Nongki.net – Roma adalah sebuah kota yang terletak di sebelah barat-tengah di semenanjung Negara Italia. Kota Roma yang terkenal dengan Gladiatornya ini memang memiliki banyak sekali pesona tempat wisata yang mengagumkan di Italia.

Ketika Anda berlibur ke Roma, Anda pasti akan disuguhkan banyak istana-istana indah, gereja dengan arsitektur gothic, basilika kuno, patung-patung, hingga monumen peninggalan peradaban Romawi Kuno.

Semua hal tersebut menyatu menjadi daya tarik tersendiri bagi Roma untuk dijadikan destinasi tujuan liburan dunia. Bahkan pada tahun 2014, Roma dinobatkan sebagai Kota ke-3 yang paling banyak dikunjungi di wilayah Uni Eropa.

Mengunjungi 10 Tempat Wisata Terbaik di Kota Roma, Italia

Roma merupakan sebuah kota yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Wilayah ini bahkan sudah berdiri sejak 753 SM berdasarkan mitologi Romawi Kuno. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu tempat tertua di Eropa.

Maka sangat tidak mengherankan jika Anda akan banyak sekali bangunan peninggalan sejarah. Bangunan tersebut bukan hanya megah, tetapi juga memiliki gaya arsitektur yang unik dan cantik.

Bangunan-bangunan kuno tersebut juga tidak luput dari daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Diantaranya yaitu Colosseum dan Vatican Museum. 

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan mengupas tentang 10 tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Kota Roma Italia. Penasaran? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Colosseum
  • St. Peter’s Basilica
  • Pantheon
  • Vatican Museum
  • Trevi Fountain
  • Spanish Steps
  • Roman Forum
  • Castel Sant’Angelo
  • Piazza Navona
  • Campo de’ Fiori
Baca Juga:  Paragliding Australia: 10 Tempat Terbaik Menikmati Langit Australia

1. Colosseum

Colosseum merupakan salah satu bangunan terbesar dan paling terkenal di Roma. Sehingga menjadikannya sebagai tempat wisata paling populer dan ramai dikunjungi di Roma Italia.

Pembangunan Colosseum dimulai oleh Kaisar Vespasian dari dinasti Flavianus pada tahun 72 Masehi dan diselesaikan oleh anaknya, Titus pada tahun 80 Masehi.

Tempat yang mampu menampung sekitar 50.000 penonton ini memiliki 80 buah pintu sehingga pengunjung dapat dengan mudah memasuki bangunan fantastis ini.

Pada masanya, Colosseum digunakan sebagai tempat pertunjukan yang mempertontonkan pertempuran antara Gladiator dengan hewan buas.

Saat ini Colosseum merupakan objek wisata utama di Kota Roma yang dikunjungi ribuan wisatawan setiap harinya.

2. St. Peter’s Basilica

St. Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus adalah sebuah gereja besar yang telah menjadi tempat wisata yang paling populer di Roma Italia
St. Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus adalah sebuah gereja besar yang telah menjadi tempat wisata yang paling populer di Roma Italia

St. Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus adalah sebuah gereja besar yang telah menjadi tempat wisata yang paling populer di Roma Italia.

Gereja ini memiliki ketinggian interior hingga 120 meter. Ketinggian ini cukup untuk menampung pesawat ruang angkasa beserta roket pendorong di dalamnya.

St. Peter’s Basilica berdiri di atas situs tradisional di mana Peter, Rasul yang dianggap Paus pertama disalibkan dan dikuburkan.

Konstruksi bangunan Basilika sendiri dimulai pada tahun 1506 dan selesai pada tahun 1615. Banyak pekerja seni yang ikut dalam perancangan bangunan ini seperti misalnya Michelangelo dan Bernini.

3. Pantheon

Pantheon adalah salah satu bangunan Romawi yang dijaga keutuhannya hingga saat ini. 

Tempat yang berfungsi sebagai Gereja Katolik Roma sejak abad ke-7 ini awalnya dibangun pada tahun 126 AD sebagai kuil untuk semua dewa Romawi.

Pantheon terdiri dari bangunan berbentuk serambi melingkar super besar dengan tiga jajaran granit Korintus.

Serambi ini memiliki kubah beton dengan pembukaan pusat (oculus) ke langit. Pantheon telah berusia kurang lebih 2.000 tahun dan tetap berdiri megah hingga sekarang.

4. Vatican Museum

Didirikan oleh Paus Julius II pada abad ke-6, Museum Vatikan yang terletak di dalam Negara Vatikan.

Museum ini memamerkan beberapa peninggalan sejarah dunia yang paling penting. Hal-hal menarik yang bisa Anda temukan di museum ini di antaranya tangga spiral, kamar Raphael, dan Sistine Chapel yang indah.

Di bawah perlindungan Paus Julius II, langit-langit kapel dilukis oleh Michelangelo pada tahun tahun 1508 hingga 1512.

Museum ini telah menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di wilayah Vatikan. Pada tahun 2013 saja tercatat museum ini dikunjungi lebih dari 5,5 juta wisatawan dari berbagai penjuru dunia dalam setahun.

5. Trevi Fountain

Trevi terkenal sebagai air mancur Baroque dengan komposisi mitologis patung Neptunus, dewa laut yang diapit oleh dua Triton
Trevi terkenal sebagai air mancur Baroque dengan komposisi mitologis patung Neptunus, dewa laut yang diapit oleh dua Triton

Selesai dibangun pada tahun 1762 oleh Nicola Salvi, Trevi terkenal sebagai air mancur Baroque dengan komposisi mitologis patung Neptunus, dewa laut yang diapit oleh dua Triton.

Dibangun dengan tinggi 26,3 meter dan lebar 49,15 meter, air mancur ini sudah sering masuk dalam beberapa film Hollywood terkenal.

Konon, siapa saja yang melempar koin ke air mancur ini dengan tangan kanan di atas bahu kiri maka dipercaya bahwa dapat kembali lagi ke Roma suatu hari.

Uang koin senilai sekitar 3.000 Euro dilemparkan ke air mancur ini setiap harinya. Koin yang terdapat dalam air mancur ini digunakan untuk mensubsidi supermarket di Roma yang membutuhkan bantuan.

Namun sayangnya, terkadang koin dalam jumlah besar ini dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Paling Populer di Gujarat India

6. Spanish Steps

Spanish Steps merupakan sebuah tangga yang benar-benar monumental di Kota Roma. Spanish Steps sendiri terdiri dari 135 susunan anak tangga.

Anak tangga ini dibangun dengan dana dari Perancis pada tahun 1721-1725 untuk menghubungkan antara Kedutaan Bourbon Spanyol dan Gereja Trinita dei Monti yang berada di bawah naungan raja-raja Bourbon dari Perancis.

Tangga ini dirancang oleh arsitek Francesco de Sanctis dan Alessandro Specchi. Tempat wisata di Italia ini juga sering kali digunakan sebagai tempat syuting film, salah satunya adalah film Hollywood The Man From U.N.C.L.E.

7. Roman Forum

Roman Forum sendiri sudah berdiri selama berabad-abad dan penuh dengan nilai sejarah karena tempat ini adalah pusat politik, administrasi dan agama Roma
Roman Forum sendiri sudah berdiri selama berabad-abad dan penuh dengan nilai sejarah karena tempat ini adalah pusat politik, administrasi dan agama Roma

Roman Forum terletak di lembah kecil antara Palatine dan Capitoline Hills. Roman Forum sendiri sudah berdiri selama berabad-abad dan penuh dengan nilai sejarah karena tempat ini adalah pusat politik, administrasi dan agama Roma.

Di tempat wisata ini, terdapat situs-situs tertua dan paling penting di Roma. Setiap tahunnya, tempat wisata di Italia yang dikenal sebagai tempat pertemuan paling terkenal di dunia sepanjang sejarah ini mampu menarik 4,5 juta wisatawan dari segala penjuru dunia.

8. Castel Sant’Angelo

Castel Sant’Angelo mulanya merupakan makam Kaisar Hadrian yang dibangun antara tahun 135 dan 139 Masehi.

Bangunan ini dulunya digunakan sebagai penjara hingga tahun 1870, tetapi sekarang difungsikan sebagai museum.

Sebagai salah satu tempat tujuan wisatawan dari seluruh dunia, tempat wisata ini dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 06.30 malam. Sayangnya, saat Natal dan tahun baru, tempat ini tidak dibuka untuk umum.

9. Piazza Navona

Piazza Navona adalah salah satu bangunan yang paling terkenal di Roma. Piazza Navona didirikan menjelang akhir abad ke-15 dengan tetap mempertahankan bentuk dari Stadium of Domitian yang dulunya pernah berdiri di sini.

Dibangun oleh Kaisar Domitianus pada tahun 86 Masehi, stadion ini memiliki arena yang lebih besar dari Colosseum dan sering digunakan sebagai lokasi berbagai macam festival atau acara olahraga.

Bangunan di sekitarnya berbentuk persegi, tempat para penonton duduk. Atraksi utama Piazza Navona adalah trio air mancur yang menghiasi alun-alun, yang terbesar adalah Fontana dei Quattro Fiumi, dibangun antara 1647 dan 1651 atas permintaan Paus Innocent X.

10. Campo de’ Fiori

Campo de’ Fiori adalah area berbentuk persegi panjang di selatan Piazza Navona yang digunakan sebagai pasar saat siang hari. 

Selain itu, Campo de’ Fiori juga digunakan sebagai tempat berpesta bagi para mahasiswa dan wisatawan saat malam hari.

Arti dari nama tempat ini adalah “Field of Flowers” yang pertama kali diberikan pada abad pertengahan ketika kondisi daerah ini masih berupa padang rumput.

Setiap hari (kecuali hari Minggu), pada siang hari lokasi ini merupakan pasar tempat orang menjual sayur. Para penduduk sekitar dapat menemukan produk makanan yang segar seperti ikan, daging, sayur, dan rempah-rempah di sini.

Baca Juga:  10 Gereja dengan Arsitektur Eropa Kuno di Belanda

Please rate this