14 Tips Melewati Keamanan Imigrasi Dengan Lancar 5/5 (1)

0
463
14 Tips Melewati Keamanan Imigrasi Dengan Lancar - ©cathaypacific.com

Nongki.net – Traveling dengan menggunakan pesawat memang menyenangkan. Selain cepat, anda juga dapat duduk dengan nyaman dan disediakan berbagai fasilitas hiburan serta makanan. Namun sebelum memasuki pesawat, Anda pasti melalui prosedur pemeriksaan keamanan oleh pihak imigrasi di bandara. Biasanya terdapat 2 tahap pengecekan oleh petugas imigrasi.

Bukan hanya bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat, orang yang telah sering menggunakan pesawat pun terkadang pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan saat dilakukan pengecekan barang-barang oleh petugas imigrasi. Tentu kejadian ini bisa menjadi pembelajaran untuk perjalanan berikutnya. Namun ada juga yang menjadikan pengalaman tersebut sebagai suatu hal yang menakutkan.

Nah bagi Anda yang ingin melewati keamanan imigrasi atau airport check in dengan lancar, berikut Nongki.net rangkum 14 tips dari berbagai sumber. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang kami berikan agar penerbangan Anda menjadi perjalanan yang menyenangkan. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

1. Perhatikan Barang-barang yang Ingin Dibawa

Perhatikan Barang-barang yang Ingin Dibawa - Nongki.net
Perhatikan Barang-barang yang Ingin Dibawa – Nongki.net

Aturan pertama apabila Anda ingin melewati keamanan imigrasi dengan lancar adalah dengan mengikuti peraturan yang dimiliki oleh pihak bandara. Anda perlu memperhatikan barang-barang yang akan Anda bawa, baik dari jenisnya, ukuran, jumlah dan batasan.

Anda harus memilah barang apa saja yang harus di bawa. Pertama adalah barang yang diperlukan untuk bertahan hidup. Kedua adalah barang yang akan menjadi kebutuhan Anda sehari-hari. Dan ketiga adalah barang yang tidak tersedia di lokasi liburan.

Jika Anda ragu dan mempertanyakan sesuatu barang untuk dikemas, maka jangan bawa barang tersebut. Anda lebih baik mengantisipasi dari pada Anda menyesal kemudian. Jika barang tersebut tersedia di tempat liburan, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat membelinya setelah tiba di lokasi.

Baca Juga:  5 Tips Agar Berita Hoax Tidak Menyebar

2. Ketahui Benda-benda Yang Tidak Bisa Dibawa

Ketahui Benda-benda Yang Tidak Bisa Dibawa - Nongki.net
Ketahui Benda-benda Yang Tidak Bisa Dibawa – Nongki.net

Sebelum Anda pergi ke bandara, Anda perlu mengetahui benda-benda apa saja yang dilarang dan yang membuat Anda kesulitan untuk melewati keamanan imigrasi. Seperti memakai tidak menggunakan aksesoris yang mengandung logam. Jam tangan, ikat pinggang, koin dan aksesoris lainnya harus Anda lepas terlebih dahulu saat melewati petugas imigrasi. Hindari juga benda-benda mengandung cairan atau gel.

Jika Anda memang membutuhkan untuk membawa barang-barang tersebut, maka sebaiknya diletakan di bagasi. Namun perlu diingat, jangan menaruh barang-barang berharga dan bernilai mahal di bagasi.

Jika detektor logam berbunyi atau petugas melihat ada barang cair, maka terpaksa Anda harus diperiksa ulang. Bahkan bisa jadi Anda harus merelakan benda-benda tersebut untuk disita atau dibuang.

3. Siapkan Paspor dan Tiket Anda

Siapkan Paspor dan Tiket Anda - Nongki.net
Siapkan Paspor dan Tiket Anda – Nongki.net

Siapkan paspor dan tiket atau boarding pass Anda sebelum melewati petugas keamanan imigrasi. Anda dapat menyimpannya di tas kecil yang mudah dijangkau atau Anda pegang selama mengantri. Dokumen tersebut digunakan untuk memastikan bahwa memang diri Anda sendiri yang akan melakukan penerbangan.

4. Selalu Membaca dan Mengikuti Peraturan yang Berlaku

Selalu Membaca dan Mengikuti Peraturan yang Berlaku - Nongki.net
Selalu Membaca dan Mengikuti Peraturan yang Berlaku – Nongki.net

Ketika telah sampai di bandara, terdapat banyak sekali rambu-rambu dan petunjuk. Jika Anda belum memahaminya Anda dapat membaca peraturan tersebut atau bertanya kepada petugas bandara. Pastikan untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku. Seperti tidak melewati garis batas kuning saat mengantri di imigrasi.

Dan persiapkan apa pun yang memang dibutuhkan oleh imigrasi. Para pelancong yang berpengalaman biasanya akan merasa jengkel jika ada yang belum mempersiapkan dokumen-dokumen. Karena hal ini akan memperlambat antrian mereka.

5. Simpan Segera Dokumen Anda Setelah Diperiksa

Simpan Segera Dokumen Anda Setelah Diperiksa - Nongki.net
Simpan Segera Dokumen Anda Setelah Diperiksa – Nongki.net

Setelah Anda lolos dari pemeriksaan keamanan, Anda harus segera menyimpan kembali dokumen-dokumen penting Anda di tempat yang aman, seperti di dalam tas. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan dari hilangnya dokumen penting tersebut. Karena dokumen tersebut akan diperiksa kembali setelah Anda tiba di bandara tujuan.

Baca Juga:  Ingin Mencoba Solo Traveler? Kenapa Tidak!

6. Lepaskan Segera Barang Yang Diperlukan

Lepaskan Segera Barang Yang Diperlukan - Nongki.net
Lepaskan Segera Barang Yang Diperlukan – Nongki.net

Jika Anda masih memakai ikat pinggang dan jam tangan, maka Anda harus segera melepaskan dan menyimpannya di dalam wadah yan telah disediakan. Terutama benda-benda yang mengandung logam dan cairan.

Beberapa bandara juga akan memeriksa perangkat elektronik seperti laptop ataupun power bank. Jika perangkat tersebut telah mendapat label dan diizinkan untuk dibawa, jangan lepas label tersebut hingga bandara tujuan.

7. Gunakan Sepatu yang Mudah Dilepas dan Nyaman

Gunakan Sepatu yang Mudah Dilepas dan Nyaman - Nongki.net
Gunakan Sepatu yang Mudah Dilepas dan Nyaman – Nongki.net

Beberapa bandara akan mewajibkan calon penumpang untuk melepas sepatu mereka. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan sepatu yang mudah di lepas namun tetap nyaman di pakai. Hal ini dikarenakan agar Anda tidak perlu berjongkok saat melepas sepatu. Dan sepatu tetap nyaman digunakan saat melakukan antrian yang cukup panjang.

8. Lepaskan Semua Pakaian yang Tidak Diperlukan

Lepaskan Semua Pakaian yang Tidak Diperlukan - Nongki.net
Lepaskan Semua Pakaian yang Tidak Diperlukan – Nongki.net

Tanggalkan semua pakaian dan aksesoris kain lainnya seperti jaket dan topi saat melakukan pengecekan keamanan oleh petugas imigrasi. Anda tetap akan bisa memakainya kembali setelah lolos melewati pemeriksaan.

9. Tetap Tenang Sebelum Penerbangan

Tetap Tenang Sebelum Penerbangan - Nongki.net
Tetap Tenang Sebelum Penerbangan – Nongki.net

Lupakan sejenak tentang pekerjaan Anda, tagihan, atau apapun yang dapat membuat Anda stres. Sebaliknya, Anda dapat memikirkan petualangan dan berapa lama liburan yang akan Anda jalani. Hal ini bertujuan agar pikiran Anda tetap tenang selama penerbangan.

10. Jangan Takut dengan Petugas Keamanan

Jangan Takut dengan Petugas Keamanan - Nongki.net
Jangan Takut dengan Petugas Keamanan – Nongki.net

Bersikap sopan dan hormat serta melakukan apa yang diperintahkan. Ingat, jika Anda tidak memiliki sesuatu yang ilegal, Anda tidak perlu takut dan gugup. Petugas keamanan bandara bertugas untuk memastikan keselamatan Anda, bukan untuk menakut-nakuti.

Baca Juga:  5 Tips Sebelum Liburan Ke Mancanegara Pertama Kali

11. Jangan Gugup

Jangan Gugup - Nongki.net
Jangan Gugup – Nongki.net

Melangkah melalui detektor logam setelah petugas melambaikan tangan kepada Anda. Jika Anda dipilih untuk melakukannya sekali lagi, Anda tidak perlu gugup. Segera lakukan perintah yang diberikan. Apabila Anda memiliki perhiasan atau tindikan yang tidak dapat dilepaskan, Anda dapat memberitahukan kepada petugas.

12. Cobalah untuk Tidak Terlalu Stres

Cobalah untuk Tidak Terlalu Stres - Nongki.net
Cobalah untuk Tidak Terlalu Stres – Nongki.net

Stres hanya akan membuat Anda terlihat mencurigakan seolah-olah Anda menyembunyikan sesuatu. Untuk itu cobalah untuk tidak terlalu stres saat di bandara.

13. Jangan Sungkan Meminta Bantuan

Jangan Sungkan Meminta Bantuan - Nongki.net
Jangan Sungkan Meminta Bantuan – Nongki.net

Jika ini adalah penerbangan pertama Anda dan Anda belum mengerti. Mintalah bantuan kepada petugas keamanan. Mereka kemungkinan besar akan membantu dan menolong Anda dengan cara apapun. Anda hanya perlu meyakinkan diri Anda bahwa Anda memang tidak membawa sesuatu apapun yang membahayakan.

14. Segera Simpan dan Kenakan Kembali Barang-barang Anda

Segera Simpan dan Kenakan Kembali Barang-barang Anda - Nongki.net
Segera Simpan dan Kenakan Kembali Barang-barang Anda – Nongki.net

Setelah Anda berhasil melewati logam detektor dan pemeriksaan petugas imigrasi. Langkah selanjutnya adalah segera simpan dan kenakan kembali barang-barang yang telah diperiksa sebelumnya. Pastikan bahwa semua barang bawaan Anda tidak ada yang tertinggal. Dan selamat menikmati penerbangan Anda!

Baca Juga:  12 Tips Liburan Seru Saat Puasa Ramadan

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini