Nongki.net – Mesir atau yang memiliki nama resmi Republik Arab Mesir memang menawarkan banyak tempat wisata peradaban kuno yang menakjubkan. Negara yang terletak di Afrika bagian timur laut ini menyimpan bangunan-bangunan peninggalan abad sebelum masehi yang hingga kini masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik, sebut saja yang terkenal yaitu Piramida Giza dan patung Sphinx.

Meskipun terkenal dengan wisata sejarahnya, ternyata negara yang berada di tepi Laut Merah dan Laut Mediterania ini juga menyimpan pesona wisata alam yang tak kalah indah untuk dikunjungi. Mesir juga menjadi tempat bermuara sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil yang mengalir sepanjang 6.650 kilometer atau 4.132 mil dan membelah 9 negara di Afrika. Di tepi sungai ini lah mayoritas penduduk Mesir menetap, karena sebagian wilayah Mesir adalah gurun Sahara yang kurang cocok untuk ditinggali.

10 Tempat Wisata Peradaban Kuno Terbaik Saat Berlibur Ke Mesir

Sebagian besar para traveler dunia memang sengaja datang ke tempat wisata Mesir untuk menyaksikan sisa-sisa kejayaan peradaban kuno. Nah jika Anda tertarik untuk berburu keajaiban dan peradaban kuno, maka Mesir adalah negara yang cocok untuk Anda kunjungi saat musim libur tiba. Karena Mesir terkenal sebagai rumah yang menyimpan banyak bangunan sejarah seperti piramida, kuil, monumen, mumi, masjid, biara dan gereja kuno.

Tak heran jika para traveler yang telah pergi ke Mesir selalu merasa jatuh cinta ketika melihat tempat-tempat tersebut. Sebab, kita akan merasa sedang dibawa ke masa lalu saat pergi ke negera yang telah berusia lebih dari 5000 tahun ini.

Penasaran dengan tempat wisata apa saja yang terkenal di Mesir? Berikut Nongki.net rangkum 10 objek wisata Mesir yang akan membuat hati Anda mendesir. Yuk, simak artikel selengkapnya!

  • Piramida Giza
  • Masjid Ibnu Tulun
  • Abu Simbel Temples
  • Siwa Oasis
  • Kompleks Kuil Karnak
  • Kuil Philae
  • Lembah Para Raja
  • Hurghada
  • Museum Mesir
  • Sungai Nil
Baca Juga:  10 Destinasi Wisata New Zealand Yang Menakjubkan

1. Piramida Giza

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Exploring Our Globe (@exploringourglobe) on

Pyramids of Giza adalah salah satu tempat paling terkenal di Mesir dan tentu Anda pasti telah mengetehui tempat ini dari buku-buku sejarah yang dipelajari saat sekolah. Piramida yang memiliki ukuran terbesar dan tertua di Mesir ini adalah tempat yang paling wajib jika Anda pergi ke Mesir.
Piramida Giza terletak di Nekropolis Giza dan terdiri dari 2 piramida lainnya. Piramida yang memiliki tinggi 146,6 meter ini dipercaya sebagai makam Firaun dari dinasti ke IV, Khufu. Piramida ini diperkirakan telah ada sejak tahun 2560 sebelum masehi dan memakan waktu pembangunan hingga 20 tahun. Piramida Giza telah menjadi situs tujuh keajaiban dunia kuno oleh UNESCO.
Jika Anda pergi ke tempat wisata Mesir ini, jangan lupa untuk menunggang onta sambil berfoto dengan latar belakang piramida. Tempat wisata seluas 133 meter ini relatif mudah untuk dikunjungi karena terletak di pinggiran kota Mesir dan banyak pilihan alat transportasi yang bisa Anda gunakan.

2. Masjid Ibnu Tulun

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 90’s Kids (@leirfan18) on

Masjid Ibnu Tulun atau yang dikenal juga sebagai Masjid al-Madyan ini terletak di kawasan Al-Qatai jalan Al-Saliba, pusat kota Kairo, Mesir. Masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Ahmad Ibn Tulun ini merupakan masjid tertua kedua di Mesir setelah masjid Amr Bin Ash. Masjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 876 masehi dan selesai pada tahun 878 masehi.
Masjid ini memiliki total luas sekitar 2,6 hektar yang jika dibandingkan dengan satu lapangan sepak bola, maka masjid ini memiliki ukuran yang lebih luas. Luas tersebut terbagi atas bangunan masjid yang berukuran 140×116 meter dan pelataran tengah masjid yang berdimensi 90×90 meter.
Saat Anda mengunjungi masjid ini, Anda akan menemukan tulisan 2 kalimat syahadat yang dipahat di bagian atas mihrab dengan menggunakan gaya kaligrafi Kufi. Secara arsitektural, masjid ini banyak dipengaruhi oleh gaya Andalusia yang tentunya kesan kuno akan langsung terlihat saat Anda tiba di masjid ini.

3. Abu Simbel Temples

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Casey Rosina (@caseispacked) on

Kuil Abu Simbel adalah sebuah situs arkeologi berupa 2 kuil yang dipahat di bukit batu. Kuil ini terletak di ujung danau Nasser sejauh 290 kilometer sebelah barat daya kota Aswan. Kuil yang memiliki ketinggian 55 meter pada bagian dalam ini telah menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO.
Kuil kuno ini diperkirakan dibangun pada masa Firaun Ramses Agung abad ke 13 sebelum masehi yang ditujukan sebagai penghormatan bagi Ratu Nefertari dan dirinya sendiri. Pada bagian depan kuil, Anda akan melihat 4 patung besar yang merupakan sosok Firaun Ramses II dengan posisi duduk yang memiliki tinggi masing-masing lebih dari 20 meter. Sedangkan pada bagian depan kuil lainnya terpahat Firaun Ramses II, Ratu Neftartari bersama anaknya dengan ketinggian yang lebih kecil.
Pada tahun 1960, kuil ini sebenarnya hampir saja hilang di bawah danau jika UNESCO tidak melakukan pemugaran besar-besaran dengan menggeser keberadaan kuil dari tempat semula. Pemugaran untuk menyelamatkan kuil ini memakan waktu hingga empat tahun. Tempat wisata mesir ini merupakan salah satu objek favorit wisatawan yang wajib dikunjungi saat pergi ke Mesir.

4. Siwa Oasis

 

View this post on Instagram

 

A post shared by cairo360 (@cairo360) on

Sama seperti oasis pada umumnya, objek wisata Siwa Oasis ini berupa sumber air yang berada di tengah gurun dan dihiasi oleh beberapa pohon yang tumbuh di sekitar air. Tempat wisata Mesir satu ini terletak di gurun yang dekat dengan perbatasan Libya dan berada di tengah pemukiman terpencil yang dihuni oleh suku Berber dengan populasi sekitar 23.000
Oasis ini dipercaya terletak di jalur perdagangan kuno paling penting pada masanya. Keteduhan pohon-pohon palem beserta sumber mata air, menjadi tempat persinggahan bagi pedagang yang sedang melakukan perjalanan. Namun ketika pemerintahan Kaisar Romawi runtuh, tempat ini mulai dilupakan oleh para pedagang. Kini sektor pariwisata menjadi sumber pendapatan utama bagi wilayah oasis ini.
Baca Juga:  11 Tempat Eksotis Hawaii Paling Favorit Wisatawan

5. Kompleks Kuil Karnak

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Thierry (@jokhond) on

Saat Anda berencana liburan ke Mesir, hampir semua agen wisata akan mengajak Anda pergi ke tempat wisata satu ini. Kompleks Kuil Karnak merupakan objek reruntuhan kota, tiang, kuil dan bangunan kuno lainnya. Komplek yang dibangun oleh Firaun Ramesses II ini dulunya digunakan sebagai tempat ibadah terbesar yang pernah ditemukan dan dibuat selama 100 tahun. Sesuai catatan, kontruksi dimulai selama periode kerajaan tengah dan terus berlanjut hingga pemerintahan Firaun berakhir yaitu antara tahun 1391-1351 sebelum masehi.
Tempat wisata peradaban kuno Mesir ini terletak di dekat Luxor, sekitar 500 kilometer sebelah selatan kota Kairo, Mesir. Strukur yang paling terkenal di tempat wisata Mesir ini adalah Hypostyle Hall besar yang mencakup area seluas 5.000 meter persegi.

6. Kuil Philae

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Melanie Drogba (@travelwithmeyl) on

Salah satu tempat terbaik wisata Mesir selanjutnya adalah Kuil Philae. Kuil yang dibangun pada abad 690 sebelum masehi ini diyakini sebagai kuil kuno terakhir yang dibuat dengan gaya Mesir Kuno. Bangunan ini memiliki struktur yang indah dan merupakan salah satu objek wisata Mesir paling indah untuk Anda kunjungi. Kuil yang juga merupakan Warisan Dunia UNESCO ini pernah dipindahkan dari Pulau Philae ke Pulau Agikia yang dapat Anda saksikan sekarang.
Kuil ini terancam tenggelam jika tidak dipindahkan karena meningkatnya air dari Danau Nasser setelah dibangunnya Bendungan Aswan.

7. Lembah Para Raja

 

View this post on Instagram

 

A post shared by B E N E (@benedettoo) on

Terletak cukup dekat dengan Karmak, lembah para raja atau Valley of the Kings berada di wilayah kota Thebe atau Luxor. Lembah ini merupakan tempat makam para Firaun dari beberapa generasi yang dibangun sejak abad 16 hingga 11 sebelum masehi. Selain sebagai kuburan Firaun, tempat wisata peradaban kuno ini juga diperuntukan bagi makam raja-raja Mesir kuno lainnya serta perwakilan hukum.
Lembah yang terletak di tepi barat sungai Nil ini memiliki lebih dari 60 makam dan mereka memiliki struktur yang beragam. Selain itu, Anda dapat menemukan sesuatu yang sederhana seperti lubang kuburan besar dan kompleks makam dengan 120 ruang. Beberapa makam akan terlihat ukiran berupa tulisan ritual dan keyakinan pada saat itu.
Baca Juga:  13 Tempat Wisata Favorit Di Korea Selatan

8. Hurghada

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Markus.A (@maggi__10) on

Hurghada adalah kota resort di Laut Merah yang sangat terkenal di Mesir yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan pecinta snorkeling atau diving. Kota ini juga terkenal sebagai tujuan tempat wisata bagi keluarga karena resort dan hotelnya yang ramah untuk tempat bermain anak.
Selain memiliki panorama alam yang indah dan memesona, tempat ini juga banyak menawarkan kegiatan menyenangkan lainnya seperti berlayar, selancar angin, scuba diving dan sebagainya. Selain itu Hurghada juga merupakan tempat yang sempurna untuk berbelanja dengan kehidupan malamnya yang sangat luar biasa.

9. Museum Mesir

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dan Murphy (@murphymedia) on

Museum Mesir atau Egyptian Museum adalah museum yang sangat populer di Mesir dan memiliki minimal 120.000 koleksi barang peninggalan peradaban kuno Mesir. Museum ini merupakan salah satu atraksi utama wisata di kota Kairo.
Museum yang dibangun oleh pemerintah Mesir pada tahun 1835 ini memiliki dua lantai utama. Pada lantai dasar, Anda akan menyaksikan banyak sekali koleksi koin dan papirus yang digunakan di era zaman Mesir Kuno. Sedangkan di lantai dua, Anda dapat menemukan artefak dari dua dinasti terakhir Mesir Kuno serta beberapa artefak yang diambil dari Lembah Para Raja.
Highlights dari museum yang terletak dekat dengan taman Ezbekeyah ini adalah benda-benda dari Royal Mummy Room dan Tomb of Tutankhamen.

10. Sungai Nil

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @amazingplaces_traveling on

Tempat wisata Mesir terakhir yang patut untuk Anda kunjungi adalah Sungai Nil atau Nile River. Sungai yang merupakan sungai terpanjang di dunia ini telah menjadi aspek penting bagi penduduk Mesir. Karena di sepanjang sungai inilah sebagian warga Mesir tinggal.
Kota dan pemukiman yang dibangun di sepanjang Sungai Nil pastinya menawarkan pemandangan yang harus Anda jelajahi ketika Anda berlibur Ke Mesir. Cara terbaik untuk menikmati pemandangan sungai Nil adalah dengan menelusuri menggunakan perahu yang disediakan oleh beberapa agen wisata di sana.
Terdapat banyak kapal pesiar yang dapat Anda pilih dan semuanya akan melayani perjalanan Anda dari Luxor hingga Aswan. Tempat wisata Mesir ini pastinya akan memberi Anda pengalaman terbaik yang pernah ada. Bagaimana? Semakin tertarik untuk pergi ke Mesir, bukan?
Baca Juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Brazil

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini