30 List Museum Terbaik Ketika Berlibur ke London Inggris 5/5 (3)

0
81
30 List Museum Terbaik Ketika Berlibur ke London Inggris
30 List Museum Terbaik Ketika Berlibur ke London Inggris - ©fodors.com

Nongki.net – London merupakan ibu kota dari negara Inggris dan Britania Raya. Kota yang dilewati oleh sungai Thames ini terus tumbuh dan berinovasi dalam berbagai hal mulai dari seni, politik, budaya, arsitektur, hiburan hingga wisata. Sehingga tidak mengherankan jika pengunjung yang berlibur ke London Inggris setiap tahunnya terus meningkat. Pada tahun 2018 saja, diperkirakan sekitar 37,9 juta wisatawan telah mengunjungi Inggris dan menghasilkan 22,9 miliar poundserling. Cikal bakal nama kota London telah ada sejak 121 Masehi, London menjadi salah satu kota yang memiliki sejarah panjang. Anda dapat menelusuri setiap cerita bersejarah ini melalui museum-museum yang bertebaran di berbagai sudut kota ini.

London memang menyediakan banyak sekali tempat dan atraksi wisata yang bisa Anda nikmati ketika berlibur di sana. Museum adalah salah satu tempat terbaik bagi para wisatawan yang mencari bukan hanya hiburan, tetapi juga ilmu pengetahuan. Selain itu, Anda juga dapat mengagumi arsitektur bangunan museum yang tentu sangat instagramable dan indah untuk diabadikan. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas singkat mengenai 30 museum yang terletak di London dan sekitarnya.

30 Museum di London Inggris

Berlibur ke London Inggris mungkin bisa disebut “gampang-gampang susah”. Karena banyaknya pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi termasuk museum. Museum adalah tempat yang sempurna bagi Anda untuk menjelajahi waktu dan belajar sejarah. Di London Inggris sendiri terdapat banyak sekali museum yang memamerkan benda-bendar bersejarah.

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke London dalam waktu dekat, berikut Nongki.net berikan 30 daftar museum terbaik yang mungkin bisa menjadi referensi tempat wisata untuk Anda.

Baca Juga:  Mengenal London Underground, Jaringan Kereta di Inggris

Museums and Galleries London

  • British Museum adalah museum dengan koleksi artefak internasional dari berbagai penjuru dunia. Museum ini menjadi bukti dari kreativitas manusia selama lebih dari tujuh milenium yang dilihat dari benda-benda yang ditemukan. British museum terletak di Jalan Great Russel, Bloomsbury, London WC1B 3DG, Britania Raya.
  • Tate Modern atau dikenal juga dengan Tate Britain adalah museum seni yang menampilkan karya-karya seni modern dan kontemporer. Museum ini dibangun di atas pembangkit listrik yang kini telah dialihfungsikan dan berada di tepi sungai Thames. Museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat.
  • National Gallery adalah sebuah museum yang menampilkan koleksi-koleksi seni dari berbagai seniman hebat di dunia. Museum ini menyimpan 2.300 koleksi lukisan mulai dari abad ke-13 hingga tahun 1900an.
  • Natural History Museum adalah sebuah museum yang menyimpan berbagai spesimen dari koleksi alam yang bersejarah. Beberapa kerangka hewan, tanaman kering dan tulang-belulang manusia sejarah bisa Anda lihat di Museum Sejarah Alam ini.
  • Victoria and Albert Museum adalah museum yang menyimpan koleksi seni dekoratif dan merupakan terbesar di dunia. Museum ini juga dikenal sebagai “The Nation’s Attic” yang memiliki lebih dari 4,5 juta karya seni. Beberapa benda seni yang bisa Anda lihat di sini diantaranya yaitu keramik, kaca, tekstil, kostum, perak, besi, perhiasan, perabotan rumah tangga, patung, seni grafis dan foto-foto.
  • Museum of London adalah museum yang akan mengajak Anda untuk melihat sejarah kota London pada masa lalu hingga modern. Museum ini merupakan museum sejarah perkotaan terbesar di dunia dengan koleksinya mencapai lebih dari 6 juta objek. Objek utama dalam museum ini adalah sejarah sosial London serta para penduduknya dari setiap zaman.

Small Museums

  • Geffrye Museum adalah museum yang menampilkan ruangan-ruangan rumah khas Inggris dari tahun 1600-an hingga masa sekarang. Museum ini terletak di Jalan Kingsland daerah Hoxton di Shoreditch Inggris. Anda dapat menyaksikan model ruang tamu, loteng rumah, taman, ruang baca, kebun, hingga galeri dari abad ke-20.
  • Sir John Soane’s Museum adalah sebuah museum yang dulunya merupakan rumah bergaya arsitektur Neo-Klasik John Soane. Museum yang terletak di Holborn, London Inggris ini menyimpan banyak gambar-gambar, lukisan, serta patung-patung hasil karya seniman John Soane.
  • Shakespeare’s Globe adalah sebuah museum yang dulunya merupakan gedung teater yang didirikan sekitar tahun 1599. Gedung ini kemudian disulap menjadi museum yang menampilkan karya-karya masterpice dari William Shakespeare. Museum ini juga terletak bertepian dengan sungai Thames yang terkenal.
  • London Transport Museum adalah sebuah museum yang bertujuan untuk melestarikan dan menjelaskan tentang sejarah tranportasi kota London Inggris dari masa ke masa. Di museum ini Anda dapat melihat banyak contoh bus, trem, troli dan kendaraan rel lainnya dari abad ke 19 dan 20.
  • Victor Wynd Museum of Curiosities, Fine Art and Natural History adalah museum yang memiliki beraneka jenis koleksi, mulai dari seni, alam, hewan, tulang belulang manusia serta pengetahuan klasik seperti cerita cerita putri duyung fiji. Setiap tahunnya, museum ini memiliki agenda rutin yaitu berupa pameran seni yang melibatkan beberapa seninam dunia.
  • Old Operating Theatre Museum and Herb Garret adalah salah satu museum sejarah medis tertua di dunia. Bangunan museum ini telah dibangun sejak abad ke 17. Dahulu, bangunan museum ini difungsikan sebagai gereja dan beberapa ruangan sebagai ruang operasi bedah serta medis. Beberapa ramuan untuk penyembuhan dan alat-alat bekam dipamerkan di museum ini.
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Paling Populer di Paris Perancis

Small Galleries

  • Kenwood House adalah sebuah megah yang berlokasi di Hampstead, London. Rumah ini dibangun pada abad ke 17 dan berfungsi sebagai tempat tinggal bagi Earls of Mansfield. Namun kini difungsikan sebagai museum galeri yang menampilkan beberapa karya seni seperti desain interior dan patung-patung.
  • Guildhall Art Gallery adalah sebuah rumah galeri yang memiliki beberapa koleksi seni. Galeri ini awalnya dibangun pada tahun 1885 untuk menampung beberapa benda seni dari City of London Coorporation. Objek seni yang dimiliki terdiri sekitar 4000 karya. Sebagian besar karya seni tersebut menampilkan lukisan bertemakan London.
  • Courtauld Gallery adalah sebuah museum seni yang berlokasi di pusat kota London. Sebagian besar karya seni yang ditampilkan oleh museum ini merupakan sumbangan dan warisa dari berbagai pihak. Koleksi yang dimiliki berupa lukisan, gambar, patung, serta karya-karya lainnya dari abad pertengahan hingga modern.
  • Whitechapel Gallery adalah sebuah galeri seni publik yang telah dibuka sejak tahun 1901. Galeri ini dirancang oleh Charles Harrison Townsend dan berfokus pada menampilkan kearifan masyarakat lokal.
  • Saatchi Gallery adalah galeri London yang menampilkan berbagai karya seni kontemporer. Museum ini didirikan oleh Charles Saatchi pada tahun 1985 dan mulai memamerkan koleksinya kepada publik.
  • The Photographer’s Gallery adalah museum yang didirikan di London pada tahun 1971. Galeri ini didapuk sebagai galeri pertama di Inggris yang memamerkan karya seni khusus untuk fotografi. Pameran pertamanya yaitu berlangsung pada tanggal 14 Januari 1971 dengan mengangkat judul The Concerned Photographer.

House Museums

  • Dennis Severs’ House adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Folgate London Inggris. Rumah ini dibangun sejak tahun 1724 yang kemudian dironavasi oleh Dennis Severs. Dennis Severs lalu membuat 10 kamar dengan desain interior yang berbeda-beda terutama dari abad ke 18 dan 19. Rumah ini seperti mesin waktu yang akan membawa Anda melihat suasana ruangan-ruangan zaman dahulu.
  • Charles Dickens Museum adalah sebuah rumah museum yang terletak di Jalan Doughty No. 48 daerah Holborn London, Inggris. Charles Dickens merupakan seorang penulis yang telah memiliki beberapa koleksi judul seperti The Pickwick Papers, Oliver Twist, Nicholas Nickleby dan Barnaby Rudge. Museum ini akan membuat Anda lebih mengenal tentang siapa Charles Dickens.
  • 18 Stafford Terrace adalah sebuah rumah yang pernah ditinggali oleh seorang fotografer dan kartunis Linley Kensington dari tahun 1875 hingga 1914. Di museum ini, Anda dapat melihat ruangan khas keluarga Victoria dengan kayu-kayu berwarna gelap, karpet turki, dan kaca mewah.
  • Apsley House adalah sebuah rumah yang berdiri di jantung kota London. Apsley House merupakan bekas rumah Arthus Wellesley yang merupakan salah satu pejabat pemerintahan Wellington yang pertama. Kesan mewah akan langsung Anda rasakan begitu pertama kali menginjakan kaki di rumah ini.
  • Leighton House adalah sebuah museum seni yang dibuka untuk umum sejak 1929. Beberapa koleksi lukisan terkenal telah dipajang di rumah ini.
  • Red House adalah sebuah yang memiliki gaya artitektur abad pertengahan dan Ne-Gothic. Rumah yang didominasi dengan bata merah ini dibangun sejak tahun 1959 oleh arsitek Philip Webb dab perancang William Morris.

Specialist Museums

  • Imperial War Museum adalah sebuah museum militer sebagai upaya untuk mengenang perang sipil dan militer yang pernah terjadi. Selain itu juga untuk mencatat pengorbanan Inggris selama perang dunia pertama. Museum ini memiliki koleksi arsip dokumen probadi, foto-foto, film dan video. Selain itu, Anda juga dapat melihat beberapa kendaraan perang yang pernah digunakan seperti pesawat, helikopter, peralatan dan senjata.
  • Churchill War Rooms adalah sebuah museum yang terdiri dari beberapa ruang rapat perang, serta komplek bawah tanah. Melalui ruangan ini, Inggris menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 20 Agustus 1939. Beberapa ruangan di museum ini juga masih aktif digunakan ketika perang dunia kedua.
  • Science Museum adalah museum yang terletak di Exhibition Road di South Kensington. Didirikan pada tahun 1857 dan masih menjadi daya tarik wisata di London. Terbukti dengan kunjungan 3,3 juta setiap tahunnya. Museum ini memiliki koleksi sekitar lebih dari 300.000 objek. Beberapa diantaranya adalah lokomotif uap tertua di dunia, modul perintah Apollo 10, DNA, serta dokumentasi mesin tik pertama.
  • Design Museum adalah museum yang terletak di Kensington London, Inggris. Museum yang didirikan pada tahun 1989 oleh Sir Terence Conran ini memiliki koleksi arsip yang berkaitan dengan sejarah museum, studio desain, serta beberapa koleksi seni lukisan modern serta desain grafis.
  • Museum of London Docklands adalah museum yangmemiliki koleksi artefak, model, dan video bersejarah. Dahulu, bangunan ini merupakan sebuah pelabuhan pertama yang berfungsi di sepanjang sungai Thames.
  • Fan Museum adalah museum yang dibukan sejak tahun 1991 namun bangunannya sendiri sudah berdiri sejak 1721. Museum ini adalah museum pertama yang di dunia yang menyimpan beberapa koleksi kipas. Mulai dari kipas yang bergaya Jepang dan kipas yang dilukis dengan berbagai dekorasi. Museum ini memiliki kurang lebih 4000 kipas, dan yang tertua adalah kipas yang berasal dari abad ke 10.
Baca Juga:  Wisata Turki, Perpaduan Antara Benua Asia dan Eropa

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini