15 Tempat Wisata Terbaik Indonesia Yang Mendunia 5/5 (3)

0
21
15 Tempat Wisata Terbaik Indonesia Yang Mendunia
15 Tempat Wisata Terbaik Indonesia Yang Mendunia

Nongki.net – Jika berbicara tentang Indonesia terutama dalam hal pariwisata tentu tidak akan ada habisnya. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.504 pulau, maka Indonesia menyimpan banyak sekali tempat wisata terbaik yang mendunia.

Terbentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki beragam jenis tempat wisata di berbagai penjuru. Mulai dari pantai, pulau, gunung, danau, hingga pemandangan bawah laut.

Tidak mengherankan jika jumlah kunjungan wisatawan di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya.

Disadur dari situs Kementerian Pariwisata Indonesia, periode Januari – Oktober 2019 jumlan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 13,62 juta kunjungan.

Jumlah tersebut naik sebesar 2,85% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit di dunia.

15 Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Paling Favorit Wisatawan Dunia di Indonesia

Dari ribuan tempat wisata di Indonesia, terdapat beberapa destinasi yang mendunia dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Hal ini dikarenakan tempat-tempat wisata tersebut menyimpan keunikan serta keindahan yang tidak dimiliki oleh wisata lainnya di dunia ini.

Pada kesempatan kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 15 tempat wisata di Indonesia paling terbaik dan telah mendunia. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Pulau Bali
  • Pulau Komodo
  • Raja Ampat
  • Candi Borobudur
  • Pulau Lombok
  • Gunung Bromo
  • Taman Nasional Bunaken
  • Danau Toba
  • Puncak Jayawijaya
  • Kawah Ijen
  • Gunung Kelimutu
  • Pulau Derawan
  • Gunung Kerinci
  • Green Canyon
  • Taman Nasional Bantimurung
Baca Juga:  5 Pantai Terbaik Untuk Dikunjungi di Mandalika Lombok

1. Pulau Bali

Pulau Bali adalah wisata Indonesia yang mendunia dan tersohor sejak dulu
Pulau Bali adalah wisata Indonesia yang mendunia dan tersohor sejak dulu

Kalian pasti sudah menyangka kalau Pulau Bali akan Nongki.net sebutkan dalam daftar ini,

Ya mengingat pulau yang satu ini sangat terkenal di dunia. Bagaimana tidak, Bali tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, tetapi juga kebudayaan serta keseniannya yang unik.

Perpaduan tersebut lah yang menjadikan Pulau Bali sebagai objek wisata utama di Indonesia terutama bagi wisatawan asing. Bahkan pada tahun 2016 lalu, tercatat ada sekitar 4,2 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini.
Berbagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Pulau Bali diantaranya Ubud, Pantai Kuta, Seminyak, Pura Bedugul, Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana (GWK Bali), dan masih banyak lagi.

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo menjadi habitat asli bagi ratusan ekor komodo
Pulau Komodo menjadi habitat asli bagi ratusan ekor komodo
Berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Komodo menjadi habitat asli bagi ratusan ekor komodo.
Pulau Komodo memiliki beberapa keunikan yaitu memiliki pantai yang pasirnya perwarna merah muda (pink) atau Pink Beach, dimana pantai seperti itu hanya ada 7 di dunia.
Tidak heran jika Pulau Komodo masuk ke dalam 7 keajaiban warisan alam dunia pada tahun 2012 lalu oleh organisasi New Seven Wonders Nature.

3. Raja Ampat

Raja Ampat masuk ke dalam daftar 10 perairan terbaik untuk diving site di dunia
Raja Ampat masuk ke dalam daftar 10 perairan terbaik untuk diving site di dunia
Kepulauan Raja Ampat merupakan serangkaian gugusan dari 4 pulau yang berlokasi di Provinsi Papua Barat. 4 pulau tersebut antara lain adalah Pulau Salawati, Pulau Misool, Pulau Watanta, dan Pulau Waigeo.
Keindahan Raja Ampat sudah tidak diragukan lagi, bahkan Raja Ampat masuk ke dalam daftar 10 perairan terbaik untuk diving site di dunia.
Tidak hanya indah, Raja Ampat juga memiliki ekosistem laut yang sangat kaya. Di perairan Raja Ampat terdapat lebih dari 100 jenis ikan karang, 700 jenis molusca, serta 540 jenis karang keras.

4. Candi Borobudur

Sebagai mahakarya seni rupa Budha, Candi Borobudur memiliki arsitektur yang rumit, unik serta indah
Sebagai mahakarya seni rupa Budha, Candi Borobudur memiliki arsitektur yang rumit, unik serta indah
Candi yang satu ini merupakan Candi Budha terbesar di dunia dengan luas 123 x 123 meter. Candi Borobudur sendiri terletak di Magelang, Jawa Tengah. Lebih tepatnya di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang.

Candi Borobudur dikelilingi oleh enam teras berbentuk bujur sangkar dengan 3 pelataran melingkar di atasnya. Candi ini memiliki total 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief pada dinding-dindingnya.

Sebagai mahakarya seni rupa Budha, Candi Borobudur memiliki arsitektur yang rumit, unik serta indah. Sehingga tak heran kalau turis asing yang datang ke Candi Borobudur mencapai 250.000 per tahunnya.

5. Pulau Lombok

Seperti halnya Bali, Pulau Lombok juga memiliki keindahan alam dan keunikan budaya
Seperti halnya Bali, Pulau Lombok juga memiliki keindahan alam dan keunikan budaya
Tidak kalah dengan Pulau Bali, Pulau Lombok rupanya juga sangat populer dan banyak menarik wisatawan, baik asing maupun domestik. Seperti halnya Bali, Pulau Lombok juga memiliki keindahan alam dan keunikan budaya.
Wisata alam yang ada di Pulau Lombok cukup banyak dan bervariasi, antara lain:
Pantai Senggigi, Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Dewi Selendang, Gunung Rinjani, Pantai Pink, Cakranegara, Sembalun, Tetebatu, Sentanu, Hutan Monyet Pusuk, dan masih banyak lagi.
Seperti yang sudah Nongki.net jelaskan di atas, Lombok juga memiliki budaya yang unik dan beragam, beberapa diantaranya adalah:
Pura Suranadi, Pura Linsar, Rambitan, Desa Sade, Masjid Bayan Beleq, Masjid Kuno Bilok Petung, Sukarara, Taman Narmada, Taman Mayura, serta Desa Banyumulek.
Baca Juga:  7 Tempat Wisata Berhantu di Bali. Berani Coba?

6. Gunung Bromo

Lautan pasir dan rerumputan serta udara yang dingin menjadi keunikan tersendiri bagi tempat wisata Gunung Bromo
Lautan pasir dan rerumputan serta udara yang dingin menjadi keunikan tersendiri bagi tempat wisata Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.329 meter ini sering dibilang sebagai iconnya Jawa Timur.

Gunung Bromo memang tidak setinggi gunung-gunung di Pulau Jawa lainnya, yang memiliki ketinggian lebih dari 3.000 meter. Tetapi pesonanya yang indah sudah didengar di mancanegara.

Lautan pasir dan rerumputan serta udara yang dingin menjadi keunikan tersendiri bagi Gunung Bromo.

Selain itu Gunung Bromo juga terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang indah, sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang datang dan rela begadang di Gunung Bromo untuk melihat matahari terbit (Sunrise) di Gunung Bromo dari ketinggian.

7. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang yang terkenal di seluruh dunia
Taman Nasional Bunaken menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang yang terkenal di seluruh dunia
Taman Nasional Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang.
Taman laut ini memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman mencapai 1.344 meter.
Dari 20 dive spot tersebut, 12 dive spot di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik dive spot inilah yang sangat sering dikunjungi oleh para penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

8. Danau Toba

Danau Toba adalah danau terbesar dan terdalam di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara
Danau Toba adalah danau terbesar dan terdalam di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara
Danau Toba adalah danau terbesar dan terdalam di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Danau ini memiliki ukuran panjang kurang lebih 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Di tengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.
Danau Toba juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Karena sebelumnya tempat dimana Danau Toba sekarang berada dulunya adalah Gunung Toba.
Letusan Gunung Toba konon merupakan letusan gunung terdasyat dalam sejarah umat manusia, dan letusan tersebut menghasilkan cekungan besar yang sekarang menjadi danau.
Danau Toba sendiri sudah sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara, dan menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

9. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya atau yang dikenal dengan Carstensz Pyramid adalah puncak tertinggi di Indonesia dan Australia
Puncak Jayawijaya atau yang dikenal dengan Carstensz Pyramid adalah puncak tertinggi di Indonesia dan Australia
Tidak banyak salju turun di wilayah tropis, tetapi setidaknya Indonesia punya satu tempat bersalju. Yap apalagi kalau bukan Puncak Jayawijaya.
Puncak Jayawijaya atau yang dikenal dengan Carstensz Pyramid adalah puncak tertinggi di Indonesia dan Australia.
Sayangnya ketebalan salju di Jayawijaya semakin menipis setiap tahunnya akibat pemanasan global.

10. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan tempat wisata terkenal baik Indonesia maupun di dunia karena kawah api biru
Kawah Ijen merupakan tempat wisata terkenal baik Indonesia maupun di dunia karena kawah api biru
Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di daerah Jawa Timur. Kawah Ijen ini terkenal dengan keindahan alamnya, baik oleh para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.
Nama Ijen sendiri mulai dikenal dunia sejak kedatangan 2 orang turis asal Perancis, yakni Nicolas Hulot bersama istrinya Katia Kraft, pada tahun 1971.
Mereka menuliskan kisah pesona Kawah Ijen beserta kisah kerasnya kehidupan penambaang bongkahan belerang di majalah Geo, Perancis. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan dan fotografer dunia untuk datang ke Kawah Ijen.
Baca Juga:  5 Surga Tersembunyi di Wisata Raja Ampat Papua

11. Gunung Kelimutu

Yang menarik dari Gunung Kelimutu adalah 3 buah danau kawah yang berbeda warna
Yang menarik dari Gunung Kelimutu adalah 3 buah danau kawah yang berbeda warna
Gunung Kelimutu adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.
Yang menarik dari gunung ini adalah 3 buah danau kawah yang berada di atasnya.
Tiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda-beda yakni merah, biru, dan putih sehingga danau-danau tersebut dikenal dengan danau 3 warna.
Keunikan itulah yang membuat wisatawan domestik maupun asing datang ke Gunung Kelimutu ini.

12. Pulau Derawan

Pulau Derawan mungkin bisa kita sandingkan dengan wisata Maldives yang terkenal di dunia
Pulau Derawan mungkin bisa kita sandingkan dengan wisata Maldives yang terkenal di dunia
Pulau Derawan mungkin bisa kita sandingkan dengan wisata Maldives yang terkenal. Pulau yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki air yang jernih serta pemandangan pulau yang memesona.
Selain itu, yang menjadi tujuan utama ketika datang ke Pulau Derawan adalah pemandangan taman lautnya yang terkenal sebagai spot wisata diving atau menyelam dengan kedalaman kurang dari 5 meter saja.
Di wisata Pulau Derawan terdapay sebuah batu karang di kedalaman 10 meter yang dijuluki sebagai Blue Trigger Wall.

13. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Sumatera dan gunung berapi di Indonesia
Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Sumatera dan gunung berapi di Indonesia
Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Sumatera. Gunung yang terletak di Provinsi Jambi ini juga dinobatkan sebagai gunung berapi paling tinggi di Indonesia.
Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3.805 meter di atas permukaan laut. Yang menjadikan gunung ini istimewa adalah pemandangan puncaknya yang memesona.
Anda dapat melihat suasana kota Jambi, Padang dan Bengkulu dari kejauhan. Bahkan Anda juga dapat menyaksikan samudera Hinda yang luas dan dapat terlihat dengan jelas.
Selain itu, kawah seluas Gunung Kerinci yang memiliki luas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Terdapat juga danau Bento di sebelah timur yang mempunyai rawa berair jernih tertinggi di Sumatra.
Kerinci juga sangat terkenal dengan keberadaan Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara. Terdapat juga beberapa danau kecil lain di sekitarnya dengan alamnya yang sangat indah.

14. Green Canyon

Jika Arizona Amerika Serikat memiliki Grand Canyon, maka di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat punya Green Canyon yang terkenal di dunia
Jika Arizona Amerika Serikat memiliki Grand Canyon, maka di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat punya Green Canyon yang terkenal di dunia
Jika Arizona Amerika Serikat memiliki Grand Canyon, maka di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat punya Green Canyon.
Green Canyon atau warga lokal menyebutnya dengan Cukang Taneuh ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1989.
Namun semakin populer semenjak seorang turis berkewarganegaraan Perancis datang pada tahun 1993 dan menyebutnya dengan nama Green Canyon.
Dinamakan Green Canyon karena kedua tebing yang mengapit sebuah sungai ditumbuhi oleh lumut sehingga berwarna hijau.
Selain itu, air sungai yang mengalir disini juga tampak berwarna hijau dan jernih. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung.
Salah satu kegiatan yang paling favorit di sini adalah menyusuri aliran sungai menggunakan sampan untuk menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit serta tebing berbatu.
Perjalanan menyusuri sungai ini akan menempuh waktu sekitar 30 – 45 menit dengan jarak sepanjang 3 kilometer.
Sampan yang digunakan biasanya akan diisi oleh 5 orang saja dengan biaya sewa sekitar Rp 75.000 saja.

15. Taman Nasional Bantimurung

Bantimurung-Bulusaraung (atau disingkat TN Babul) adalah sebuah taman nasional yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal di Dunia
Bantimurung-Bulusaraung (atau disingkat TN Babul) adalah sebuah taman nasional yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal di Dunia

Bantimurung-Bulusaraung (atau disingkat TN Babul) adalah sebuah taman nasional yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Wilayah yang memiliki luas sekitar 43.750 Hektar ini memiliki pesona pemandangan alam yang sangat indah.

Selain itu, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi ratusan spesies kupu-kupu yang terbang dan hidup secara bebas di habitat aslinya.

Sehingga tidak mengherankan jika Taman Nasional Bantimurung ini dijuluki sebagai The Kingdom of Butterflies atau dalam bahasa Indonesia adalah Kerajaan Kupu-kupu.

Tidak hanya itu saja, saat Anda mengunjungi taman nasional ini, Anda akan segera disambut dengan berbagai batuan raksasa yang berbentuk sangat unik.

Di sini juga terdapat sebuah sumber air yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau panjang menerpa. Sehingga tanaman akan selalu hijau dan tumbuh subur di wilayah ini.

Baca Juga:  Menyelami 5 Pesona Wisata Bawah Laut Ambon

Please rate this