6 Langkah Agar Hobi Anda Menjadi Bisnis

0
769
6 Langkah Agar Hobi Anda Menjadi Bisnis - ©printera.com
6 Langkah Agar Hobi Anda Menjadi Bisnis - ©printera.com

Nongki.net – Pernahkah keluarga atau teman Anda meminta tolong sesuatu yang ternyata hal tersebut adalah hobi Anda sendiri? Jika pernah berarti Anda benar-benar dapat menciptakan bisnis yang menguntungkan.

Jika Anda dapat melakukan sesuatu yang Anda sukai sekaligus mendapat bayaran untuk itu, bukankah hal itu sangat menyenangkan?

Tetapi sebelum Anda pergi dan memutuskan keluar dari pekerjaan sekarang, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu bagaimana cara mengubah hobi menjadi bisnis. Karena pada kenyataannya terdapat perbedaan yang besar antara menjalankan hobi sebagai kegiatan sampingan dengan menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan utama.

Berikut ini enam langkah atau tips bagi Anda untuk mengubah hobi menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan. Yuk kita simak!

Baca Juga:  5 Tips Agar Berita Hoax Tidak Menyebar

1. Lakukan Penilaian Diri Sendiri

Sebelum memutuskan menjalankan hobi menjadi bisnis dengan serius, sebaiknya Anda melakukan penilaian terhadap kemampuan diri Anda sendiri. Apakah Anda memiliki energi dan stamina yang cukup untuk meningkatkan hobi Anda dalam volume yang besar untuk menjadikannya sebagai bisnis yang layak?

Pastikan Anda tidak merusak sesuatu yang membuat Anda bahagia. Orang mengejar hobi untuk mengeluarkan kesengangan pribadi. Jika ternyata hal tersebut justru menjadi tekanan terhadap diri Anda, bukan tidak mungkin malah Anda malah untuk mengerjakannya.

Lakukan riset untuk memastikan bahwa ada pelanggan yang berani membayar sebelum Anda melakukan bisnis pada hobi Anda. Bisnis yang sukses membutuhkan kerja khusus, konsisten dan tanggung jawab. Sangat mudah untuk menghilangkan kesenangan dari hobi Anda jika Anda tidak merencanakannya dengan baik.

2. Mulailah Untuk Menjadikan Hobi Sebagai Sampingan

Sebelum Anda benar-benar memutuskan keluar dari pekerjaan utama Anda sekarang. Ada baiknya Anda menguji terlebih dahulu untuk memastikan bahwa hobi Anda memang layak untuk dijadikan sebagai bisnis kedepannya.

Pastikan bahwa Anda pernah melakukan hobi Anda sebagai kerja sampingan yang menghasilkan uang. Jika memang penghasilan dari hobi Anda mulai menyaingi dari pekerjaan utama Anda. Mungkin saatnya Anda mulai berfikir untuk fokus terjun secara keseluruhan untuk hobi Anda tersebut.

Karena mungkin Anda akan kewalahan jika harus mengerjakan kedua hal dalam waktu yang bersamaan. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka Anda tidak akan dipusingkan lagi dengan kehilangan pekerjaan sehari-hari karena telah mendapatkan penghasilan rutin dari sumber yang lain.

Baca Juga:  Tips Bermain Game Agar Mata Tidak Lelah

3. Mulai Membangun Jaringan

Membangun bisnis berarti Anda juga harus membangun jaringan. Sebelum Anda serius terhadap hobi Anda sebagai bisnis maka Anda harus mulai berjejaring seperti halnya Anda mendapat pekerjaan baru.

Jangkau semua kontak Anda dari rekan satu universitas, rekan bisnis, teman dari tempat kerja lama, apapun untuk memperbarui data kontak Anda. Buatlah minimalnya satu akun media sosial agar Anda dapat menjangkau kepada calon pelanggan Anda.

Selain itu, selalu melakukan riset internet untuk mencari cara efektif agar informasi tersampaikan ke target pasar yang Anda inginkan.

4. Cari Sumber Daya Bisnis Berbiaya Rendah

Sumber daya bisnis adalah salah satu pendukung dari berjalannya kegiatan bisnis Anda. Setelah Anda memutuskan untu memulai bisnis hobi Anda, Anda dapat mempelajari dari buku maupun literatur internet tentang bagaimana menyiapkan sumber daya untuk bisnis Anda.

Setidaknya dibutuhkan bulan demi bulan agar sistem bisnis Anda berjalan secara baik. Tentunya dengan melalui proses belajar dari pengalaman secara terus menerus.

Suatu saat Anda pasti akan menemukan partner supply bahan baku yang terbaik dan termurah, karyawan yang rajin dan bertanggung jawab. Semuanya pasti melalui proses belajar dari pengalaman.

Jika Anda sudah mencapai tahap ini, berarti Anda sudah siap untuk melanjutkan tahap-tahap bisnis selanjutnya.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Patah Hati Lebih Cepat

5. Pelajari Tentang Legalitas dan Atur Keuangan

Tahap berikutnya adalah legalitas. Setelah bisnis hobi Anda berkembang, tahap selanjutnya adalah membuat bisnis Anda menjadi legal. Hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan yang akan berdampak pada penghasilan bisnis.

Anda bisa mendapatkan banyak bantuan data riset pasar dari beberapa teman, keluarga, atau bahkan bisnis lain yang berada disekitar lokasi Anda. Cari tahu informasi tentang badan hukum, pajak penjualan, asuransi bisnis dan sistem akuntansi usaha kecil.

Ada juga perlu mempelajari tentang lisensi atau peraturan bisnis apa pun yang perlu Anda patuhi untuk memulai bisnis Anda kedepannya.

6. Cari Tahu Keunggulan Dari Bisnis Anda

Sangat sulit bagi usaha kecil untuk bersaing dalam hal harga. Anda harus secara jelas mengidentifikasi pelanggan Anda dan meluangkan waktu mengembangkan produk yang memang berbeda dari pesaing bisnis lainnya yang sejenis.

Siapa pun pasti akan memilih produk yang terbaik baik dari segi kualitas dan harga. Cari tahu keunggulan bisnis Anda menjadi salah satu faktor kesuksesan agar pelanggan mau membeli produk Anda secara berulang-ulang.

Mengubah hobi menjadi bisnis utama adalah cara yang bagi Anda agar menjadi bos dari perkerjaan Anda sendiri. Bukankah mengerjakan sesuatu yang Anda sukai adalah hal yang menyenangkan? Terlebih lagi Anda adalah bos dari pekerjaan tersebut.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut memang butuh perjuangan dan pembelajaran yang tak kenal henti. Semoga sukse!

Baca Juga:  4 Cara Persiapkan Investasi Pendidikan Anak

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini