12 Tips Liburan Seru Saat Puasa Ramadan

0
439
12 Tips Liburan Seru Saat Puasa Ramadan - ©davestpay.com
12 Tips Liburan Seru Saat Puasa Ramadan - ©davestpay.com

Nongki.net – Liburan saat bulan Ramadan bukanlah hal yang tidak mungkin. Meskipun puasa, Anda tetap bisa jalan-jalan seru ke berbagai tempat yang Anda inginkan. Liburan saat puasa memang telah menjadi pilihan bagi sebagian orang, karena pada bulan Ramadan ini tak jarang beberapa kantor dan instansi memberikan jatah libur kepada karyawannya.

Biasanya orang malas untuk bepergian saat menjalani puasa di bulan Ramadan. Berbagai alasan pun dilontarkan, namun yang paling besar adalah alasan stamina karena harus menahan dan haus terutama di siang hari yang terik. Selain itu ada juga yang beranggapan bahwa liburan di bulan puasa akan menjadikan ibadah wajib ini menjadi tidak fokus.

Jika selama ini Anda terhalang liburan ketika puasa karena alasan di atas, maka Anda harus membaca artikel ini hingga selesai. Nongki.net akan memberikan tips bagaimana mensiasati liburan di bulan Ramadan agar tetap seru dan asik. Tentunya tanpa mengurangi nilai ibadah yang didapatkan.

Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya. Biar Anda tidak lagi galau merencanakan liburan saat bulan puasa Ramadan!

Baca Juga:  VIDEO: Tips Liburan Hemat Ke Korea Selatan

1. Rencanakan Liburan Secara Matang di Bulan Ramadan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan liburan Anda secara matang saat bulan Ramadan. Matang di sini berarti Anda harus tahu secara detail tempat yang akan dikunjungi mulai dari rumah makan halal, budaya hingga lokasi masjid terdekat dengan destinasi wisata yang Anda pilih.

Jika itu semua sudah terpenuhi berarti Anda akan nyaman berlibur sambil menjalankan ibadah puasa. Anda juga harus menyusun itinerary sebelum berlibur. Pasalnya Anda harus menyesuaikan waktu antara menikmati liburan dan membeli souvenir dengan ibadah.

2. Mengetahui Waktu Sahur dan Berbuka Puasa

Waktu yang ditunggu-tunggu saat puasa adalah saat berbuka dan sahur. Oleh karena itu, sebelum Anda pergi berlibur, Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu waktu berbuka dan sahur di tempat wisata yang akan dikunjungi. Sebab bisa jadi Anda berlibur ke tempat wisata yang memiliki perbedaan zona waktu dengan tempat Anda tinggal.

Selain mencari dan mengunduh jadwal puasa dari internet, Anda juga dapat menginstall aplikasi handphone yang dapat mengingatkan Anda tentang jadwal puasa.

Baca Juga:  5 Tips Sebelum Liburan Ke Mancanegara Pertama Kali

3. Pilih Destinasi Liburan Ramah Muslim

Memilih tempat berlibur saat puasa adalah salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda salah memilih tempat liburan yang akan menyebabkan ibadah puasa Anda batal.

Memilih destinasi liburan yang ramah muslim akan cocok bagi Anda yang akan traveling sembari berpuasa. Tempat ibadah mudah ditemukan, makanan halal berlimpah hingga tempat makan yang dibuka saat sahur akan membuat ibadah puasa Anda tetap lancar. Jangan sampai mengunjungi tempat wisata yang tidak mendukung Anda berpuasa ya!

4. Hindari Aktivitas Berlebihan

Puasa bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga, karena saat puasa pun Anda tetap dianjurkan untuk berolahraga namun porsinya sedikit dikurangi. Jadi jika Anda ingin traveling ketika bulan Ramadan pilihlah kegiatan yang ringan. Anda dapat berkunjung ke ibadah bersejarah, museum, galeri seni, hingga berbelanja. Selain menyenangkan, wisata religi juga dapat menambah ilmu pengetahuan Anda dan tentunya memperdalam agama.

Jika Anda menginginkan kegiatan ekstrim seperti naik gunung, berselancar, arung jeram, dan berenang di pantai, sebaiknya ditunda terlebih dahulu setelah lebaran.

5. Memilih Tempat Wisata

Meski puasa tidak menghentikan traveling, ini bukan berarti aktivitas yang dilakukan sama persis ketika tidak puasa. Anda tetap harus membatasi, salah satunya dengan mengurangi jumlah destinasi yang dikunjungi. Kalau tidak puasa Anda mendatangi 4 tempat wisata, ketika puasa batasi hanya 2 tempat saja. Tujuannya agar tidak banyak tenaga yang dikeluarkan dan puasa tetap terjaga.

6. Jangan Bawa Barang Terlalu Berat

Mau berlibur sudah pasti yang diperhatikan adalah barang bawaan. Barang bawaan seperti pakaian bikin tambah wisata Anda sempurna karena Anda dapat berfoto dengan kostum yang selaras dengan tempat wisata yang Anda pilih. Namun saat bulan Ramdhan sebaik barang bawaan Anda dikurangi agar tidak menambah beban Anda diperjalani yang berakibat Anda akan kelelahan

7. Siapkan Kebutuhan Pribadi

Tips wisata saat puasa berikutnya adalah siapkan kebutuhan pribadi yang sekitarnya dibutuhkan. Seperti peralatan mandi, obat-obatan ataupun suplemen vitamin. Namun tak hanya itu saja, jangan lupa untuk membawa perlengkapan shalat, Al Qur’an dan juga tasbih. Meskipun sedang berlibur, ibadah tentu saja menjadi hal utama yang tetap harus dilaksanakan.

Baca Juga:  Pesona Wisata Pulau Sentosa Singapura

8. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi saat Sahur

Dimulai dari saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi, kurangi teh yang bisa membuat Anda merasa haus, gantilah dengan madu yang akan memberikan energi. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin, tujuannya untuk menjaga stamina Anda selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan. Jadi Anda tetap sehat dan bugar selama mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah dijadwalkan.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Setelah asupan gizi dan nutrisi terpenuhi, Anda juga harus mencukupi cairan dalam tubuh. Ketika buka puasa, Anda bisa meminum 4 gelas air putih dan 4 gelas sisanya Anda bisa meminumnya ketika sahur. Memperbanyak minum air putih ketika sahur sangatlah penting, karena untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

10. Destinasi Wisata Di Malam Hari

Traveling saat puasa juga nggak harus dilakukan pada siang hari loh. Di berbagai daerah atau bahkan jika Anda kebetulan berliburan ke luar negeri, justru malam hari suasananya makin hidup dan disitulah keseruan berlibur ketika puasa. Biasanya selepas shalat tarawih, masyarakat berduyun-duyun ke satu lokasi dan saat itulah acara baru dimulai. Dalam kesempatan tersebut, Anda bisa sekalian berwisata kuliner lokal sambil menikmati suasana malam hari saat bulan Ramadan.

11. Istirahat yang Cukup

Sebelum melakukan aktivitas dan kegiatan liburan pada saat puasa, ada baiknya Anda memastikan diri untuk beristirahat dengan baik dan cukup. Karena hal ini dapat membantu daya tahan tubuh. Ketika Anda bangun tubuh akan merasa lebih segar, fresh dan ringan sehingga siap untuk melakukan aktivitas liburan di saat puasa.

12. Unduh Aplikasi Adzan

Aplikasi adzan sangat diperlukan untuk menunjang perjalananmu di bulan Ramadan. Hal itu juga dapat mengantisipasi jika kota atau negara yang Anda tuju memiliki perbedaan waktu dengan waktu buka puasa di Indonesia. Selamat Berpuasa

Baca Juga:  Sifat dan Karakter Manusia Berdasarkan Golongan Darah

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini