Nongki.net – Singapura adalah sebuah negara pulau yang telah tersohor bukan hanya di kalangan wisatawan Asia Tenggara tetapi juga dunia. Menjadi rumah bagi beragam atraksi tempat wisata, budaya, dan perkotaannya, negara berlambang Merlion ini telah mencuri hati para pelancong sejak zaman dahulu. Selain Marina Bay Sands, Garden by The Bay, Singapore Flyer, dan Patung Merlion terdapat atraksi lain yang tidak kalah menarik yaitu wisata sungai. Sungai-sungai di negara ini jumlahnya tidak begitu banyak dengan panjang dan lebar sungai yang terbatas. Sehingga tidak akan begitu memakan banyak waktu untuk menjelajahi 5 wisata sungai di Singapura yang terkenal jernih dan bersih.

5 Wisata Sungai di Singapura yang Paling Terkenal

Negara Singapura adalah sebuah negara pulau kecil yang terkenal dengan arsitektur megah dan berbagai tempat wisata modern lainnya. Kedua faktor tersebut menjadi daya tarik utama para wisatawan dari seluruh dunia untuk menjelajahi negara Singa ini. Walaupun negara ini dikenal dengan kota yang modern, namun tidak ada salahnya jika mencoba petualangan wisata sungai di Singapura yang terkenal sangat bersih. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 5 wisata sungai bersih di Singapura yang patut Anda jelajahi. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • Singapore River
  • Kallang River
  • Rochor River
  • Sungai Punggol (Punggol River)
  • Geylang River
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Berhantu Singapura Yang Menyeramkan

1. Singapore River

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sheree 🌙 Lifestyle Blogger (@itmesheree) on

Sungai Singapura atau Singapore River adalah sebuah sungai yang mengalir di sepanjang Alexandra Road dan berakhir di Marina Reservoir. Panjang sungai ini mencapai 3,2 kilometer yang diukur dari Jembatan Kim Seng (Kim Seng Bridge) menuju Marina Bay. Singapore river diyakini memiliki makna sejarah yang cukup penting. Pada zaman dahulu, sungai digunakan sebagai sumber utama perdagangan di Negara Singapura. Selain itu, sungai ini juga selalu dikenang karena sebagai pasar dan jalur transportasi. Jika Anda sedang berlibur ke Singapura, tidak ada salahnya jika mencoba tur sungai dan menikmati pemandangan kota Singapura dari atas perahu.

2. Kallang River

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Shahrie (@shahrie) on

Kallang River adalah sungai terpanjang di Negara Singapura. Sungai ini mengalir sejauh 10 kilometer dari Kallang Basin menuju Lower Peirce Reservoir. Aliran sungai ini merupakan proyek perencanaan utama di Singapura yang terkenal. Sebelum adanya proyek reklamasi, Kallang River dulunya hanya mengalir dari Kallang Basin menuju Selat Singapura. Setelah proyek reklamasi selesai, Kallang River kini sudah bisa mengalir hingga menuju laut melalui Marina Channel.

3. Rochor River

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anh Vũ Nguyễn (@huntergol_photography) on

Rochor River adalah salah satu kanal sungai di Singapura yang mengalir di Kallang wilayah Central Region. Panjang sungai ini hanyalah sejauh 0,8 kilometer. Sungai ini merupakan perpanjangan dari Kanal Rochor yang dimulai dari Victoria Bridge yang terkenal menuju Kallang Basin. Sehingga dapat dikatakan bahwa Rochor River adalah anak sungai dari sungai utama Kallang River. Rochor River mengalir melewati Stasiun MRT Beauty World. Pada zaman dahulu, sungai ini difungsikan sebagai pencegahan resiko banjir di wilayah Bukit Timah. Namun sekarang selain sebagai kanal banjir, sungai ini juga dijadikan sebagai tempat wisata sungai di Singapura.

4. Sungai Punggol (Punggol River)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jin Geok Yeo (@yeojingeok) on

Sungai Punggol atau Punggol River adalah sebuah sungai yang mengalir di wilayah Singapura Timur. Sungai ini mengalir dan melewati hampir 8 kota termasuk Punggol New Town. Sebagian besar tepian sungai ini telah mengalami pelebaran selama bertahun-tahun dan pada tahun 2011 sungai ini telah menjadi bagian dari Punggol Reservoir (Waduk Punggol). Terdapat banyak pembangunan dan perkembangan yang dilakukan pemerintah Singapura terhadap sungai ini, salah satunya adalah sebagai pemenuhan kebutuhan air warga Sengkang New Town hingga rekreasi tempat wisata.

5. Geylang River

Geylang River adalah sebuah sungai yang mengalir di antara wilayah Geylang dan Kallang. Setelah pembangunan Marina Reservoir selesai, sungai ini telah menjadi bagian dari waduk tersebut. Geylang river mengalir mulai dari wilayah Ubi menuju ke selatan dan berbelok ke arah barat. Kemudian meliuk lagi kearah selatan di sekitar Guillemard Road dan diarahkan ke barat menuju Dunman Road. Hingga berakhir di Kallang Basin.

Itulah ke-5 sungai yang terkenal bersih di Singapura dan bisa menjadi salah satu alternatif atraksi serta tempat wisata untuk menikmati negara Merlion ini. Untuk mengikuti perkembangan berita dan informasi lainnya mengenai tempat wisata Indonesia maupun luar negeri, kunjungi terus Nongki.net secara berkala. Selamat liburan!

Baca Juga:  5 Fakta Unik Negara Singapura Yang Jarang Diketahui

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini