Nongki.net – Praha atau Prague adalah sebuah wilayah ibukota dari Negara Republik Ceko (Czech Republic). Kota yang memiliki sekitar 1,5 juta penduduk ini memang dikenal sebagai kota yang cantik dengan banyak tempat wisata yang menakjubkan. Praha merupakan rumah bagi kastil kuno, alun-alun kota tua, serta cafe sederhana bergaya Eropa yang elegan. Seiring berkembangnya jalur transportasi, para wisatawan yang berlibur ke Ceko kini dapat juga menjelajah beberapa tempat wisata lainnya yang berlokasi di sekitar Praha. Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk mengunjungi kota lain selain Praha untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Kastil Praha atau dalam bahasa Inggris bernama Prague Castle adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kota Praha. Tidak hanya struktur bangunannya yang menakjubkan, tetapi juga merupakan kompleks kastil terbesar di dunia dan dilindungi oleh UNESCO. Selain tempat wisata utama tersebut, tidak ada salahnya jika Anda juga berkeliling dan mengunjungi beberapa tempat wisata lain di sekitar Praha.

10 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Praha Republik Ceko

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan memberikan informasi mengenai 10 tempat wisata paling menakjubkan yang bisa Anda kunjungi di sekitar Praha Republik Ceko. Menjelajahi 10 tempat wisata di sekitar Praha menggunakan kereta api, mungkin menjadi ide yang menarik untuk mengenal pariwisata Republik Ceko secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tambahan 10 tempat wisata yang terbaik dan menakjubkan untuk rencana perjalanan Anda di Praha dan kota lain di Republik Ceko. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Cesky Krumlov
  • Karlovy Vary
  • Kutna Hora
  • Krivoklat Castle
  • Terezin Concentration Camp
  • Vienna
  • Nuremberg
  • Dresden
  • Leipzig
  • Wroclaw
Baca Juga:  Wisata Spanyol: 12 Tempat Terbaik Saat Berlibur di Andalusia

1. Cesky Krumlov

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Siddhartha Kandoi (@siddharthakandoi) on

Cesky Krumlov adalah sebuah kota abad pertengahan yang tidak jauh dari Praha Republik Ceko. Tempat wisata ini merupakan salah satu kota yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi di dekat Praha. Terdapat sebuah kastil kuno yang menarik banyak wisatawan dan juga benteng yang berada di atas bukit dan menghadap ke Sungai Vltava. Menjadikan Cesky Krumlov sangat sayang untuk dilewatkan.

Cesky Krumlov Castle dengan fasad eksterior yang indah menjadi daya tarik utama di kota ini. Terdapat juga taman bergaya Rococo yang luas dan dilengkapi dengan air mancur yang berada di halaman istana. Menelusuri jalanan kota yang telah dibangun sejak abad ke-17 dan 18. Kunjungi juga Baroque Theatre yang akan membuat malam Anda semakin meriah berkat penampilan drama yang disajikan.

Cesky Krumlov merupakan kota yang penuh dengan kehidupan. Anda akan menyaksikan banyak orang berlalu-lalang dan bersantai pada kedai-kedai kopi maupun bar. Menikmati makanan khas Mediterania di cafe butik serta membeli oleh-oleh souvenirs di toko-toko kecil.

Jarak dari Praha:

175 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam 30 menit menggunakan kereta atau mobil.

Yang harus dilakukan:

Jika Anda suka dengan fotografi, jangan lewatkan berkunjung ke Museum Fotoatelier Seidel yang merupakan studio fotografi Joseph Seidel yang sebenarnya. Ikuti tur keliling museum yang telah didekorasi dengan gaya Art Nouveau. Nikmati juga secangkir kopi panas di Castle Cafe yang tidak hanya menyajikan kopi dan bir yang luar biasa, tetapi juga memberikan pemandangan kota yang memukau. Salah satu hal yang dapat dilakukan di Cesky Krumlov adalah berkayak atau berkano di Sungai Vltava di musim panas.

Tips Wisata:

Nongki.net menyarankan Anda untuk membeli Cesky Krumlov Card agar lebih murah dan hemat budget. Kartu tersebut menyediakan akses ke sebagian besar tempat wisata di kota ini yang mencakup museum dan menara kastil, Museum Fotoatelier Seidel, Pusat Seni Egon Schiele, Biara Český Krumlov. Harganya kurang dari $15. Jika Anda pikir Anda tidak dapat mengunjungi semua tempat dalam satu hari, jangan khawatir karena kartu ini berlaku selama 1 tahun.

2. Karlovy Vary

 

View this post on Instagram

 

A post shared by More Than What You Can See 🦋 (@daniel.benaharon) on

Jika Anda bertanya tentang tempat wisata apa lagi yang harus dikunjungi selama di Praha, maka Anda dapat pergi ke Karlovy Vary. Tempat ini terkenal karena arsitektur bangunannya yang luar biasa.

Karlovy Vary adalah sebuah kota yang ditemukan pada tahun 1370 dan merupakan tempat wisata yang populer dengan arsitektur dan sumber air panasnya. Jika Anda mengunjungi kota ini, maka Anda pasti langsung berpendapat bahwa artitektur di Kota Praha tidak akan ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Karlovy Vary.

Dari semua daftar tempat wisata dekat Praha yang wajib dikunjungi, maka Karlovy Vary menjadi tempat yang teratas dan terbaik. Karena memiliki pemandangan yang indah dan tempat berendam air panas. Rasakan juga kesegaran tubuh dari kompleks spa yang menawarkan peremajaan fisik dan mental yang telah dilakukan selama 6 abad terakhir.

Jarak dari Praha:

130 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam menggunakan kereta atau mobil.

Yang harus dilakukan:

Salah satu hal yang dapat dilakukan di Karlovy Vary adalah menikmati pemandangan dari Menara Observasi Diana yang menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan dari ketinggian 5,5 meter. Kunjungi juga Museum Moser dan Pabrik Kaca di mana Anda akan belajar banyak tentang seni kaca Moser yang terkenal. Rasakan minuman resep soda alami dari salah satu 5 sumber air panas di kota. Rasanya yang unik, akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan di sini. Selain itu, kunjungi juga Hot Spring Colonnade yang ditemukan pada tahun 1970-an yang menyemburkan air panas hingga 12,2 meter atas tanah.

Tips Wisata:

Cara terbaik untuk berkeliling kota adalah dengan transportasi umum. Jika Anda ingin membeli barang antik dan karya seni dari kota, pastikan dokumen izin imigrasi Anda sudah beres karena ekspor benda-benda bernilai budaya sangat dilarang.

3. Kutna Hora

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lizz Ramos (@rms_____zz) on

Terletak sejauh 80 kilometer dari Praha, Kutna Hora adalah sebuah kota tambang yang sudah berdiri sejak abad ke-13. Tempat ini juga terkenal dengan Bone Church yaitu sebuah rumah kerangka yang bernama Sedlec Ossuary.

Gereja Katolik Roma ini adalah sebuah bangunan kecil yang menggunakan beberapa tulang manusia sebagai dekorasi interior. Terdapat juga lampu gantung raksasa yang berada di tengah-tengah ruang utama yang juga terbuat dari kerangka manusia. Terlihat sedikit mengerikan namun juga indah. Lampu gantung tersebut dipercaya untuk mengenang jasa orang-orang yang telah meninggal selama perang di Eropa. Diperkirakan ada 70.000 orang yang meninggal karena wabah penyakit dan perang. Kutna Hora ini menjadi salah satu tempat wisata terbaik dan juga mengagumkan untuk dikunjungi di dekat Praha.

Selain Sedlec Ossuary, Kutna Hora juga memiliki tempat wisata lain yaitu Cathedral of Saint Barbara yang memiliki kubah langit-langit yang memesona. Interior katedral tersebut dihiasi oleh lukisan diding dan ukuran yang sangat indah dan menakjubkan. Sebagai kota tambang, maka wisata sejarah ke gua tambang menjadi atraksi utama di Kutna Hora. Anda juga akan belajar tentang bagaimana proses pembuatan koin perak. Kota ini juga menyimpan pemandangan bukit yang indah yang sayang untuk dilewatkan.

Jarak dari Praha:

85 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit menggunakan kereta atau mobil.

Yang harus dilakukan:

Dikenal sebagai kota pertambangan, jangan lewatkan mengunjungi tambang perak abad pertengahan di mana Anda akan belajar bagaimana perak ditambang dan diproses di dalam “donkey gin”. Setelah itu, nikmati makan siang mewah di Restaurant Dačický yang berusia 400 tahun di mana Anda dapat menikmati masakan khas Republik Ceko yang nikmat. Kunjungi juga Italian Court di mana koin perak diproduksi selama pemerintahan raja. Di malam hari, berjalan-jalanlah di kota Kutna Hora yang menawan yang tampak seperti dongeng.

Tips Wisata:

Jika Anda bepergian dengan kereta api, terdapat stasiun yang lokasinya dekat dengan Sedlec Ossuary.

4. Krivoklat Castle

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Alastair Millar (@skriptorium) on

Terletak di Lembah Sungai Berounka, Krivoklat Castle adalah salah satu tempat wisata terbaik dan menakjubkan yang bisa Anda kunjungi di dekat kota Praha Republik Ceko. Melihat Kastil Kuno ini menjadi suatu keharusan bagi para pelancong yang ingin merasakan ketenangan di atas bukit. Krivoklat Castle terletak di atas bukit berhutan yang dulunya merupakan sebuah kediaman kerajaan yang dibangun pada abad ke-13.

Kastil yang mulai dibangun pada abad ke-12 ini memiliki arsitektur bergaya Gothic dengan interior yang dipenuhi berbagai lukisan, patung, hingga koleksi buku. Bahkan kastil ini diklaim memiliki koleksi hingga berjumlah 50.000 buku. Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, terdapat juga satu lorong gelap dan sempit yang digunakan sebagai penjara bagi tahanan politik yang tertangkap. Krivoklat Castle merupakan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Praha di Republik Ceko.

Jarak dari Praha:

60 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kereta atau mobil.

Yang harus dilakukan:

Tur Kastil Krivoklat akan membuat Anda menikmati keindahan yang luar biasa dari ketinggian. Bukit ini juga memiliki bentang alam yang terpelihara dengan baik. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan wisata alam. Meskipun populer, tempat ini masih relatif sepi dan jarang dikunjungi wisatawan.

Tips Wisata:

Jika Anda mencari kastil dengan arsitektur Gothic, maka jangan lewatkan perjalanan ke Krivoklat Castle.

5. Terezin Concentration Camp

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sevda Yollarda 👣 (@sevdayollarda) on

Terezin Concentration Camp adalah sebuah wilayah yang wajib dikunjungi bagi Anda yang gemar dengan wisata sejarah. Terezin Concentration Camp merupakan sebuah perkemahan yang dibangun oleh Nazi untuk menahan para tawanan perang pada saat berlangsungnya Perang Dunia II. Ini adalah salah satu tempat yang sangat memilukan untuk dikunjungi di sekitar Praha.

Selain Terezin Concentration Camp, terdapat beberapa tempat yang serupa yang bisa Anda lihat di Munich dan Polandia. Namun Terezin Concentration Camp adalah yang paling terkenal karena menampung lebih banyak keturunan Yahudi yang dipenjara oleh Nazi. Mayoritas tahanan tersebut mengalami banyak penyiksaan yang sadis. Anda pasti akan dibuat merinding ketika pergi mengunjungi wisata sejarah ini. Melalui tur berpemandu, Anda akan dijelaskan betapa sengsaranya para tahanan yang mengalami siksaan di bawah rezim Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler.

Jarak dari Praha:

60 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kereta atau mobil.

Yang harus dilakukan:

Terezin Concentration Camp juga memiliki ghetto yaitu sebuah ruangan di mana sebagian besar tahanan kamp disiksa selama interogasi pada abad ke-18. Orang-orang yang ingin tahu lebih banyak tentang Hitler dan rejimennya secara khusus dapat menemukan banyak hal untuk diamati di tempat wisata sejarah ini.

Tips Wisata:

Perjalanan ke Terezin Concentration Camp, yang terletak sekitar 60 kilometer dari Praha, akan memakan waktu sekitar satu jam. Pastikan untuk pergi lebih awal untuk menghindari keramaian. Selain itu, Nongki.net juga menyarankan untuk selalu menjaga sikap baik saat berkeliling ataupun berfoto, karena situs sejarah ini sangat sensitif bagi budaya Eropa.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata di Situs Warisan UNESCO Petra Yordania

6. Vienna

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JayMer🤓 (@jrmercado16) on

Wina atau Vienna adalah sebuah kota klasik yang sangat cantik untuk dikunjungi. Kota yang terletak di Negara Austria ini memiliki banyak sekali toko-toko buku dan bistro yang menarik kalangan wisatawan muda. Selain itu, Anda juga dapat menikmati beberapa taman hiburan, kebun binatang, hingga tempat hiburan lain yang cocok bagi para wisatawan aygn berjiwa muda.

Jarak dari Praha:

333 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam 45 menit menggunakan kereta.

Yang harus dilakukan:

Wina atau Vienna adalah kota yang memiliki sejarah tentang musik klasik. Anda dapat melihat pertunjukan musik klasik secara langsung dari aransemen yang dibuat oleh Mozart. Oleh karena itu tidak mengherankan jika Vienna dinobatkan sebagai kota musikal di Eropa Tengah.

Tips Wisata:

Vienna adalah kota yang bebas plastik, sehingga Anda disarankan untuk membawa kantong belanja sendiri kemanapun Anda pergi.

7. Nuremberg

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lemohang 月亮 Molobi (@lemohangmolobi) on

Nuremberg adalah sebuah kota cantik yang juga bersejarah. Dulunya kota ini adalah bekas wilayah propaganda dari pemerintahan Hitler. Bersantai sambil menaiki kereta yang nyaman saat pergi ke Nuremberg akan menjadi pilihan yang sempurna untuk dilakukan di sekitar Praha Republik Ceko. Anda juga dapat mengikuti wisata berpemandu di beberapa tempat seperti Congress Hall dan kota tua yang sudah ada sejak abad pertengahan. Nuremberg merupakan kota yang tidak akan mengecewakan Anda karena pemandangan kota dan banyaknya kegiatan yang terjadi di sini.

Jarak dari Praha:

298 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam 14 menit menggunakan kereta.

Yang harus dilakukan:

Anda dapat mengunjungi Nuremberg Castle yang berdiri tegak bahkan setelah mengalami penghancuran besar-besaran selama masa Perang Dunia II. Melihat kursi raja yang megah dari Kekaisaran Romawi, Nuremberg adalah tempat yang sempurna untuk wisata sejarah ke masa lalu.

Tips Wisata:

Anda harus mengambil jalan yang curam untuk mencapai Nuremberg Castle demi melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas. Selain itu jangan lewatkan juga untuk menaiki tangga curam yang mengarah ke puncak Menara Sinwell. Sehingga Nongki.net menyarankan untuk selalu berhati-hati saat melangkah.

8. Dresden

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Marcella Anayram 🦋 (@marcellamoraais) on

Dresden adalah sebuah wilayah di Negara Jerman yang terkenal dengan wisata musim dinginnya. Kota bersejarah ini menyimpan banyak sekali museum, istana, dan bangunan ikonik yang tetap dibuka selama musim dingin. Castle Moritzburg sebuah kastil air yang sangat memukau adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Dresden. Anda akan terpesona oleh keindahan kota Dresden terlebih jika musim dingin tiba. Jadi jika Anda berencana berlibur ke Kota Praha di Republik Ceko, jangan lewatkan untuk memasukan Dresden sebagai salah satu tempat wisata terbaik yang harus dikunjungi.

Jarak dari Praha:

149 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 53 menit menggunakan kereta.

Yang harus dilakukan:

Kunjungi Zwinger Palace atau melakukan one day trip Frauenkirche di Meissen.

Tips Wisata:

Suhu musim dingin di Negara Jerma bisa turun hingga -50 derajat celcius dan sejumlah tempat wisata mungkin akan ditutup ketika Hari Natal. Pastikan juga untuk membawa pakaian hangat yang memadai jika Anda pergi ke Dresden saat musim dingin.

9. Leipzig

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Carmen Polter (@carmenpolter) on

Jerman adalah rumah bagi banyak danau dan penduduknya sangat gemar tinggal ataupun berlibur di rumah tepi danau. Salah satu tempat wisata teratas dan terbaik untuk menikmati itu semua adalah Leipzig dengan pemandangan tepi Danau Störmthaler yang menakjubkan. Ketika berlibur ke Praha di Republik Ceko, Anda dapat mempertimbangkan untuk pergi ke Leipzig untuk memperkaya galeri foto liburan Anda. Selain danau, kota Leipzig juga memiliki sungai White Elster, gereja St. Nicholas yang terkenal, kebun binatang Leipzing yang modern di Eropa, dan gedung The Leipzig Opera yang legendaris.

Jarak dari Praha:

262 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam 45 menit menggunakan kereta.

Yang harus dilakukan:

Leipzig adalah kota yang terkenal dengan vila-vila tepi Danau Störmthaler yang mengagumkan. Dikelilingi oleh perahu-perahu layar yang mewah semakin menambah daya tarik untuk menikmati pemandangan dari atas perahu. Selain itu, resort mewah juga banyak tersedia di sini yang membuat fasilitas liburan Anda menjadi lebih lengkap.

Tips Wisata:

Pastikan untuk memesan salah satu villa terlebih dahulu agar menghindari kerepotan ketika akan berkunjung ke Leipzig di Jerman.

10. Wroclaw

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Your Travel Guide (@yourtravelguide.nl) on

Wroclaw adalah sebuah wilayah yang diperuntukkan sebagai pusat budaya dan ekonomi di Polandia. Kota ini menarik beberapa pusat bisnis modern sekaligus memiliki cerita sejarah yang kaya dan beragam. Wroclaw tidak akan pernah berhenti memberikan pemandangan yang cantik bukan hanya kepada penduduk lokal tetapi juga turis mancanegara. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi di dekat Praha. Pemandangan kotanya yang memesona pasti akan membuat liburan Eropa Anda semakin berkesan.

Jarak dari Praha:

335 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam 54 menit menggunakan kereta.

Yang harus dilakukan:

Wroclaw merupakan wilayah produsen cokelat di negara Polandia. Jadi jangan pergi meninggalkan Wroclaw tanpa memcicipi cokelat terbaik yang diproduksi di sini.

Tips Wisata:

Pastikan Anda membeli oleh-oleh untuk keluarga sebelum pergi dari Wroclaw.

Baca Juga:  Berencana Ke Jerman? Ini 10 Tempat Wisata Paling Recomended

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini