10 Tempat Wisata Paling Populer di Paris Perancis

0
339
10 Tempat Wisata Paling Populer di Paris Perancis
10 Tempat Wisata Paling Populer di Paris Perancis - ©worldtravelguide.net

Nongki.net – Kota Paris Perancis adalah salah satu kota sebagai tujuan wisata yang cukup populer di dunia. Tidak mengherankan, karena Paris memiliki segalanya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pada tahun 2017 saja Perancis mampu menyedot 86,9 juta turis dan membawanya masuk dalam posisi 10 besar sebagai negara dengan jumlah kunjungan wisatawan terbanyak. Jumlah devisa negara yang disumbangkan dari sektor pariwisata pun cukup tinggi, hingga mencapai 10% lebih dan menyediakan banyak lapangan kerja baru.

Sejak zaman dahulu, Paris telah menjadi pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia. Selain itu Paris juga menjadi gabungan dari pusat politik, pendidikan, hiburan, media, fashion, ilmu pengetahuan dan seni yang menjadikan Paris sebagai salah satu kota global terbesar di dunia. Tidak tertinggalan, Paris juga banyak menyediakan tempat bersejarah yang juga semakin menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Pada artikel kali ini, Nongki.net telah merangkum 10 tempat wisata favorit di Kota Paris Perancis yang wajib Anda kunjungi. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  12 Keunikan Negara Jepang di Mata Wisatawan

 1. Menara Eiffel

Menara Eiffel, monumen paling terkenal dan sebagai simbol kota Paris
Menara Eiffel, monumen paling terkenal dan sebagai simbol kota Paris – ©cometoparis.com

Apa jadinya jika Paris tanpa Menara Eiffel? Menara Eiffeltelah menjadi simbol Negara Perancis terutama Kota Paris. Dibangun oleh insinyur dan arsitek bernama Gustave Eiffel, Menara Eiffel dibangun dalam rangka memperingati 100 tahun revolusi Perancis. Menara yang memiliki tinggi 324 meter ini adalah salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia. Hampir 7 juta pengunjung datang untuk melihat menara Eiffel setiap tahunnya.

Terdapat 3 area utama yang bisa dijelajahi oleh wisatawan. Pertama adalah area setinggi 58 meter. Kemudia area ketiga yaitu di ketinggian 115 meter. Anda akan dapat menikmati pemandangan terbaik untuk melihat kota Paris. Dan yang terakhir adalah di ketinggian 275 meter. Sebenarnya masih ada satu tempat lagi yang bisa Anda jelajahi yaitu dengan menaiki sejumlah 1.665 anak tangga untuk menuju ke puncak.

Menaiki Menara Eiffel adalah suatu keharusan ketika Anda pergi ke Paris. Menaiki Menara Eiffel akan menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan untuk menikmati indahnya kota Paris.

2. Notre Dame Cathedral

Notre Dame Cathedral bangunan bergaya arsitektur Gothic
Notre Dame Cathedral bangunan bergaya arsitektur Gothic – ©cometoparis.com

Salah satu simbol Paris yang tidak kalah terkenalnya adalah Notre Dame de Paris atau dikenal juga sebagai Notre Dame Cathedral. Katedral Katoli ROma ini terletak di bagian timur Ile de la Cité. Secara umum, katedral yang dibangun mulai dari tahun 1163 hingga 1345 ini dianggap sebagai contoh arsitektur Gothic terbaik di Eropa. Katedral ini dikelilingi oleh banyak patung serta gargoyle yang menghiasi setiap sudut atap gereja.

Saat Anda mengunjungi katedral ini, sangat disarankan untuk berjalan dan menikmati bangunan sekitarnya. Anda juga tentu saja dapat masuk dan naik 387 anak tangga untuk pergi hingga ke atas menara. Mungkin akan sedikit melelahkan, namun Anda akan dibayar dengan pemandangan yang indah serta melihat gargoyle dari dekat secara jelas.

Namun sayangnya pada hari Senin, 15 April 2019 lalu katedral yang telah berusia lebih dari 800 tahun ini terbakar dan merobohkan salah satu menaranya. Hingga kini, perbaikan masih terus dilakukan oleh pemerintah Perancis untuk memulihkan kembali kondisi katedral.

3. Museum Louvre

Museum Louvre dengan bentuk bangunan ikonik dan terbuat dari kaca
Museum Louvre dengan bentuk bangunan ikonik dan terbuat dari kaca – ©cometoparis.com

Museum Louvre adalah salah satu museum seni yang paling banyak dikunjungi di dunia. Terletak di jantung kota Paris, bangunan bersejarah ini dulunya adalah sebuah bekas istana kerajaan. Museum Louvre memiliki luas 210.000 meter persegi termasuk di dalamnya 60.600 meter persegi sebagai area pameran.

Museum yang terletak di Louvre ini awalnya sebuah benteng istana yang dibangun pada akhir abad ke-12 di bawah kepemimpinan Philip II. Sisa-sisa benteng ini masih terlihat hingga sekarang di ruang bawah tanah museum. Museum Louvre terbagi menjadi 8 koleksi pameran, diantaranya yaitu:

  • Barang Antik Mesir
  • barang Antik Oriental
  • Peninggalan Yunani, Etruscan dan Romawi
  • Seni Islam
  • Patung abad pertengahan, Renaissance dan Modern
  • Benda seni
  • Lukisan
  • Seni Grafis

4. Champs Elysées atau Arc of Triumph

Champs Elysées atau Arc of Triumph, monumen kemenangan dan penghormatan kepada pahlawan
Champs Elysées atau Arc of Triumph, monumen kemenangan dan penghormatan kepada pahlawan – ©vometoparis.com

Dibangun dengan gaya arsitektur Romawi Kuno, Napoleon menugaskan Jean Chalgrin untuk mendesain monumen kemenangan sebagai desikasi bagi tentara kekaisaran. Arch of Triumph dibangun pada abad ke 19 dan merupakan monumen terbesar di dunia berdasarkan jenisnya. Patung-patung yang mengesankan menghiasi pilar-pilar dari monumen ini. Selain itu, terdapat juga 558 nama jendral dan kemenangan besar yang diukir di atas sebuah busur.

Pada bagian bawah Arch of Triumph, terdapat beberapa makam dari prajurit yang tidak dikenal di Perancis. Monumen yang memiliki tinggi 50 meter, lebar 45 meter dan kedalaman 22 meter ini terletak di Place de l’Etoile yang dijuluki sebagai jalan paling indah di dunia. Berdiri sekitar 1,9 kilometer, antara Place de la Concorde dan Arc de Triomphe, Anda akan menemukan banyak sekali butik mewah dan terkenal diantaranya yaitu Louise Vuitton, Cartier, Guerlain, Mountblanc dan lain-lain. Selain itu terdapat juga tempat hiburan, bioskop, cafe dan restoran terkenal yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

5. Berlayar di Sungai Seine

Salah satu atraksi wisata favorit di Paris, berlayar di Sungai Seine
Salah satu atraksi wisata favorit di Paris, berlayar di Sungai Seine – ©cometoparis.com

Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda ketika berlibur ke Paris, Anda dapat mencoba berlayar menggunakan kapal pesiar menyusuri aliran sungai Seine. Atraksi ini adalah cara terbaik untuk menikmati perjalanan malam melihat pemandangan kota paris yang juga dijuluki sebagai “City of Light”.

Saat matahari mulai terbenam, Menara Eiffel akan menyala perlahan. Anda juga akan menikmati monumen lain dari sudut pandang yang berbeda. Menara Eiffel, Notre Dame, Pont Alexander III dan masih banyak lagi yang Anda lihat dari sungai Seine.

Ketika Anda menaiki kapal pesiar ini, Anda dapat menikmati hidangan makan malam romantis di atas kapal. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Paling Menarik dan Terbaik di Hong Kong

6. Montmartre

Montmartre, wilayah tempat basilika dan tempat wisata terkenal lainnya
Montmartre, wilayah tempat basilika dan tempat wisata terkenal lainnya – ©cometoparis.com

Montmartre adalah sebuah bukit yang terletak di utara Paris. Terdapat sebuah Basilika yang terkenal bernama Basilica of the Sacred Heart. Bangunan setinggi 130 meter dan berkubah putih ini selesai dibangun pada tahun 1919 sebagai penghormatan terhadap korban perang antara Perancis dan Prusia Perancis tahun 1870.

Jika Anda pergi ke tempat ini, kunjungi pula Square of Tertre yang berjarak hanya beberapa blok dari basilika. Terdapat banyak seniman yang mampu melukis wajah para turis menggunakan pensil serta memamerkan beberapa koleksi seni mereka. Place du Tertre juga sebagai pengingat waktu ketika Montmartre dijadikan sebagai pusat seni modern di awal abad ke 20. Berdasarkan sejarahnya, tempat ini banyak menghasilkan seniman terkenal seperti Amedeo Modigliani, Claude Monet, Pablo Picasso dan Vincent van Gogh.

Terdapa juga Museum Espace Salvador Dalí, yaitu museum yang didedikasikan terutama untuk patung-patung dan lukisan Spanyol. Museum ini bisa Anda temukan beberapa langkah dari Square of Tertre.

7. Istana Versailles

Istana Versailles dengan taman yang memesona
Istana Versailles dengan taman yang memesona – ©cometoparis.com

The Château de Versailles adalah sebuah kastil paling terkenal di Perancis. Dibangun pada abad ke 17, Istana ini diperuntukan sebagai simbol kekuatan militer Perancis di Eropa. Versailles juga sebagai istana pemerintahan kerajaan Perancis sejak tahun 1682 hingga 1789.

Kompleks istana ini terdiri dari bangunan utama, kebun, teras yang sangat indah. Pengunjung akan dibuat terpesona dengan keindahan dan taman di istana ini. Beberapa dekorasi mewah, furnitur serta karya seni yang disepuh menggunakan emas asli akan semakin mengukuhkan kesan istana bangsawan yang mewah.

8. The Latin Quarter – Luxembourg park

The Latin Quarter - Luxembourg park di Paris Perancis
The Latin Quarter – Luxembourg park di Paris Perancis – ©cometoparis.com

The Latin Quarter of Paris terletak di tepi kiri Sungai Seine, di sekitar Sorbonne. Wilayah ini terkenal dengan kehidupan mahasiswanya serta beberapa bistro. Latin Quarter merupakan rumah bagi beberapa kampus ternama, seperti Ecole Normale Superieure, Ecole des Mines de Paris atau Ecole Polytechnique.

Berdasarkan sejarahnya, bahasa Latin digunakan secara luas di dalam dan sekitar universitas. Sehingga menjadi bahasa pengantar internasional untuk pembelajaran di kampus pada abda pertengahan. Oleh karena itulah, mengapa tempat ini dinamakan The Latin Quarter.

Sedangkan Taman Luxembourg adalah sebuah taman pribadi yang dibuka untuk umum yang dibuat pada tahun 1612 atas permintaan Marie de Medicis. Sangat menyenangkan untuk berjalan-jalan di sini sembari menikmati suasana taman. Anda juga akan menemukan pohon buah-buahan di beberapa sudut. Selain itu, terdapat juga 106 patung yang terbuat dari perunggu serta 3 air mancur yang indah.

9. Moulin Rouge

Moulin Rouge, pusat lahirnya pertunjukan kabaret di dunia
Moulin Rouge, pusat lahirnya pertunjukan kabaret di dunia – ©cometoparis.com

Moulin Rouge adalah sebuah arena pertunjukan kabaret yang dikenal sebagai tempat kelahiran spiritual dari Cancan Prancis yang terkenal. Terletak di kaki bukit Montmartre di jantung Pigalle, bangunan kabaret ini dibangun pada tahun 1889 oleh Joseph Oller dan Charles Zidler. Tempat ini juga dipercaya sebagai tempat dari kelahiran pertunjukan kabaret yang mendunia. Saat ini, Anda masih dapat menyaksikan pertunjukan kabaret di Moulin Rouge.

Bahkan gaya dan arsitektur dari bangunan kabaret ini juga sudah ditiru di negara lain seperti di Las Vegas, Amerika Serikat. Jika Anda ingin menyaksikan pertunjukan kabaret di tempat kelahirannya, makan jangan sampai melewatkan Moulin Rouge dari daftar kunjungan tempat wisata di Paris.

10. Disneyland Paris

Taman wisata paling favorit Disneyland Paris
Taman wisata paling favorit Disneyland Paris – ©cometoparis.com

Tempat wisata favorit yang terakhir adalah Disneyland Paris. Bagi Anda para penggemar tokoh Mickey Mouse dan berbagai kartun ikon Disney lainnya maka jangan sampai melewatkan Disneyland Paris. Terletak sekitar 32 kilometer dari pusat kota Paris, Disneyland adalah satu dari 2 taman hiburan di kota Paris. Taman hiburan lainnya adalah Walt Disney Studios. Objek wisata terpopuler di tempat ini adalah Space Mountain, It’s a Small World dan Big Thunder Mountain.

Itulah kesepuluh daftar tempat wisata paling favorit di kota Paris, Perancis. Semoga dapat menambah wawasan dan sebagai rujukan Anda ketika berwisata ke kota Paris. Selamat merencanakan liburan!

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Anti Mainstream di Singapura

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini