Nongki.net – Belitung adalah wilayah yang termasuk ke dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Daerah kepulauan ini terkenal memiliki kekayaan alam yang berlimpah seperti timah, lada putih, pasir kuarsa, tanah liat putih atau kaolin, dan batu granit. Selain kaya akan sumber daya alam, Belitung juga memiliki pesona wisata yang memukau berkat pantai berpasir putih dan bebatuan granit besar yang berbeda dari pantai lain pada umumnya. Selain itu, terdapat juga sebuah pulau yang memiliki mercusuar kuno yang juga menjadi daya tarik wisata yaitu tepatnya di Pulau Lengkuas. Sehingga tidak mengherankan jika Pulau Belitung menjadi salah satu tujuan destinasi wisata unggulan di Indonesia bagian barat.

Belitung merupakan sebuah pulau yang sebagian besar penduduk bersuku Melayu dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka. Pulau yang memiliki luas sebesar 4.801 kilometer persegi ini dihuni oleh 20% etnis China dari total populasi di Bangka Belitung. Sehingga jangan heran jika Anda akan menjumpai banyak kelenteng di Bangka Belitung yang masih digunakan sebagai tempat ibadah.

Secara administratif, Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung dengan ibukota bernama Tanjung Pandan. Dan Belitung Timur dengan ibukota bernama Manggar. Sebagian besar penduduk Pulau Belitung, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Maka sangat tidak mengherankan jika berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduk lokal.

Baca Juga:  Deretan 8 Pantai Terbaik di Pulau Dewata Bali

Pesona Wisata Pantai Belitung dengan Batuan Granit dan Pasir Putih

Sebagai tujuan pariwisata, Bangka Belitung menawarkan pesona wisata bahari dengan karakter yang unik. Anda akan mudah menemukan wilayah pantai berbatu granit yang khas dengan permukaan pantai berpasir putih yang landai. Berkat keunikannya tersebut maka Belitung menjadi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Itulah sebabnya potensi wisata bahari yang ada di kepulauan ini mampu menyuguhkan pengalaman wisata bahari yang berkesan, seperti snorkeling, diving, memancing, hingga berlayar.

Beberapa pantai yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke pulau Belitung diantaranya Pantai Tanjung Tinggi, yang merupakan salah satu tempat syuting film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Kelayang dengan ratusan batuan granit yang tersebar di laut maupun di pantai, juga Pulau Lengkuas dan pulau Burung yang memiliki keunikannya masing-masing.

Pada artikel ini, Nongki.net akan membahas seputar 5 pantai dan 1 pulau yang menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang datang ke Belitung. Penasaran? Yuk, intip pantai apa saja wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pesona wisata pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung
Pesona wisata pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung

Bagi Anda yang sudah pernah menonton film Laskar Pelangi, tentu ingat indahnya lokasi pantai di mana adegan para Laskar Pelangi kecil bermain-main di pantai lantas berdiri di atas batu granit besar. Ya, itulah Pantai Tanjung Tinggi. Pasca-film Laskar Pelangi, pantai ini menjadi destinasi wajib bagi traveler yang berwisata ke Belitung.

Batu-batu granit raksasa yang berasal dari kedalaman puluhan kilometer dari permukaan bumi dan terangkat ke permukaan bumi melalui proses tektonik ini menjadi daya tarik utama dari Pantai Tanjung Tinggi yang merupakan salah satu Pantai di Belitung yang terbaik. Pantai ini masuk ke dalam daftar tempat snorkeling terbaik di Pulau Belitung versi website resmi Pariwisata Indonesia milik Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang dengan spot snorkeling terbaik di Indonesia
Pantai Tanjung Kelayang dengan spot snorkeling terbaik di Indonesia

Selain Pantai Tanjung Tinggi, pantai ini juga masuk ke dalam daftar tempat snorkeling terbaik di Pulau Belitung versi website resmi Pariwisata Indonesia. Pantai ini berlokasi di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, 27 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Dari pantai ini, wisatawan dapat melihat Pulau Burung yang memiliki tumpukan batu granit dengan bentuk menyerupai kepala burung.

Pada bulan Oktober di setiap tahunnya, pantai ini dijadikan sebagai pusat titik labuh kapal layar bagi yachter yang tergabung dalam Sail Indonesia. Tanjung Kelayang memiliki pelabuhan yang digunakan untuk berlayar ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

3. Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi dengan formasi batuan berbentuk seperti burung
Pantai Burung Mandi dengan formasi batuan berbentuk seperti burung

Burung Mandi merupakan nama sebuah gunung di timur laut Belitung, kira-kira 18 kilometer arah barat Kota Manggar. Pantai Burung Mandi merupakan pantai yang ada di sekitar gunung tersebut. Tidak seperti pantai-pantai lain di Belitung, Anda tidak akan menemukan satu pun batu granit di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga satu-satunya pantai di Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakangnya.

Kota terdekat dengan pantai ini ialah Kota Manggar, berjarak sekitar 18 kilometer. Tak jauh dari pantai ini Anda dapat mengunjungi Vihara Dewi Kwan Im.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Wisata Lombok Yang Harus Anda Ketahui

4. Tanjung Binga

Wisata pantai Tanjung Binga dan juga sebagai desa nelayan di Belitung
Wisata pantai Tanjung Binga dan juga sebagai desa nelayan di Belitung

Tanjung Binga merupakan sebuah desa nelayan di utara Belitung dengan jarak 22 kilometer dari Tanjung Pandan atau 8 kilometer dari Tanjung Tinggi. Keindahan salah satu pantai di Belitung ini terlihat dari pasirnya yang putih, batu-batu granit yang tidak sebanyak dan sebesar pantai Tanjung Tinggi, ombaknya yang lembut, air laut yang dangkal, serta pemandangan hamparan perahu nelayan tradisional di sepanjang lepas pantai.

Di sana Anda dapat menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat yang dapat diolah langsung. Usai menikmati ikan segar, kunjungilah pelabuhan nelayan Tanjung Binga. Dari sana, Anda bisa menikmati pemandangan pulau-pulau di sekitar Tanjung Binga.

5. Pantai Serdang

Wisata pantai Serdang sebagai destinasi wajib ketika berlibur ke Belitung
Wisata pantai Serdang sebagai destinasi wajib ketika berlibur ke Belitung

Pantai di Belitung ini terletak di Kota Manggar. Jarak kota Manggar dari Tanjung Pandan ialah sekitar 90 kilometer ke arah timur, sementara dari bandara HAS Hananjoedin sekitar 75 kilometer. Lautan yang membentang luas membuat ombak di pantai ini cenderung lebih besar dari pantai-pantai Belitung lainnya. Selain pasir putih, Anda juga dapat menikmati pemandangan pohon pinus laut yang mengeluarkan suara-suara khas karena daunnya yang terus tertiup angin.

Selain itu, di bawah pohon pinus laut tersebut terdapat barisan perahu katir warna-warni. Setiap tahunnya, diadakan lomba perahu katir. Anda dapat menikmati kuliner khas Belitung di warung-warung makan sederhana serta warung-warung kopi yang menjadikan kota Manggar sebagai kota 1001 warung kopi.

Mercusuar Pulau Lengkuas

Jika ingin menikmati pemandangan cantik lautan luas bertabur batu granit dari ketingian, Anda bisa mengunjungi Pulau Lengkuas. Di Pulau Lengkuas terdapat mercuar yang merupakan peninggalan Belanda. Mercusuar ini berfungsi untuk membantu navigasi kapal laut untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, seperti keberadaan karang dan daerah laut yang dangkal.

Didirikan tahun 1882 dengan tinggi 50 meter, Mercusuar ini masih digunakan hingga saat ini. Pengunjung diperbolehkan naik ke atas untuk melihat pemandangan pantai. Pulau Lengkuas berada sekitar 4 mil atau 6,4 kilometer dari Pulau Belitung. Perjalanan untuk menuju Pulau Lengkuas dapat ditempuh sekitar 40 menit dengan menggunakan kapal nelayan.

Baca Juga:  Bangka Belitung, Pesona Wisata Alam Khas Film Laskar Pelangi

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini