Nongki.net – Australia merupakan sebuah negara maju yang terletak bertetangga dengan negara Indonesia. Dibalik kemajuan ekonominya, ternyata Australia masih menyimpan banyak tempat wisata alam, sejarah dan budaya yang bahkan telah ditetapkan sebagai situs warisan oleh UNESCO.

10 Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO di Australia

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 rekomendasi tempat wisata situs warisan dunia UNESCO yang berada di Australia. Jangan lewatkan untuk mengunjungi daftar tempat wisata menarik berikut untuk menambah wawasan pengetahuan ketika berlibur ke Australia. Berikut adalah 10 daftar tempat wisata situs warisan dunia UNESCO di Australia:

  • Faser Island
  • Great Barrier Reef
  • Kakadu National Park
  • Sydney Opera House
  • Australian Convict Site
  • Royal Exhibition Building And Carlton Gardens
  • Willandra Lakes Region
  • Wet Tropics of Queensland
  • Tasmania Wilderness
  • Shark Bay
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Museum Terbaik di Australia

1. Fraser Island

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jimmer | Australia | Canada (@thejamestopp) on

Pulau Fraser adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara negara bagian Queensland. Tempat wisata menarik di Australia ini merupakan situs warisan alam UNESCO karena dianggap sebagai pulau pasir terbesar di dunia. Pulau Fraser juga merupakan pulau terbesar yang ada di Queensland. Wisatawan dapat mengunjungi pulau ini untuk menjelajahi beragam ekosistem seperti hutan hujan tropis, hutan kayu putih, bukit pasir, hutan bakau, dan masih banyak hal lainnya.

Selain ekosistem flora, pulau ini juga menyimpan kekayaan jenis fauna. Anda dapat menemukan beberapa reptil, spesies burung dan hewan lainnya. Pulau yang termasuk ke dalam Taman Nasional Great Sandy ini dapat Anda kunjungi kapan pun ketika berada di Queensland. Selain sebagai rumah bagi berbagai spesies, pulau yang memiliki luas 1.840 kilometer persegi ini juga menampung banyak danau air tawar di Australia.

Lokasi: Sekitar 123 kilometer sebelah tenggara lepas pantai Queensland (Klik: Google Map)

2. Great Barrier Reef

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hend Siqueira (@hend.siqueira) on

Ketika membahas tempat wisata di Australia, maka kita tidak akan lepas dari Great Barrier Reef. Tempat wisata ini juga berada di wilayah Queensland. Area perairan yang termasuk dalam warisan alam UNESCO ini adalah sebuah tempat yang memiliki terumbu karang terbesar di dunia. Terdapat sekitar 2.900 jenis terumbu karang dan 900 pulau yang membentang lebih dari 2.300 kilometer.

Bahkan para wisatawan pun dapat melihat situs ini dari atas melalui pesawat. Situs warisan yang telah ditetapkan pada tahun 1981 ini juga dianggap sebagai salah satu dari 7 keajaiban alam di dunia. Great Barrier Reef merupakan tujuan wisata utama bagi wisatawan yang gemar melakukan scuba diving dan snorkeling.

Lokasi: The Great Barrier Reef is in the Coral Sea, on Australia’s north-eastern coast (Klik: Google Map)

3. Kakadu National Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Matt Wesley (@matt_wesley) on

Taman Nasional Kakadu adalah salah satu tempat wisata paling penting di Australia untuk keanekaragaman flora dan fauna. Taman yang berada di wilayah Utara Australia ini dilintasi oleh sungai Alligator. Taman nasional seluas 19.804 kilometer persegi ini juga memiliki sebuah tambang uranium paling produktif bernama Ranger Uranium Mine.

Taman Nasional Kakadu ini telah terdaftar sebagai situs warisan budaya dan alam oleh UNESCO. Selain memiliki keanekaragaman hayati, taman nasional ini juga merupakan situs seni bersejarah yang terdapat di suatu cadas oleh suku aborigin. Anda dapat mengunjungi tempat wisata alam ini untuk mendapatkan pengalaman petualangan yang hebat.

Lokasi: Kakadu Hwy, Jabiru NT 0886, Australia (Klik: Google Map)

4. Sydney Opera House

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sydney Opera House (@sydneyoperahouse) on

Siapa yang tidak mengenal Sydney Opera House. Tempat wisata bersejarah dan telah terdaftar sebagai situs warisan budaya UNESCO ini adalah simbol pariwisata Australia. Terletak di dekat Sydney Harbour Bridge, Sydney Opera House merupakan tempat untuk menonton pertunjukan seni. Setiap tahunnya, tempat wisata ini berhasil menarik lebih dari 8 juta pengunjung untuk menjadi bagian sebagai penonton.

Sebagian besar juga tertarik dengan karya arsitekturnya yang unik serta melihat interior bangunan. Jika Anda berencana pergi ke Sydney, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi ikon pariwisata yang telah dikenal di seluruh dunia ini.

Lokasi: Bennelong Point, Sydney NSW 2000, Australia (Klik: Google Map)

5. Australian Convict Sites

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Experience Oz | Australia (@experienceoz) on

Berdasarkan sejarahnya, Australia pernah menjadi wilayah jajahan di bawah kekuasaan Inggris. Pada masa itu, pemerintah Inggris berencana untuk memindahkan beberapa tahanan berbahaya ke Australia. Australian Convict Sites ini merupakan saksi sejarah dari diberlakukannya aturan tersebut. Anda dapat menemukan situs-situs penjara ini di berbagai wilayah di Australia seperti Sydney, Tasmania, Fremantle, dan Pulau Norfolk.

Secara keseluruhan, terdapat 11 situs penjara bersejarah yang hingga kini masih aktif dikunjungi oleh banyak wisatawan. Kingston and Arthur’s Historic Area di Pulau Norfolk serta Hyde Park Barracks Museum di wilayah New South Wales adalah dua tempat di mana wisatawan dapat pergi dan melihat cara para tahanan ditahan pada zaman dahulu.

Lokasi: Queens Square, Macquarie St, Sydney NSW 2000, Australia (Klik: Google Map)

Baca Juga:  10 Wisata Mesir Ini Membawa Anda Ke Peradaban Kuno

6. Royal Exhibition Building And Carlton Gardens

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GABS Festival (@gabsfestival) on

Situs warisan budaya UNESCO ini adalah tempat wisata yang cukup penting di Australia. Pada zaman dahulu, bangunan ini merupakan bangunan terbesar di Australia dan tertinggi di kota Melbourne. Dibangun pada tahun 1880, gedung ini digunakan sebagai gedung pameran. Pada tahun tersebut sekitar 1,8 juta orang hadir dan menyaksikan pameran di gedung bersejarah ini.

Mengingat pentingnya situs ini, beberapa arkeolog bahwa menggali beberapa sudut bagian untuk mencari fakta lain tentang sejarah tempat ini. Jika Anda kebetulan pergi ke wilayah Victoria, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Royal Exhibition Building And Carlton Gardens yang megah ini.

Lokasi: 9 Nicholson St, Carlton VIC 3053, Australia (Klik: Google Map)

7. Willandra Lakes Region

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lieven (@skippy_53) on

Danau alam yang terletak di wilayah New South Wales, Australia ini merupakan salah satu situs warisan budaya dan alam UNESCO yang ditetapkan sejak tahun 1981. Tempat wisata alam ini melestarikan bukti kehidupan manusia yang berasal sejak 45.000 hingga 60.000 tahun yang lalu. Danau ini juga akan memberikan infromasi penting mengenai era Pleistosen.

Anda dapat menemukan jejak fosil manusia yang menandakan bahwa telah ada kehidupan di sana sejak zaman dahulu. Danau ini belum pernah di modifikasi sama sekali sehingga benar-benar masih sangat asli. Para arkeolog dan sejarawan selalu datang ke tempat ini untuk menemukan bukti dan mengungkap kehidupan zaman dahulu.

Lokasi: Willandra Street, Lake Cargelligo NSW 2672 (Klik: Google Map)

8. Wet Tropics of Queensland

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #exploreTNQ (@tropicalnorthqueensland) on

Terletak di wilayah Queensland, tempat wisata alam ini merupakan hutan hujan tropis yang indah. Membentang sepanjang 450 kilometer di sepanjang pantai timur laut, hutan hujan ini menyimpan keanekaragaman hayati flora dan fauna. Hutan hujan ini juga menjadi rumah bagi hewan eksotis langka yang telah menjadi ikon Australia yaitu Marsupial.

Selain hewan Marsupial, hutan ini juga menampung beberapa spesies endemik Australia lainnya. Wisatawan akan diajak untuk menikmati keindahan alamnya yang sangat luas di sini. Anda juga bisa melakukan petualangan untuk melihat beberapa spot utama yang akan dipandu oleh pemandu lokal.

Lokasi: Cashmere Kirrama Rd, Kirrama QLD 4872, Australia (Klik: Google Map)

9. Tasmanian Wilderness

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Discover Tasmania (@tasmania) on

Tasmania adalah sebuah wilayah di Australia yang masih ditumbuhi oleh banyak hutan belantara. Kawasan ini juga memiliki wilayah konservasi alam terbesar di Australia yang mencakup area seluas 13.800 kilometer persegi. Anda dapat mengunjungi tempat wisata alam ini dan belajar mengenai nilai penting alam bagi kehidupan warga lokal.

Di beberapa spot tertentu, Anda juga dapat menemukan Gua Kapur yang menunjukan bahwa kehidupan mungkin telah ada di tempat itu sejak 20.000 tahun yang lalu. Tempat wisata ini merupakan tempat yang sempurna bagi Anda yang gemar berpetualang dan menjelajahi hutan untuk melakukan tur safari.

Lokasi: 959 Glenfern Rd, Glenfern TAS 7140, Australia (Klik: Google Map)

10 Shark Bay

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Passion Passport (@passionpassport) on

Situs warisan alam UNESCO ini terletak di pantai barat wilayah Australia Barat. Di sini Anda akan menemukan Sea Grass atau rumput laut terluas di dunia. Selain itu, tempat wisata ini juga rumah bagi 10% jenis dugong yang ada di dunia ini. Jika Anda melihat ke salah satu ujung teluk, maka Anda akan menjumpai Stromatolit yang unik yang dianggap sebagai bentuk kehidupan tertua di bumi.

Sebagian besar tempat wisata ini berada di wilayah taman nasional untuk melindunginya dari kerusakan. Wisatawan juga akan menjumpai banyak jenis ikan hiu yang berenang-renang di wilayah ini.

Lokasi: Western Australia, Australia (Klik: Google Map)

Baca Juga:  Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini