Nongki.net – Medan, siapa yang tidak kenal kota satu ini. Ibu kota Sumatera Utara ini, terus berbenah dan berkembang menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia. Tidak hanya pembangunannya tetapi juga wisata kota Medan kini mulai menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Medan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan keanekaragaman budaya, suku serta etnis yang ada dan tinggal di dalamnya. Setidaknya ada empat etnis budaya yang paling mayoritas yaitu; Batak, Tinghoa, Jawa, dan Melayu.

Medan kini telah berkembang sedemikian rupa menjadi salah satu kota tersibuk di Indonesia. Tapi, di tengah kesibukan yang ada, Medan masih meninggalkan sisi yang menyenangkan berupa spot-spot wisata yang harus Anda kunjungi. Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia dan terkenal dengan wisata alamnya seperti danau Toba.

10 Tempat Wisata Kota Medan

Jadi, apakah Anda memiliki rencana untuk menjelajahi wisata di Medan? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mulai menyusun daftar tempat wisata kota Medan yang harus Anda kunjungi. Sehingga, Anda tidak perlu bingung lagi harus pergi kemana saat tiba di Medan. Yuk simak 10 tempat wisata kota Medan berikut!

Baca Juga:  Resep Bika Ambon, Kue Manis Khas Medan Yang Lezat

1. Danau Toba – Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Travel Tour Murah | GAT (@globalasiatravel) on

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan se-Asia Tenggara. Danau ini adalah objek wisata paling populer di Medan dan harus Anda dikunjungi jika berkunjung ke kota ini.

Danau yang memiliki luas sekitar 1130 kilometer persegi ini memiliki sebuah pulau kecil ditengahnya yang disebut dengan pulau Samosir. Selain memiliki air berwarna biru yang cantik danau Toba juga punya pemandangan alam yang sangat menakjubkan jadi sangat sayang jika tidak datang berkunjung ke tempat ini.

Danau Toba terletak di kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Medan. Akses untuk menuju danau ini terbilang cukup mudah. Anda dapat menggunakan monil, motor, maupun kendaraan umum. Untuk dapat menikmati pemandangan danau ini, Anda tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Danau ini juga buka untuk wisatawan setiap hari selama 24 jam.

2. Museum Sumatera Utara

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Museum_Lovers (@museum_lovers) on

Jika Anda ingin mengetahui informasi sejarah mengenai kota Medan, maka museum ini adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi.
Museum ini merupakan museum terbesar di Sumatera Utara yang menyimpan banyak sekali koleksi sejarah dan benda-benda peninggalan budaya masa lalu masyarakat Sumatera Utara.
Museum yang berdiri diarea seluas 10.468 meter persegi ini juga memiliki ruang pameran dan ruang audio visual yang tak kalah menarik.
Museum Sumatera Utara ini berlokasi di JL. H.M. Jhoni Nomor 51, Kota Medan. Akses menuju museum ini juga sangat mudah. Anda dapat menggunakan transportasi umum, mobil, maupun motor. Untuk mengunjungi museum ini, Anda hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja. Jam operasional museum ini buka dari hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.30 – 12.00 dan 13.30 – 17.00 WIB.

Baca Juga:  Menjelajah 8 Pesona Wisata Palembang

3. Istana Maimun – Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Aziz Mursalin (@papah_ashaliathar) on

Istana Maimun merupakan salah satu istana yang sangat terkenal di kota Medan. Istana yang memiliki arsitektur perpaduan antara India dan Italia ini, memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Istana ini dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Mahmud Al Rasyid. Bisa dibilang istana ini adalah salah satu istana yang paling indah di Indonesia dengan luas mencapai 2.777 meter persegi. Anda akan sangat puas melihat-lihat keindahan istana dan tentunya berfoto sebagai kenang-kenangan.

Istana Maimun terletak di Jl. Sultan Ma’Moen Al Rasyid Nomor 66, Kota Medan. Tiket masuk ke Istana Maimun hanya sebesar Rp 5.000. Anda dapat menggunakan motor, mobil dan kendaraan umum untuk dapat mengunjungi tempat ini. Istana Maimun buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

4. Danau Siombak – Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ichael Faisal (@ichaelfaisal) on

Meskipun kota Medan terkenal dengan danau Toba, ternyata kota ini juga memiliki danau lain yang tak kalah indah untuk dikunjungi, yaitu danau Siombak.

Berbeda dengan danau Toba yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan alam dan bentuk danaunya yang unik, daya tarik danau Siombak adalah suasana danau yang sangat tenang.

Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin melepas lelah dan menjauhi keramaian. Pengunjung juga dapat memancing ikan ketika pergi ke danau ini.

Danau Siombak berlokasi di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Tiket masuk ke danau ini hanya sebesar Rp 2.000. Anda dapat menggunakan motor, mobil, dan kendaraan umum untuk menjangkau tempat ini. Jam operasional danau ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

5. Merdeka Walk – Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Adi / Bg ucong (@adi_photografy) on

Bagi Anda yang gemar berwisata kuliner, jangan lupa untuk mampir ke kawasan pasar kuliner Merdeka Walk yang ada di kota Medan.

Kawasan Merdeka Walk ini terdapat banyak restoran dan warung kuliner yang menjajakan aneka macam hidangan, baik hidangan khas Medan atau hidangan ala western dan Chinese yang pastinya akan memanjakan lidah Anda.

Kawasan Merdeka Walk juga memiliki sebuah lahan dengan pepohonan yang rindang dimana biasanya para pemuda berkumpul atau mengadakan event tertentu.

Merdeka Walk berlokasi di Jl. Balai Kota, Medan Barat, Kesawan, Kota Medan. Untuk mengunjungi kawasan ini Anda dapat mengaksesnya mengunakan mobil, motor dan kendaraan umum. Merdeka Walk dibuka setiap hari dengan jam operasional Minggu – Jumat pukul 11.00 – 24.00 WIB dan Sabtu pukul 11.00 – 02.00 WIB. Tempat ini Gratis bagi semua pengunjung.

Baca Juga:  Lampung, Pilihan Tempat Wisata Selain Puncak Saat Akhir Pekan

6. Hillpark Sibolangit – Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by HILLPARK SIBOLANGIT (@hillpark.sibolangit) on

Tak kalah dengan kota besar lainnya, kota Medan juga punya wahana permainan besar seperti yang ada di Dufan Jakarta maupun Trans Studio yang ada di Bandung dan Makassar, yakni Hillpark Sibolangit.

Tempat ini menyediakan berbagai macam wahana dengan biaya masuk yang cukup terjangkau. Tak hanya wahana bermain, Hillpark Sibolangit juga memiliki fasilitas amfiteater dan cinema 4 dimensi yang layak Anda coba.

Berlokasi di Jl. Let. Jend. Jamin Ginting Sibolangit – Medan, tiket masuk taman wisata ini hanya sebesar Rp 45.000. Dibuka untuk pengunjung setiap hari, mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB.

7. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by seven (@ignseven) on

Ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda di kota Medan? Cobalah berkunjung ke penangkaran Buaya Asam Kumbang yang terletak di Sunggal Medan ini. Disini kamu bisa melihat ratusan buaya yang dipelihara didalam rawa atau kolam buatan.

Di penangkaran ini juga Anda dapat mencoba untuk memegang buaya yang tentunya masih dalam pengawasan penjaga penangkaran. Apakah Anda tertarik mencoba wisata ini?

Penangkaran ini berlokasi di Jl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Medan Selayang, Kota Medan. Tiket masuk penangkaran ini hanya sebesar Rp 5.000. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi

8. Masjid Raya Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Iwan Van Wilan (@iwanvanwilan) on

Masjid Raya Medan adalah salah satu tempat wisata religi yang bisa kamu kunjungi di kota Medan. Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Al Mashun ini dibangun pada tahun 1906 oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam yang merupakan sultan dari kerajaan Deli di masa lalu.

Perlu Anda ketahui, arsitek yang merancang masjid ini adalah arsitek yang juga merancang istana Maimun yakni seorang kewargenegaraan Belanda yang bernama Van Erp. Selain arsitekturnya yang unik, dekorasi masjid yang menggabungkan beberapa unsur budaya ini juga terlihat sangat cantik dan menarik.

Masjid Raya Medan berlokasi di Jl. Sisingamangaraja, Kota Medan. Anda dapat mengunjungi ataupun beribadah di masjid ini kapan saja, karena buka selama 24 jam setiap hari.

9. Air Terjun Sigura-gura – Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Help_Mee_ RVM SERGAI #012 (@helmy_fhadilla) on

Medan tidak hanya punya danau terbesar di Indonesia tetapi juga air terjun tertinggi di negara ini. Meskipun tidak setenar danau Toba, namun objek wisata air terjun Sigura-gura ini telah menjadi salah satu ikon pariwisata andalan di Sumatera Utara.

Dengan tinggi 250 meter, air terjun ini juga menjadi sumber pembangkit listrik bagi daerah sekitarnya. Letak air terjun ini juga tidak begitu jauh dari danau Toba sehingga jika Anda mengunjungi danau Toba, Anda juga bisa sekalian mampir melihat panorama air terjun yang dikelilingi perbukitan indah.

Berlokasi di Dusun Sigura-gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti Kabupaten Toba. Anda dapat menikmati pemandangan air terjun ini secara cuma-cuma alias gratis. Namun Anda perlu sedikit berjalan kaki untuk tiba di lokasi air terjun Sigura-gura.

10. Gunung Sibayak – Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AFIQ AFANDI (@muhammadafiqafandi_) on

Gunung Sibayak merupakan tempat yang paling cocok dikunjungi bagi Anda pecinta alam atau yang gemar melakukan aktifitas hiking.

Gunung yang masih aktif ini memiliki ketinggian sekitar 2094 meter di atas permukaan air laut serta memiliki kawah aktif yang cukup menarik.

Jika Anda mendaki hingga ke puncaknya, Anda dapat menyaksikan pemandangan alam sekitar yang sangat indah. Kawasan gunung Sibayak juga sering dijadikan lokasi berkemping jadi jangan ragu untuk mencoba bermalam di area pegunungan ini.

Berlokasi di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Berastagi, Medan. Tiket masuk untuk mendaki gunung ini hanya sekitar Rp 3.000. Tentu untuk mendaki hingga ke puncak, Anda memerlukan stamina yang prima.

Baca Juga:  Pesona Wisata Bali Yang Tak Ada Habisnya

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini