5 Tips Sebelum Liburan Ke Mancanegara Pertama Kali 5/5 (4)

0
644
5 Tips Sebelum Melakukan Trip Ke Mancanegara Pertama Kali - ©worldatlas.com
5 Tips Sebelum Melakukan Trip Ke Mancanegara Pertama Kali - ©worldatlas.com

Nongki.net – Dunia yang luas ini ada begitu banyak tempat yang indah untuk dilihat dan dikunjungi. Pepatah terkenal dari Saint Augustine mengatakan:

The world is a book and those who do not travel read only one page.

Beliau menyebutkan bahwa dunia adalah bagaikan sebuah buku dan barangsiapa yang tidak melakukan perjalanan, maka dia hanya membaca satu halaman. Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda melakukan perjalanan wisata. Bukan hanya di Indonesia yang kaya ini tetapi juga ke negara di belahan dunia lainnya.

Berbicara mengenai perjalanan wisata, maka hal yang perlu Anda ketahui adalah persiapan sebelum melakukan perjalanan. Untuk perjalanan domestik memang tidak membutuhkan banyak persiapan, namun akan berbeda jika Anda berencana untuk pergi ke luar negeri. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan, terutama bagi Anda yang akan melakukannya pertama kali.

Tips Sebelum Pergi Ke Luar Negeri Pertama Kali

Pergi ke suatu tempat yang benar-benar baru, asing, dan berbeda memang sangat mengasyikan tetapi juga bisa sedikit menakutkan dan membingungkan. Berikut adalah beberapa tips liburan ke mancanegara untuk pertama kali!

Baca Juga:  VIDEO: 6 Tips Sebelum Anda Berlibur Ke China

1. Membuat Paspor

Membuat paspor adalah hal yang paling penting sebelum Anda pergi ke luar negeri. Tanpa paspor, maka Anda tidak akan bisa masuk ke negara lain. Maka dari itu, persiapkan terlebih dahulu beberapa hari untuk membuat paspor sebelum Anda menentukan tanggal dan membeli tiket pesawat keberangkatan. Paspor diibaratkan sebagai sebuah buku yang akan membawa Anda kemanapun di dunia ini.

Mengutip dari halaman Kantor Imigrasi Indonesia, menjelaskan bahwa jenis parpor terdiri dari:

  • Paspor Biasa 24 Halaman, Biaya yang dibutuhkan Rp 100.000
  • Paspor Biasa 48 Halaman, Biaya yang dibutuhkan Rp 300.000
  • Paspor Elektronik 24 halaman, Biaya yang dibutuhkan Rp 350.000
  • paspor Elektronik 48 halaman, Biaya yang dibutuhkan Rp 600.000

Semua jenis paspor berlaku selama 5 tahun. Paspor juga diperlukan saat membeli tiket penerbangan. Karena Anda diharuskan mengisi nomor paspor dan nama yang sesuai dengan yang tertera di paspor. Bagi Anda yang pertama kali ingin melakukan trip internasional, ada baiknya jika Anda meminta tolong kepada saudara atau teman yang pernah melakukannya. Sebab jika salah satu huruf atau keliru dalam menulis nama depan dan nama belakang, bisa jadi Anda akan gagal berangkat.

Jaga Selalu Keamanan Paspor

Setelah paspor Anda jadi, jangan lupa untuk membuat salinan versi digitalnya. Seperti foto halaman depan paspor, identitas paspor, dan setelah Anda mendapatkan cap dari bandara setempat. Tak lupa juga untuk mengunggahnya di akun email Anda.

Hal ini bertujuan agar mencegah Anda dari masalah yang kemungkinan terjadi pada Anda selama perjalanan, seperti kehilangan paspor dan ponsel. Jika Anda sudah memiliki salinan digitalnya, maka Anda memiliki bukti dan melapor ke kantor polisi terdekat. Untuk itu, selalu berhati-hati dalam menjaga paspor Anda selama perjalanan.

Anda akan membutuhkan paspor lebih dari yang Anda kira. Selain untuk pemesanan tiket pesawat, tak jarang paspor juga digunakan sebagai verifikasi data oleh pihal hotel sebelum Anda check in. Mereka hanya ingin memastikan bahwa yang menginap di hotel mereka adalah Anda, dengan mencocokan data dari paspor. Tenang saja, ini adalah prosedur standar demi keamanan.

Selalu jaga tempat penyimpanan paspor Anda, jangan menaruhnya di kantong belakang atau di dalam tas yang mudah untuk dijangkau orang lain. Dan tak lupa juga selalu bawa paspor Anda kemanapun Anda pergi, untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemeriksaan.

Jenis-jenis paspor di Kantor Imigrasi Indonesia - Nongki.net
Jenis-jenis paspor di Kantor Imigrasi Indonesia – Nongki.net

2. Tentukan Negara Yang Ingin Dikunjungi

Setelah memiliki paspor, langkah selanjutnya adalah menentukan negara yang ingin Anda kunjungi. Mungkin Anda memiliki keinginan melihat gajah dan kuil eksotik di Thailand, piramida megah di Mesir, atau menara eiffel yang romantis di Perancis.

Namun sebaiknya Anda memilih negara yang paling terdekat terlebih dahulu, seperti Singapura, Malaysia atau Thailand. Karena ini akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Anda sebelum melakukan trip ke negara yang lebih jauh berikutnya.

Jika sudah menentukan, maka Anda harus mempersiapkannya. Seperti menentukan tanggal keberangkatan, memesan hotel, mencari info tempat wisata terbaik, kuliner terbaik, dan tak lupa juga meminta rekomendasi dari teman Anda yang pernah pergi ke sana. Pelajari juga sedikit tentang bahasa lokal dan budaya yang dianut di negara tersebut. Agar Anda tidak merasa kesulitan dalam berinteraksi dengan penduduk lokal.

Telah banyak situs maupun aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam menentukan akomodasi seperti pembelian tiket pesawat dan hotel. Anda juga dapat membandingkannya untuk mencari harga yang paling sesuai. Dan disarankan untuk memilih tanggal keberangkatan saat low season, untuk menghemat budget pengeluaran Anda selama liburan.

Baca Juga:  VIDEO: Tips Liburan Hemat Ke Korea Selatan

3. Periksa Apakah Membutuhkan Visa atau Tidak

Setelah Anda menentukan negara yang ingin Anda kunjungi, Anda harus mengecek apakah negara tersebut mensyaratkan visa perjalanan atau tidak. Untuk negara-negara yang tergabung dalam anggota ASEAN, maka visa tidak dibutuhkan. Beberapa negara lain yang sudah melakukan kerjasama bilateral dengan Indonesia, ada yang tidak membutuhkan visa.

Visa perjalanan biasanya berlaku hanya untuk 1 bulan izin tinggal. Jadi jangan sampai lupa membuat visa sebelum membeli tiket pesawat yah. Jika tidak maka uang yang akan Anda keluarkan akan sia-sia karena Anda tidak diizinkan masuk ke negara tersebut.

4. Pastikan Anda Bisa Menarik Tunai Di Negara Tujuan

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa di negara tujuan Anda dapat menarik uang tunai. Membawa uang tunai dari rumah memang perlu, tapi apakah harus sebanyak yang dibutuhkan? Tentu Anda dapat menarik uang di jaringan ATM internasional di sana. Untuk itulah diperlukan untuk mengecek sebelumnya. Biasanya kartu yang berlogo VISA dan MASTER CARD dapat digunakan secara internasional. Atau Anda juga dapat membawa kartu kredit saat bertransaksi non tunai di sana.

Sediakan juga cadangan kartu lain dan tinggalkan di brankas kamar hotel. Hal ini untuk mencegah agar Anda tidak kekurangan uang apabila Anda mengalami kecopetan.

5. Rancang Itinerary Perjalanan

Ketika Anda berencana ingin melakukan wisata ke luar negeri, hal yang tak kalah pentingnya adalah merancang jadwal perjalanan Anda. Tempat apa saja yang ingin dikunjungi, berapa lama menghabiskan waktu di satu tempat, dan mendaftar jenis makanan yang ingin Anda cicipi.

Melakukan perjalanan internasional pertama kali memang membuat Anda bersemangat. Hingga ingin memasukan semua tempat wisata ke jadwal perjalanan Anda. Padahal melakukan perjalanan menggunakan pesawat bisa terasa melelahkan atau biasa di sebut dengan jet lag. Selepas mendarat, Anda biasanya membutuhkan istirahat untuk memulihkan stamina. Jadi jangan paksakan dengan jadwal yang padat dengan memaksakan diri mengunjungi semua tempat wisata.

Pilihlah beberapa yang benar-benar ingin Anda kunjungi dan eksplor sebanyak-banyaknya tempat tersebut. Hingga Anda benar-benar menemukan ciri khas dari negara yang Anda kunjungi. Selamat merencanakan liburan!

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Gratis Saat Liburan Ke Jepang

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini