5 Surga Tersembunyi di Wisata Raja Ampat Papua 5/5 (1)

0
346
5 Surga Tersembunyi di Wisata Raja Ampat Papua
5 Surga Tersembunyi di Wisata Raja Ampat Papua - ©finroll.com

Nongki.net – Wisata Raja Ampat Papua sering disebut sebagai salah satu surga tersembunyi yang terakhir di dunia karena kondisinya yang masih alami. Pulau-pulau kecil menjulang dan tumbuh subur yang tersebar di perairan biru kristal membuat daya tarik wisatawan dari seluruh dunia.

Wisata Raja Ampat sebenarnya terdiri dari empat gugusan pulau yang bersatu menjadi Kepulauan Raja Ampat. Keempat gugusan pulau tersebut terdiri dari pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Wisata Raja Ampat menjadi sangat terkenal di dunia karena keindahan pemandangan alam bawah lautnya.

Menurut beberapa ulasan majalah travel, menempatkan Raja Ampat sebagai satu dari 10 tempat terbaik untuk menyelam di dunia. Bahkan diakui sebagai peringkat pertama dari segi keanekaragaman flora dan fauna bawah air pada saat ini. Namun karena letaknya yang sedikit terpencil, membuat hotel-hotel di Raja Ampat tidak terlalu dibanjiri oleh wisatawan. Sehingga membuat kondisi alamnya semakin terjaga.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Tempat Wisata Papua Yang Memesona

Tempat Wisata Terbaik di Raja Ampat Papua

Secara keseluruhan Raja Ampat adalah tempat yang sangat memukau. Tetapi terdapat beberapa tempat yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Raja Ampat. Baca terus untuk mengetahui 5 tempat di Raja Ampat yang harus Anda lihat berdasarkan rangkuman Nongki.net.

1. Pianemo

Gugusan pulau kecil menjulang dan tersebar di Pianemo
Gugusan pulau kecil menjulang dan tersebar di Pianemo – ©papuaparadise.com
Tangga kayu untuk menaiki bukit di Pianemo
Tangga kayu untuk menaiki bukit di Pianemo – ©papuaparadise.com

Pianemo adalah salah satu tempat yang paling banyak difoto atau diabadikan di Raja Ampat. Sehingga tidak mengherankan jika Pianemo telah menjadi simbol dari wisata Raja Ampat. Meskipun sudah sangat populer di dunia maya, namun masih jarang turis yang pergi ke sana dalam satu waktu. Sehingga terkesan sebagai surga tersembunyi di dunia.

Mendaki tangga kayu dari dermaga menuju puncak bukit akan membuat Anda berdecak kagum melihat pemandangan yang menakjubkan. Kumpulan pulau-pulau kecil menjulang dan tersebar di atas kilauan kristal air laut. Anda dapat menghabiskan waktu selama mungkin di sini sambil mengambil foto sebelum Anda melanjutkan kegiatan lain seperti menyelam.

2. Desa Wisata Arborek

Rumah tradisional penduduk desa Arborek
Rumah tradisional penduduk desa Arborek – ©papuaparadise.com
Keramahan penduduk lokal desa Arborek
Keramahan penduduk lokal desa Arborek – ©papuaparadise.com

Selain pemandangan alamnya yang memesona, Anda juga bisa berwisata budaya ke desa Arborek di Raja Ampat. Desa kecil ini merupakan desa yang paling terkenal di Raja Ampat untuk dikunjungi wisatawan. Sebagian besar para ibu-ibu atau wanita di desa ini membuat kerajinan tangan untuk mencari nafkah. Anda juga dapat menyaksikan penduduk desa mulai dari usia muda hingga dewasa yang menampilkan tarian tradisional khas Papua.

Berdasarkan populasinya, desa Arborek sebenarnya adalah desa yang kecil. Hanya memiliki sekitar 40 keluarga yang tinggal di desa ini. Meskipun begitu mereka memiliki cara hidup yang sangat menyenangkan dalam keseharian mereka. Para wisatawan dapat belajar sedikit tentang orang-orang dan budaya desa ini. Anda dapat berkeliling melihat kumpulan rumah tradisional, dermaga reyot, serta anak-anak kecil yang gemar bermain air di laut. Mereka tidak segan untuk diajak berbincang dan berfoto bersama.

Baca Juga:  Deretan 8 Pantai Terbaik di Pulau Dewata Bali

3. Air Terjun Pulau Batanta

Kesegaran air terjun di Pulau Batanta
Kesegaran air terjun di Pulau Batanta – ©papuaparadise.com
Trek terjal berbatu menuju air terjun Pulau Batanta
Trek terjal berbatu menuju air terjun Pulau Batanta – ©papuaparadise.com

Pulau Batanta adalah salah satu pulau terbesar di Raja Ampat. Menjadikannya tempat wisata yang sempurna untuk dijelajahi. Pulau ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari Papua Paradise Eco Resort dengan menggunakan perahu. Resort tersebut juga menyediakan layanan perjalanan singkat berkeliling di pulau Batanta serta mengunjungi air terjun.

Setelah kapal berlabuh, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalur hutan dan medan berbatu untuk menuju air terjun yang indah. Petualangan ini akan menempuh waktu sekitar 40 menit. Perjalanan ini akan terasa menyenangkan, apalagi ketika Anda telah sampai di lokasi air terjun. Anda dapat menikmati terpaan air yang dingin serta segar. Selain itu, terdapat juga gua atau goa tersembunyi yang berada di balik air terjun. Beragam satwa liar juga bisa Anda temui saat berjalan menuju lokasi. Sungguh petualangan yang menyenangkan.

4. Pasir Timbul

Air jernih bak kristal di wisata pasir timbul
Air jernih bak kristal di wisata pasir timbul – ©papuaparadise.com
Pasir putih nan lembut yang muncul ketika air laut surut
Pasir putih nan lembut yang muncul ketika air laut surut – ©papuaparadise.com

Seperti tempat yang di luar mimpi, Pasir Timbul adalah sebuah hamparan pasir putih yang muncul ke atas permukaan laut hanya pada saat air surut. Air di sini sangat jernih dengan pasir putih yang lembut. Anda hampir tidak akan percaya dengan keberadaan tempat ini. Di sini, Anda bisa menikmati bermain air, bersantai di pantai, berfoto serta menyaksikan pemandangan bawah air tanpa menggunakan alat snorkeling.

Lokasi Pasir Timbul hanya berjarak sekitar 30 menit dari Desa Arborek menggunakan perahu. Relatif tidak begitu jauh dari Pulau Mansuar.

5. Pulau Hornbills

Pemandangan di Pulau Hornbills Raja Ampat
Pemandangan di Pulau Hornbills Raja Ampat – ©papuaparadise.com
Hornbills atau Burung Enggang terbang berpasangan dalam kelompok
Hornbills atau Burung Enggang terbang berpasangan dalam kelompok – ©papuaparadise.com

Hornbills atau Burung Enggang adalah salah satu spesies burung yang paling luar biasa di Raja Ampat. Melihat hewan di tempat habitat aslinya bisa menjadi kesempatan yang istimewa bagi wisatawan. Burung Enggang sering berkumpul di sebuah pulau kecil di lepas pantai Pulau Batanta di mana hutan bakau masih tumbuh lebat dan sehat.

Ketika senja menjelang, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam sembari menjemput datangnya malam. Burung Enggang dapat terlihat beterbangan secara berpasangan dan tinggal bersama dalam kelompok. Papua Paradise adalah salah satu operator wisata malam yang menyediakan perjalanan ke Pulau Hornbills hanya untuk melihat pemandangan alam yang ajaib ini.

Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk pergi mengunjungi surga tersembunyi di Papua? Selamat merencanakan liburan!

Baca Juga:  5 Pulau Favorit di Wisata Taman Nasional Komodo

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini