. Dengan sambal yang khas pedas dan ada rasa manisnya akan lebih luar biasa.

Alamat Cwie Mie Malang: Jalan Mojorejo No. 99, Batu Malang

8. Bakso Bakar Trowulan

Mengapa dinamakan Bakso Bakar? Karena proses memasaknya yang memang dibakar di atas arang.

Bakso yang bulat-bulat ditusuk seperti sate dalam ukuran besar lalu dicelupkan di panci besar berisi bumbu kemudian dibakar.

Warna kecoklatan menggugah selera, apalagi dimakan kering tanpa kuah dengan saus kecap pedas. Bagi yang ingin makan bakso kuah bisa juga memilih menu bakso biasa.

Alamat Bakso Bakar Trowulan: Jalan Candi Trowulan No. 65

9. Pos Ketan Legenda 1967

Ditempat ini Anda bisa akan mencicipi ketan putih maupun hitam dengan aneka topping dari asin, gurih sampai dengan manis.

Ayam, keju, kacang, cokelat, sampai unti (kelapa dengan gula). Menu favorit yang habis terjual dalam waktu yang sangat cepat adalah topping durian.

Lebih sensasi jika didampingi dengan teh panas tawar maupun masi tergantung topping apa yang kita pilih.

Alamat Pos Ketan Legenda 1967: Jalan Agus Salim – Alun-alun Batu.

10. Depot Pecel Kawi

Tempat ini sudah dikenal sejak tahun 1975. Keistimewaan pecel ini adalah bumbu kacang yang lebih kental dan gurih dimana rasanya sangat seimbang dengan rasa manisnya.

Selai pecel yang lezat kita juga bisa memesan nasi campur, soto dan rawon. Jangan lupa juga mencoba beras kencur yang segar dan menyehatkan badan apalagi setelah perjalanan panjang.

Alamat Depot Pecel Kawi: Jalan Kawi Atas No. 43B

Baca Juga:  Menyelami 5 Pesona Wisata Bawah Laut Ambon

Please rate this