Nongki.net – Malaysia adalah sebuah negara yang terkenal dengan tempat wisatanya yang beragam. Mulai dari pegunungan, pantai, hutan hujan tropis, taman nasional, makanan otentik, hingga kehidupan kota modern. Salah satu kota yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Malaysia adalah Putrajaya. Putrajaya merupakan kota yang terletak di sebelah selatan Kuala Lumpur. Meskipun ibu kota berada di Kuala Lumpur, namun Putrajaya dikenal sebagai pusat pemerintahan dari negara Malaysia. Selain itu, Putrajaya juga sangat populer dengan ragam tempat wisata terbaik yang menjadi daya tarik bagi para pelancong untuk datang ke Malaysia.

23 Ragam Wisata yang Wajib Dikunjungi di Putrajaya Malaysia

Terdapat banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Putrajaya. Sebagai pusat pemerintahan, tentu Anda akan menemukan gedung-gedung kementerian negara Malaysia yang memiliki arsitektur yang sangat megah di kota ini. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan merangkum 23 ragam tempat wisata dan atraksi terbaik yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke kota Putrajaya Malaysia. Tempat wisata mana saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Putrajaya International Hot Air Balloon Fiesta
  • Danau Putrajaya
  • Masjid Putra
  • Putra Perdana
  • Putrajaya Botanical Garden
  • Natural History Museum
  • Millenium Monument Malaysia
  • Putrajaya Water Sports Complex
  • Putrajaya Wetlands Park
Baca Juga:  Yuk Mampir ke 8 Tempat Wisata di Sepang Malaysia

1. Putrajaya International Hot Air Balloon Fiesta

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nurul Ain (@ainlampard) on

Putrajaya International Hot Air Balloon Fiesta adalah perjalanan penuh warna dengan banyak balon udara yang beterbangan di langit Putrajaya. Ini adalah sebuah festival kreatif demi menarik banyak para wisatawan untuk datang ke Malaysia khususnya Putrajaya. Di tahun 2019 ini, festival telah diadakan pada tangga 28 – 31 Maret dengan menghadirkan berbagai bentuk dan warna balon udara mulai dari yang berbentuk balon biasa hingga badut, robot, gajah, pohon, dan masih banyak lagi.

Malam hari adalah waktu paling sempurna untuk menikmati festival ini karena akan membuat malam semakin terang karena kilauan cahaya api yang dihasilkan oleh balon udara. Festival yang telah berlangsung selama 10 kali ini bisa Anda ikuti pada tahun-tahun berikutnya dengan melihat jadwal pada situs resmi berikut: https://www.myballoonfiesta.com/

2. Danau Putrajaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lim Chin Wei @ WEI (@itis_wei) on

Putrajaya adalah sebuah kota yang mengadopsi konsep kota taman yang didukung oleh jembatan raksasa, danau yang indah, serta arsitektur bangunannya yang cantik. Salah satu danau terbesar yang terdapat di wilayah ini bernama Danau Putrajaya dengan airnya yang jernih dan bersih. Danau yang terletak di jantung Putrajaya ini akan memukau siapa pun yang datang ke wilayah ini. Selain sebagai pendukung air bersih kota, salah satu manfaat lain dari danau ini adalah sebagai kegiatan rekreasi serta olahraga air.

3. Masjid Putra

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Claire (@khakilam) on

Masjid Putra adalah masjid paling besar di wilayah Putrajaya. Selain itu, Masjid Putra juga termasuk salah satu masjid dengan mahakarya arsitektur melayu kuno di Malaysia. Masjid ini banyak sekali menampilkan tentang sejarah dan tradisi dari Negara Malaysia. Memiliki kubah yang megah dan berwarna pink, masjid ini dilengkapi dengan 3 area utama yaitu ruang shalat, sahn, dan halaman masjid.

4. Putra Perdana

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Isabela (@forfusefuse) on

Putra Perdana adalah sebuah tempat yang digunakan sebagai kediaman resmi perdana menteri Malaysia. Bangunan ini sangat dipengaruhi kuat oleh gaya Melayu dan Islam yang terlihat dari tampilan 3 kubah utama di atasnya. Dari sekian banyak mahakarya arsitektur yang terdapat di Malaysia, Putra Perdana adalah salah satu yang terindah. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan bangunan yang terdiri dari 5 lantai ini adalah ketika malam tiba.

5. Putrajaya Botanical Garden

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ✈️☁️ (@izzzz.hunny) on

Putrajaya Botanical Garden adalah kebun raya terbesar di Negara Malaysia. Kebun raya Putrajaya ini akan memberikan Anda pengalaman yang menenangkan sekaligus menyegarkan pikiran. Jika Anda mencari salah satu tempat wisata yang cocok untuk keluarga, maka kebun raya ini adalah tempat yang terbaik. Putrajaya Botanical Garden merupakan rumah bagi 700 spesies tanaman yang berbeda dan tentu saja beberapa burung yang hidup bebas. Anda dapat berjalan-jalan di taman menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang sembari menikmati kesegaran udara yang menyehatkan paru-paru.

6. Natural History Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Me (@yatoot786) on

Jika Anda tidak ingin menghabiskan waktu liburan Anda dengan percuma, maka Anda dapat mengunjungi Natural History Museum. Museum ini menampilkan banyak sekali koleksi tentang tanaman, hewan, kehidupan laut, serta masih banyak lagi. Anda bisa mengunjungi museum ini bersama anak-anak Anda untuk mendapatkan pengalaman wisata sambil belajar yang akan dipandu melalui tur museum. Dalam bahasa lokal, museum ini juga dinamakan sebagai Museum Alam Semula Jadi di Putrajaya.

Baca Juga:  Angkor Wat: Wisata Kuno Yang Suci di Kamboja

7. Millenium Monument Malaysia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by jinane Edwards (@jinanekhazri) on

Millenium Monument adalah bagian penting dari pariwisata Putrajaya yang berbicara tentang sejarah Malaysia. Struktur bangunan yang menyerupai monumen Washington ini akan memberikan informasi kepada Anda tentang tonggak yang ingin dicapai oleh Negara Malaysia. Karena memiliki ragam bentuk yang unik, tempat wisata terbaik ini juga terkenal sebagai spot instagramable untuk berfoto selfie yang akan menghias galeri media sosial Anda.

8. Putrajaya Water Sports Complex

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Discover Malaysia (@malaysiayourshot) on

Jika Anda adalah seorang petualang yang ingin memacu adrenalin maka dapat pergi ke Putrajaya Water Sports Complex. Tempat ini akan memanjakan Anda untuk menikmati petualangan olahraga air yang menantang. Beberapa ragam kegiatan yang biasa dilakukan di sini diantaranya yaitu mendayung, berkayak, jet ski, dan lainnya. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan kolam renang bagi Anda yang hobi dengan olahraga berenang.

9. Putrajaya Wetlands Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @nikon_shooter_ on

Putrajaya Wetlands Park adalah sebuah lahan basah air tawar yang terbesar di daerah tropis. Lahan basah buatan ini adalah tempat pertama yang dibangun di Malaysia. Tempat wisata ini memiliki 2 area utama yaitu Taman Lahan Basah yang memiliki luas 138 hektar dan Lahan Basah seluas 1977 hektar. Putrajaya Wetlands Park adalah rumah bagi berbagai jenis hewan rawa lokal seperti kuntul kecil, kuntul hijau kecil, burung bittern kayu manis, butung hantu, angsa, ikan buffy dan mejadi tempat bermigrasi beberapa burung dari belahan bumi utara. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kegiatan bersepeda, jalan-jalan, jogging, hingga berpiknik.

14 Tempat Wisata Lainnya di Putrajaya Malaysia

Putrajaya adalah sebuah pusat administrasi dan pemerintahan Malaysia yang menggantikan posisi Kuala Lumpur. Didirikan pada tanggal 19 Oktober 1995, nama wilayah ini diambil dari nama perdana menteri Malaysia yang pertama yaitu Tunku Abdul Rahman Putra. Selain 9 tempat wisata yang telah disebutkan di atas, kota yang memiliki luas sekitar 46 kilometer persegi ini juga masih menawarkan tempat wisata terbaik lainnya yang bisa Anda nikmati ketika berlibur ke Putrajaya. Berikut adalah 14 ragam wisata Putrajaya lainnya yang dapat Anda kunjungi ketika pergi ke Malaysia:

  • Dataran Kemerdekaan Putrajaya
  • Heritage Square
  • Jembatan Putra
  • Jembatan Seri Perdana
  • Istana Darul Ehsan
  • Istana Keadilan
  • Istana Melawati
  • Perdana Leadership Foundation
  • Putrajaya Convention Centre
  • Putrajaya Landmark
  • Putrajaya Ministry of Finance
  • Seri Perdana
  • Taman Selatan
  • Wisma Putra
Baca Juga:  Harga Tiket: Wisata Jewel Bandara Changi Singapura

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini