5 Pantai Terbaik Untuk Dikunjungi di Mandalika Lombok 5/5 (1)

0
12
5 Pantai Terbaik Untuk Dikunjungi di Mandalika Lombok
5 Pantai Terbaik Untuk Dikunjungi di Mandalika Lombok - ©travelingyuk.com

Nongki.net – Lombok adalah sebuah pulau yang letaknya bersebelahan dengan Pulau Dewata Bali. Keindahan pantai-pantai di pulau yang termasuk ke dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memang tidak perlu diragukan lagi. Pasir pantai putih, air yang jernih, serta pemandangan bawah laut yang bisa Anda nikmati bahkan dengan mata telanjang. Jika Anda sedang berlibur ke Lombok, jangan lupa untuk mampir ke 5 pantai terbaik di kawasan Mandalika yang menawarkan panorama indah.

Sejak tahun 2014, salah satu kawasan di Lombok yaitu Kawasan Mandalika telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh pemerintah Indonesia.

Tidak mengherankan memang, karena selain pemandangan pantainya yang memesona, Kawasan Mandalika juga sudah dipenuhi beberapa fasilitas yang akan memudahkan setiap wisatawan.

Pesona 5 Pantai Terbaik di Kawasan Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Timur

Mengunjungi pantai-pantai di Lombok tidak akan membuat Anda bosan. Pasalnya, setiap pantai punya keunikannya masing-masing.

Selain itu, wilayahnya yang belum setenar Bali, membuat pantai-pantai di sini cenderung lebih sedikit pengunjung. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang sepi.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 5 pantai terbaik yang bisa Anda kunjungi di Kawasan Mandalika di Pulau Lombok.

  • Pantai Tanjung Aan
  • Pantai Kuta Lombok
  • Pantai Seger
  • Pantai Gerupuk
  • Pantai Serenting
Baca Juga:  Pesona 5 Gili di Lombok untuk Menikmati Bulan Madu

1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan dengan butiran pasir putih sebesar merica dan memiliki pemandangan terbaik
Pantai Tanjung Aan dengan butiran pasir putih sebesar merica dan memiliki pemandangan terbaik

Pantai Tanjung Aan adalah pantai yang berlokasi sekitar 75 kilometer dari Kota Mataram. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Kuta Lombok yang hanya berjarak 3 kilometer saja.

Untuk menuju pantai ini, Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari Mataram yang akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Pantai ini dikenal karena keunikan pasir pantainya yang berbentuk seperti merica. Di sebelah kanan pantainya, Anda juga bisa melihat Bukit Merese yang terbentang indah.

Anda bisa menaiki bukit itu kalau mau puas menikmati hamparan pasir putih merica dan birunya gradasi laut di Pantai Tanjung Aan.

Mau melihat hal yang beda? Anda juga bisa menyeberang dengan perahu nelayan untuk melihat Pantai Batu Payung. Penasaran?

Saat musim liburan, Pantai Tanjung Aan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik.

Namun jika Anda berkunjung pada bulan Februari, pantai ini akan penuh dengan wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Karena pada bulan tersebut ada even spesial yaitu Ritual Bau Nyale.

Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika. Dimana puteri tersebut melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya.

Selanjutnya mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi “Nyale”, atau cacing laut. setelah “perburuan”, Nyale akan dijadikan bahan beberapa jenis masakan lokal.

Nyale sendiri adalah sebutan masyarakat setempat untuk jenis cacing laut yang muncul pada waktu tertentu di Pantai Tanjung Aan dan beberapa tempat lainnya di Indonesia (Sumbawa, Maluku, dan terutama di Lombok).

Setidaknya ada 4 spesies Nyale dari Famili Eunicidae, yaitu Eunice siciliensisEunice viridisLicydice collaris, dan juga 1 spesies dari Nyale Famili Nereidae yaitu Dendronereides heteropoda.

2. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok yang namanya mirip seperti di Pulau Bali
Pantai Kuta Lombok yang namanya mirip seperti di Pulau Bali

Masih di Kawasan Mandalika, tak jauh dari Pantai Tanjung Aan Anda bisa melipir ke Pantai Kuta. Yap, namanya mirip dengan pantai di Pulau Bali ya?

Pantai yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Itulah sebabnya mengapa pantai ini disebut sebagai Pantai Kuta sepertidi Bali.

Dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok ini berjarak sekitar 72 Kilometer ke arah Tenggara, dan bisa dicapai sekitar 90 menit perjalanan.

Nongki.net menyarankan agar Anda menyewa mobil atau bergabung dengan paket tour. Karena angkutan umum sangat jarang dan relatif mahal.

Sama seperti Pantai Tanjung Aan, pasir di Pantai Kuta juga berbulir-bulir seperti Merica. Kalau ke sini cobain sensasi menginjak pasir di sini ya.

Oia, Anda juga bisa mencoba berbagai permainan air di pantai ini. Di sekitar pantai, Anda juga bisa menemukan beberapa restoran dan warga lokal yang berjualan oleh-oleh khas Lombok.

Selain itu, sebelum mencapai pantai ini, Anda akan melewati Desa Sade. Desa ini adalah desa Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok.

Di desa ini, masyarakat Suku Sasak juga membuat Kain Tenun Tradisional. Pastikan Anda mempir sebentar, untuk melihat proses tradisional pembuatan kain tenun ini.

Atau bahkan membeli beberapa koleksi kain tenun yang sudah jadi untuk dijadikan sebagai oleh-oleh di rumah.

3. Pantai Seger

Pantai Seger memiliki patung legenda bernama Putri Mandalika
Pantai Seger memiliki patung legenda bernama Putri Mandalika

Sekitar 2 kilometer sebelah timur Pantai Kuta, Anda bisa mengunjungi salah satu pantai yang juga masih dalam kawasan Mandalika yaitu Pantai Seger.

Pantai ini masih berada pada garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta. Pemandangannya juga sangat menakjubkan.

Selain panorama alamnya, pantai ini juga sangat cocok bagi Anda para pecinta olahraga air seperti snorkeling dan berselancar (surfing).

Jika Anda tidak memiliki alatnya, di pantai ini juga tersedia penyewaan alat snorkling dan selancar. Namun pastikan Anda menawar sampai 30% jika berminat menyewa.

Saat mengunjungi pantai ini, Anda akan langsung disambut oleh panorama perbukitan yang indah. Di pantai ini Anda juga bisa menemukan patung Putri Mandalika, salah satu dongeng tradisional masyarakat Lombok.

Pantai ini juga dikenal sebagai lokasi Festival Bau Nyale. Festival ini adalah festival berburu cacing laut yang hanya keluar pada musim tertentu saja.

Masyarakat Suku Sasak di Lombok percaya bahwa cacing laut ini dapat membawa keselamatan dan kesejahteraan.

4. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk di Kawasan Mandalika menjadi surga bagi para pecinta surfing
Pantai Gerupuk di Kawasan Mandalika menjadi surga bagi para pecinta surfing

Pantai ini adalah pantai terujung di Kawasan Mandalika. Karena pantainya yang landai, di Pantai Gerupuk Anda bisa leluasa berenang.

Sama seperti di Pantai Tanjung Aan, terdapat bukit di dekat Pantai Gerupuk yang memungkinkan Anda naik keatasnya untuk menikmati panorama pantai yang indah.

Pantai ini juga jadi surga bagi para pecinta surfing lho. Selain itu, Anda juga bisa menyalurkan hobi memancing ikan. Asyik pokoknya!

5. Pantai Serenting

Pantai Serenting termasuk pantai yang sepi di Mandalika Lombok
Pantai Serenting termasuk pantai yang sepi di Mandalika Lombok

Satu yang tidak kalah cantiknya di Kawasan Mandalika Lombok adalah Pantai Serenting. Wisata pantai terbaik ini memiliki garis pantai yang panjang serta tekstur pasir yang lembut.

Karena belum sepopuler pantai-pantai lainnya, Pantai Serenting termasuk pantai yang sepi. Tidak heran Anda bakal merasa seperti pantai pribadi kalau sedang berkunjung ke sini.

Semakin tertarik berlibur ke Pulau Lombok?

Baca Juga:  Raja Ampat: Surga Bawah Laut dan Wisata Terbaik Papua

Please rate this