5 Fakta Unik Negara Singapura Yang Jarang Diketahui

0
702
5 Fakta Unik Negara Singapura Yang Jarang Diketahui - ©finroll.com
5 Fakta Unik Negara Singapura Yang Jarang Diketahui - ©finroll.com

Nongki.net – Singapura adalah sebuah negara kosmopolitan yang menjadi pusat perdagangan dan perbankan terbaik di dunia. Negara kecil di ujung selatan semenanjung Malaya ini juga diklaim memiliki pelabuhan tersibuk peringkat ke-5 dunia. Dibalik kemajuan ekonominya, ternyata Negara Singapura menyimpan beberapa fakta unik yang jarang diketahui.

Salah satu fakta unik yang berlaku di Singapura adalah negara ini melarang untuk memproduksi, menjual hingga mengkonsumsi permen karet. Larangan aneh yang berlaku di negara dengan simbol Merlion ini diberlakukan sejak tahun 1987 ketika layanan kereta cepat MRT mulai beroperasi di Singapura. Alasannya adalah karena beberapa pengguna MRT yang tidak bertanggung jawab telah membuang dan menempelkan sisa permen karet di salah satu sensor pintu MRT. Yang mengakibatkan pintu otomatis tersebut rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain aturan aneh tersebut, negara merdeka pada tahun 9 Agustus 1965 ini juga memiliki beberapa fakta unik lainnya yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja? Berikut Nongki.net rangkum 5 fakta unik tentang Negara Singapura yang mungkin belum Anda ketahui. Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  Mengenal London Underground, Jaringan Kereta di Inggris

1. Singapura Membeli Pasir Dari Negara Lain

Fakta unik dan menarik yang pertama adalah tentang program reklamasi di Negara Singa ini. Jika Anda melihat Negara Singapura di peta mungkin Anda akan kesulitan untuk menemukannya karena luasnya yang relatif kecil. Maklum saja, karena negara yang bertetangga dengan Malaysia dan Kepulauan Riau ini hanya memiliki luas kurang lebih 722,5 kilometer persegi.

Oleh karena itu, untuk mengatasi meningkatnya kebutuhan dan keterbatasan lahan ini. Pemerintah Singapura tengah gencar untuk memperluas wilayah daratan mereka dengan cara membeli pasir dari negara lain, termasuk Indonesia. Pasir-pasir tersebut akan digunakan untuk proyek reklamasi laut yang rencananya akan berlangsung hingga tahun 2030 mendatang. Sehingga dapat dipastikan bahwa luas wilayah negara kecil ini akan terus bertambah.

Selain dari negara tetangga, Singapura juga melakukan proyek reklamasi dengan menggunakan tanah yang diperoleh dari bukit-bukit bahkan dasar laut. Hasilnya, daratan Singapura menurut data yang ada akan bertambah luas sekitar 100 kilometer persegi lagi pada tahun 2030. Proyek ini terkadang mengharuskan menggabungkan beberapa pulau kecil agar membentuk pulau-pulau yang lebih besar agar berguna untuk pemukiman. Salah satu contohnya adalah proyek reklamasi di Pulau Jurong.

2. Usia di Atas 30 Tahun Wajib Menikah

Hal ini mungkin terdengar sedikit unik ya buat kita apalagi di Indonesia masih banyak yang berusia 30 tahun ke atas atau bahkan 40 tahun ke atas yang belum menikah. Mungkin Indonesia banyak yang harus di pikirkan. Seperti; karir, kesiapan mental, kemapanan finasial. Bahkan ada juga yang belum menikah karena belum menemukan seseorang yang pas sebagai pendamping hidup.

Namun di Singapura usia 30 tahun ke atas sudah harus menikah. Bahkan, pemerintah Singapura ikut berperan dalam hal ini, Langkah kongkrit yang telah dilakukan adalah bekerjasama dengan agen biro jodoh social development unit (SDU) untuk membantu warga menemukan pasangan hidup.
Baca Juga:  VIDEO: Melirik Megahnya Singapura Dari Skypark Marina Bay Sands

3. Tinggi Bangunan Tidak Boleh Lebih Dari 280 Meter

Singapura juga dikenal dengan sebutan Negara 1001 larangan dikarenakan banyaknya peraturan yang ada di Negeri Singa ini, Salah satu contohnya adalah peraturan dalam mendidrikan bangunan, yaitu tidak boleh melebihi 280 meter. Saat ini hanya ada 3 gedung yang mempunyai ketinggian 280 meter, yaitu Republic plaza, United Overseas Bank Plaza One, dan Overseas Union Bank Centre.

4. Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia

Soal kemajuan teknologi dan infrastuktur tidak perlu diragukan lagi Singapura adalah salah satu yang terbaik di dunia. Maka tak heran jika singapura memiliki air terjun indoor buatan manusia tertinggi di dunia. Air Terjun ini berdiri diatas lahan hasil reklamasi, yaitu Garden by the Bay.

Singapura yang merupakan lokasi pembibitan dari pusat penelitian berbagai macam tanaman diseluruh dunia. Di dalam Garden by the Bay pengunjung bisa menikmati pemandangan berbagai macam tanaman dan bunga endemik dari berbagai belahan dunia. Dan Anda juga bisa menyaksikan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 35 meter.

Selain itu, wahana air terjun indoor lainnya yang baru dibuka di Singapura adalah terletak di terminal baru bandara Changi. Air terjun indoor yang diresmikan pada 17 April 2019 lalu tercatat akan mengalahkan ketinggian air terjun indoor yang ada di Garden by The Bay. Air terjun yang diberi nama dengan Rain Vortex ini diklaim memiliki tinggi 40 meter dengan lebar 200 meter.

5. Kebun Binatang Nokturnal Pertama di Dunia

Salah satu tujuan wisata yang paling menarik perhatian pengunjung adalah The Night Safari, yaitu kebun binatang malam hari pertama di dunia. The Night Safari mempunyai koleksi hewan liar terlengkap dan terkenal di dunia. Menariknya di sini pengunjung akan diajak berjalan-jalan keliling kebun binatang menaiki tram yang disertai dengan penjelasan setiap satwanya. Jam operasional The Night Safari dibuka mulai pukul 19.15 hingga 21.00.
Baca Juga:  Pesona Wisata Pulau Sentosa Singapura

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini