Nongki.net – Singapura adalah tempat yang sempurna bagi wisatawan karena keragaman budaya yang dimilikinya. Perpaduan antara arsitektur modern dengan warisan budaya tradisional Asia dapat Anda lihat secara jelas di negara bersimbol singa ini. Maka tidak mengherankan jika banyak pelancong dari seluruh penjuru dunia memasukkan Singapura sebagai daftar negara tempat wisata untuk dikunjungi.

Singapura merupakan negara yang kaya akan tempat wisata warisan budaya terutama Asia Selatan. Singapura bukan hanya tempat modern dengan berbagai gedung-gedung pencakar langit yang mengagumkan. Tetapi juga beberapa tempat wisata warisan tradisional yang memiliki arsitektur menawan.

5 Tempat Wisata Bersejarah di Singapura

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas mengenai tempat-tempat bersejarah di Singapura yang akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Situs-situs warisan sejarah ini juga tak kalah untuk dikunjungi selain wisata modern lainnya di Singapura. Tempat-tempat tersebut mencerminkan kekayaan warisan budaya Singapura di masa lalu. Dengan mengunjungi tempat wisata berikut, dijamin akan membuat Anda semakin cinta dan ingin berlibur ke Singapura. Tempat bersejarah mana saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Gratis Saat Liburan Ke Dubai

1. Haji Lane

Mulai dari kafe kuno hingga seni mural yang menakjubkan dapat Anda saksikan di sini. Haji Lane menyediakan segalanya bagi Anda para pecinta seni yang dipadu dengan beberapa bangunan kuno di Singapura. Sehingga tidak mengherankan jika Haji Lane merupakan salah satu tempat wisata bersejarah paling favorit di Singapura.

Anda akan disambut dengan kerumunan para pelancong baik tua-muda, pria ataupun wanita. Mereka akan saling berpose untuk mengabadikan momen liburan dengan latar belakang mural yang berwarna-warni. Bukan hanya fotografer amatir, Haji Lane juga banyak mengundang para fotografer hebat untuk menangkap coretan dinding yang beraneka warna.

Di antara beberapa tempat wisata bersejarah di Singapura, Haji lane adalah tempat warisan budaya yang tidak boleh Anda lewatkan. Berlokasi di Distrik Kampong Glam, Haji Lane menawarkan pemandangan rumah masa kini hingga arsitektur Melayu dan Muslim. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan kafe-kafe, toko kaset, barang antik, hingga aksesoris untuk memanjakan para wisatawan.

Lokasi: Kampong Glam, Haji Lane

Jam Operasional: Setiap hari

2. The Battle Box

Pusat komando bawah tanah yang berlokasi di jantung Singapura ini dibangun ketika Perang Dunia II berlangsung. Bunker anti-bom ini memiliki sejarah yang sangat menarik. Bukan hanya benda-benda peninggalan perang, di The Battle Box juga Anda dapat menyaksikan patung yang terbuat dari lilin serta beberapa tokoh bergerak. Bukan Singapura namanya jika tidak dapat menghadirkan teknologi meskipun di tempat wisata bersejarah.

Melalui tempat wisata warisan budaya bersejarah ini, beberapa komando keputusan penting dibuat. Seperti peristiwa keputusan besar menyerahkan Singapura kepada Jepang. Tempat wisata luar biasa ini wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Singapura.

Bunker perang ini memiliki 2 pintu masuk dengan total 27 kama. Sejarah Singapura akan ditampilkan dengan cara yang indah melalui museum peninggalan perang ini. Para wisatawan akan diajak untuk mengenal Singapura sejak masa lalu. Tempat wisata bersejarah ini dapat diakses menggunakan bus umum atau taksi.

Lokasi: 2 Cox Terrace, Fort Canning Park

Jam Operasional: Setiap hari mulai pukul 09.30 – 17.30. Bahkan dibuka ketika libur nasional Singapura

3. Sultan Mosque

Salah satu bangunan peninggalan terbaik di Singapura ini adalah sebuah Masjid yang dibangun pada tahun 1824. Masjid bergaya Islam Melayu ini diprakarsai oleh sultan pertama di Singapura bernama Sultan Hussein Shah. Masjid yang memiliki kubah megah berwarna emas ini dapat menampung sekitar 5000 jamaan sekaligus dalam satu waktu. Hingga kini, Masjid Sultan masih berfungsi dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang beragama Islam.

Selain sebagai tempat wisata religi, Masjid Sultan juga merupakan masjid terbesar dan pusat penyebaran agama islam di Singapura. Terbukti dari renovasi yang dilakukan setelah 100 tahun sejak masjid tersebut dibangun. Dana renovasi bahkan dikumpulkan sendiri oleh seluruh umat Islam yang ada di Singapura. Hal ini menunjukan solidaritas dan gotong royong bahkan bagi kaum kecil sekalipun untuk membuat kontribusi.

Bagi Anda yang bukan beragama Islam, bukan berarti Anda tidak bisa berkunjung ke tempat wisata warisan budaya ini. Anda dapat juga berfoto dengan latar belakang masjid atau berkeliling menikmati toko-to yang berada di sekitar masjid. Pengunjung dapat membeli pakaian, makanan halal, serta souvenir Singapura di sini.

Lokasi: 3 Muscat Street

Jam Operasional: Setiap hari

4. Sri Veeramakaliamman Temple

Kuil Sri Veeramakaliamman merupakan salah satu tempat wisata bersejarah lainnya di Singapura. Kuil Hindu tertua di Singapura ini dibangun sejak tahun 1881. Kuil ini didirikan sebagai dedikasi bagi Dewi Kali yang merupakan perwujudan dari Shakti. Terdapat banyak sekali gambar-gambar di dalam kuil yang menampilkan Dewi Kali sedang mengenakan karangan bunga tengkorak dan merobek bagian dalam korbannya.

Situs bersejarah ini sangat populer bagi komunitas Hindu yang sebagian besar merupakan warga keturunan yang berimigrasi. Terletak di jantung wilayah Little India, kuil ini memiliki banyak cerita bersejarah mengenai masa kolonial Singapura. Detail yang rumit serta warna yang mencolok, membuat kuil ini sangat menarik banyak wisatawan.

Pada zaman dahulu, selain sebagai tempat ibadah, kuil ini juga difungsikan sebagai tempat berlindung warga lokal dari bangsa Jepang yang menjajah Singapura selama Perang Dunia II. Kuil ini sempat dirancang ulang pada tahun 2014 dengan 6 lantai dan interior yang semakin penuh warna. Meskipun telah berusia satu abad lebih, kuil ini masih sangat terawat hingga kini berkat adanya renovasi.

Lokasi: 141 Serangoon Road, Singapura

Jam Operasional: Setiap hari

5. Thian Hock Keng Temple

Di antara beberapa tempat bersejarah di Singapura, Kuil Thian Hock Keng merupakan salah satu yang cukup populer. Pada bagian pintu masuk, kuil ini dijaga oleh patung berbentuk singa dan harimau. Kuil ini adalah kuil Buddha warisan budaya China Kuno. Terlihat dari desain pintu masuk serta interior yang penuh warna.

Pada area kuil, terdapat 2 bangunan berbeda yang didedikasikan untuk berbagai dewa dan dewi yaitu Mazu serta Kuan Yin. Kuil ini sangat penting bagi warga keturunan marga Hokkien. Bangunan kuil ini diperkaya dengan arsitektur berupa patung-patung yang dipahat secara detail dan rumit. Dengan ubin berwarna cerah, tempat wisata bersejarah ini juga memiliki ukiran burung merak serta mawar yang menambah indah interior bangunan. Kuil yang dibangun pada tahun 1824 ini wajib Anda kunjungi minimal sekali seumur hidup ketika Anda pergi ke Singapura.

Lokasi: 158 Telok Ayer Street

Jam Operasional: Setiap hari

Baca Juga:  9 Tempat Wisata Instagramable Terbaik di Singapura

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini