Nongki.net – Orchard Road adalah sebuah jalan besar sepanjang 2,2 kilometer yang berada di pusat Negara Singapura. Jalan ini dikenal sebagai wilayah surga tempat wisata belanja dan objek wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan. Beberapa pusat perbelanjaan yang bisa Anda temukan di Orchard Road diantaranya yaitu 313 @ Somerset, The Centrepoint, Design Orchard, Forum The Shopping Mall, Hilton Singapore, ION Orchard, dan masih banyak lagi. Selain pusat perbelanjaan, ternyata jalan ini juga menawarkan beberapa tempat wisata sejarah yang ditampilkan oleh museum terbaik yang berlokasi di dekat Orhard Road.

Tempat Wisata Sejarah, Museum Dekat Orchard Road Singapura

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas tentang 5 museum terbaik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di area Orchard Road Singapura. Mengunjungi museum bukan hanya memberikan Anda hiburan tetapi juga menambah pengetahuan tentang sejarah suatu kota. Apalagi jika Anda pergi berlibur bersama anak-anak dan keluarga tercinta. Lantas museum apa saja di dekat Orchard Road? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  Patung Merlion: Simbol Wisata dan Negara Singapura

1. Lee Kong Chian Natural History Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Diggy, Iligan 🇵🇭 (@digoy.e) on

Tempat wisata sejarah yang wajib Anda kunjungi di sekitar Orchard Road yang pertama adalah Museum Sejarah Alam Lee Kong Chian. Museum ini terletak di Jurong East Singapura. Lee Kong Chian Natural History Museum menampilkan sekitar 2.000 artefak yang berkaitan dengan sejarah organisme hidup, seperti spesies tanaman, anggrek, fosil hewan, hingga tengkorak manusia. Museum ini cukup terkenal di kalangan wisatawan, terbukti dengan jumlah kunjungan yang mencapai jutaan orang setiap tahunnya.

Lokasi: 2 Conservatory Dr, Singapore 117377

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 19.00

Harga Tiket Masuk: Sekitar SGD 16

2. The Intan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ivan (@icysim) on

Museum yang bisa Anda kunjungi di dekat Orchard Road berikutnya adalah The Intan. Museum yang terletak di wilayah Geylang Singapura ini juga biasa disebut sebagai museum peranakan. Hal yang menarik dari museum ini adalah bahwa tempat ini merupakan museum rumah yang awalnya dimiliki oleh Alvin Yapp.

Museum ini akan memberikan informasi mengenai kehidupan dan kisah turun-temurun mulai dari kuturunan imigran China yang menikahi wanita Melayu. Anda akan diajak untuk melihat warisan yang kaya, tradisi, budaya, serta gaya hidup yang dilakukan oleh imigran keturunan. Tur selama 90 menit ini akan diakhiri dengan sesi minum teh dan makanan ringan. Perlu Anda ketahui bahwa resep menu teh dan makanan ringan yang disajikan adalah resep asli yang dibuat oleh tuan rumah sendiri.

Lokasi: Joo Chiat Terrace, Geylang, Singapore

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 22.00

Harga Tiket Masuk: Sekitar SGD 58.5

3. Police Heritage Centre

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hommeet ( ex name Home Play) (@hommeet_exnamehomeplay) on

Police Heritage Centre adalah sebuah museum kepolisian milik pemerintah Singapura. Museum ini melambangkan hubungan antara masa lalu dan masa kini serta visi misi ke depan dari dunia kepolisian Singapura. Melalui museum ini, Anda akan diajak untuk mengintip bagaimana sistem kepolisian Singapura sejak dikembangkan pada tahun 1800-an.

Museum ini juga menyoroti tentang bagaimana kepercayaan publik terhadap lembaga kepolisian. Sistem peraturan Polisi yang bebas dari korupsi serta menjunjung tinggi keadilan.

Lokasi: 28 Irrawaddy Road, Singapore

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00

4. Artspace Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @khairinasari on

Museum di sekitar Orchard Road yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Artspace Museum. Museum yang terletak di Prestige Istana Park merupakan sebuah museum yang menampilkan tentang seni dan gaya hidup. Bagi Anda yang sangat menikmati tentang seni, maka museum ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Singapura.

Letak museum ini juga relatif mudah dijangkau. Anda dapat menggunakan MRT dan turun di Stasiun Dhoby Ghaut, yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit. Museum berdinding kaca ini akan menampilkan banyak karya seni, lukisan dan Anda pun dapat belajar seputar seni di sini.

Lokasi: 15 Marina Grove, Singapore

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 11.00 – 19.00

5. The Battle Box

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ⓢⓤⓦⓘⓝⓐⓘ (@red_liv) on

The Battle Box adalah sebuah museum bersejarah terbaik di Singapura yang berada di bawah tanah. Museum ini cukup terkenal dan sangat menarik untuk dikunjungi. Pada zaman dahulu, sebelum dialih fungsikan sebagai museum, tempat ini merupakan bunker perang. Ruangan bawah tanah anti bom ini adalah Markas Besar Komando Malaya Britains selama Perand Dunia ke II.

Memiliki kedalaman 9 meter di bawah Fort Canning Hill, tempat ini konon merupakan situs di mana Jendral Percival membuat keputusan penting yang menyerahkan Singapura kepada Jepang pada tanggal 15 Februari 1942.

The Battle Box memiliki beberapa ruangan bawah tanah yang dulunya merupakan tempat untuk menyusun strategi perang. Selain itu, museum ini juga dilengkapi dengan beberapa patung lilin, figur bergerak yang menggunakan konsep animatronik, koleksi perang serta senjata.

Lokasi: 2 Cox Terrace, Singapore

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.30

Harga Tiket Masuk: Sekitar SGD 12

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Belanja di Ho Chi Minh Vietnam

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini