Nongki.net – Gujarat adalah salah satu negara bagian terbesar di Negara India. Gujarat juga merupakan salah satu tempat wisata populer bagi wisatawan dari seluruh dunia. Keindahan alamnya yang memesona, monumen bersejarah, sisa-sisa peradaban kuno, hingga wisata pantai yang wajib dikunjungi. Selain pemandangannya, Gujarat juga menjadi satu-satunya rumah bagi hewan eksotik Singa Asia yang hidup secara bebas di habitat aslinya. Terlepas dari itu semua, para pelancong juga dapat menikmati tarian rakyat yang unik serta wisata kuliner yang menggugah selera. Berkat semua pesona tersebut, tidak mengherankan jika Gujarat berhasil menarik banyak wisatawan mancanegara dari berbagai penjuru dunia.

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Gujarat di India, waktu terbaik untuk mengunjungi Gujarat adalah dari bulan Juni hingga Maret. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca di wilayah Gujarat relatif lebih bersahabat dibandingkan dengan musim panas. Akses transportasi menuju Gujarat juga relatif mudah dan beragam. Anda dapat terhubung dengan baik ke semua kota di wilayah ini melalui jalur darat dan bahkan sudah terdapat beberapa bandara Internasional ke berbagai destinasi dunia.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Sayang untuk Dilewatkan di Gujarat India

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 tempat wisata paling populer dan terbaik yang sayang untuk dilewatkan ketika berlibur ke Gujarat India. Gujarat adalah tanah yang menakjubkan dan memiliki banyak tempat wisata populer yang bisa Anda kunjungi bersama teman dan keluarga. Penasaran dengan tempat wisata di Gujarat? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  10 Wisata Alam Liar Paling Menakjubkan Di India

1. Taman Nasional Gir

Tempat wisata populer di Gujarat India, Taman Nasional Gir
Tempat wisata populer di Gujarat India, Taman Nasional Gir

Salah satu tempat wisata utama dan paling populer di Gujarat adalah Taman Nasional Gir. Tempat wisata alam ini merupakan wilayah terbaik untuk bertatap muka secara langsung dengan berbagai hewan eksotik. Taman Nasional Gir adalah rumah bagi banyak hewan liar langka seperti hyena, fish owl, black bucks dan yang paling terkenal adalah spesies Singa Asia. Taman nasional yang terbentang seluas 1.412 kilometer persegi ini juga menjadi satu-satunya taman nasional di India yang memiliki suku lokal yang masih memegang tradisi secara tradisional hingga sekarang. Saat Anda mengunjungi taman nasional Gir jangan lewatkan untuk melakukan tur safari menggunakan Jeep untuk mencari jejak dan keberadaan singa. Safari tur ini adalah kegiatan yang wajib dan paling populer ketika Anda berlibur ke Gujarat di India.

2. Somnath Temple

Kuil Hindu Kuno di Gujarat, Somnath Temple
Kuil Hindu Kuno di Gujarat, Somnath Temple

Daftar tempat wisata paling populer berikutnya di Gujarat India adalah Kuil Kuno atau Somnath Temple yang terkenal. Kuil ini menjadi salah satu tempat paling suci dari 12 kuil Jyotirlingas Dewa Siwa. Selain sebagai tempat keagamaan, Somnath Temple juga memiliki pemandangan yang sangat memesona. Terletak di dekat pantai Laut Arab, membuat kuil ini menjadi tempat wisata yang unik. Dalam catatan sejarah, kuil ini telah beberapa kali mengalami kehancuran namun berhasil dibangun kembali. Somnath Temple mememiliki Patung Lord Soma berlapis emas, Patung Rahwana dalam balutan perak, Patung Krishna yang terbuat dari kayu serta King Bhimdev yang berdiri di atas batu. Kuil ini berhasil menarik banyak pengunjung terutama untuk beribadah dan mencari berkah Tuhan.

3. Rann of Kutch

Rann of Kutch menjadi salah satu tempat wisata populer di Gujarat India
Rann of Kutch menjadi salah satu tempat wisata populer di Gujarat India

Rann of Kutch merupakan salah satu tempat wisata paling populer dan indah di Gujarat India. Terletak di antara Gurun Pasir Thar yang luas dan Laut Arab menjadikan Rann of Kutch sebagai tempat wisata yang memukau. Pada saat malam bulan purnama, padang pasir akan berkilau bak berlian terkena cahaya. Selain itu, salah satu atraksi yang memikat para pelancong adalah program berkemah dengan mendirikan tenda-tenda di atas padang pasir sembari menikmati suasana malam berbintang.

Keunikan lain dari tempat ini adalah selama musim dingin, Rann of Kutch akan berubah menjadi pink karena banyaknya kawanan burung flamingo berkumpul yang jauh-jauh terbang dari Siberia. Tentu hal tersebut menjadi fenomena alam yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda berencana untuk pergi ke temat wisata ini, pastikan Anda tidak datang saat musim hujan. Karena wilayah ini akan terendam air sepenuhnya dan para pengunjung tidak dapat melakukan camping.

4. Ahmedabad

Festival Layang-layang yang menarik banyak wisatawan ke India
Festival Layang-layang yang menarik banyak wisatawan ke India

Ahmedabad merupakan kota terbesar di wilayah Gujarat. Kota ini juga mungkin menjadi tempat pertama yang akan Anda kunjungi di negara bagian India ini. Ahmedabad menyimpan beragam tempat wisata menarik dan populer yang bisa Anda saksikan. Kota seluas 464 kilometer persegi ini memiliki kekayaan budaya, sejarah, serta warisan yang sangat melimpah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Ahmedabad menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan dunia ketika pergi berlibur ke Gujarat. Beberapa tempat wisata terkenal di Ahmedabad yaitu Kompleks Kuil Akshardham, Sabarmati Ashram, dan Danau Kankaria.

Saksikan juga Festival Layang-Layang Internasional yang diadakan pada tanggal 14 Januari setiap tahunnya. Festival ini telah berlangsung sejak tahun 1989 dan masih rutin diselenggarakan hingga saat ini. Layang-layang dengan berbagai bentuk, ukuran serta warna akan menghiasi langit Ahmedabad selama festival berlangsung. Meskipun memiliki cakupan wilayah yang cukup luas, namun Anda dapat menelusuri seluruh tempat wisata di Ahmedabad selama 4 hari. Sembari mengagumi keindahan yang ditawarkan, nikmati juga berbagai sajian kuliner yang menggugah selera seperti Khakhra, Dhokla, cabai goreng, and Fafda yang terkenal.

5. Saputara

Saputara salah satu tempat wisata yang sejuk di Gujarat India
Saputara salah satu tempat wisata yang sejuk di Gujarat India

Saputara adalah salah satu tempat wisata yang cukup unik di Gujarat India. Tempat wisata ini menawarkan hembusan angin segar dari wilayah perbukitan menuju danau raksasa dengan air yang jernih. Disekeliling danau, Anda akan menjumpai beberapa resort wisata yang menawarkan berbagai atraksi dan fasilitas terbaik. Musim hujan adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini, karena kabut dari dataran tinggi akan turun menuju dan menutupi danau sehingga menciptakan suasana yang sejuk dan romantis. Objek wisata di Saputara diantaranya yaitu berperahu di danau, mengunjungi desa pengrajin, museum suku, menaiki kereta gantung dan lain sebagainya. Saputara adalah salah satu tempat wisata paling populer dan sempurna untuk dikunjungi ketika pergi berlibur ke Gujarat di India.

Baca Juga:  Olimpiade Tokyo 2020: Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui

6. Laxmi Vilas Palace, Vadodara

Laxmi Vilas Palace, Vadodara merupakan istana yang megah dan luas di Gujarat
Laxmi Vilas Palace, Vadodara merupakan istana yang megah dan luas di Gujarat

Laxmi Vilas Palace adalah salah satu tempat wisata paling populer yang wajib Anda kunjungi di Gujarat. Tempat yang dibangun oleh Maharaja Sayajirao Gaekwad III ini merupakan tempat tinggal pribadi terbesar di dunia. Berdiri di atas lahan seluar 700 hektar, istana ini juga menampung beberapa bangunan lain seperti Museum Maharaja Fateh Singh dan Istana Moti Baug. Setibanya Anda di tempat ini, Anda akan langsung disambut dengan kemewahan serta pesona istana dengan koleksi patung marmer, terakota, gudang senjata serta berbagai koleksi perunggu lainnya. Meskipun menjadi tempat kediaman keluarga kerajaan Vadodara hingga saat ini, namun para pengunjung masih dapat diperbolehkan untuk masuk dan menikmati keindahan bangunan yang ditawarkan.

7. Pantai Dwarka

Pantai Dwarka tempat wisata di Gujarat India yang menawarkan pemandangan bawah laut
Pantai Dwarka tempat wisata di Gujarat India yang menawarkan pemandangan bawah laut

Temukan berbagai makhluk laut di pantai dangkal Dwarka. Dwarkan merupakan salah satu situs ziarah umat Hindu “Char Dham” yang terkenal dan sangat suci. Tempat ini dianggap sebagai kerajaan kuno Dewa Krishna dan juga merupakan ibu kota pertama negara bagian Gujarat. Terletak di mulut sungai Gomti di Laut Arab, Dwarkan menjadi situs suci ziarah bagi umat Hindu bukan hanya di India tetapi juga seluruh dunia.

Pantai yang membentang di samping kuil memiliki suasana yang menenangkan. Selain itu weilayah perairan yang dangkal menjadi lokasi yang sempurna untuk melihat beberapa kura-kura laut, bulu babi, gurita, dan bintang laut. Saksikan juga Festival Krishna Janamashtami untuk melihat kuil dihias menggunakan berbagai karangan bungan dan lampu peri.

8. Rani ki Vav

Rani ki Vav salah satu tempat wisata yang merupakan situs warisan dunia UNESCO
Rani ki Vav salah satu tempat wisata yang merupakan situs warisan dunia UNESCO

Rani ki Vav adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang dibangun oleh seorang ratu bagi sang raja. Agak seperti cerita Taj Mahal namun terbalik. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi terbaik yang wajib dikunjungi di Gujarat India. Bangunan kuno yang diperkirakan telah ada sejak awal abad ke-11 ini dibangun oleh Udayamati untuk mengenang sang raja bernama Bhimadev I. Rani ki Vav memiliki sejumlah anak tangga setinggi 7 tingkat dengan patung-patung yang jumlahnya mencapai lebih dari 1.500 buah.
Bagian terbaik dari Rani ki Vav adalah Sungai Saraswati yang mengalir di sekitar bangunan dan sekarang menjadi atraksi wisata paling populer dikalangan wisatawan.

9. Lothal

Lothal sangat cocok bagi Anda penggemar tempat wisata bersejarah
Lothal sangat cocok bagi Anda penggemar tempat wisata bersejarah

Jika Anda pecinta wisata sejarah, maka Anda wajib mengunjungi Lothal ketika berlibur ke Gujarat di India. Lothal dianggap sebagai salah satu situs terpenting Peradaban Lembah Indus yang masih terpelihara dan terawat hingga kini. Di sini, Anda juga akan menemukan sebuah museum kecil yang menyimpan beberapa benda-benda peninggalan sejarah seperti peralatan memasak tradisional, perhiasan, pakaian, batu permata, dan gulungan.
Selain wisata sejarah, Anda juga dapat menemukan beberapa tempat wisata berupa galangan kapal dan area pasar yang banyak menjajakan barang-barang.

10. Bhuj

Bhuj adalah salah satu daya tarik wisata utama lainnya di Gujarat India
Bhuj adalah salah satu daya tarik wisata utama lainnya di Gujarat India

Bhuj adalah salah satu daya tarik wisata utama lainnya di Gujarat India. Kota ini adalah kota tua yang telah dibangun sejak awal abad ke-16 ketika Negara India baru merdeka. Bhuj menyimpan banyak sekali tempat wisata seperti monumen kuno, kompleks Cenotaphs yang menampung makam keluarga raja dan sebagainya. Tempat-tempat lain yang juga tidak kalah menarik adalah Prag Mahal yaitu sebuah istana yang megah dan Aina Mahal yang berupa istana luar biasa dengan interior tertutup cermin. Museum Kutch, Danau Hamirsar, Kuil Siwa Kuno menjadi tempat wisata berikutnya yang bisa Anda jumpai di wilayah Bhuj.

Bagaimana semakin tertarik untuk berlibur ke Gujarat India, bukan? Terus ikuti berita-berita wisata menarik lainnya dengan selalu mengunjungi Nongki.net ya. Selamat liburan!

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Aneh dan Paling Misterius di Australia

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini