Nongki.net – Skateboard (papan seluncur) merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari anak muda jaman sekarang. Dengan mengunakan papan skateboard seseorang dapat memperlihatkan berbagai trik (teknik) mulai yang mudah sampai yang sulit dilakukan.

Olahrag ini masuk kategori olahraga ekstrim. Hal ini dikarenakan jika seorang skaters gagal dalam melakukan trik-nya, maka tidak jarang berujung pada cidera ringan bahkan bisa sampai patah tulang.

Oleh karena itu, bagi yang baru mau mengenal olahraga ini, wajib hukumnya mengetahui aturan-aturannya dalam skateboard. Mulai peralatan keamanannya sampai trik dasar yang harus dikuasai dulu sebelum mencoba trik yang lebih sulit. Nah berikut adalah Trik Dasar Skateboard:

Baca Juga:  VIDEO: Teknik Dasar Olahraga Basket Untuk Pemula

1. Ollie

Ollie adalah trik paling sederhana yang harus dikuasai oleh Skaters pemula. Tanpa menguasai trik ini, jangan harap bisa melakukan trik lainnya seperti kickflip, heelflip, dan pop-shove.

Ollie merupakan gerakan mengangkat papan skate dengan cara menghentakan salah satu kaki keujung papan sampai papan terangkat yang diikuti oleh kaki lainnya hingga membuat sebuah lompatan setinggi-tingginya.

2. Kickflip

Kickflip adalah trik kelanjutan dari Ollie. Trik ini diawali dengan lompatan skaters dengan mengunakan trik Ollie. Kemudian dilanjutkan dengan menendang papan skate saat berada di udara sampai 360 derajat dan mendarat dengan posisi semula.

3. Heelflip

Trik ini hampir sama dengan trik Kickflip. Perbedaan adalah ada di putaran papan skate nya yaitu mengunakan tumit bukan kaki. Hal ini akan berdampak terhadap putaran papan yang berputar terbaik ke arah skaters.

4. Indy Grab

Trik merupakan teknik dimana skaters mencoba memegang papan skate di sisi samping bagian tengah papan, tepatnya diantara kedua kaki. Trik ini umumnya dilakukan saat melakukan trik Ollie, hingga skaters seolah-olah terlihat melayang dengan papan skate yang masih menempel di kaki.

5. Airwalk Grab

Trik ini dilakukan dengan cara meraih ujung depan papan skate saat berada di udara diikuti dengan tendangan untuk mengangkat ujung depan papan skate. Tujuannya adalah berhenti dengan sempurna mengunakan kedua kaki dengan papan skate dalam genggeman tangan.

6. Manual

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini