Nongki.net – Australia adalah sebuah negara sekaligus benua yang kaya akan sejarah. Jika Anda berencana pergi berlibur ke negara ini dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai aspek budaya, ilmu pengetahuan, seni, dan sejarah Australia, maka museum menjadi tempat wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi. Museum akan membantu Anda untuk mendapatkan gambaran secara keseluruhan mengenai budaya dan sejarah pada masa lampau.

Table of Contents

10 Museum Terbaik di Australia

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 museum terbaik di Australia. Jika biasanya tempat wisata anti-mainstream akan menawarkan pengalaman yang sedang happening, maka museum akan memberikan Anda banyak cerita masa lalu. Berikut adalah 10 daftar tempat wisata museum terbaik di Australia:

  • Melbourne Museum
  • The National Museum Of Australia
  • Australian Museum
  • Australian National Maritime Museum
  • Scienceworks
  • Queensland Museum
  • Powerhouse Museum
  • Questacon
  • Australian War Memorial
  • National Sports Museum
Baca Juga:  30 List Museum Terbaik Ketika Berlibur ke London Inggris

1. Melbourne Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Melbourne Museum (@melbournemuseum) on

Melbourne Museum adalah salah satu museum terbesar di belahan bumi bagian selatan. Museum ini menampilkan sejarah tentang Melbourne yang dimulai dari asal usul kehidupan di wilayah Victoria dalam 600 juta tahun terakhir. Anda dapat menjelajahi lautan, melihat makhluk prasejarah, mempelajari sekilas tentang roh leluhur bernama Bunjil yang dirancang khusus di Pusat Budaya Aborigin Bunjilaka. Selain itu, Melbourne Museum juga dilengkapi dengan sajian multimedia melalui bioskop IMAX.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00

Lokasi: 11 Nicholson St, Carlton VIC Australia

Kontak: +61 03 8341 7777

Biaya Tiket Masuk: Dewasa $25,50; Anak (Usia 16 ke bawah tahun) $12; Paket Keluarga (Dua orang dewasa dan dua anak) $70

2. The National Museum of Australia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ari (@arianaherranz) on

Museum Nasional Australia merupakan sebuah museum yang menampilkan tiga aspek sejarah Australian. Ketiga aspek tersebut adalah budaya dan sejarah suku aborigin, sejarah Kepulauan Selat Torres, serta sejarah dan masyarakat Australia sejak tahun 1788. Museum ini bukan hanya berbicara tentang sejarah tetapi juga memiliki tempat wisata lain seperti Phar Laps, instrumen navigasi yang digunakan Kapten Cook, dan Arched and Round from Play School. Jika Anda menginginkan tempat wisata yang mengedukasi, maka museum ini adalah yang terbaik di Australia.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 (Tutup saat libur Natal)

Lokasi: Lawson Crescent, Acton Peninsula, Canberra ACT 2601

Kontak: +61 2 6208 5000

Biaya Tiket Masuk: Anak-anak (Usia 0-4 tahun) Gratis; Paket Keluarga (2 Dewasa, 2 Anak) $30, Paket Keluarga (1 Dewasa, 2 Anak) $15

3. Australian Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Australian Museum (@australianmuseum) on

Australian Museum adalah sebuah museum yang didirikan pada tahun 1827 dan menjadi museum publik pertama di negara ini. Museum ini merupakan pusat koleksi bagi sekitar 18 juta objek ilmiah dan budaya. Jika Anda sedang berlibur ke Australia, maka museum ini adalah salah satu tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.00 (Tutup saat libur Natal)

Lokasi: 1 William St, Sydney NSW Australia

Kontak: +61 2 9320 6000

Biaya Tiket Masuk: Dewasa $15

4. Australian National Maritime Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KARENCITTA CORLEONE (@karencittaofficial) on

Di antara semua museum di Australia, Australian National Maritime Museum adalah yang paling istimewa. Karena museum ini dikelilingi oleh lautan di semua sisinya dan menjadi saksi sejarah bagi kemaritiman Australia pada masa lalu. Berdiri sejak 1991, museum ini memainkan peran penting bagi perkembangan dan kisah bagi Militer Angkatan Laut Australia. Galeri utama museum ini menekankan hubungan antara orang pribumi dengan lautan, perkembangan teknologi kelautan, rekreasi, serta angkatan lautnya. Bagian paling populer di museum ini adalah Anda berkesempatan menjelajahi 3 kapal Australia (kapal selam dan kapal perang) di sini.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.00 (Tutup saat libur Natal)

Lokasi: 2 Murray Street, Darling Harbour, Sydney NSW 2000, AU

Kontak: +61 2 9298 3777

Biaya Tiket Masuk: Dewasa: $32; Anak-anak (Usia di bawah 4): GRATIS, Anak-anak (Usia 4-15): $20, Paket Keluarga: $79 (2 Dewasa, 3 Anak-anak), Pemegang Kartu Pelajar: $20

5. Scienceworks

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Scienceworks (@scienceworks_melb) on

Ilmu pengetahuan adalah aspek yang tidak bisa dipisahkan dalam sejarah dan kehidupan manusia. Di museum Scienceworks ini, Anda dapat menyaksikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mata telanjang. Scienceworks Museum of Australia adalah tempat untuk melihat keajaiban sains, perkembangan industri di Melbourne, sejarah teknologi zaman dahulu, dan juga teknologi terapan.

Selain itu, terdapat juga wilayah Planetarium untuk menjelajah luar angkasa serta tur singkat ke Pumping Station yang telah berusia 1 abad untuk mengetahui konsep ilmiah di balik Spotswood. Spot spesial lainnya dari museum ini adalah pertunjukan listrik di Lighting Room. Jangan lupa untuk menambahkan museum terbaik ini ke dalam daftar tempat wisata Anda saat pergi berlibur ke Australia.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 16.30 (Tutup saat libur Natal dan hari Paskah)

Lokasi: 2 Booker St, Spotswood VIC Australia

Kontak: +61 3 9392 4800

Biaya Tiket Masuk: Dewasa: $15; Anak-anak (Usia di bawah 16 tahun): GRATIS

Baca Juga:  10 Kegiatan Seru dan Menantang Ketika Liburan Ke Dubai

6. Queensland Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Fuka (@ktrffffk_) on

Museum Queensland merupakan sebuah museum sejarah alam, ilmu pengetahuan, sejarah manusia Australia, dan kisah tentang negara matahari. Museum ini juga menjadi tuan rumah bagi acara World Science Festival setiap tahunnya. Selain itu, Queensland museum juga dinobatkan sebagai salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di Australia. Jadikan museum terbaik ini sebagai tempat wisata wajib saat liburan ke Australia.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.00 (Tutup saat libur Natal, hari Paskah, dan Boxing day)

Lokasi: Grey St & Melbourne St South Brisbane 4101, Queensland

Kontak: +61 7 3840 7555

Biaya Tiket Masuk: GRATIS

7. Powerhouse Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Katia Mayumi Shigeno (@may_yumi) on

Powerhouse Museum adalah sebuah temapt pembangkit tenaga listrik yang kini difungsikan sebagai museum koleksi elektrik. Museum ini menampung sekitar 400 ribu artefak mulai dari sains, seni, alat komunikasi, teknik, hingga ruang mode dan budaya kontemporer. Museum yang sejak didirikan pada tahun 1879 ini memiliki koleksi yang paling terkenal yaitu Lokomotif pertama dan The Kings Cinema.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00

Lokasi: 500 Harris Street Ultimo NSW Australia

Kontak: +61 2 9217 0111

Biaya Tiket Masuk: GRATIS

8. Questacon

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LT (@rordtim) on

Museum yang didirikan pada tahun 1988 ini menampung lebih dari 200 koleksi interaktif. Anda akan mendapatkan pencerahan mengenai sains dan teknologi setelah berkunjung ke museum ini. Terdapat 8 galeri bertema di museum yang menawarkan kegiatan dan demonstrasi langsung ini. Museum ini memiliki koleksi benda dari zaman prasejarah, meteorologi, fotografi, hingga teknik.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00

Lokasi: National Portrait Gallery, 35 King Edward Terrace, Parkes ACT Australia

Kontak: +61 2 6270 2800

Biaya Tiket Masuk: Dewasa $23 per orang

9. Australian War Memorial

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sandy Edge (@sandy.edge) on

Australian War Museum adalah sebuah museum yang didedikasikan bagi para pahlawan Australia yang telah gugur. Terdapat sebuah tempat berdoa, pusat penelitian serta koleksi benda-benda perang yang menceritakan tentang pengorbanan para prajurit pada zaman dahulu. Museum yang didirikan pada tahun 1941 ini lebih dari sekedar museum bersejarah di Australia yang menceritakan kisah masa lalu. Karena tepat berada di jantung museum berdiri Hall of Memory yang berisi makan beberapa prajurit Australia.

Makan tersebut terdiri dari beberapa makam prajurit yang tidak dikenal serta 102.000 warga sipil Australia yang gugur. Anda juga dapat melihat pameran serta Taman Patung yang berada di luar ruangan.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00 (Libur saat Hari Natal)

Lokasi: Treloar Cres, Campbell ACT 2612, Australia

Kontak: +61 2 6243 4211 dan +61 2 6263 6600

10. National Sports Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Olivier V (@ollievons) on

National Sports Museum adalah sebuah museum yang didedikasikan bagi para atlet olahraga berprestasi. Terletak di Melbourne Cricket Ground (MCG), museum ini merupakan salah satu museum yang paling menyenangkan di Australia. Terdapat ruangan luas yang menampilkan Hall of Fame Cricket Australia dan Hall of Fame Soccer Australia.

Museum ini juga menyimpan sekitar 3.500 koleksi seperti piala dan medali olimpiade. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai pengalaman interaktif dan hologram Shane Warne dan James Hird yang merupakan aspek paling menarik di museum ini.

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00

Lokasi: Melbourne Cricket Ground, Brunton Ave, Melbourne VIC 3000, Australia

Kontak: [email protected]

Biaya Tiket Masuk: Dewasa $14 per orang

Baca Juga:  Wisata Australia: Sydney Opera House Yang Memesona

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini