Nongki.net – Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan purbakala komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat dan menjadi tempat wisata pulau komodo favorit di Indonesia maupun mancanegara.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Tempo, Hingga tahun 2018, populasi hewan komodo sebanyak 2.897 ekor. Jumlah populasi komodo ini menyebar di Pulau Komodo sebanyak 1.727 ekor, Pulau Rinca 1.049 ekor, Pulau Gili Motang 58 ekor, Pulau Nusa Kode 57 ekor, dan Pulau Padar 6 ekor.

Jumlah populasi pada tahun 2018 juga tercatat naik dari sebelumnya di 2016 sebanyak 1.186 ekor, dan 2017 sebanyak 1.412 ekor.

Selain menjadi tempat konservasi alami guna melindungi komodo yang menjadi salah satu satwa purba eksotis asli Indonesia. Taman Nasional Komodo ternyata juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Tak heran bila kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata paling tersohor di dunia.

Kawasan taman nasional tersebut tak hanya mencakup Pulau Komodo saja, melainkan juga beberapa pulau lain yang ada di sekitarnya. Tentunya ada berbagai kegiatan seru yang bisa dinikmati selama berkunjung ke sana.

Baca Juga:  VIDEO: Kalahkan Liberty, Ini Fakta Dari Patung GWK Bali

Taman Nasional Komodo Menjadi Salah Satu dari Tujuh Keajaiban Alam Dunia

Kawasan Taman Nasional Komodo (Komodo National Park) tersebut pada awalnya memang hanya dikhususkan sebagai kawasan perlindungan terhadap komodo.

Namun, kawasan konservasi tersebut semakin meluas hingga akhirnya di tahun 1986 UNESCO menetapkan Pulau Komo serta pulau lain yang ada di sekitarnya sebagai salah satu situs warisan dunia.

Meski menjadi salah satu konservasi alam sekaligus tempat wisata yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, suku Ata Modo yang merupakan penduduk asli Pulau Komodo diperbolehkan untuk tinggal dan menetap di sana. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin lebih dekat dengan suku asli pulau tersebut.

Bagi Anda yang berencana ingin pergi berlibur ke Wisata Pulau Komodo, berikut adalah 5 pulau favorit wisatawan di kawasan Taman Nasional Komodo:

1. Pulau Komodo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Clarisa Dewi (@clarisadewih) on

Pulau Komodo merupakan pulau yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Labuan Bajo terletak berada di dalam Pulau Komodo. Pulau Komodo merupakan tempat hewan komodo hidup, jumlah kodo yang hidup pada saat ini mencapai 2897 ekor.

Selain terdapat hewan komodo, yang menjadi daya tarik para wisatawan yaitu eksotisme keindahan alam disekitar pulau komodo. Pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya sangat memesona dengan air laut yang berwarna biru jernih dan masih bersih.

Selain pulau komodo terdapat juga taman nasional komodo yang didirikan pada tahun 1980. Taman tersebut dibuat dengan tujuan melindungi komodo dari kepunahan dan melindungi flora yang hidup di sekitar taman nasional komodo.

UNESCO mengakui pulau komodo merupakan situs warisan dunia dan termasuk ke salah satu tujuh keajaiban dunia versi alam.

Taman nasional komodo ini terdiri dari beberapa pulau diantaranya yaitu pulau komodo, pulau rinca, dan pulau-pulau kecil lainnya.

Beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat berlibur ke taman nasional komodo diantaranya yaitu melihat komodo secara langsung, bermain air di laut, diving, snorkeling.

Selain itu Anda juga dapat mengelilingi pulau komodo dan mengunjungi pulau-pulau kecil lainnya. Dan satu hal yang jangan sampai dilewatkan yaitu menyelam di batu samsia jika ingin berenang bersama kura-kura dan hiu. Lalu menyelam di crystal rock jika ingin melihat berbagai ikan seperti ikan barramundi, parrotfish dan berbagai ikan khas komodo.

Dan yang terakhir menyelam di Manta Point titik menyelam ini merupakan titik terbaik karena Anda dapat melihat ikan pari manta dari dekat. Untuk biaya masuk ke taman nasional komodo yaitu Rp 102.500 per orang.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Medan Yang Akan Memesona Anda

2. Gili Laba

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GILI LABAK ISLAND MADURA (@gililabak.id) on

Jika Anda mengunjungi Labuan Bajo jangan lewatkan untuk mengunjungi Gili Laba. Karea keindahan alam sangat memesona di Gili Laba ini, hamparan laut terlihat sangat cantik dari atas bukit.
Pemandangan warna biru jernih air laut dengan pasir-pasir putih terlihat membentang dari Gili Laba ini. Dari puncak gili laba Anda dapat melihat pemandangan keseluruhan yang ada di pulau komodo.
Saat musim penghujan warna-warna pepohonan di sekitar bukit berwarna hijau dan saat kemarau warna pepohonan berwarna kuning.

Sepanjang perjalanan menuju bukit yang ada di Gili Laba, Anda akan melewati berbagai tanjakan. Oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan stamina yang prima karena cukup menguras tenaga ekstra untuk mendaki hingga sampai ke puncak Gili Laba.

Jalur pendakian untuk menuju puncak bisa diakses melalui jalur manapun karena tidak ada titik point khusus pendaki. Meskipun membutuhkan tenaga ekstra tapi ketika sampai ke puncak Gili Laba semua akan terbayar oleh pemandangan keindahan alam kepulauan komodo yang memesona.

Jika tidak ingin mendaki ke puncak Anda juga dapat bermain air, berjemur dan snorkeling. Rute perjalanan menuju Gili Laba jika dari pulau komodo dibutuhkan waktu sekitar 1 jam, namun jika Anda dari labuan bajo maka membutuhkan waktu cukup lama yaitu sekitar 4 jam.

3. Pulau Rinca

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kimberly E Ryder (@kimbrlyryder) on

Pulau Rinca merupakan salah satu gugusan pulau yang terletak di kepulauan komodo. Selain di pulau komodo rupanya komodo hidup di pulau Rinca ini, meskipun luas pulau rinca tidak seluar pulau komodo akan tetapi komodo yang hidup di pulau rinca berkisar 1.049 ekor.

Pulau rinca memiliki jarak lebih dekat dari Labuan Bajo, titik tertinggi di pulau ini yaitu Gunung Ora dengan ketinggian 670 mdpl. Selain komodo terdapat hewan lainnya yang hidup di pulau ini seperti kerbau, burung dan babi liar.

Di pulau Rinca para pengunjung ditawarkan untuk mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan yaitu dengan program penanaman tanaman bakau, jika ingin mengikuti program tersebut maka dikenakan biaya Rp 150.000 per orang.

Dengan membayar sejumlah biaya tersebut, pengunjung akan diberi bibit bakau yang dapat dilabeli dengan nama Anda sendiri.

Akses untuk menuju pulau Rinca yaitu jika dari Labuan Bajo maka dapat menggunakan kapal sewaan.

Perjalanan menuju pulau rinca membutuhkan waktu 2 jam dari Labuan Bajo dan kapal tersebut berlabuh di dermaga Loh Buaya. Harga tiket memasuki pulau Rinca yaitu Rp 25.000 per orang.

Beberapa fasilitas yang telah tersedia di pulau Rinca yaitu homestay yang berada di sekitar lokasi penjagaan, warung makan dan toilet.

Baca Juga:  Menjelajah 8 Pesona Wisata Palembang

4. Pulau Kanawa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by melly_mechiel (@melianastuti) on

Pulau Kanawa merupakan pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur dengan luas sekitar 35 hektar. Pulau ini mempunyai keindahan alam yang sangat cantik dan memesona terutama pantai dan bawah laut.

Keindahan alam tersebut terlihat dari air laut yang berwarna biru kehijauan dan juga pasir putih yang masih sangat bersih. Keindahan bawat laut di pulau ini tak kalah indah dengan taman bawah laut Bunaken.

Bahkan keindahannya dapat dilihat dari atas permukaan laut berbagai terumbu karang, ikan kecil berwarna warni, mola-mola dan penyu dapat terlihat jelas hal ini karena air laut yang masih sangat jernih.

Keunikan lain dari pulau ini yaitu ketika sore menjelang air laut perlahan akan surut. Untuk pengunjung yang ingin melakukan diving di pulau kanawa tersedia diving center.

Jika Anda ingin bermalam di pulau kanawa sudah terdapat sekitar 13 cottage, harga sewa cottage tersebut di bandrol mulai dari Rp 300.000 per malam.

Rute perjalanan menuju pulau kanawa yaitu sekitar 15 km dari Labuan Bajo dan dapat diakses menggunakan speed boat. Untuk tarif speed boat sendiri berkisat antara Rp 60.000 per orang atau dapat menyewa kapal dengan harga Rp 250.000.

5. Pulau Padar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Florian Adventure Photography (@floadventures) on

Untuk sampai menuju pulau padar maka dibutuhkan nahkoda dan pemandu yang berpengalaman. Di pulau padar hanya tumbuh rumput dan tidak terdapat pohon-pohon besar.

Dari puncak pulau padar Anda dapat melihat keindahan lautan di sekitar pulau padar dan pulau-pulau kecil lainnya.

Jika Anda akan mengunjungi pulau padar maka disarankan untuk menggunakan sepatu karena jika ingin pergi ke puncak pulau padar menggunakan sandal, maka akan terasa kurang nyaman. Jangan lupa juga untuk mencoba wisata kuliner di Lombok, seperti sate rembiga dan nasi balap puyung.

Itulah beberapa pulau favorit wisatawan saat pergi berwisata ke Taman Nasional Komodo. Selamat berlibur!

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini