6 Negara Dengan Kebun Lavender Paling Memesona 5/5 (1)

0
104
6 Negara dengan Kebun Lavender Paling Memesona
6 Negara dengan Kebun Lavender Paling Memesona - ©muralwallpaper.com

Nongki.net – Setiap negara pasti memiliki daya tarik wisata yang berbeda-beda. Indonesia terkenal dengan deretan pantai dan pemandangan alamnya yang menakjubkan, Jepang dengan pesona bunga sakura yang berwarna merah muda, Paris dengan Menara Eiffelnya yang ikonik dan lain-lain. Semakin hari semakin banyak saja pesona yang ditawarkan oleh setiap negara untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang berkunjung. Salah satunya adalah menawarkan wisata kebun lavender yang memesona.

Lavender adalah sebuah tanaman jenis rumput-rumputan semak pendek yang terkenal sebagai bahan pengusir nyamuk. Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai tanaman hias, bahan kuliner hingga ekstrak pengharum demi tujuan komersil. Dibalik manfaatnya yang beraneka ragam, tanaman yang memiliki ciri khas bunga berwarna ungu ini juga mempunyai potensi sebagai objek wisata. Sehingga tidak mengherankan jika banyak negara yang membudidayakan lavender menjadikan kebun lavender sebagai daya tarik wisata yang memesona.

Pada artikel kali ini, Nongki.net telah merangkum 6 negara dengan kebun lavender paling memesona dan menjadi daya tarik wisatawan dunia. Negara apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  7 Pilihan Tempat Wisata Musim Gugur di Seoul Korea Selatan

1. Provence, Perancis

Fashion Show digelar di tengah kebun lavender di Provence, Perancis
Fashion Show digelar di tengah kebun lavender di Provence, Perancis – ©lonelyplanet.com

Salah satu tempat terbaik untuk menemukan kebun lavender yang memesona adalah di wilayah Provence, Perancis. Beberapa tempat yang populer untuk kebun lavender yaitu dataran tinggi Luberon dan Valensole. Pergilah ke sana antara bulan Juni dan Juli ketika kebun lavender sedang berbunga lebat. Sejauh mata memandang, mata Anda akan dimanjakan oleh warna unggu yang inda dan memesona. Sedangkan pada bulan Agustus, sebagian besar kebun lavender akan mulai dipanen.

Baru-baru ini, seorang desainer bernama Jacquemus merayakan hari jadinya yang ke-10 dengan menggelar Fashion Show yang diadakan di tengah perkebunan lavender. Para model meluncur dan berlenggak-lenggok di atas catwalk merah yang dibentangkan di kebun lavender di Provence. Ini memang ide gila untuk menggelar Fashion Show. Namun kegilaan ini justru menjadikannya unik dan berbeda dari Fashion Show lainnya.

Terbukti dengan kunjungan wisatawan dan apresiasi yang cukup tinggi atas acara yang digelar di tempat yang tidak biasa ini.

2. Oregon, Amerika Serikat

Festival lavender diadakan setiap musim panas di Oregon, Negara Amerika Serikat
Festival lavender diadakan setiap musim panas di Oregon, Negara Amerika Serikat – ©lonelyplanet.com

Setiap musim panas, Oregon Amerika Serikat akan berubah menjadi hamparan selimut berwarna ungu yang memiliki aroma harum. Sebagian besar kebun lavender di daerah ini akan bermekaran dan negara bagian Oregon telah menyiapkan festival tahunan setiap musim panas. Festival ini berhasil menarik banyak mata dari segala penjuru dunia untuk menyaksikan keindahan kebun lavender berwarna ungu yang memesona.

Bahkan beberapa komunitas setempat membentuk suatu organisasi bernama Asosiasi Lavender Oregon (OLA) yang bertujuan untuk mempromosikan lavender sebagai wisata agribisnis. Salah satu layanan yang diberikan adalah Oregon Lavender Trail dimana Anda akan diajak untuk berkeliling menikmati perkebunan lavender sembari belajar bagaimana membudidayakan lavender. Kegiatan ini terbukti menumbuhkan perekonomian masyarakat yang berbasis lavender.

3. Hokkaido, Jepang

Bunga lavender bermekaran saat bulan Juli hingga Agustus di Hokkaido, Jepang
Bunga lavender bermekaran saat bulan Juli hingga Agustus di Hokkaido, Jepang – ©lonelyplanet.com

Salah satu wisata kebun lavender yang cukup terkenal di benua Asia adalah terletak di Hokkaido Jepang. Anda dapat berkunjung ke wilayah Furano di Hokkaido untuk melihat perkebunan lavender yang memesona. Setiap tahunnya pada musim panas, wilayah Furano akan berubah menjadi hamparan tanaman berwarna ungu yang menarik banyak sekali wisatawan.

Mayoritas bunga lavender akan mulai mekar pada akhir Juni dan mencapai puncaknya pada pertengahan Juli hingga awal Agustus. Anda juga dapat menikmati pemandangan memukau dari pegunungan Tokachi dan perbukitan Shikisai-No-Oka. Selain itu, Anda juga bisa bersantap siang dengan bola nasi khas Jepang yaitu Onigiri yang dibuat oleh salah satu toko roti lokal yang terkenal di sana.

Baca Juga:  Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan

4. Kent, Inggris

Pemandangan kebun lavender yang memesona di Kota Kent, Inggris
Pemandangan kebun lavender yang memesona di Kota Kent, Inggris – ©lonelyplanet.com

Castle Farm yang terletak di Kota Kent merupakan produsen bunga lavender terbesar di Inggris. Para pengunjung dan masyarakat lokal dapat membeli lavender melalui toko lokal bernama The Hop Shop di Castle Farm. Toko ini bukan hanya menyediakan lavender, tetapi juga buah ceri, strawberry dan buah-buahan muasiman lainnya.

Produk unggulan yang juga disediakan oleh The Hop Shop adalah ekstrak minyak lavender Kentish murni yang memiliki aroma sangat khas. Selain berbelanja, Anda juga dapat mengikuti tur berbayar dan akan dipandu oleh beberapa petani lokal sekaligus menjelaskan secara singkat tentang budidaya lavender.

5. Tasmania, Australia

Australia sebagai negara tetangga Indonesia juga memiliki salah satu tempat terbaik untuk melihat lavender. Terletak di Bridestowe Lavender Estate di Tasmania, perkebunan lavender di wilayah ini dipercaya sebagai perkebunan lavender terbesar di dunia. Jenis lavender yang dibudidayakan di sini sama seperti lavender yang tumbuh di Provence Perancis. Namun yang membingungkan adalah orang lokal lebih menyebutnya dengan lavender Inggris meskipun tanaman lavender ini asli dari wilayah Mediterania.

Bridestowe Lavender Estate juga menawarkan wisata kebun lavender sepanjang tahun. Anda dapat menikmati suasana perkebunan yang hening yang tentu saja sangat instagramable dan indah untuk diabadikan. Selain musim berbunga, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun jika Anda berkunjung ketika lavender sedang bermekaran, Anda harus merogoh kocek sekitar 16 Dollar Australia.

6. Sao Paulo, Brazil

Terletak di Serra do Mar, Sao Paulo, kota Cunha terkenal akan pesona air terjun, kerajinan keramik serta kebun-kebun lavender yang wangi. Berada di lembah Paraiba yang tinggi, kota ini juga menawarkan pemandangan ke arah laut yang menakjubkan. Bahkan bagi Anda para pecinta wisata sejarah, di beberapa sudut kota masih menyimpan bangunan-bangunan yang merupakan peninggalan dari Rota do Uoro (Jalur perdanganan emas abad ke 18) serta Rota do Cafe (Jalur perdagangan kopi abad ke 18 dan 19).

Ribuan semak lavender akan berbunga sepanjang tahun di wilayah ini. Yang akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan berwarna ungu serta berlatar belakang pegunungan yang indah. Selain itu, kota ini juga menawarkan produk-produk berbahan dasar lavender seperti kue dan kosmetik.

Baca Juga:  30 List Museum Terbaik Ketika Berlibur ke London Inggris

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini