12 Keunikan Negara Jepang di Mata Wisatawan 5/5 (1)

0
384
12 Keunikan Negara Jepang di Mata Wisatawan - ©theculturetrip.com

Nongki.net – Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah Asia Timur atau ujung barat Samudera Pasifik. Secara geografis negara Jepang berbatasan laut dengan China, Korea dan Rusia. Secara ekonomi, Jepang termasuk salah satu negara maju yang disokong oleh kecanggihan dunia teknologi dan industrinya. Namun ternyata dibalik kemajuannya, negara Jepang menyimpan banyak sekali keunikan tersendiri yang menarik para wisatawan.

Bagi para pelancong mancanegara, Jepang selalu memiliki reputasi yang baik atas budaya serta tradisinya yang unik. Sebagai negara kepulauan yang memiliki sejarah isolasi yang panjang, Jepang masih menyimpan banyak aspek tradisi dan budaya yang tidak terpengaruh oleh dunia luar. Hal ini justru semakin menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Maka tidak mengherankan jika Jepang, menjadi salah satu destinasi liburan yang cukup populer di dunia berkat keunikannya.

Pada artikel kali ini, Nongki.net telah merangkum dari beberapa sumber mengenai 12 keunikan yang hanya dimiliki oleh negara Jepang. Bagi Anda yang berencana pergi berlibur ke Jepang dalam waktu dekat, maka Anda wajib mengetahui beberapa keunikan berikut. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  Jewel Bandara Changi: Kebanggaan Baru Wisata Singapura

1. Agama Shinto

Keunikan Agama Shinto yang sulit dialih bahasakan - ©theculturetrip.com
Keunikan Agama Shinto yang sulit dialih bahasakan – ©theculturetrip.com

Secara umum, Shinto dianggap sebagai agama asli negara Jepang dan telah menjadi agama resmi di Jepang. Namun sebagian besar penduduk lokal Jepang akan menyangkal dan tidak mengakui tentang konsep tentang agama sama sekali. Meski demikian, tradisi dan festival shinto telah memainkan peran yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang.

Di Kyoto saja, terdapat lebih dari 400 kuil Shinto yang didedikasi untuk berbagai Kami atau Dewa. Keunikan yang dimiliki oleh Shinto adalah mulai dari proses terbentuknya, prosesi upacara-upacara serta ajaran-ajarannya yang begitu rumit. Banyak sekali istilah-istilah dalam agama Shinto yang sulit untuk dialih bahasakan ke bahasa lain. Oleh karena itu, Agama Shinto menjadi tidak berkembang dan hanya dianut oleh penduduk asli, keturunan Jepang dan segelintir orang yang mempelajari Shinto.

2. Konsep Customer Service

Kaunikan Konsep Layanan Customer Service di Jepang - ©theculturetrip.com
Kaunikan Konsep Layanan Customer Service di Jepang – ©theculturetrip.com

Salah satu keunikan negara Jepang lainnya adalah dalam bidang industri pelayanan atau customer service. Jepang memiliki dan menjungjung tinggi standar layanan prima. Dalam industri pelayanan, penduduk Jepang tidak mengharapkan timbal balik berupa uang tip. Bahkan ketika berada di Jepang Anda tidak perlu mengucapkan terima kasih kepada para pelayan baik di hotel maupun restoran. Bagi mereka, memberikan pelayanan hanya dianggap sebagai melakukan pekerjaan saja dan bukan hal yang herus diapresiasi.

Mengucapkan terima kasih mungkin masih dapat dimaklumi meskipun mereka akan merasa canggung untuk membalasnya. Anda dapat membungkukkan badan sebagai ungkapan terima kasih kepada mereka yang telah membantu Anda.

3. Baju Tradisional Kimono

Baju Tradisional Kimono Jepang - ©theculturetrip.com
Baju Tradisional Kimono Jepang – ©theculturetrip.com

Pakaian tradisional kimono adalah salah satu hal keunikan lain yang membedakan Jepang dari negara-negara lainnya. Meskipun industri mode di Jepang sudah sangat berkembang namun masih banyak penduduk setempat yang mengenakan pakaian tradisional kimono di beberapa acara khusus, seperti wisuda, pernikahan dan acara festival.

Tidak hanya wanita, pria pun memiliki pakaian kimono namun dengan beberapa perbedaan. Seperti terlihat dari corak dan warnanya. Kimono pria biasanya memiliki warna-warna yang lebih gelap yaitu hijau tua, coklat tua, biru tua dan hitam. Sedangkan kimono wanita memiliki warna yang lebih beragam tergantung dari acara yang akan dihadiri seperti warna hitam, berwarna-warni yang cerah, merah muda, biru, kuning, dan lainnya.

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Wisata Ke India

4. Anime dan Manga

Anime dan Manga - ©theculturetrip.com
Anime dan Manga – ©theculturetrip.com

Astro Boy yang ditulis pada tahun 1950-an adalah salah satu manga pertama di dunia. Beberapa dekade kemudian, muncul tokoh manga dan anime lainnya yang diciptakan oleh industri kreatif di Jepang. Hingga kini Jepang menjadi salah satu negara pengekspor manga dan anime paling ikonik di dunia. Siapa yang tidak mengenal Doraemon, Pokemon, Digimon, One Piece, Naruto? Semua manga dan anime tersebut diciptakan oleh negara Jepang.

Semakin terkenalnya tokoh manga dan anime tersebut, membuat banyak para penggemar ingin pergi dan mengunjungi Jepang secara langsung. Manga dan anime Jepang telah memiliki pengaruh yang kuat pada seni buku komik serta film bukan hanya bagi negara tetangganya yaitu Korea Selatan dan China, tetapi juga ke seluruh penjuru dunia.

5. Geisha, Geiko, Hangyoku dan Maiko

Perbedaan istilah Geisha, Geiko, Hangyoku dan Maiko - ©theculturetrip.com
Perbedaan istilah Geisha, Geiko, Hangyoku dan Maiko – ©theculturetrip.com

Mungkin Anda telah familiar mendengar kata Geisha. Padahal selain itu geisha memiliki istilah nama lain yaitu geiko, hangyoku dan maiko. Geisha adalah wanita penghibur profesional, meskipun para sejarawan percaya bahwa geisha pertama adalah seorang pria. Para wanita ini menghibur siapa saja yang mampu membayar layanan mereka dengan melakukan percakapan, pertunjukan tari, pesta dan makan malam di restoran kelas atas.

Geiko adalah istilah geisha yang digunakan di wilayah Kansai. Sedangkan maiko adalah istilah yang digunakan untuk geisha pemula. Istilah maiko juga hanya digunakan di wilayah Kyoto. Sedangkan Hangyoku adalah istilah geisha pemula atau magang dan hanya digunakan di wilayah Tokyo. Meskipun memiliki nama yang berbeda-beda namun pada intinya mereka adalah sama yaitu wanita pekerja seni atau penghibur.

6. Hidangan Masakan Jepang

Hidangan Masakan Jepang - ©theculturetrip.com
Hidangan Masakan Jepang – ©theculturetrip.com

Keunikan lain di mata para wisatawan tentang Jepang adalah hidangan masakannya. Anda mungkin telah mengenal dan mencicipi sushi, miso dan edamame (kedelai) di beberapa restoran Jepang. Namun selain itu semua, Jepang masih banyak memiliki hidangan dan menu lain yang siap untuk menggoyang lidah Anda.

Bagi Anda para pecinta kuliner, ketika pergi berlibur ke Jepang mungkin Anda harus mencicipi menu istimewa lainnya yaitu bernama Natto. Natto adalah salah satu hidangan tradisional khas Jeapng yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan bakteri Bacillius subtilis. Menu kaya protein dan probiatik tinggi ini biasanya disajikan sebagai hidangan sarapan. Tidak semua orang yang pernah mencoba menu ini menyukai Natto. Hal ini dikarenakan memiliki aroma yang kuat, serta teksturnya yang licin. Apakah Anda tertarik mencobanya?

7. Gerakan Membungkuk

Gerakan Khas Membungkuk - ©theculturetrip.com
Gerakan Khas Membungkuk – ©theculturetrip.com

Jika India memiliki gerakan goyangan kepala yang khas, maka negara Jepang memiliki gerakan yang juga unik yaitu membungkuk. Gerakan membungkuk ini digunakan sebagai ungkapan terima kasih hingga meminta maaf tanpa perlu berkata-kata. Sejak usia muda, para orang tua telah mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang gerakan membungkuk ini.

Ketika Anda pergi berlibur ke Jepang, usahakan mengikuti gerakan membungkuk ini ketika berinteraksi dengan penduduk lokal sebagai sopan santun dan penghormatan terhadap budaya mereka.

8. Seni Gulat Sumo

Seni Gulat Sumo - ©theculturetrip.com
Seni Gulat Sumo – ©theculturetrip.com

Sumo adalah seni gulat yang unik dan khas dari Jepang. Berdasarkan sejarahnya, gulat sumo ini telah dimulai pada ratusan tahun lalu sejak periode Edo di Jepang. Meskipun asal-muasal permulaan sumo ini mungkin telah ada lebih jauh lagi sebagai salah satu ritual Shinto kuno di zaman dahulu.

Negara Jepang adalah satu-satunya negara di mana gulat sumo menjadi sebuah pertunjukan yang benar-benar menarik perhatian. Dan hanya di Jepang Anda akan menyaksikan pertandingan gulat sumo yang dipraktikan oleh para pegulat profesional. Maka tidak mengherankan jika para wisatawan rela pergi ke Jepang hanya untuk menyaksikan secara langsung pertandingan unik ini dengan mata mereka sendiri.

Baca Juga:  13 Tempat Wisata Favorit Di Korea Selatan

9. Tatami

Tikar Tatami - ©theculturetrip.com
Tikar Tatami – ©theculturetrip.com

Keunikan negara Jepang yang lain adalah Tatami. Tatami adalah sebuah tikar tradisional yang dipasang di sebuah ruangan tertentu di dalam rumah. Tatami tradisional biasanya terbuat dari rangkaian jerami yang ditenun membentuk tikar. Berdasarkan sejarahnya, tatami hanya digunakan oleh orang kelas atas dan kaum bangsawan sejak periode Heian. Dalam perkembangannya, pada periode awal Edo, tikar tatami mulai digunakan juga oleh masyarakat umum.

Menurut penduduk lokal, tikar tatami digunakan sebagai alas duduk yang nyaman dan biasanya dipasang di ruang teh, restoran tradisional serta ryokan (penginapan). Mereka akan menerapkan biaya perawatan tatami yang tinggi agar tidak cepat rusak. Bahkan mereka juga akan mengganti tikar tatami dari waktu ke waktu jika sudah usang.

10. Upacara Minum Teh

Budaya unik ritual minum teh - ©theculturetrip.com
Budaya unik ritual minum teh – ©theculturetrip.com

Terdapat salah satu budaya yang khas dan unik di Jepang yaitu upacara minum teh. Upacara minum teh ini telah diperkenalkan di Jepang oleh para biarawan China lebih dari 1.000 tahun yang lalu. Setelah berabad-abad berikutnya, upacara minum teh di Jepang telah mengalami perpaduan menjadi seni minum teh yang unik dan menarik.

Upacara minum teh ini merupakan ritual tradisional Jepang dalam menyambut tamu. Dan biasanya dihidangkan di luar ruangan yang disebut nodate. Tuan rumah bukan hanya bertanggung jawab menyeduh teh tetapi juga hingga pemilihan gambar mangkuk keramik yang disesuaikan dengan musim serta status tamu yang akan berkunjung.

11. Mesin Pachinko

Mesin Slot Pachinko sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru negeri - ©theculturetrip.com
Mesin Slot Pachinko sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru negeri – ©theculturetrip.com

Pachinko adalah sejenis mesin slot yang ditemukan di Jepang sejak tahun 1920-an. Pachinko agak sedikit berbeda dengan permainan mesin slot pada umumnya. Jika mesin slot yang lain berusaha untuk menemukan rangkaian gambar yang cocok dan sama, Pachinko adalah mesin slot yang mengharapkan bola logam yang meluncur dan jatuh ke hadiah yang diinginkan.

Jika Anda pergi berlibur ke Jepang, Anda mungkin akan dengan mudah menemukan mesin Pachinko di seluruh penjuru negeri. Masyarakat lokal sangat gemar bermain permainan mesin ini. Anda juga tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan hanya sebagai hiburan.

12. Festival Kawaii

Festival Kawaii telah menyebar ke beberapa negara - ©theculturetrip.com
Festival Kawaii telah menyebar ke beberapa negara – ©theculturetrip.com

Tidak ada satu tempat pun di bumi ini yang menghargai “kelucuan” seperti halnya negara Jepang. Kawaii dalam bahasa Inggris berarti Cute atau lucu dan imut dalam bahasa Indonesia. Maskot, ikon budaya, manga, anime, hingga benda-benda imut lainnya akan dipamerkan pada festival ini. Kawaiiness adalah salah satu festival atribut yang sangat di gemari di Jepang.

Bahkan dalam perkembangannya virus Kawaiiness ini juga sudah menyebar ke berbagai negara dengan menyelenggarakan festival di negara setempat seperti Jerman.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Gratis Saat Liburan Ke Jepang

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini