5 Kuliner Sunda Yang Menggugah Selera

0
576
5 Kuliner Sunda Yang Menggugah Selera - Nongki Net
5 Kuliner Sunda Yang Menggugah Selera - Nongki Net

Nongki.net – Makanan Sunda memiliki ciri khas bahannya sederhana, segar dan sederhana. Beberapa makanan ikonik khas Jawa Barat ini sangat mudah dibuat di rumah.

Masakan Sunda identik dengan yang mudah dibuat namun punya rasa enak dan menggugah selera. Mulai dari nasi liwet, pepes, ikan air tawar, lalapan mentah hingga cocolan sambal terasa enak namun menyehatkan.

Makan bersama keluarga di rumah tentu enak dengan sajian Sunda. Berikut ini beberapa menu ikonik Sunda yang bisa Anda sajikan untuk makan bersama keluarga. Jangan lupa nikmati dengan tangan agar lebih mantap!

Pepes

Pepes merupakan sajian makanan khas Jawa Barat yang dibungkus daun pisang. Disebut juga dengan pais, makanan ini bisa diolah dengan isian ikan, tahu, teri, ayam, telur asin, remis dan masih banyak lagi. Namun yang menjadi ciri khas pepes khas Jawa Barat adalah pepes ikannya.

Ikan yang digunakan pun biasanya ikan air tawar yaitu ikan mas. Agar lebih mudah dinikmati, ikan mas terlebih dulu di presto agar durinya lunak. Kemudian ikan dibumbui dengan jahe, kunyit, kemiri, bawang putih, bawang merah, gula pasir, garam dan asam Jawa. Ada juga bumbu lain seperti serai dan daun salam.

Setelah itu dibungkus daun pisang dan dibungkus. Pepes makin enak dinikmati dengan nasi putih hangat serta sambal sebagai pelengkapnya.

Ikan air tawar

Beberapa jenis ikan air tawar banyak disajikan dalam hidangan Sunda. Ada ikan gurame, nila, mas dan mujaer. Ikan ini biasanya dibumbui dengan campuran garam, bawang putih dan kunyit kemudian digoreng. Ikan air tawar goreng paling pas dinikmati bersama dengan nasi hangat atau nasi liwet, lalapan sayur dan sambal dadak.

Baca Juga:  Berburu Sunset di 5 Pantai Terbaik Pulau Bangka

Nasi liwet

Berbeda dengan nasi liwet Solo, nasi liwet Sunda dimasak tanpa santan. Nasi liwet khas Sunda juga disajikan bersama dengan aneka lauk seperti ikan asin peda merah hingga ikan kembung yang sudah dipindang. Nasi liwet khas Sunda juga dilengkapi dengan lalapan rebus atau lalapan mentah dan sambal terasi.

Orang Sunda banyak yang menikmati liwetan secara lesehan bersama keluarga dengan alas daun pisang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keakraban satu sama lainnya.

Lalapan sayur

Lalapan identik dengan orang Sunda. Sunda juga dikenal dengan keanekaragaman tanaman yang subur. Sehingga lalapan berupa kacang panjang, kol, timun, kemangi, selada, terung, leunca, labu siam dan tomat sering kali dijadikan sebagai lalap.

Tidak selalu harus direbus, orang Sunda pun sering menyantapnya mentah-mentah. Dan ternyata enak juga dicocol dengan sambal. Namun, ketika konsumsi lalapan mentah sebaiknya dicuci terlebih dulu hingga bersih.

Sambal

Ada beberapa jenis sambal yang populer di Jawa Barat. Salah satunya adalah sambal cibiuk, sambal terasi, sambal oncom, sambal dadak, sambal terasi hingga sambal kencur.

Salah satu yang unik dan jarang ditemui di tempat lain adalah sambal Cibiuk khas Garut, Jawa Barat. Sambal ini dibuat dari cabai rawit hijau, tomat hijau, bawang dan kencur kemudian ditumbuk agak kasar dan disajikan dengan kemangi. Enak dimakan dengan ikan goreng atau pun ikan asin serta nasi hangat.

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini