10 Tips Menjaga Kesehatan Otak Agar Menghindari Pikun 5/5 (1)

0
404
10 Tips Menjaga Kesehatan Otak Agar Menghindari Pikun - ©detik.com
10 Tips Menjaga Kesehatan Otak Agar Menghindari Pikun - ©detik.com

Nongki.net – Penuaan memiliki dampak yang besar terhadap kinerja dan daya ingat otak. Pikun adalah salah satu akibat dari penurunan kerja otak. Otak manusia akan benar-benar menyusut seiring bertambahnya usia. Bahkan dapat kehilangan 10% dari ukuran normalnya. Penelitian tentang penuaan menunjukkan bahwa otak orang lansia (lanjut usia) akan menurun di banyak aspek terutama fungsi kognitifnya.

Pikun memang identik dengan orang lansia. Namun tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi pada usia-usia muda. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap mengasah kinerja otak agar tidak mengalami pikun dini. Nongki.net telah merangkum 10 cara menjaga pikiran Anda tetap tajam dan terpelihara supaya tidak mengalami pikun di usia dini. Apa saja? Yuk kita simak tips selengkapnya!

Baca Juga:  7 Tips Mendapatkan Perut Six Pack Dengan Cepat

1. Olahraga Secara Rutin

Beberapa studi telah membuktikan bahwa pikiran dan tubuh memiliki hubungan yang sangat erat. Otak yang stres akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat. Begitu pula sebaliknya, apabila tubuh anda sakit dapat berakibat kerja otak Anda melemah. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga secara rutin akan membuat kerja otak Anda juga semakin terjaga. Sehingga disarankan untuk rajin melakukan olahraga setiap hari meskipun hanya olahraga ringan seperti berjalan kaki.

2. Membaca Buku

Membaca buku atau apapun setiap hari akan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Ketika Anda membaca, Anda tidak hanya menyerap informasi yang terkandung di dalamnya. Tetapi juga membangun koneksi di otak Anda yang dapat membuatnya menjadi lebih fleksibel. Tak heran jika Anda memiliki hobi membaca, maka Anda tidak akan merasa kesulitan untuk mengolah informasi yang telah Anda dapatkan. Berbeda dengan orang yang kurang hobi membaca. Mereka akan lambat untuk mencerna dan mengolah informasi.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi bukan hanya bermanfaat bagi tubuh Anda. tetapi juga bagi kesehatan dan kinerja otak. Menjaga asupan makanan sehat seperti kacang-kacangan, ikan dan buah anggur memiliki manfaat untuk otak yang sehat. Melakukan diet dan pola makan sehat akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak agar bekerja secara optimal.

4.  Menjaga Postur Tubuh

Bagi Anda para pelajar atau pekerja, duduk dalam waktu lama merupakan kegiatan yang sering dilakukan setiap hari. Hal ini sebenarnya berdampak tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk diselingi dengan gerakan stretching atau berjalan kaki. Selain itu mempertahankan postur tubuh yang lurus dan tidak bungkuk juga akan bermanfaat untuk kesehatan otak. Karena sirkulasi dan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.

5. Tidur Yang Cukup

Tidur adalah kegiatan yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar. Bukan hanya itu, tidur juga dapat membuat otak menjadi lebih fresh. Tidur yang cukup selama 8 jam sehari sangat penting agar otak Anda beristirahat. Hal ini juga akan bermanfaat untuk daya ingat otak. Selain itu, tidur siang juga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki waktu luang di siang hari.

Baca Juga:  6 Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Bisa Traveling

6. Menggambar

Menyalurkan hobi menggambar baik itu karya seni atau hanya coretan belaka akan membuat otak Anda lebih terasah. Mencoba memadu-padankan warna saat menggambar juga bisa sisi kreatif dari otak kanan Anda. Otak kanan memang dikenal untuk mengatur Emotional Quotient (EQ) manusia. Seperti sosialisasi, komunikasi, interaksi, pengendalian emosi, dan kegiatan kreatif atau seni.

7. Mendengarkan Musik

Musik memiliki sejarah yang panjang dan mempengaruhi budaya manusia. Namun siapa sangka jika musik juga dapat berpengaruh bagi kesehatan otak. Musik dapat membangkitkan kinerja fungsi kognitif dan memori manusia. Sehingga tidak heran juga Anda mendengarkan lagu tertentu akan muncul dibenak Anda memori ingatan tentang kejadian ataupun perasaan tertentu. Pemilihan jenis musik yang asik didengar dan tidak terlalu memekakkan telinga adalah jenis musik yang disarankan untuk Anda.

8.  Belajar Sesuatu Yang Baru

Menyelesaikan pendidikan tinggi bukan berarti Anda berhenti belajar. Mendapatkan informasi yang belum Anda ketahui sebelumnya juga dapat dikatakan sebagai belajar. Karena hidup ini adalah proses belajar yang tidak ada hentinya. Oleh karena itu, bangku perkuliahan juga terdapat kelas khusus untuk orang dewasa yang lebih tua. Meningkatkan kemampuan komputer, memasak, bernyanyi, dan hal-hal lainnya sangat disarankan untuk menjaga kesehatan otak Anda. Melanjutkan pendidikan formal yang lebih tinggi juga adalah cara pasti untuk membuat daya ingat otak tetap tajam.

9. Berhitung atau Bermain Puzzle

Ketika Anda melakukan kegiatan yang mengasah dan menantang secara intelektual, maka akan melatih otak dan meningkatkan kapasitas mental Anda. Bermain puzzle, teka-teki silang maupun memecahkan soal perhitungan adalah kegiatan yang sangat dianjurkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kerja otak kiri Anda. Otak kiri dikenal berfungsi sebagai logika dan rasio manusia. Semua kemampuan menulis, membaca dan berhitung akan dikendalikan oleh otak kiri. Bagian otak ini juga merupakan pusat dari Intelligence Quotient (IQ).

10. Menulis

Menulis dapat meningkatkan kinerja otak Anda yang berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi. Tidak masalah apakah Anda hanya menulis cerita pendek atau menulis surat elektronik sekalipun. Hal ini akan berdampak besar bagi kesehatan otak Anda jika dilakukan secara terus-menerus.

Itulah 10 Tips untuk menjaga agar otak Anda terhindar dari pikun dini. Namun tips ini belum ada penelitian lebih lanjut bagi penderita Alzheimer. Namun setidaknya Anda dapat mencegah ataupun menghindari beberapa jenis penyakit otak yang disebabkan oleh demensia lainnya. Selamat mencoba! Sumber: How to Keep Your Mind Sharp

Baca Juga:  Sering Kesiangan? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Agar Mudah Bangun Pagi

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini