Nongki.net – Indonesia memang cukup terkenal dengan destinasi wisatanya yang eksotis dan memesona. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memilih pantai di Indonesia sebagai tujuan wisata untuk mengisi hari libur.

Salah satu pantai di Indonesia yang sudah cukup terkenal hingga ke berbagai belahan dunia adalah Pulau Bali. Nama yang tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga para traveller. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang memesona, Pulau Bali juga terkenal dengan wisata kulinernya yang khas dan budaya serta adat istiadatnya.

Selain Pulau Bali yang terkenal akan keindahannya, ada juga Kepulauan Maluku yang cukup terkenal dengan panorama pantainya yang tak kalah indahnya dengan Pulau Bali dan Lombok.

Berdasarkan sejarahnya, Maluku telah dikenal sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang kala itu dipimpin oleh Firaun. Tak heran jika Maluku merupakan salah satu provinsi tertua yang ada di Indonesia. Bukti sejarah yang ditemukan adalah ketika ditemukannya catatan tabel tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia dan Mesir yang mengisahkan tentang Maluku.

Provinsi yang beribu kota Ambon ini, memiliki ragam jenis wisata mulai dari pantai, gunung api, danau, hingga wisata sejarah berupa museum dan benteng peninggalan zaman kolonial.

Sejak tahun 1999, Maluku terbagi menjadi dua wilayah yaitu Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara. Beberapa destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di Maluku seperti Pantai Sulamadaha, Pantai Natsepa, Kepulauan Kei bisa dimasukkan ke dalam daftar list agenda perjalanan Anda kali ini.

Selain pantai, ternyata masih banyak lagi tempat wisata Maluku yang dapat Anda kunjungi. Penasaran ingin mengetahui lebih lanjut tentang pesona wisata Maluku? Simak ulasannya berikut ini ya!

Baca Juga:  5 Pulau Favorit di Wisata Taman Nasional Komodo

1. Monumen Pattimura

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ndil (@ndil_one2pret) on

Wisata pertama yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke kepulauan Maluku adalah monumen Thomas Matulessy atau Pattimura. Monumen ini terletak di Ambon dan dibangun untuk menghormati jasa pahlawan yang telah gugur. Pattimura adalah pahlawan nasional dari Maluku.

Monumen yang terbuat dari perunggu dengan total berat 4 ton ini berada di persimpangan Slamet Riyadi, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pattimura. Untuk menemukan patung yang memiliki tinggi sekitar 7 meter ini tidaklah sulit, karena letaknya yang berada di antara Kantor Walikota Ambon, Gereja Kristen Protestan Maranatha, dan Gong Perdamaian Dunia. Jika Anda pergi ke Maluku, pastikan untuk berkunjung ke tempat ini ya.

2. Pantai Pintu Kota

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Muhammad Tovo Prasetyo (@muhammad_tovo) on

Wisata Maluku yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Pintu Kota. Pantai ini merupakan salah satu ikon wisata Ambon.

Di Pantai Pintu Kota ini mata Anda akan dimanjakan dengan formasi batu-batu karang yang indah. Di Pantai ini juga terdapat tebing karang yang menjorok ke laut dan di bawahnya memiliki lubang yang terlihat seperti pintu. Itulah mengapa, pantai yang terletak sekitar 20 km dari kota Ambon ini dinamakan pantai Pintu Kota.

Objek wisata pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh para remaja yang menyukai petualangan dan hiking melewat jalan setapak untuk menuju titik pantai. Namun tidak disarankan untuk berenang di pantai ini, karena pantainya yang memiliki banyak karang dan batu yang tajam, sekaligus ombaknya yang cukup kencang.

3. Pulau Pombo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sutiknyo (@lostpacker) on

Wisata pantai di Ambon berikutnya adalah Pulau Pombo. Luas pulau ini memang terbilang cukup kecil yaitu hanya sekitar kurang dari 4 km persegi. Namun pulau yang terpencil yang tak berpenghuni ini memiliki keistimewaan khusus yaitu satwa khas yang tidak akan Anda temui di tempat lain, yaitu Burung Pombo.

Selain burung Pombo, pulau ini juga menjadi habitat bagi beragam jenis ikan, kerang dan terumbu karang yang masih asri. Anda dapat melakukan diving dan snorkeling di pantai pulau ini dimana terdapat pemandangan bawah laut dengan air yang jernih, diikuti dengan pesona terumbu karang yang indah.

Saat mengunjungi pulau ini disarankan untuk selalu memakai alas kaki, karena pantainya yang banyak terdapat batu tajam dan pecahan karang.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi

4. Gunung Api Gamalama

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ternate Viral (@ternateviral) on

Selanjutnya kita beralih ke Provinsi Maluku Utara. Di provinsi ini Anda dapat berwisata ke salah satu gunung api terkenal di Maluku yaitu gunung Gamalama. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 1.715 meter di atas permukaan laut dan menjadi penanda bahwa Anda sudah memasuki provinsi Maluku Utara.

Gunung api ini berada di tengah laut dan masih berstatus aktif. Nah, di kaki gunung ini Anda dapat menemukan sebuah desa adat bernama Desa Marikurubu yang tetap memegang adat istiadat mereka.

Jika Anda pergi ke gunung ini pada bulan April, maka Anda berkesempatan untuk menyaksikan Festival Legu Gam. Festival ini merupakan salah satu tradisi rutin masyarakat Gamalama dan warisan dari nenek moyang berupa ritual tradisional dengan mengitari Gunung Gamalama sambil mengunjungi beberapa tempat dan makam keraman. Menarik bukan?

5. Masjid Wapauwe

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Evani Tama Rumiris M. (@evanitama) on

Kembali ke Ambon, Anda dapat berwisata religi ke masjid tua Wapauwe yang terletak di dekat Gunung Wawane sebelah utara Kota Ambon.

Masjid  ini dikenal sebagai salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia karena telah dibangun sejak tahun 1414. Masjid ini menjadi saksi sejarah dari perkembangan islam selama abad ke 14 di Maluku sebelum kedatangan Portugis pada Tahun 1512.

Masjid ini tergolong kecil, karena hanya memiliki luas sekitar 10×10 meter saja. Di Masjid Wapauwe terdapat 4 pilar utama yang terbuat dari kayu ulin atau orang lokal setempat menyebutnya sebagai kayu nani hitam.

6. Danau Tolire

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rental Mobil IndonesiA (@wisata_murah_indonesia) on

Wisata Maluku selanjutnya adalah Danau Tolire yang terletak di selatan Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Maluku Utara. Danau ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate.

Danau Tolire memiliki 2 bagian, yaitu Danau Tolire Kecil dan Danau Tolire Besar yang terpisah hanya sekitar 200 m. Danau Tolire besar mempunyai bentuk seperti loyang raksasa dengan kedalaman 50 meter dan luas sekitar 5 hektar. Ini termasuk salah satu danau terindah yang ada di Maluku terutama Maluku Utara.

Terdapat hal unik di danau ini, yaitu ketika Anda melemparkan sesuatu ke danau, benda tersebut tidak akan pernah menyentuh air yang ada di permukaan. Hmm, apakah Anda percaya?

7. Pantai Sulamadaha

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yudith Pratama (@udtdurst) on

Wisata selanjutnya di Ternate adalah Pantai Sulamadaha yang merupakan salah satu pantai terkenal di Kota Ternate. Sesuai namanya pantai ini terletak di Desa Sulamadaha. Pantai ini terkenal dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih seperti kaca. Pantai ini berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Ternate, hal menarik yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah diving menikmati surga bawah laut dan bermain air atau berenang.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Medan Yang Akan Memesona Anda

8. Pantai Natsepa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by IG Arthana Bendesa (@igabendesa) on

Kembali berwisata pantai di Ambon ada Pantai Natsepa yang berlokasi di Kecamatan Salahutu. Hal menarik yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah berkeliling dengan perahu-perahu yang disewakan. Di pantai ini Anda juga dapat menikmati kuliner khas daerah seperti rujak khas Natsepa.

9. Benteng Oranye

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anggia Quamella Hanovi (@anggiaquamella) on

Benteng Oranye adalah wisata sejarah yang dapat Anda kunjungi ketika ke Ternate. Dibangun pada tahun 1607 oleh pemerintahan kolonial Belanda benteng Oranye dijadikan sebagai markas besar VOC sebelum dipindahkan ke Jakarta pada tahun 1619.

Dulunya Benteng Oranye ini juga digunakan sebagai kediaman gubernur Belanda di Ternate. Saat ini Benteng Oranye masih digunakan sebagai markas tentara dan polisi di Indonesia, tetapi wisatawan masih diizinkan untuk melihat kemegahan benteng Belanda ini. Pastikan berkunjung kesini ya.

10. Pulau Halmahera

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Traveloka Indonesia (@traveloka) on

Tempat wisata istimewa lainnya dari Kepulauan Maluku adalah wisata Pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesar di Provinsi Maluku Utara, pulau ini memiliki luas sekitar 17.780 meter persegi.

Budaya di Pulau Halmahera sangat unik karena penduduknya merupakan campuran dari beberapa etnis seperti etnis dari bangsa Portugis, Gujarat, Arab, Malaysia, hingga Belanda. Banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan di pulau ini, jadi tunggu apa lagi.

11. Kepulauan Kei

 

View this post on Instagram

 

A post shared by CV Persada Nusantara Utama (@pikniknusantara) on

Kei adalah nama sebuah kepulauan yang sangat cantik di Maluku Tenggara. Indonesia Timur memang sudah banyak berbenah untuk memamerkan keindahan pantai dan pulau-pulau eksotis. Pulau Kei punya banyak pantai dengan pasir selembut bedak. National Geographic pernah menobatkan pasir pantai di Pulau kei adalah yang terlembut di dunia.

Di Pulau Kei Kecil, garis pantai membentang hingga 3,5 kilometer. Lautnya tenang dengan warna biru pristine kehijauan. Kei adalah destinasi impian bagi para pecinta pantai. Biota lautnya juga masih terjaga alami. Gugusan pulau kecilnya sungguh menggoda untuk dikunjungi.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata Maluku yang bisa Anda jelajahi. Jadi, kapan pergi ke Maluku?

Baca Juga:  Bangka Belitung, Pesona Wisata Alam Khas Film Laskar Pelangi

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here