Nongki.net – India adalah sebuah negara yang terletak di Asia Selatan. Negara dengan penduduk terbanyak ke-2 di dunia ini memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi, sumber daya alam yang luas, serta spesies flora dan faunanya yang unik. Sebagian besar spesies tersebut hidup bebas di alam liar yang dilindungi dalam taman nasional India. Mereka adalah surga sejati bagi para pecinta alam dan satwa liar. Bagi Anda yang akan berlibur ke India, ada baiknya untuk berkunjung ke tempat wisata alam liar paling menakjubkan untuk pengalaman yang tidak terlupakan.

Setiap tahunnya berbagai hewan liar melakukan migrasi berbondong-bondong di wilayah hutan tropis dalam jumlah yang besar. Tak ayal jika aktivitas alami ini menarik banyak para pelancong untuk menyaksikan sendiri secara langsung di habitat aslinya.

Table of Contents

10 Suaka Margasatwa Wisata Alam Liar Saat Berlibur Ke India

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 10 daftar suaka margasatwa untuk pengalaman wisata alam liar paling menakjubkan di India. Perlu Anda ketahui bahwa India memiliki sekitar 514 cagar alam yang dilindungi. Mulai dari Entelop Tibet di wilayah timur, tupai raksasa di wilayah selatan, panda merah di timur, hingga Singa Asia di barat. Seluruh wilayah tersebut berada di wilayah yang subur dengan hutan tropis yang menjadi rumah bagi sebagian besar spesies liar yang mungkin belum Anda ketahui. Rencanakan tujuan perjalanan Anda untuk mengunjungi 10 daftar wisata alam paling menakjubkan di India berikut ini:

  • Bhadra Wildlife Sanctuary, Karnataka
  • Tadoba Andhari Tiger Reserve, Maharashtra
  • Chinnar Wildlife Sanctuary, Kerala
  • Dandeli Wildlife Sanctuary, Karnataka
  • Bhagwan Mahavir Wildlife Sanctuary, Goa
  • Kutch Desert Wildlife Sanctuary, Gujarat
  • Karakoram Wildlife Sanctuary, Jammu and Kashmir
  • Dibang Wildlife Sanctuary, Arunachal Pradesh
  • Srivilliputhur Wildlife Sanctuary, Tamil Nadu
  • Koyna Wildlife Sanctuary, Maharashtra
Baca Juga:  Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Wisata Ke India

1. Bhadra Wildlife Sanctuary, Karnataka

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vageesha A R. (@vageeshaar) on

Taman nasional dengan wilayah yang luas ini dikelilingi oleh hutan kering serta lembab dengan beberapa bagian hutan semi-hijau. Bhadra Wildlife Sanctuary yang terletak di wilayah Karnataka ini adalah tempat yang tepat bagi Anda para pencari petualangan wisata alam liar yang penuh dengan spesies hewan dan tumbuhan langka. Sungai Bhadra yang membelah taman nasional ini menjadi tempat favorit bagi sejumlah besar hewan liar yang hidup di sana.

Para pelancong dan fotografer profesional akan datang ke tempat ini untuk mengamati dan mengabadikan kehidupan segerombolan hewan untuk memenuhi kebutuhan air di sungai Bhadra. Mereka biasanya akan datang beberapa kali dalam sehari. Hal ini adalah salah satu kegiatan yang paling menarik untuk para wisatawan.

Spesies yang akan ditemukan: Ular Batu India, King Cobra, Bison, Gaur, Macan Tutul, Harimau, Gajah, Sambar, Babi Hutan, Chital, Rusa, Rumba, Landak, Muntjac. Spesies burung di taman nasional ini terdiri dari Emerald Dove, Southern Green Imperial Pigeon, Great Black Woodpecker, Parkit Malabar, Myna Bukit

Lokasi taman nasional: Tarikere, Lakkavalli, Chikmagalur, Karnataka, 577115, India

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 06.30 – 18.00

Tiket masuk wisata: 400 INR

2. Tadoba Andhari Tiger Reserve, Maharashtra

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tadoba Andhari Tiger Reserve (@tadobaandharitigerreserve) on

Tadoba Andhari Tiger Reserve di wilayah Chandrapur Maharashtra adalah sebuah taman nasional yang bertujuan untuk melindungi hewan harimau yang langka. Taman nasional ini merupakan suaka margasatwa tertua dan terbesar di Negara India. Selain harimau, taman nasional ini juga menjadi rumah bagi berbagai spesies hewan herbivora dan karnivora. Topografi geografisnya yang unik, menyebabkan taman nasional ini akan hijau sepanjang tahun.

Selain spesies hewan, taman nasional ini juga menjadi tempat bagi tanaman langka seperti kayu gandar yang tahan api, plum hitam, arjun, serta palas. Bagi Anda para pecinta wisata alam liar, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata ini saat berlibur ke India.

Spesies yang akan ditemukan: Tiger Reserve – Harimau Bengal, Macan Tutul, Hyena Bergaris, Kucing Hutan, Beruang Sloth, Gaur, Nilgai, Rusa Berbintik

Lokasi taman nasional: Chandrapur, Maharashtra 442401

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00

Tiket masuk wisata: 20 INR per orang, 50 INR per kendaraan, dan 100 INR jika memesan pemandu

3. Chinnar Wildlife Sanctuary, Kerala

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Logesh Mahalingam (@logesh_mahalingam) on

Chinnar Wildlife Sanctuary yang terletak di wilayah Kerala juga merupakan salah satu suaka margasatwa terbesar di India. Taman nasional yang berlokasi di atas bukit Anamalai ini luas wilayah yang cukup besar dan indah. Hutan hijau tropis di wilayah ini menyimpan ekosistem yang beragam mulai dari tanaman obat hingga bukti sejarah etnik lokal yang kaya. Selain safari margasatwa, Anda juga dapat melakukan kegiatan hiking dan trekking berkat air terjun Thoovanam yang berada di tengah hutan belantara yang menakjubkan.

Spesies yang akan ditemukan: Panthers, Rusa Berbintik, Gajah India, Harimau, Nilgiri Tahr, Buaya Mugger, Tupai Raksasa, Kura-kura Bintang, Kura-Kura Berbulu Abu-abu, Gaur, Loris Lengking, Macan Tutul

Lokasi taman nasional: Udumalpet Road, Munnar, Kerala, 685612, India

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00

Tiket masuk wisata: 10 INR untuk warga lokal India, 100 INR untuk turis internasional

4. Dandeli Wildlife Sanctuary, Karnataka

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ajinkya (@dhairya1717) on

Terletak di tepi sungai Kali, Dandeli Wildlife Sanctuary ini merupakan suaka margasatwa terbesar kedua sekaligus yang paling sering dikunjungi di negara bagian Karnataka. Taman nasional ini adalah rumah bagi berbagai spesies tanaman langka dan eksotis serta hewan predator, amfibi, reptil, serangga, dan masih banyak lagi.

Selain itu, beberapa spesies burung juga akan melakukan migrasi tahunan pada waktu-waktu tertentu. Fenomena alam menakjubkan ini akan mengundang banyak para pelancong dan fotografer internasional untuk mengamati migrasi burung di Karnataka. Bagi wisatawan yang gemar melakukan kegiatan ekstrim juga dapat menikmati aung jeram sungai dan trekking di taman nasional ini.

Spesies yang akan ditemukan: Buaya, Macan, Kumbang Hitam, Tupai Terbang, Gajah, Macan Tutul. Beberapa spesies burung diantaranya Blue Throated Barbet, Great Pied Hornbill, Malabar Pied Hornbill, Peregrine Falcon

Lokasi taman nasional: Solad Complex, J N.Road, Dandeli, Gokarna, Uttara Kannada -581326

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 24.00 – 18.00

Tiket masuk wisata: 40 INR untuk penduduk lokal India, 80 INR untuk turis mancanegara, 40 INR untuk menyewa Jeep safari

5. Bhagwan Mahavir Wildlife Sanctuary, Goa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Shekhar Verma (@_shekhar) on

Bhagwan Mahavir Wildlife Sanctuary terletak di kota kecil bernama Mollem di Goa. Lokasi taman nasional yang terletak di tengah Ghat Barat ini dikelilingi oleh hutan lebat yang hijau. Tempat wisata alam liar ini menjadi rumah bagi berbagai spesies burung dan hewan dilindungi lainnya. Jangan lewatkan pula pengalaman mendaki Devil’s Canyon Viewpoint untuk menikmati pemandangan menakjubkan secara 360 derajat ke seluruh taman nasional.

Spesies yang akan ditemukan: Gaur, Sambar, Macan Tutul, Rusa Berbintik, Torsi Ramping, Kucing Hutan, Tupai Raksasa Melayu, Python, Cobra

Lokasi taman nasional: Goa 403410 India

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.30

Tiket masuk wisata: 10 INR untuk orang dewasa dan 3 INR untuk pelajar

Baca Juga:  10 Destinasi Wisata New Zealand Yang Menakjubkan

6. Kutch Desert Wildlife Sanctuary, Gujarat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Oh! My Mag Officiel (@ohmymagofficiel) on

Siapa bilang jika suaka margasatwa hanya tentang hutan dan harimau? Kutch Desert Wildlife Sanctuary di wilayah Gujarat adalah sebuah taman nasional berbentuk padang pasir yang luas. Padang pasir ini akan berubah warna tatkala burung Flamingo merah muda berkumpul untuk mencari makan. Kutch Desert Wildlife Sanctuary ini terletak kurang dari 100 kilometer dari Kota Bhuj dan menempati area seluas sekitar 7.505,22 kilometer persegi.

Selain sebagai salah satu suaka marga satwa terindah di India, tempat wisata alam liar ini juga merupakan daerah lahan basah Saline terbesar. Dengan kedalaman air 0,5 – 1,5 meter ini membantu menarik dan melestarikan populasi hewan Flamingo merah muda.

Spesies yang akan ditemukan: Flamingo, Greater Flamingos, landak India, Kadal Ekor berduri, Bangau berleher hitam, Wild Ass, Burung Kormoran India

Lokasi taman nasional: Rann, Dholavira, Kutch, India

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00

Tiket masuk wisata: 250 INR untuk penduduk lokal India dan 1200 INR untuk wisatawan internasional

7. Karakoram Wildlife Sanctuary, Jammu and Kashmir

 

View this post on Instagram

 

A post shared by karakoram geographic (@karakoramgeographic) on

Karakoram Wildlife Sanctuary adalah sebuah suaka margasatwa yang berada di wilayah dataran tinggi di sisi timur distrik Leh di Jammu and Kashmir. Tempat wisata alam liar menakjubkan ini berfungsi sebagi suaka bagi hewan penting di India seperti populasi Antelope Tibet yang langka. Memiliki pemandangan alam yang juga luar biasa, membuat taman nasional ini menjadi tempat wisata alam liar paling indah di India.

Salah seorang peneliti bernama Prof. Chandra Prakash Kala bahkan menemukan salah satu tanaman obat yang jarang ditemukan di dunia. Berbagai jenis tanaman obat di wilayah taman nasional ini meliputi Arnebia Euchroma, Bergenia Stracheyi, Ephedra Gerardiana, dan Hyoscyamus Niger.

Spesies yang akan ditemukan: Tibetan Antelopes (Chiru), Tibetan Gazelle, Himalayan Ibex, Shapo, Bharal, Wild Yaks, Macan Tutul Salju, Lynx, Wolves, Rubah Merah, Himalayan Mouse Hare, Himalayan Marmots, Common Otters, Wooly Hare

8. Dibang Wildlife Sanctuary, Arunachal Pradesh

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pauline Sacchi (@cherubette) on

Terletak di distrik Anini wilayah Arunachal Pradesh, Dibang Wildlife Sanctuary adalah sebuah suaka margasatwa yang diberkahi dengan spesies hewan, tumbuhan, dan burung yang melimpah. Menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati yang besar, tempat wisata alam liar ini juga menyimpan spesies hewan macan tutul salju yang memesona.

Topografi geografis yang unik membuat taman nasional ini sebagai salah satu taman nasional paling indah dengan pemandangan yang menakjubkan. Gunung-gunung bersalju, aliran sungai yang deras, ngarai yang dalam, serta hutan lebat menjadikan taman nasional ini sebagai salah satu tujuan wisata utama di negara bagian Arunachal Pradesh. Bagi Anda yang akan berlibur ke India, Dibang Wildlife Sanctuary adalah salah satu tempat wisata alam liar yang wajib dikunjungi karena keindahannya.

Spesies yang akan ditemukan: Mishmi Takin, Red Gorals, Rusa Musk, Panda Merah, Beruang Hitam Asiatik, Harimau, Gongshan Muntjac, Monals Sclater, Tragopan Blyth, Triko Salju, Macan Tutul Salju, Macan Tutul Awan

Lokasi taman nasional: Dibang Valley, Roing, Arunachal Pradesh 792101

9. Srivilliputhur Wildlife Sanctuary, Tamil Nadu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Max (@animal_pics_cute_funny) on

Srivilliputhur Wildlife Sanctuary adalah salah satu suaka margasatwa yang menempati sebagian besar wilayah antara distrik Virudhunagar dan distrik Madurai di Tamil Nadu Barat. Taman nasional ini merupakan rumah bagi Grizzled Flying Squirrel yang eksotis. Berlokasi di wilayah yang subur, membuat taman nasional ini memiliki hutan hijau yang lebat serta beberapa satwa liar dan burung.

Bukit Andipatti yang berada di taman nasional ini semakin menambah indah latar belakang dan lanskap alam. Safari hutan berpemandu adalah saca terbaik untuk menyaksikan mahakarya Tuhan yang agung di tempat wisata alam liar menakjubkan ini sembari merasakan keindahan alamnya.

Spesies yang akan ditemukan: Grizzled Flying Squirrels, Maca Bonnet, Nilgiri Tahr, Landak, Monyet Ekor Singa, Loris Kecil, Common Langur, Rusa Menggonggong, Beruang Sloth, Kucing Liar, Sambar, Musang Kelapa, Rusa Tikus, Macan Tutul, Gajah, Tree Shrews. Spesies burung termasuk Nilgiri Wood Pigeon, White-backed Vultur, Malkoha berwajah merah, Shortwing berperut putih, Great Horn Horn, Nilgiri Flycatcher, Pigeon Imperial Green, Nilgiri Pipit

Lokasi taman nasional: Srivilliputhur, Tamil Nadu 626125

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 05.00 – 18.00

Tiket masuk wisata: 15 INR untuk orang dewasa, 10 INR untuk pelajar, dan 15 INR per kendaraan

10. Koyna Wildlife Sanctuary, Maharashtra

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nat Geo WILD (@natgeowild) on

Koyna Wildlife Sanctuary terletak di distrik Satara di Maharashtra yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Selain itu, taman nasional ini juga diberkahi dengan hutan yang subur, spesies hewan yang besar, serta burung-burung yang berterbangan bebas. Tempat wisata alam liar ini juga menjadi rumah bagi hewan berbahaya seperti King Cobra serta Royal Bengal Tiger.

Koyna Wildlife Sanctuary diliputi oleh iklim berkabut dan sangat dingin. Taman margasatwa ini berlokasi di ketinggian sekitar 600 – 1000 meter di atas permukaan laut. Sungai Kandati, Koyna, dan Solashi adalah sumber air utama yang membelah taman nasional ini. Berkat keindahan alamnya yang menakjubkan, taman nasional ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu situs warisan alam dunia oleh UNESCO.

Spesies yang akan ditemukan: Royal Bengal Tiger, King Cobra, Piton India, Macan Tutul India, Bison, Rusa Sambar, Beruang Sloth, Rusa Menggonggong, Rusa Tikus, Otter berlapis halus, Tupai Raksasa India. Spesies burung yang bisa dijumpai yaitu Pelatuk Berbintik-bintik, Pelatuk Rufous, Pelatuk Kerdil yang Berwarna Cokelat, Peri Asia Bluebird, Nightjar ekor Panjang, Crested Goshawk

Lokasi taman nasional: Koyna Nagar, Koyna, Maharashtra 416212

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00

Tiket masuk wisata: 20 INR per orang dan 50 INR per kendaraan

Baca Juga:  Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini