5 Tips Perawatan Agar Kulit Sehat dan Bercahaya

0
548
5 Tips Perawatan Agar Kulit Sehat dan Bercahaya - ©larenaissance.ca
5 Tips Perawatan Agar Kulit Sehat dan Bercahaya - ©larenaissance.ca

Nongki.net – Perawatan kulit yang baik termasuk melindungi kulit dari sinar matahari dan membersihkannya secara rutin, dapat membuat kulit Anda sehat dan bercahaya.

Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjaga kesehatan kulit membutuhkan perawatan rutin dan biaya yang tidak sedikit. Lantas, apakah bisa memiliki kulit yang sehat meskipun tidak mempunyai waktu yang insentif untuk perawatan kulit?

Jika Anda termasuk orang yang sibuk dengan kegiatan ataupun pekerjaan sehari-hari tetapi ingin memiliki kulit bersinar maka Anda harus mengetahui teknik dan cara sederhana dan mudah dalam merawat kesehatan kulit. Perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup yang sehat dapat membantu Anda dalam menunda penuaan dini serta mencegah berbagai masalah kesehatan kulit.

Berikut Nongki.net rangkum dari beberapa sumber mengenai 5 cara sederhana perawatan kulit serta gaya hidup sehat agar kulit tetap sehat dan bercahaya. Yuk simak rangkumannya!

Baca Juga:  Cara Mengontrol Emosi Secara Efektif Agar Lebih Bahagia

1. Lindungi kulit dari sinar matahari

Salah satu cara terpenting untuk merawat kulit Anda adalah melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan kulit Anda keriput. Selain itu masalah flek hitam yang semakin terlihat, penuaan, serta masalah kulit lainnya dapat timbul dari paparan sinar matahari berlebih. Bahkan yang paling ekstrim adalah dapat meningkatkan resiko kanker kulit.

Untuk itu diperlukan beberapa cara agar melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, berikut diantaranya:

  • Gunakan tabir surya

    Sebelum menggunakan tabir surya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis yang baik untuk kulit Anda. Gunakan tabir surya dengan spektrum luas seperti SPF 15. Anda dapat menerapkannya ke kulit Anda beberapa kali dalam satu hari, terlebih lagi jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, maka Anda dapat mengaplikasikannya setiap 2 jam. Atau pun jika Anda ingin berenang dan memiliki kulit yang kering.

  • Mencari tempat teduh

    Hindari sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore, pada jam-jam tersebut sinar matahari memiliki efek kuat bagi masalah kesehatan kulit Anda. Namun jika Anda terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, Anda dapat mensiasatinya dengan mencari tempat teduh yang dapat menghindari Anda dari sinar matahari.

  • Pakailah pakaian pelindung

    Selain mencari tempat yang teduh, Anda juga dapat menutupi kulit Anda dari sinar matahari langsung dengan menggunakan kemeja lengan panjang, celana panjang dan topi. Walaupun dampaknya Anda akan merasa kepanasan dan berkeringat, namun setidaknya kulit Anda dapat terhindar dari sinar ultraviolet berlebih yang dapat merusak kulit Anda.

Baca Juga:  VIDEO: Beragam Manfaat Yoga Bagi Tubuh

2. Jangan merokok

Merokok dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan juga dapat menimbulkan kerutan. Selain itu merokok bisa mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar, yang akan mengurangi aliran darah sehingga membuat kulit menjadi lebih pucat. Kegiatan merokok yang berlebihan juga dapat menghabiskan oksigen dan nutrisi kulit yang penting bagi kesehatan kulit.

Selain mengabiskan oksigen yang terkandung di dalam tubuh, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin yang bisa memberikan kekuatan serta elastisitas kulit Anda. Ekspresi wajah yang berulang-ulang saat merokok seperti mengerucutkan bibir saat saat menghirup rokok bisa berkontrobusi terhadap kerutan di area bibir dan samping mata.

Masalah kesehatan lainnya akibat merokok adalah bisa meningkatkan resiko kanker sel kulit skuamosa. Jika Anda seorang perokok aktif, cara terbaik untuk melindungi kulit sehat Anda adalah dengan berhenti merokok segera mungkin. Anda dapat bertanya kepada teman yang telah suskes berhenti meroko tentang cara dan tipsnya. Atau jika Anda tetap merasa kesulitan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya.

3. Perlakukan kulit Anda dengan lembut

Melakukan mandi serta mencukur setiap hari dapat merusak kulit Anda. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa tips agar kulit Anda tetap lembut:

  • Batasi waktu mandi

    Mandi menggunakan air yang panas serta dalam durasi yang panjang dapat menghilangkan minyak alami dari kulit Anda. Untuk itu batasi waktu mandi Anda dan gunakan air bersuhu hangat bukan air panas.

  • Hindari sabun yang kuat

    Sabun atau deterjen yang kuat dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan iritasi. Untuk itu, sebaliknya Anda memilih sabun pembersih yang ringan.

  • Gunakan oil sebelum bercukur

    Untuk melindungi dan melumasi kulit Anda, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum Anda bercukur. Selain itu, gunakan juga alat atau pisau cukur yang bersih dan tajam. Gerakan mencukur sebaiknya mengikuti arah rambut tumbuh bukan berlawanan, agar kulit Anda tidak iritasi, terluka dan memiliki efek rasa perih di kulit sehabis bercukur.

  • Segera keringkan kulit setelah mandi kering

    Setelah mencuci atau mandi, tepuk-tepuk lembut atau keringkan kulit Anda dengan segera menggunakan dengan. Gosok handung secara lembut dan perlahan, jangan dilakukan dengan kasar dan tergesa-gesa. Hal ini dapat membuat kulit Anda tetap terawat.

  • Melembabkan kulit kering

    Jika Anda memiliki kulit yang kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan untuk memilih pelembab yang mengandung SPF.

Baca Juga:  Diet Ala Militer: Turunkan 4,5 Kg Hanya 3 Hari

4. Makan makanan yang sehat

Melakukan diet sehat dengan memilih makanan yang bernutrisi serta bergizi tinggi dapat membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Konsumsi banyak buah-buahan, sayur, biji-bijian serta protein tanpa lemak setiap hari.

Hubungan antara diet sehat dengan jerawat di wajah memang belum terbukti, namun beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan, makanan rendah lemak jahat dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih muda.

Selain itu rajin minum air putih dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi sempurna.

5. Kelola stres

Stres yang tidak terkendali dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu timbulnya jerawat serta masalah kulit lainnya. Agar menjaga kulit Anda tetap sehat, maka Anda harus dapat mengelola tingkat stres yang mengganggu pikiran Anda. Ambil langkah-langkah efektif untuk mengelola stres Anda seperti tidur yang cukup, luangkan waktu melakukan hobi serta mengelola dengan baik pekerjaan dipercaya dapat mampu mengurangi beban pikiran.

Pikiran yang stres dapat membuat wajah Anda tampak lebih tua dan berkerut karena masalah yang terus menjadi beban pikiran Anda.

Baca Juga:  Cowok Juga Perlu Detoks Agar Tubuh Fit

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini