5 Langkah Sederhana Menjaga Badan Tetap Bugar 5/5 (1)

0
597
5 Langkah Sederhana Menjaga Badan Tetap Bugar - ©alinablog.com
5 Langkah Sederhana Menjaga Badan Tetap Bugar - ©alinablog.com

Nongki.net – Apakah Anda menginginkan badan yang bugar? Jika iya, maka selamat Anda telah mengambil satu langkah maju untuk menjalani hidup sehat. Namun niat saja belum cukup,  karena banyak orang juga menginginkan tubuh yang terpahat indah namun masih saja mengkonsumsi junk food dan tidur sepanjang hari.

Memiliki tubuh yang indah adalah sebuah proses panjang. Anda harus melalui serangkaian latihan dan makan makanan sehat secara konsisten. Jika tidak, maka keinginan tersebut hanyalah sebuah niatan belaka. Namun jika Anda benar-benar ingin memulai perjalanan Anda sendiri untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Berikut Nongki.net rangkum mengenai 5 langkah sederhana untuk mendapatkan tubuh sehat, bugar dan tampil indah. Apa saja langkahnya? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  VIDEO: Beragam Manfaat Yoga Bagi Tubuh

1. Olahraga Setiap Hari

Tubuh yang sehat dan bugar dapat Anda miliki jika Anda rutin berolahraga setiap hari setidaknya selama satu jam. Anda tidak harus melakukan kegiatan kardio berat seperti angkat beban di Gym. Yang perlu Anda lakukan adalah kegiatan fisik moderat seperti melakukan jalan cepat dengan diselingi berlari ringan dengan interval tertentu atau bisa juga berkeliling dengan sepeda.

Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi beberapa kilo lemak tubuh dengan lebih cepat. Pastikan Anda tidak berusaha terlalu keras untuk pertama kali. Karena otot Anda masih belum terbiasa dan akan terasa sedikit sakit setelah sesi latihan. Mungkin akan tidak nyaman untuk melakukan gerakan-gerakan tubuh tertentu, namun hal itu bertanda bagus untuk perubahan bentuk tubuh yang lebih baik.

Pastikan untuk tetap terhidrasi, melakukan pemanasan, dan makan makanan dengan jumlah protein yang cukup. Protein akan membantu untuk menjaga dan membentuk otot Anda. Rasa sakit akan perlahan hilang jika Anda sudah terbiasa melakukan latihan pada sesi berikutnya dan akan kembali terasa sakit jika sudah naik level ke intensitas yang lebih tinggi.

2. Makan Makanan Sehat Dalam Porsi Yang Cukup

Saat memulai untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bugar dan sehat, Anda perlu menjauhi makanan mengandung gula berlebih seperti permen dan minuman berperasa. Buah dan sayuran adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan tubuh yang bugar. Apel misalnya, dapat membuat Anda merasa kenyang selama kurang lebih 3 sampai 4 jam. Kemudian sayuran hijau seperti kacang panjang dan brokoli dapat menjaga sistem pencernaan Anda tetap bersih dan berfungsi optimal.

Jika Anda ingin mengkonsumsi daging, pastikan jika daging yang Anda makan tidak mengandung lemak. Makanan laut seperti ikan dan udang dalam porsi cukup dapat menjadi alternatif yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Karena makanan tersebut memiliki protein dan nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubu serta membantu otot tetap bugar setelah berolahraga.

Memiliki metabolisme dan sistem pencernaan yang baik berawal dari jenis makanan yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Cobalah untuk mengatur jadwal makan Anda setidaknya menjadi 6 kali sehari namun dalam porsi yang lebih kecil. Dari pada makan 3 kali sehari namun dalam jumlah yang besar. Hal ini akan berpengaruh pada sistem pernapasan Anda saat berolahraga menjadi sangat terengah-engah.

Jika Anda mengatur porsi makanan dalam jumlah kecil, hal ini akan berdampak pada energi yang digunakan untuk berolehraga akan membentuk otot.

Baca Juga:  Rajin Fitness? Yuk Coba Tantangan Ini Agar Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

3. Menghitung Jumlah Kalori Yang Masuk Setiap Hari

Menghitung jumlah kalori harian dapat membantu Anda merencanakan olahraga fisik yang tepat. Apakah Anda merasa heran dengan tubuh binaragawan yang menjadi sangat besar dan berotot? Itu karena mereka merencanakan makan dan mengatur jumlah kalori yang masuk dalam batas sehat dari pada rata-rata orang pada umumnya.

Di sisi lain, menurunkan berat badan dan berjuang untuk memahat bentuk tubuh yang indah akan melibatkan lebih banyak latihan fisik dari pada jumlah kalori yang masuk setiap hari.

4. Pastikan Tidur Yang Cukup

Maskipun Anda memiliki pekerjaan sekitar delapan jam di siang hari. Hal terpenting lainnya untuk mendapatkan tubuh yang bugar adalah menjaga kualitas tidur yang cukup. Tidur dapat mengisi ulang energi baterai pada tubuh Anda. Sebaiknya Anda mendapatkan sekitar 6 sampai 8 jam tidur setiap hari.

Sepulang bekerja, Anda dapat menyempatkan beberapa jam untuk berolahraga agar tidur Anda semakin berkualitas di malam hari. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menyempatkan diri tidur selama 30 menit di siang hari, agar menghindari kelelahan selepas beraktivitas.

5. Konsisten dan Tetap Termotivasi

Salah satu kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang fit adalah konsisten dan tetap termotivasi. Pertahankan pola pikir Anda untuk terus menjalani pola hidup sehat. Jika pikiran Anda selalu positif dan termotivasi, bukan hal yang mustahil anda dapat memiliki bentuk tubuh yang diinginkan.

Banyak kasus telah menunjukkan bahwa sebagian besar orang menyerah dan berhenti melakukan pola hidup sehat hanya dalam beberapa waktu saja. Tentu hal ini tidak akan membuat badan mereka terlihat fit dan bugar. Justru sebaliknyan, mereka kembali ke kebiasaan pola hidup lama yang kurang sehar. Sehingga badan menjadi gemuk kembali.

Itulah beberapa tips dan langkah sederhana untuk Anda mendapatkan bentuk tubuh yang indah dan ideal. Bagaimana? Apakah Anda tertantang untuk memulai perjalanan Anda membentuk tubuh yang indah? Selamat mencoba!

Baca Juga:  Cowok Juga Perlu Detoks Agar Tubuh Fit

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini