Nongki.net – Keinginan menambah berat badan mungkin terdengar langka bagi kebanyakan orang. Di mana kebanyakan orang berusaha menurunkan, mereka justru ingin menambah berat badan. Tapi percayalah, beberapa orang di luar sana ada yang berjuang untuk mendapatkan tambahan berat di timbangan. Dan menambah berat badan bagi si kurus tidak lah sesederhana yang dipikirkan orang.

Baca Juga:  Tips Bermain Game Agar Mata Tidak Lelah

Faktor Medis Penyebab Penurunan Berat Badan

Secara medis, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mengapa seseorang mengalami penurunan berat badan yang tidak sehat, yaitu:

  • Gangguan makan: gangguan ini termasuk juga di dalamnya adalah anoreksia nervosa, yaitu sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Gangguan makan ini termasuk juga sebagai masalah gangguan mental.
  • Masalah pada kelenjar tiroid: memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Hal ini yang menyebabkan seseorang menjadi kurus dalam waktu yang singkat namun tidak sehat.
  • Penyakit seliaka: Penyakit seliaka termasuk dalam salah satu kelainan autoimunitas yang merupakan kondisi dimana sistem imun pada tubuh manusia yang seharusnya berfungsi untuk melindungi tubuh dari benda asing, tidak dapat membedakan benda asing dan sel-sel sehat, sehingga menyerang dan/atau menghancurkan benda asing maupun sel-sel sehat pada seseorang. Penyakit seliaka membuat seseorang intoleransi terhadap gluten (protein yang terdapat dalam terigu, gandum, dan produk sejenisnya). Sehingga menyebabkan bobot tubuhnya turun drastis secara tidak sehat. Dan parahnya, sebagian besar orang yang mengidap penyakit ini tidak mengetahuinya.
  • Diabetes: Seseorang yang memiliki penyakit diabetes yang tidak dikontrol (terutama diabetes tipe 1) dapat menyebabkan penurunan berat badan berlebih.
  • Kanker dan Tumor: kanker dan tumor sering membakar kalori pada penderitanya dengan jumlah yang besar. Hal ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan berat badannya secara drastis.
  • Infeksi: beberapa infeksi tertentu dapat menyebabkan seseorang menjadi sangat kurus. Beberapa infeksi tersebut adalah adanya parasit (cacingan), tuberculosis (TBC) dan penyakit HIV / AIDS.
Baca Juga:  7 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

5 Tips Sehat Menambah Berat Badan

Setelah membahas beberapa masalah medis yang menyebabkan penurunan berat badan berlebih. Berikut adalah 5 tips sederhana bagi Anda yang bertekad ingin menaikan berat badan secara sehat yang dapat Anda terap kan di rumah.

Beberapa pendapat orang mengatakan bahwa untuk menambah berat badan adalah hal yang mudah. Anda bisa memakan apa saja yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak tinggi seperti memakan es krim, pasta, roti, donat, dan burger, pizza dan makanan “junk food” lainnya. Namun semua itu adalah cara yang salah, karena Anda mungkin tidak ingin menanggung masalah kesehatan dari makanan yang telah disebutkan di atas.

Jika Anda memang berencana ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat, berikut adalah solusinya:

1. Makan Setiap 4 Jam

Memasok tubuh Anda dengan energi secara terus menerus adalah kuncinya. Melewatkan makan mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi si kurus, padahal tubuh terus bekerja setiap harinya. Ketika Anda melewatkan jam makan, maka tubuh terpaksa menggunakan bahan bakar yang tersimpan sehingga mengurangi masa otot.

Makanlah makanan secara teratur untuk mencegah kehilangan cadangan makanan yang tersimpan di dalam tubuh. Jika Anda melakukannya secara konsisten, maka berat badan pun akan merangkak naik. Selain itu, pilihlah juga makanan-makanan yang sehat namun juga praktis. Seperti mengkonsumsi buah, daging, kacang-kacangan, dan susu.

Variasi makanan lain, tentu saja akan menunjang lebih banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda selama melakukan aktivitas sepanjang hari.

2. Mulailah Berlatih Angkat Beban

Latihan angkat beban untuk menambah massa otot bukan lemak - ©yourhealth.net.au
Latihan angkat beban untuk menambah massa otot bukan lemak – ©yourhealth.net.au

Agar hasilnya semakin maksimal, Anda disarankan untuk mulai berlatih angkat beban. Hal ini berguna agar kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh menjadi massa otot, bukan justru menambah jaringan lemak. Pergi ke gym dan melakukan aktivitas angkat beban paling tidak 2-4 kali seminggu, akan menambah massa otot Anda seiring berjalannya waktu.

Jika Anda benar-benar melakukannya pertama kali, cobalah untuk menonton video tutorial sebelumnya. Agar gerakan yang akan Anda lakukan menjadi tepat dalam melatih otot bagian tertentu.

Melakukan gerakan kardio yang santai pun memang disarankan, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun jangan lakukan terlalu sering dan berlebihan. Karena akan membuat Anda justru membakar semua kalori tambahan yang selama ini Anda makan.

3. Makan Makanan Berat

Maksud dari makan makanan berat adalah memakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak tinggi. Ini adalah cara terbaik untuk menambah berat badan. Semakin sering Anda memakannya, maka semakin cepat Anda memperoleh tambahan berat badan.

Namun perlu diingat, pemilihan menu adalah bagian terpenting agar berat yang Anda peroleh adalah dari makanan yang sehat. Jangan jadikan menu “junk food” sebagai menu makanan Anda setiap hari. Jauhkan pula makanan-makanan yang mengandung tambahan pemanis buatan serta pengawet.

Pilih makanan sehat seperti oat, cokelat, kacang almond, keju dan susu. Selain itu hindari juga minum air berlebih sebelum makan nasi. Karena hal tersebut justru membuat Anda kenyang lebih cepat ketika makan.

4. Minum Lebih Banyak Jus Buah

Sebagian besar tubuh kita memang berisi cairan, namun meminum air saja belum cukup. Bagi Anda yang ingin mendapatkan berat badan tambahan, cobalah untuk rajin meminum jus buah. Anda dapat mencoba smoothie dengan 100% kandungan buah. Sehingga selain Anda memperoleh cairan tetapi juga Anda akan mendapat tambahan berat badan.

5. Cemilan Sebelum Tidur

Sebelum pergi tidur, pastikan Anda makan beberapa cemilan di malam hari. Hal ini akan memberikan tubuh Anda tambahan beberapa nutrisi, sebelum tubuh melakukan perbaikan dan regenerasi otot serta jaringan saat tidur.

Beberapa menu cemilan sehat sebelum tidur adalah salad buah atau sayur, gandum, kacang-kacangan, keju dan susu. Setelah makan cemilan dan sebelum tidur, jangan lupa untuk menggosok gigi Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga:  5 Tips Agar Berita Hoax Tidak Menyebar

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini